Pages

Kamis, 29 Februari 2024

TEMA 9 SUBTEMA 1 PB 3 DAN 4

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI KAMIS TANGGAL 29 FEBRUARI 2024



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha VI. A, apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

1.   Dengan mendiskusikan alat penemuan zaman dahulu dan sekarang, Peserta didik dapat melihat persamaan dan perbedaan cara hidup masyarakat dengan saksama.

2.   Melalui bacaan, Peserta didik dapat mendiskusikan ciri-ciri masyarakat modern dengan saksama.

3Dengan membaca cerita fiksi, Peserta didik dapat menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan tokoh, menggambar tokoh utama, dan tokoh tambahan serta membuat ringkasan cerita dengan baik.

TEMA 9                             : MENJELAJAH ANGKASA LUAR

SUBTEMA 1                    : KETERATURAN YANG MENAKJUBKAN

       PEMBELAJARAN           : 3 DAN 4

MUATAN IPS (KD. 3.2 DAN 4.2)

MENGIDENTIFIKASI CIRI-CIRI MASYARAKAT MODERN

 

Secara umum, jenis masyarakat dibagi menjadi dua, yaitu masyarakat tradisional dan masyarakat modern. Masyarakat tradisional sendiri merupakan masyarakat yang masih terikat dengan kebiasaan atau adat istiadat. Sedangkan, masyarakat modern adalah masyarakat yang sudah tidak terikat dengan adat istiadat.

Masyarakat modern juga sering diartikan sebagai masyarakat yang sudah mengalami perubahan dari tradisional menjadi lebih maju di segala bidang. Jenis masyarakat ini memiliki ciri-ciri serta karakter yang sangat berbeda dengan masyarakat tradisional. Berikut ciri-ciri masyarakat modern dan penjelasannya sebagai berikut:

Individualisme

Salah satu ciri-ciri masyarakat modern adalah bersikap individualisme. Artinya, setiap individu bebas melakukan apa saja tanpa mempertimbangkan orang lain. Maka dari itu, biasanya masyarakat modern lebih bisa leluasa dalam mengembangkan apa yang menjadi keinginannya.

Sikap individualis ini juga berlaku dalam proses komunikasi atau interaksi sosial di ruang lingkup masyarakat. Sederhananya, mereka tidak terikat dalam kelompok manapun.

Bersikap Terbuka

Masyarakat modern lebih terbuka dengan penemuan-penemuan baru. Biasanya, masyarakat modern akan menyambut penemuan-penemuan baru dengan sangat terbuka, baik di bidang teknologi, budaya, maupun pendidikan. Selain itu, masyarakat modern juga akan menerima nilai-nilai baru yang lebih rasional guna membawa kemajuan.

Gaya Hidup Mewah

Ciri-ciri masyarakat modern selanjutnya, yaitu memiliki gaya hidup yang mewah. Dalam masyarakat modern, gaya hidup mewah sudah menjadi hal biasa dalam kehidupan sehari-hari. Adapun gaya hidup mewah ini, mulai dari pola makan, kendaraan, perabotan rumah, dan lain sebagainya.

Mobilitas Tinggi

Mobilitas yang tinggi menjadi salah satu ciri-ciri masyarakat modern. Ya, tingkat pendidikan yang tinggi serta adanya industrialisasi akan mendorong mobilitas masyarakatnya lebih tinggi. Maka dari itu, wajar jika masyarakat modern berganti profesi atau berpindah tempat tinggal dalam rentang waktu singkat.

Adanya Status Sosial

Status sosial adalah lokasi atau posisi seseorang dalam sistem sosial yang hierarkis, yang sekaligus menentukan peran sosial seseorang. Posisi ini dalam strata sosial berbeda-beda, tergantung pada hak dan kewajiban. Dalam masyarakat modern, juga terdapat status sosial, yaitu tingkat ekonomi dan gaya hidup.

Dampak baik dari adanya status sosial adalah masyarakat terpacu untuk bekerja lebih keras demi mendapat pengakuan status sosial yang diinginkan. Namun, dampak buruk dari adanya status sosial ini membuat individu melakukan berbagai cara agar bisa mencapai apa yang mereka inginkan.  

MUATAN BAHASA INDONESIA (KD.3.9 DAN 4.9)

MENGGAMBARKAN ISI CERITA BERDASARKAN PERCAKAPAN TOKOH

Cara pemyusunan percakapan tokoh utama dan tokoh tambahan menjadi teks percakapan yg menggambarkan isi cerita berikut langkah pengerjaannya:

A. berilah pada teks yang menunjukkan tokoh utama
B. lingkarilah bagian pada teks yang menunjukkan tokoh tambahan
C. tulislah tokoh utama dan percakapan yang diucapkan
D.tulislah tokoh tambahan dan percakapan yang diucapkan

LATIHAN TUGAS:

Kerjakan soal pada buku BUPENA halaman 97 di buku latihan !


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMBAHASAN SOAL MATEMATIKA

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 10 MEI 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaikum.wr.w...