Pages

Jumat, 23 Februari 2024

TEMA 8 SUBTEMA 3 PB 3 DAN 4

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 23 FEBRUARI 2024



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha VI. A, apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

1.   Dengan menganalisis hubungan antara keadaan geografis dan kehidupan ekonomi di suatu negara, Peserta didik mampu membuat uraian dan kesimpulan tentang topik tersebut.

2.   Dengan mencari informasi penting dalam bacaan, Peserta didik mampu membuat peta pikiran yang disertai dengan gambar visual.

3.   Dengan menganalisis gambar tentang suatu permasalahan yang terjadi, Peserta didik mampu mengidentifikasi hak dan kewajiban masyarakat dalam menangani permasalahan tersebut.

TEMA 8                             : BUMIKU

SUBTEMA 3                     : BUMI, MATAHARI, DAN BULAN

       PEMBELAJARAN            : 3 DAN 4

MUATAN IPS (KD.3.1 DAN 4.1)

PENGARUH KONDISI GEOGRAFIS TERHADAP EKONOMI MASYARAKAT

Kondisi geografis suatu negara dapat memengaruhi kehidupan ekonomi masyarakat di sekitarnya. Indonesia merupakan negara yang cukup strategis letak geografisnya. Kelebihan ini dimanfaatkan oleh pemerintah untyuk meningkatkan ekonomi masyarakat dan menambah devisa negara. Misalnya masyarakat yang tinggal di wilayah pantai memanfaatkan keadaan geogrfais pantai sebagai sumber maata pencaharian. Selain sebagai nelayan penduduk di sekitar pantai juga memanfaatkan pantai sebagai mata pencaharian lain, seperti jada wisata, penjaga paantai, dan pedagang makanan.

 Sedangkan hubungan kondisi alam dengan ekonomi masyarakat adalah Sumber daya alam yang kita miliki harus dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sumber daya alam yang ada sangat erat hubungannya dengan kegiatan ekonomi masyarakat. Setiap kegiatan ekonomi masyarakat harus dapat memanfaatkan sumber daya alam yang kita miliki. Agar pemahamanmu lebih jelas tentang hubungan antara sumber daya alam dengan kegiatan ekonomi, berikut ini akan dibahas secara rinci mengenai “Bentuk-bentuk pembangunan”, “Pemanfaatan sumber daya alam untuk kegiatan ekonomi”, dan “Pengaruh kondisi alam terhadap kegiatan ekonomi”.
a) Bentuk-bentuk Kegiatan Ekonomi
Sumber daya alam yang kita miliki harus dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat. Agar tujuan itu tercapai maka kita harus pandai memanfaatkaanya. Untuk itu masyarakat harus mengolahnya dengan baik supaya mendapat manfaat dari sumber daya alam yang ada tersebut.
Kegiatan ekonomi masyarakat sangat tergantung kepada sumber daya alam yang dimiliki di daerahnya. Sebagai contoh, masyarakat pedesaan akan memanfaatkan tanahnya untuk ditanami berbagai tanaman pertanian maupun perkebunan. Padi, jagung, palawija, buah-buahan, sayuran merupakan hasil kegiatan ekonomi masyarakat pedesaan. Begitu juga masyarakat di daerah pesisir pantai. Sebagian besar kegiatan ekonomi mereka mengandalkan hasil perikanan laut.

MUATAN BAHASA INDONESIA (KD. 3.8 DAN 4.8)

MENULISKAN INFORMASI DALAM BENTUK PETA PIKIRAN

Peta pikiran merupakan cara mencatat informasi yang ada pada teks menggunakan sebuah bagain. Peta pikiran akan membantu seseorang dalam berbagai hal seperti, mengingat sesuatu dengan baik, membuat seseorang lebih kreatif dalam menyelesaikan masalah, memusatkan perhatian, menyusun dan menjelaskan pikiran, serta mempelajari segala sesuatu dengan lebih cepat dan efisien. 

Peta pikiran memudahkan seseorang dalam menyajikan dan mengkomunikasikan suatu informasi, baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Jika telah terbiasa melihat gambaran besar dari suatu konsep atau ide utama, kamu juga kemudian akan terbiasa menyelesaikan berbagai masalah yang kompleks.

Tujuan menyajikan informasi dalam bentuk peta pikiran adalah agar informasi dapat dengan mudah dipelajari dan diingat secara cepat dan efisien. Peta pikiran pada umumnya menyajikan informasi yang terhubung dengan topik utama dalam bentuk kata kunci, gambar (simbol), dan warna.

Peta pikiran dapat dibuat dengan langkah-langkah berikut.
  1. Siapkan alat-alat tulis, seperti kertas, pensil warna, spidol, dan sebagainya.
  2. Mulai dari tengah, tuliskan judul atau gagasan utama dalam satu kata. Misalnya menuliskan “Pencemaran Lingkungan” sebagai gagasan utama di tengah.
  3. Turunkan gagasan utama tersebut menjadi beberapa gagasan yang masih berhubungan. Misalnya, karena tema utamanya adalah “Pencemaran Lingkungan” maka dapat diturunkan menjadi “Jenis-Jenis” atau “Dampak”.
  4. Tema tersebut diturunkan lagi dengan cara menuliskan kata kuncinya. Misalnya, pada tema “Jenis-Jenis” dituliskan tema turunannya “Pencemaran air”, “Pencemaran udara”, dan semacamnya.
  5. Setiap tema tersebut dihubungkan dengan garis yang berbeda-beda. Misalnya, garis dari tema utama dibuat lebih tebal dan lebih melengkung.
  6. Jangan lupa tambahkan gambar atau ilustrasi serta warna yang berbeda untuk memudahkan pengelompokkan materi serta membuat peta pikiran menjadi lebih menarik.

LATIHAN SOAL :

Kerjakan soal di buku UASBN hal 102!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMBAHASAN SOAL MATEMATIKA

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 10 MEI 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaikum.wr.w...