Pages

Selasa, 13 Februari 2024

TEMA 8 SUBTEMA 1 PB 1 DAN 2

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI SELASA TANGGAL 13 FEBRUARI 2024



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha VI. A, apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Dengan melakukan percobaan tentang perputaran Bumi, Peserta didik mampu mengetahui dan memahami konsep perbedaan waktu siang dan malam.

2. .Dengan mengamati garis lintang dan garis bujur pada peta, Peserta didik akan mengetahui tentang perbedaan waktu di bumi dan pengaruhnya pada kegiatan sehari-hari.

3.  Dengan mendiskusikan hasil pengamatan, Peserta didik akan mengetahui penyebab perbedaan waktu di bumi.

    4. Dengan mencari informasi penting dan menuliskan kata-kata kunci yang ditemukan dalam tiap paragraf, Peserta     didik mampu membuat buku informasi yang dapat digunakan untuk menuliskan informasi yang diketahuinya dengan lebih detail

 

TEMA 8                             : BUMI

SUBTEMA 1                     : PERBEDAAN WAKTU DAN PENGARUHNYA

       PEMBELAJARAN            : 1 DAN 2

MUATAN  BAHASA INDONESIA (KD 3.7 DAN 4.

MENENTUKAN KATA KUNCI PADA JUDUL TEKS NONFIKSI

Telah terdapat cara untuk dapat menemukan kata kunci di dalam sebuah teks nonfiksi yaitu ialah sebagai berikut:

  • Mencari sebuah kata yang telah sering diulang-ulang.
  • Temukan kata kuncinya pada ide pokok dari teks nonfiksi.
  • Carilah kata kunci yang telah diganti kalimat ataupun sinonimnya tersebut.  

Pembahasan

Pengertian dari teks nonfiksi yaitu ialah sebuah karangan ataupun tulisan yang telah bersifat informatif. Penulis telah mempunyai tanggung jawab atas peristiwa, orang, maupun informasi yang telah disampaikan.

Di dalam pembuatan dari teks nonfiksi telah dibutuhkannya sebuah penelitian yang berdasar kepada peristiwa informasi, data-data, ataupun permasalahan yang telah memiliki kaitan dengan hal yang akan segera dituliskan.

Selain itu, teks nonfiksi ini telah menjadi sebuah teks yang telah berisikan dengan sebuah informasi yang sesuai dengan fakta ataupun kenyataan.

Teks nonfiksi ini dapat ditemukan di dalam laporan karya ilmiah, majalah, artikel surat kabar, dan juga biografi. Selain itu, juga terdapat ciri-ciri dari sebuah teks nonfiksi yaitu ialah sebagai berikut:

  • Sumber rujukannya telah dapat dipertanggungjawabkan dan juga dinilai jelas.
  • Dapat menyajikan sebuah informasi berdasarkan kepada fakta yang telah ada.
  • Telah dilengkapi dengan sebuah analisis dan juga interpretasi intelektual dari seorang penulis.
  • Telah mempunyai tujuan penelitian yang dapat dibilang jelas.
  • Telah tersusun dengan logis, sistematis, dan juga jelas.
  • Telah menjadi sebuah penemuan baru ataupun telah memiliki sifat menyempurnakan penemuan yang terdahulu. 

 MUATAN IPA (KD. 3.8 DAN 4.8)

ROTASI BUMI DAN AKIBATNYA

Rotasi bumi adalah peredaran bumi pada poros atau sumbunya. Bumi akan bergerak dari arah barat ke timur atau terlihat bertentangan dengan arah jarum jam. Meskipun bumi mengalami peredaran, namun makhluk hidup di dalamnya tidak ikut berputar. Hal ini disebabkan adanya gravitasi bumi.

Baca artikel detikedu, "Rotasi Bumi: Pengertian, Waktu, dan Akibatnya" selengkapnya https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5828820/rotasi-bumi-pengertian-waktu-dan-akibatnya.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

Rotasi bumi adalah peredaran bumi mengelilingi sumbunya atau porosnya dari arah barat ke timur. Lama proses peredaran bumi mengelilingi sumbunya ini disebut dengan kala rotasi, yaitu selama 23 jam 56 menit 4 detik. Kala rotasi dikenal dengan satu hari.

Namun, peredaran bumi mengelilingi sumbunya tidak akan terasa karena adanya gravitasi. Jadi, gravitasi bumi dapat menarik semua benda ke arah pusat gravitasi bumi itu sendiri. Walaupun bumi itu berputar, kita tidak akan merasakan pergerakan rotasi bumi atau jatuh saat posisi kita ada di bawah bumi.

Akibat Rotasi Bumi

Apa saja sih akibat dari rotasi bumi? Pernah nggak kamu nonton bola atau pertandingan olahraga lain di luar negeri yang berlangsung siang hari, tapi kondisi di rumah kamu sendiri sudah malam hari? Nah, itu adalah salah satu contoh akibat rotasi bumi.

1. Terjadinya Siang dan Malam

Rotasi bumi mengakibatkan terjadinya siang dan malam. Hal ini terjadi karena ada dua bagian bumi yang sebagian menghadap matahari dan sebagian lagi membelakangi matahari. Bagian yang menghadap matahari mengalami waktu siang; bagian yang membelakangi matahari mengalami waktu malam.

2. Gerak Semu Harian Matahari

Nah, pasti kamu berpikir kalau matahari itu bergerak mengelilingi bumi, kan? Sebenarnya, bumi mengelilingi matahari. Matahari menjadi pusat tata surya yang dikelilingi oleh planet-planet di dalam orbitnya, termasuk bumi. Peristiwa itu disebut gerak semu harian matahari. Pergerakan semu harian matahari disebabkan oleh rotasi bumi yang membuat matahari seolah-olah mengelilingi bumi. Matahari merupakan bintang yang menghasilkan energi atau cahaya sendiri. Nah, matahari itu juga berkeliling, loh. Matahari bergerak mengelilingi sebuah lubang hitam yang berada di pusat galaksi Bima Sakti.

3. Perbedaan Waktu

Rotasi bumi juga berpengaruh pada perbedaan waktu di bagian-bagian bumi. Terdapat 24 daerah waktu yang ada di bumi. Pusat waktu berada di kota Greenwich, Inggris yang terletak pada bujur 0. Setiap selisih bujur 15⁰, perbedaan waktu mengalami selisih satu jam. Bagian bumi di sebelah timur Greenwich mengalami waktu yang lebih cepat dari Greenwich, sedangkan bagian bumi di sebelah barat Greenwich mengalami waktu yang lebih lambat.

4. Perbedaan Percepatan Gravitasi Bumi

Rotasi bumi mengakibatkan gerakan yang arahnya menjauhi pusat. Akibatnya, bumi menjadi tidak bulat sempurna. Ada bentuk tidak baku di kedua kutubnya dan mengembang pada khatulistiwa, sehingga diameter kutub bumi lebih kecil daripada diameter khatulistiwa. Hal ini berakibat pada percepatan gravitasi di daerah kutub lebih besar dibandingkan khatulistiwa.

5. Pembelokan Arah Arus Laut

Angin mengakibatkan terjadinya arus laut. Pada belahan bumi selatan, arah arus laut berbelok searah perputaran jarum jam. Pada belahan bumi bagian utara, arah arus laut berbelok berlawanan dengan arah putaran jarum jam. Gerak pembelokan arah angin dan pembelokan arus laut disebut efek Coriolis.

PERBEDAAN WILAYAH WAKTU DI BUMI

Mengapa dapat terjadi perbedaan waktu

Selain itu, perbedaan waktu juga dipengaruhi oleh adanya zona waktu yang dibuat untuk memudahkan pengaturan waktu di seluruh dunia. Zona waktu adalah pembagian wilayah di bumi berdasarkan garis bujur yang mempunyai waktu yang sama. Misalnya, Indonesia mempunyai tiga zona waktu yaitu Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia Timur (WIT).

Selain zona waktu, adanya perbedaan waktu juga dipengaruhi oleh adanya perbedaan musim dan perbedaan waktu matahari terbit dan tenggelam di masing-masing tempat. Pada saat musim panas, waktu matahari terbit dan tenggelam cenderung lebih lambat dibandingkan musim dingin, sehingga terjadi perbedaan waktu yang signifikan antara tempat-tempat yang berada di wilayah yang sama.

Simak video pembelajaran di bawah ini :


 

 LATIHAN SOAL:

Tulislah kata kunci yang kalian temukan dalam teks "Perbedaan Musim di Bumi"pada buku BUPENA halaman 8...kerjakan di buku latihan !

 

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMBAHASAN SOAL MATEMATIKA

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 10 MEI 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaikum.wr.w...