Pages

Senin, 05 Februari 2024

TEMA 7 SUBTEMA 3 PB 3 DAN 4

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI SENIN TANGGAL 05 FEBRUARI 2024



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha VI. A, apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Melalui kegiatan mengamati peserta didik mampu menyusun teks pidato dengan percaya diri.

2. Melaui kegiatan diskusi peserta didik mampu mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila yang diterapkan oleh anggota koperasi.

3. Melalaui kegiataan mengamati dan penugasan peserta didik mampu menuliskan informasi tentang bentuk-bentuk kerja sama dalam pendiidkan antarnegara di ASEAN dengan benar.

MUATAN PPKN (KD. 3.1 DAN 4.1)

MENGIDENTIFIKASI NILAI-NILAI PANCASILA YAMG DITERAPKAN OLEH ANGGOTA KOPERASI

Dalam kegiatan organisasinya, koperasi menerapkan nilai-nilai pancasila dalam beranggota, seperti:
  • Mengembangkan sikap hormat-menghormati antar sesama anggota koperasi lainnya dan bekerja sama.
  • Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.

 Beberapa contoh nilai-nilai Pancasila yang dapat diterapkan oleh para anggota koperasi adalah:

1.Mengembangkan perbuatan yang luhur, yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotongroyongan.

2.Mengutamakan musyawarah dalam setiap pengambilan keputusan untuk kepentingan bersama.

3.Mampu menempatkan persatuan, kesatuan, serta kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi atau golongan.

4. Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.
    Mengembangkan sikap saling menghormati dan bekerja sama

MUATAN IPS (KD,. 3.3 DAN 4.3)

Bentuk-bentuk Kerja Sama dalam Pendidikan Antarnegara di ASEAN

 

Berikut contoh kerja sama negara ASEAN di bidang pendidikan.

1. Pertukaran pelajar
Program pertukaran pelajar dilakukan oleh para negara anggota ASEAN. Indonesia sendiri telah memiliki program pertukaran pelajar dengan Malaysia, Singapura, Kamboja, dan Laos.

Tak hanya melakukan pertukaran pelajar, para pelajar pun diberi fasilitas beasiswa. Contohnya, ASEAN Scholarships for Indonesia dari Pemerintah Singapura.

2. Program magang
Indonesia memiliki program magang mahasiswa dengan Thailand. Salah satunya pernah terjadi untuk program magang mahasiswa dari Universitas Slamet Riyadi di Solo, Jawa Tengah.

3. Pengiriman tenaga pengajar
Indonesia dan Brunei Darussalam pernah menginisiasi program pengiriman tenaga pengajar dari Tanah Air. Selain itu, Indonesia dan Kamboja juga pernah mengadakan program pertukaran dosen untuk perguruan tinggi antar-kedua negara.

4. Pelatihan guru
Program pelatihan guru pernah didirikan oleh Indonesia dan Vietnam. Tak hanya melatih para guru, kedua negara juga saling berbagi soal materi belajar dan cara mengelola sekolah-sekolah di negara masing-masing.

5. Pembangunan fasilitas pendidikan
Indonesia pernah memfasilitasi berdirinya Madrasah Al Munawarah di Davao, Filipina. Selain itu, Indonesia juga membangun dua sekolah di Desa La Ma Chae dan Desa Thet Kay Pyia Ywar Ma di Myanmar.

6. Pendirian komunitas sosial
Melansir Buku IPS Paket B Setara SMP/MTs Kelas VIII Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi berjudul ‘Bersama Kita Tangguh’, para negara anggota ASEAN membentuk komunitas sosial bernama ASEAN Socio-Cultural Community (ASCC).

Komunitas ini bergerak di bidang seni budaya, informasi, pendidikan, pengembangan desa, dan pengentasan kemiskinan. Komunitas ini memberikan kegiatan konkret berupa Kongres Pemuda ASEAN dan pertukaran pelajar serta budaya antarnegara.

7. Advokasi bagi anak-anak putus sekolah
Berdasarkan situs resmi ASEAN, organisasi ini juga memberikan advokasi untuk menjangkau anak-anak dan remaja yang putus sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMBAHASAN SOAL MATEMATIKA

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 10 MEI 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaikum.wr.w...