Pages

Jumat, 16 Februari 2024

TEMA 8 SUBTEMA 1 PB 5 DAN 6

 

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI RABU TANGGAL 16 FEBRUARI 2024



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha VI. A, apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

1.      Dengan melakukan percobaan tentang revolusi bumi, Peserta didik mampu menjelaskan tentang peristiwa revolusi bumi dan dampaknya pada perubahan musim di bumi.

2.      Dengan menyanyikan lagu “Desaku yang Kucinta”, Peserta didik mampu memahami interval nada dan meningkatkan kepercayaan diri untuk tampil di depan kelas.

3.     Dengan menentukan pokok pikiran dari suatu bacaan, Peserta didik mampu untuk membuat sebuah ringkasan.   

4.  Dengan melakukan diskusi, Peserta didik mampu memahami dampak pelaksanaan kewajiban masyarakat terhadap lingkungan.

TEMA 8                             : BUMIKU

SUBTEMA 1                    : PERBEDAAN WAKTU DAN PENGARUHNYA

       PEMBELAJARAN            : 5 DAN 6

 MUATAN IPA (KD. 3.8 DAN 4.8)

REVOLUSI BUMI DAN PENGARUHNYA

Revolusi Bumi adalah proses perputaran Bumi saat mengelilingi matahari. Dalam satu kali revolusi, Bumi membutuhkan waktu 365,5 hari atau satu tahun. Saat sedang berevolusi, Bumi mengikuti lintasan yang disebut dengan orbit Bumi. 

Peredaran bumi mengelilingi matahari dari barat ke timur berkecepatan 30 km per detik. Sementara itu, panjang lintasan dalam satu putaran adalah 943.000.000 kilometer. Lalu, apa yang terjadi di Bumi saat terjadi revolusi Bumi? Berikut penjelasan tentang revolusi bumi dan pengaruhnya. 

1. Adanya Perbedaan Siang dan Malam 

Dengan adanya pergeseran garis edar matahari, mengakibatkan adanya perubahan waktu siang dan malam. Sehingga perbedaan waktu siang dan malam ini berbeda dari negara satu  dan lainnya. 

2. Pergantian Musim 

Selain perbedaan siang dan malam, revolusi bumi juga menyebabkan terjadinya pergantian musim. Misalnya, di Indonesia sebagai negara tropis memiliki dua musim yakni kemarau dan hujan. Sedangkan di negara belahan dunia lainnya memiliki lima musim yakni musim semi, dingin, hujan, panas, dan gugur. 

3. Terjadi Gerak Semu Tahunan Matahari 

Pada bagian ini, posisi matahari tidak berada di daerah khatulistiwa. Tapi, kadang posisi matahari berada di daerah utara dan selatan khatulistiwa. Diketahui setiap tanggal 21 Maret, matahari berada di daerah khatulistiwa, kemudian bergerak ke utara setelah mencapai 23,5 derajat lintang utara. 

Kemudian pada tanggal 21 Juni matahari seakan bergerak menuju ke khatulistiwa lagi. Sementara itu, pada 23 September, matahari seolah bergerak keselatan dan kembali ke selatan lagi pada tanggal 22 Desember. 

4. Rasi Bintang yang Berbeda 

Revolusi Bumi juga menyebabkan terbentuknya sekumpulan bintang yang membentuk pola tertentu di langit.

 MUATAN SBDP (KD. 3.2 DAN 4.2)

INTERVAL NADA D MAYOR

Tangga nada mayor tersusun oleh delapan not. Skala D mayor memiliki 7 nada yang terdiri dari D-E-F#-G-A-B-C#. Nada yang dinaikkan pada tangga nada D mayor adalah sebagai berikut:
Untuk menaikkan nada pada tangga nada D mayor, kita dapat menambahkan diesis (#) pada nada yang ingin dinaikkan. Misalnya, jika ingin menaikkan nada ke-4 dari tangga nada D mayor (yaitu nada G), itu akan menjadi G#.
Jadi, tangga nada D mayor dengan nada yang dinaikkan adalah sebagai berikut: D- E-F#-G#-A-B-C#.

Nada yang dinaikkan pada tangga nada D mayor adalah E ke F#, yaitu jarak dari seminada (1/2) ke nada (1). Ini menyebabkan nada F naik setengahnya dan menjadi F#.
Dari B, C# beralih dari seminada (1/2) ke nada (1). Ini menyebabkan C naik setengahnya menjadi C#.

Tangga Nada Mayor

Tangga nada diatonis adalah tangga nada yang mempunyai dua jarak tangga nada, yaitu satu dan setengah. Nada-nada pada piano dan organ termasuk sistem diatonis,
Tangga nada diatonis dibedakan menjadi tangga nada mayor dan tangga nada minor.  berikut adalah penjelasan mengenai tangga nada mayor.
Tangga nada diatonis mayor adalah tangga nada diatonis yang susunan nada-nadanya berjarak 1-1-1/2-1-1-1-1/2. Lagu mayor menggunakan tangga nada mayor, yaitu do- re-mi-fa-so-la-si-do (oktaf) dengan nada dasar (nada awal) 'do'.

Salah satu contoh lagu yang menggunakan tangga nada mayor adalah lagu "Anak Kambing". Ciri-ciri lagu bertangga nada mayor sebagai berikut.
  1. Bersifat riang gembira.
  2. Bersemangat.
  3. Biasanya diawali dan diakhiri dengan nada Do = C.
  4. Memiliki pola interval: 1,1,2,1,1,1,2.
Terdapat cara untuk mengubah interval musik pada nada D mayor. Contohnya nada yang dinaikkan pada tangga nada D mayor adalah F dan C.

MUATAN PPKN (KD. 3.2 DAN 4.2)

DAMPAK PELAKSANAAN KEWAJIBAN MASYARAKAT TERHADAP LINGKUNGAN

Menjaga lingkungan merupakan suatu kewajiban bagi setiap individu. Kesehatan adalah anugerah dari Sang Pencipta dan lingkungan harus tetap dijaga agar kita dan keluarga juga masyarakat sekitar kita terhindar dari penyakit akibat lingkungan kita yang kotor dan tidak bersih. Karena kesehatan adalah hal yang tidak ternilai harganya.

Kebersihan lingkungan adalah keadaan bebas dari kotoran, termasuk di dalamnya, debu, sampah, dan bau. Di Indonesia, masalah kebersihan lingkungan selalu menjadi perdebatan dan masalah yang berkembang. Kasus-kasus yang menyangkut masalah kebersihan lingkungan setiap tahunnya terus meningkat.

Kita harus tahu tentang manfaat menjaga kebersihan lingkungan, karena menjaga kebersihan lingkungan sangatlah berguna untuk kita semua karena dapat menciptakan kehidupan yang aman, bersih, sejuk dan sehat.

Manfaat menjaga kebersihan lingkungan antara lain:
1. Terhindar dari penyakit yang disebabkan lingkungan yang tidak sehat.
2. Lingkungan menjadi lebih sejuk.
3. Bebas dari polusi udara.
4. Air menjadi lebih bersih dan aman untuk di minum.
5. Lebih tenang dalam menjalankan aktifitas sehari hari.

LATIHAN SOAL :

Kerjakan soal di buku BUPENA halaman. 27 dan 28... tulis dibuku latihan!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMBAHASAN SOAL MATEMATIKA

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 10 MEI 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaikum.wr.w...