Sabtu, 01 November 2025

MATEMATIKA DAN BAHASA INDONESIA

By elfida fida - November 01, 2025

 GURU KELAS IV.B: ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS IV. B UNTUK HARI SENIN TANGGAL 03 NOVEMBER 2025



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha IV.B apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha. 

MATA PELAJARAN MATEMATIKA

TUJUAN PEMBELAJARAN:

Murid mampu mengisi nilai yang belum diketahui dalam sebuah kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pada bilangan cacah sampai 100.

MATERI AJAR: POLA GAMBAR DAN ANGKA

1. Apa itu Pola?
Pola adalah urutan atau susunan yang berulang dengan aturan tertentu.
Contoh sederhana:
🌸🌸🌼🌸🌸🌼🌸🌸🌼 (pola bunga berulang setiap 3 gambar)


🎨 D. Pola Gambar

Contoh 1:
⬜ πŸ”Ί ⬜ πŸ”Ί ⬜ πŸ”Ί
πŸ‘‰ Polanya: kotak – segitiga – kotak – segitiga …
Lanjutan: ⬜ πŸ”Ί ⬜ πŸ”Ί

Contoh 2:
🐱 🐢 🐱 🐢 🐱 🐢
πŸ‘‰ Polanya bergantian: kucing – anjing.

Latihan:

  1. 🌻🌻🌹🌻🌻🌹🌻🌻 … (apa gambar berikutnya?)

  2. 🍎🍎🍌🍎🍎🍌 … (lanjutkan!)

  3. Buat pola gambar dengan dua bentuk yang berbeda.


πŸ”’ E. Pola Angka

Contoh 1:
2, 4, 6, 8, 10, …
πŸ‘‰ Polanya: ditambah 2 setiap langkah.
Lanjutan: 12, 14, 16 …

Contoh 2:
5, 10, 15, 20, …
πŸ‘‰ Polanya: ditambah 5 setiap langkah.
Lanjutan: 25, 30 …

Contoh 3:
1, 3, 6, 10, 15, …
πŸ‘‰ Polanya: bertambah 1, 2, 3, 4, 5, dst. (bilangan segitiga)

Latihan:

  1. 3, 6, 9, 12, …

  2. 10, 9, 8, 7, …

  3. 1, 2, 4, 8, 16, …


MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Tujuan Pembelajaran

Mengemukakan pendapat dengan jelas, dengan suara dan intonasi yang baik.

Mencari informasi pendukung dari berbagai sumber dan mempresentasikannya dengan baik.

Menjelaskan penyebab terjadinya masalah pada cerita “Awas” dan mengaitkannya dengan pengalaman pribadi.

Latihan Soal!

1. Ketika kamu menyampaikan pendapat di depan kelas, hal yang paling penting agar teman-teman memahami maksudmu adalah …

A. berbicara cepat agar tidak gugup
B. berbicara dengan jelas dan intonasi yang tepat
C. berbicara sambil menunduk
D. berbicara dengan suara pelan

2. Intonasi dalam berbicara berarti …

A. gerakan tangan saat berbicara
B. tinggi rendahnya nada suara
C. kecepatan berbicara
D. jumlah kata yang diucapkan

3. Apa yang sebaiknya kamu lakukan sebelum mengemukakan pendapat orang banyak?

A. Menyiapkan isi pendapat dan berlatih berbicara
B. Menghafal seluruh isi buku
C. Diam saja agar tidak salah
D. Menyuruh orang lain berbicara

4. Seorang siswa berbicara dengan nada datar dari awal sampai akhir. Apa yang kemungkinan terjadi?

A. Pendengar akan lebih semangat
B. Pendengar akan merasa bosan
C. Pendengar lebih mudah memahami isi pembicaraan
D. Pendapatnya menjadi lebih menarik

5. Sebelum mempresentasikan suatu topik, hal pertama yang sebaiknya dilakukan adalah …
A. Membaca teks tanpa persiapan
B. Menghafal isi buku tanpa memahami
C. Mencari informasi dari berbagai sumber
D. Menebak informasi sendiri

6. Ketika kamu menyampaikan hasil pencarian informasi di depan kelas, hal yang paling penting diperhatikan adalah …
A. Berbicara cepat agar cepat selesai
B. Suara yang jelas dan sikap percaya diri
C. Membaca tanpa melihat pendengar
D. Menghindari kontak mata dengan teman

7. Jika kamu ingin mencari informasi tentang “Daur Ulang Sampah,” sumber yang paling tepat digunakan adalah …
A. Buku IPA dan situs lingkungan
B. Majalah mode
C. Buku dongeng
D. Media sosial artis

8. Mengapa penting mencatat sumber informasi saat mencari data dari buku atau internet?
A. Agar mudah diingat dan bisa dipertanggungjawabkan
B. Agar terlihat banyak membaca
C. Agar bisa menyalin tanpa izin
D. Agar presentasi lebih lama

9. Ketika menyampaikan pendapat di kelas, posisi tubuh yang baik adalah …

A. Membelakangi teman-teman
B. Menunduk dan tidak menatap pendengar
C. Berdiri tegak dan menatap pendengar dengan sopan
D. Duduk sambil memainkan tangan

10. Jika kamu berbicara terlalu cepat saat mengemukakan pendapat, akibatnya adalah …

A. Pendengar tidak sempat memahami isi pendapatmu
B. Pendengar semakin tertarik
C. Suaramu menjadi lebih jelas
D. Pendapatmu terdengar lebih meyakinkan

11Jika kamu pernah mengalami masalah karena lupa mengerjakan tugas, ini bisa dikaitkan dengan …

A. Masalah yang dialami tokoh dalam cerita “Awas”
B. Masalah yang tidak relevan dengan cerita
C. Cerita yang hanya tentang hewan
D. Masalah orang lain saja

12. Rambu lalu lintas harus kita patuhi. apa yang terjadi jika kita melanggar nya...
A. Jalanan akan tertib terkendali
B. Terjadi kecelakaan dan kekacauan
C. Aman dan tertib
D. Terjalinnya kerukunan dan kedamaian

13. Mengapa kita harus memeriksa kebenaran informasi sebelum digunakan?

14. Berikan contoh kalimat pembuka presentasi yang baik!

15. Setelah selesai presentasi, temanmu ada yang bertanya. Sikap apa yang sebaiknya kamu tunjukkan saat menjawab pertanyaan tersebut?

MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN:

- Buku MAPEL MATEMATIKA, BAHASA INDONESIA

 KELAS IV

- LCD

- GAMBAR

- VIDEO

- KANCING BJAU, MANIK-MANIK

- SOAL ULANGAN

*METODE PEMBELAJARAN:

- Ceramah, tanya jawab, pengamatan, diskusi, PBL

 REFLEKSI/KESIMPULAN:

0 Comments:

Posting Komentar

MATEMATIKA DAN BAHASA INDONESIA

  GURU KELAS IV.B: ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS IV. B UNTUK HARI SENIN TANGGAL 03 NOVEMBER 2025   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaiku...

 

Elfida Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea