GURU KELAS IV.B: ELFIDA, S.Pd
MATERI AJAR KELAS IV. B UNTUK HARI SENIN TANGGAL 03 NOVEMBER 2025
Selamat pagi,,,,Tabik pun
Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha IV.B apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.
MATA PELAJARAN MATEMATIKA
TUJUAN PEMBELAJARAN:
Murid mampu mengisi nilai yang belum diketahui dalam sebuah kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pada bilangan cacah sampai 100.
MATERI AJAR: POLA GAMBAR DAN ANGKA
1. Apa itu Pola?
Pola adalah urutan atau susunan yang berulang dengan aturan tertentu.
Contoh sederhana:
πΈπΈπΌπΈπΈπΌπΈπΈπΌ (pola bunga berulang setiap 3 gambar)
π¨ D. Pola Gambar
Contoh 1:
⬜ πΊ ⬜ πΊ ⬜ πΊ
π Polanya: kotak – segitiga – kotak – segitiga …
Lanjutan: ⬜ πΊ ⬜ πΊ
Contoh 2:
π± πΆ π± πΆ π± πΆ
π Polanya bergantian: kucing – anjing.
Latihan:
-
π»π»πΉπ»π»πΉπ»π» … (apa gambar berikutnya?)
-
ππππππ … (lanjutkan!)
-
Buat pola gambar dengan dua bentuk yang berbeda.
π’ E. Pola Angka
Contoh 1:
2, 4, 6, 8, 10, …
π Polanya: ditambah 2 setiap langkah.
Lanjutan: 12, 14, 16 …
Contoh 2:
5, 10, 15, 20, …
π Polanya: ditambah 5 setiap langkah.
Lanjutan: 25, 30 …
Contoh 3:
1, 3, 6, 10, 15, …
π Polanya: bertambah 1, 2, 3, 4, 5, dst. (bilangan segitiga)
Latihan:
-
3, 6, 9, 12, …
-
10, 9, 8, 7, …
-
1, 2, 4, 8, 16, …
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Tujuan Pembelajaran
- Mengemukakan pendapat dengan jelas, dengan suara dan intonasi yang baik.
- Mencari informasi pendukung dari berbagai sumber dan mempresentasikannya dengan baik.
- Menjelaskan penyebab terjadinya masalah pada cerita “Awas” dan mengaitkannya dengan pengalaman pribadi.
Latihan Soal!
1. Ketika kamu menyampaikan pendapat di depan kelas, hal yang paling penting agar teman-teman memahami maksudmu adalah …
A. berbicara cepat agar tidak gugupB. berbicara dengan jelas dan intonasi yang tepat
C. berbicara sambil menunduk
D. berbicara dengan suara pelan
A. gerakan tangan saat berbicara
B. tinggi rendahnya nada suara
C. kecepatan berbicara
D. jumlah kata yang diucapkan
3. Apa yang sebaiknya kamu lakukan sebelum mengemukakan pendapat orang banyak?
A. Menyiapkan isi pendapat dan berlatih berbicara
B. Menghafal seluruh isi buku
C. Diam saja agar tidak salah
D. Menyuruh orang lain berbicara
4. Seorang siswa berbicara dengan nada datar dari awal sampai akhir. Apa yang kemungkinan terjadi?
A. Pendengar akan lebih semangatB. Pendengar akan merasa bosan
C. Pendengar lebih mudah memahami isi pembicaraan
D. Pendapatnya menjadi lebih menarik
B. Menghafal isi buku tanpa memahami
C. Mencari informasi dari berbagai sumber
D. Menebak informasi sendiri
B. Suara yang jelas dan sikap percaya diri
C. Membaca tanpa melihat pendengar
D. Menghindari kontak mata dengan teman
B. Majalah mode
C. Buku dongeng
D. Media sosial artis
B. Agar terlihat banyak membaca
C. Agar bisa menyalin tanpa izin
D. Agar presentasi lebih lama
A. Membelakangi teman-teman
B. Menunduk dan tidak menatap pendengar
C. Berdiri tegak dan menatap pendengar dengan sopan
D. Duduk sambil memainkan tangan
10. Jika kamu berbicara terlalu cepat saat mengemukakan pendapat, akibatnya adalah …
A. Pendengar tidak sempat memahami isi pendapatmu
B. Pendengar semakin tertarik
C. Suaramu menjadi lebih jelas
D. Pendapatmu terdengar lebih meyakinkan
11. Jika kamu pernah mengalami masalah karena lupa mengerjakan tugas, ini bisa dikaitkan dengan …
MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN:
- Buku MAPEL MATEMATIKA, BAHASA INDONESIA
KELAS IV
- LCD
- GAMBAR
- VIDEO
- KANCING BJAU, MANIK-MANIK
- SOAL ULANGAN
*METODE PEMBELAJARAN:
- Ceramah, tanya jawab, pengamatan, diskusi, PBL
REFLEKSI/KESIMPULAN:

0 Comments:
Posting Komentar