Kamis, 29 Agustus 2024

TEMA 2 SUBTEMA 3 PB 3

By elfida fida - Agustus 29, 2024 0 Comments

 GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS VI. A  UNTUK HARI JUMAt  TANGGAL 30 AGUSTUS  2024



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha VI. A, apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.


MUATAN IPA (KD 3.3 DAN 4.3)

 PELESTARIAN TUMBUHAN DAN HEWAN BERDASARKAN LINGKUNGAN HIDUPNYA

 

Tumbuhan dan hewan dapat mengalami penurunan populasi, misalnya karena habitatnya rusak atau karena banyak dimanfaatkan manusia. Jika tumbuhan dan hewan tersebut tidak dilestarikan, tumbuhan dan hewan tersebut akan meniadi langka. Terlebih jika tumbuhan dan hewan tersebut termasuk endemik, Artinva tumbuhan dan hewan tersebut hanya dapat ditemukan di satu tempat dan tidak dapat ditemukan di tempat lainnya.

Berikut beberapa contoh tumbuhan dan hewan yang harus dilestarikan agar tidak punah.

1. Pelestarian Tumbuhan Berdasarkan Lingkungan Hidupnya

a.       Bunga padma raksasa

Tumbuhan bunga padma raksasa atau raflesia memiliki mahkota berwarna merah. Raflesia mengeluarkan aroma busuk seperti bangkai untuk mengundang hewan penyerbuk seperti lalat agar hinggap dan menyerbuki bunganya. Raflesia membutuhkan waktu hingga sembilan bulan untuk tumbuh. Masa mekar bunga raflesia hanya 5-7 hari. Raflesia merupakan tumbuhan langka. Oleh karena itu, peran pemerintah sangat diperlukan dalam pelestarian tumbuhan tersebut. Misalnya, menetapkan taman nasional atau mendirikan taman konservasi untuk melindungi tumbuhan raflesia.

 

Bunga Padma raksasa yang sedang mekar

 

Kita juga dapat turut serta melestarikan raflesia. Misalnya, dengan mencari informasi tentang tumbuhan tersebut untuk kita pelajari. Kita juga tidak boleh merusak bunga tersebut beserta lingkungan hidupnya.

b.      Cendana

Tumbuhan Cendana

 

Cendana merupakan tumbuhan berkayu yang mengeluarkan aroma khas wangi. Cendana banyak dimanfaatkan dalam keseharian masyarakat Indonesia. Aromanya yang khas dan wangi membuat tumbuhan cendana dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan parfum dan aromaterapi. Namun, tumbuhan cendana termasuk tumbuhan langka karena sulit untuk dibudidayakan. Kecambah dari pohon cendana merupakan tumbuhan parasit sehingga harus menumpang tumbuhan lain. Oleh karena itu, peran pemerintah dan masyarakat sangat penting untuk menjaga kelestarian tumbuhan cendana. Peran kita sebagai masyarakat dengan mengurangi penggunaan minyak cendana. Peran pemerintah misalnya menetapkan kawasan konservasi bagi tumbuhan tersebut.

 

2. Pelestarian Hewan Berdasarkan Lingkungan Hidupnya

a.       Orang utan

Orang Utan


Orang utan merupakan hewan endemik yang hidup tersebar di hutan tropis Indonesia, tepatnya di Pulau Sumatra dan Kalimantan. Orang utan menghabiskan sebagian besar hidupnya di kanopi pohon. Saat ini, ancaman kelangsungan hidup orang utan mencakup berubahnya fungsi hutan menjadi perkebunan kelapa sawit, pertambangan, dan pembukaan jalan. Upaya pelestarian terhadap orang utan pun dilakukan, seperti kerja sama WWF-Indonesia dengan pemerintah dalam mengembangkan rencana tata ruang ekosistem sebagai upaya pengembalian hutan sebagai habitat orang utan. Selain itu, sebagian besar orang utan yang selamat dilindungi di tempat penangkaran-penangkaran khusus. Sebagai contoh, penangkaran orang utan di Bukit Lawang, Sumatra dan di Tanjung Puting, Kalimantan.

 

b.      Gajah Sumatra

Gajah Sumatra

 

Gajah sumatra merupakan hewan endemik di Pulau Sumatra. Gajah sumatra menyukai hutan yang ditumbuhi oleh pohon-pohon lebat dan berada dekat dengan sumber air. Gajah sumatra termasuk hewan langka karena jumlahnya semakin menurun. Faktor penyebabnya, antara lain perburuan dan berubahnya fungsi hutan menjadi permukiman dan perkebunan. Sebagai langkah pencegahan dari kepunahan, pemerintah menetapkan beberapa wilayah sebagai Pusat Konservasi Gajah Sumatra. Misalnya, Taman Nasional Way Kambas Lampung dan Taman Nasional Tesso Nilo di Riau.


MUATAN BAHASA INDONESIA (KD 3.4 DAN 4.4)

MENULISKAN INFORMASI PENTING SUATU TEKS SEJARAH MENGGUNAKAN KATA BAKU

Ayo, ingat kembali cara menemukan informasi penting suatu teks!

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan kata tanya apa, dimana, kapan, siapa, mengapa, danbagaimana. Informasi yang sudah ditemukan, akan lebih mudah diingat apabila disajikan dalm bentuk diagram dan dituliskan menggunakan kata baku.


MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN
- BUPENA
-LCD
- GAMBAR

REFLEKSI/ KESIMPULAN KEGIATAN PEMBELAJARA N HARI INI :

Berdasarkan hasil pembelajaran hari ini bahwa sebahagian besar peserta didik sudah mampu memahami materi tentang ,PELESTARIAN TUMBUHAN DAN HEWAN BERDASARKAN LINGKUNGAN HIDUPNYA dan  MENULISKAN INFORMASI PENTING SUATU TEKS SEJARAH MENGGUNAKAN KATA BAKU. Alhamdulillah pada materi ini semua peserta didik sudah memahami materi yang telah diberikan.

Berikut dokumentasi pembelajaran hari ini :

Rabu, 28 Agustus 2024

TEMA 2 SUBTEM 3 PB 2

By elfida fida - Agustus 28, 2024 0 Comments

 GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS VI. A  UNTUK HARI KAMIS TANGGAL 29 AGUSTUS  2024



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha VI. A, apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.
 
TEMA 2  :  PERSATUAN DALAM PERBEDAAN
SUBTEMA 3 : BERSATU KITA TEGUH
PEMBELAJARAN :  2
 

A.      TUJUAN PEMBELAJARAN

1.      1. Setelah menggali informasi dari berbagai sumber, peserta didik mampu menjelaskan manfaat oersatuan dan kesatuan dalam kehidupan negara kesatuan Republik Indonesia dengan baik.

2.     2.  Setelah menggali informasi dari berbaga isumber, peserta didik mampu mempresentasikan menjelaskan manfaat oersatuan dan kesatuan dalam kehidupan negara kesatuan Republik Indonesia dengan baik. 

3.        3.   Setelah mengamati gambar dan meonton video tari di blogger guru, peserta didik mampu mengidentifikasi gerakan pada tari Merak dengan benar


MUATAN PPKN (KD 3.4 DAN 4.4)

MENJELASKAN MANFAAT PERSATUAN DAN KESATUAN DALAM KEHIDUPAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA

Sejarah menunjukkan bahwa bangsa Indonesia berhasil meraih kemerdekaan karena adanya persatuan dan kesatuan. Meskipun terdiri atas beragam suku bangsa, budaya, dan agama, bangsa Indonesia mampu bersatu dan mengalahkan para penjajah.

Berikut manfaat persatuan dan kesatuan bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia yaitu :

1. Bangsa Indonesia menjadi bangsa yang kuat dan maju.

2. Pembangunan nasional akan berjakan dengan lancar, amam, dan cepat.

3. Kesejahteraan masyarakat akan tercapai secara adil dan seimbang.

4. Bangsa Indonesiabterhindar dari perselisihan yang berakar pada perbedaan suku, budaya, serta agama.

5. Persaudaraan antarwarga negara terjalin semakin erat.


MUATAN SBDP (KD 3.3 DAN 4.3)

POLA LANTAI DAN GERAKAN TARI MERAK

Tari Merak merupakan tarian daerah yang berasal dari Jawa Barat. Gerakan dalam tari Merak termasuk gerak tari klasik, yaitu gerak tari yang menirukan kegiatan manusia atau hewan yang terpilih dan mempunyai pola-pola gerakan. Tari Merak biasanya diperagakan secara berkelompok. Saat melakukan tari secara berkelompok, para petani membuat bentuk atau formasi tertentu yang disebut pola lantai.

Beberapa gerakan dan pola lantai dalam tari Merak berikut :





MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN

- BUPENA

- LCD

REFLEKSI/ KESIMPULAN KEGIATAN PEMBELAJARA N HARI INI :

Berdasarkan hasil pembelajaran hari ini bahwa sebahagian besar peserta didik sudah mampu memahami materi tentang MANFAAT PERSATUAN DAN KESATUAN DALAM KEHIDUPAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA dan POLA LANTAI DAN GERAKAN TARI MERAK, Alhamdulillah pada materi ini semua peserta didik sudah memahami materi yang telah diberikan.

Berikut dokumentasi pembelajaran hari ini :














Selasa, 27 Agustus 2024

TEMA 2 SUBTEMA 3 PB 1

By elfida fida - Agustus 27, 2024 0 Comments

 GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS VI. A  UNTUK HARI RABU TANGGAL 28 AGUSTUS 2024



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha VI. A, apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.

Muatan Pelajaran:
Bahasa Indonesia KD 3.4 dan 4.4
IPA KD 3.3 dan 4.3
IPS KD 3.4 dan 4.4

Tujuan Pembelajaran:

- Peserta didik mampu memaparkan informasi penting dengan menggunakan aspek apa, dimana, kapan, siapa mengapa dan bagaimana dengan menggunakan kosa kata baku
- Peserta didik mampu menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan
- Peserta didik mampu menjelaskan makna proklamasi dan upaya mempertahankan kemerdekaan

 TEMA 2 SUBTEMA 3 PB 1 


TEMA 2        : PERSATUAN DALAM PERBEDAAN

SUBTEMA 3 : BERSATU KITA TEGUH

PEMBELAJAN : 1 


BAHASA INDONESIA

 

KATA BAKU DAN KATA TIDAK BAKU

Kata baku adalah kata yang ditulis dan disusun sesuai dengan PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia).

Ciri-ciri kata baku yaitu bentuknya tidak mudah berubah, memiliki arti yang tidak rancu dan tidak dipengaruhi oleh zaman.

Contoh:


IPA

MANFAAT ADAPTASI MAKHLUK HIDUP BAGI MANUSIA DAN LINGKUNGAN

Setiap makhluk hidup memiliki kemampuan beradaptasi untuk bertahan hidup. Kemampuan itu ditandai dengan bentuk atau struktur khusus dari makhluk hidup tersebut. Bentuk atau struktur khusus tersebut juga bermanfaat bagi manusia  dan lingkungannya. Berikut adalah beberapa pemanfaatan tumbuhan dan hewan bagi manusia dan lingkungan.

 A.     Manfaat Tumbuhan bagi Manusia dan Lingkungan

 1.       Lidah Buaya



Lidah buaya memiliki habitat di darat dan mampu bertahan di lingkungan kering. Tumbuhan ini memiliki daun berduri yang berfungsi untuk mengurangi penguapan, daun yang tebal untuk menyimpan air, dan akar yang panjang dan menyebar agar lebih mudah mencari air.

Lidah buaya dapat menyerap polusi udara disekitarnya. Daging lidah buaya sering dimanfaatkan oleh manusia. Misalnya, untuk menyembuhkan luka luar.


2.       Tumbuhan Bakau

 


Tumbuhan bakau hidup di pantai. Tumbuhan bakau memiliki akar tunjang yang berfungsi menahan tumbuhan dari terjangan ombak. Tumbuhan bakau bermanfaat bagi lingkungan dan makhluk hidup lain. Akar bakau berfungsi mencegah abrasi di pantai. Perairan di sekitar akar pohon bakau menjadi tempat hidup dan menjadi sumber makanan bagi beberapa jenis hewan laut, misalnya ikan dan udang.

 


B.     Manfaat Hewan bagi Manusia dan Lingkungan

 

1.       Cacing Tanah


Cacing tanah hidup di dalam tanah yang lembap. Cacing bergerak dan mencari makan di dalam tanah. Cacing menghasilkan kotoran yang dapat membuat tanah menjadi subur. Gerakan cacing di dalam tanah juga membuat tanah berpori. Tanah yang berpori membuat tanah mampu menyerap air dan nutrisi sehingga tanaman yang hidup di tanah tersebut menjadi subur.

 

2.       Domba



Domba merupakan hewan yang memiliki ciri khusus berupa rambut tebal. Rambut itu berfungsi untuk menghangatkan tubuh saat suhu di lingkungan rendah. Rambut domba dimanfaatkan manusia sebagai bahan pembuat kain wol. Kain wol biasanya dimanfaatkan untuk pembuatan pakaian hangat. Selain itu, kotoran domba juga dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman.

 

IPS

 

MANFAAT KEMERDEKAAN BAGI KESEJAHTERAAN BANGSA INDONESIA

 

Pada masa penjajahan, bangsa Indonesia tidak mendapatkan hak-haknya sebagai warga negara. Bangsa Indonesia juga mengalami kesengsaraan. Setelah kemerdekaan diproklamasikan, kehidupan bangsa Indonesia berangsur membaik. Bangsa Indonesia memulai pembangunan dalam berbagai bidang.

 

1.       Pendidikan

 

Bangsa Indonesia melaksanakan pembvangunan di bidang pendidikan. Pada masa penjajahan, pendidikan hanya dimiliki oleh golongan bangsawan. Selain itu, hanya kaum laki-laki saja yang berhak memperoleh pendidikan. Setelah kemerdekaan, seluruh rakyat Indonesia berhak memp[eroleh pendidikan yang layak. Pria dan wanita memiliki hak yang sama untuk memperoleh pendidikan. Mereka dapat bersekolah dan memperoleh ilmu pengetahuan sebagai bekal masa depan. Pendidikan yang layak bagi semua golongan merupakan salah satu tujuan bangsa Indonesia. Hal tersebut tercantum dalam pembukaan UUD 1945 alinea keempat, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.

Rakyat Indonesia berhak memperoleh pendidikan

 

2.       Perekonomian

 

Sebelum merdeka, sebagian besar rakyat Indonesia hidup dalam perekonomian yang sulit. Kebijakan para amat menyengsarakan rakyat. Bahkan, beberapa kebijakan seperti tanam paksa, kerja rodi, atau romusha menyebabkan kematian rakyat Indonesia. Setelah merdeka, perekonomian Indonesia berhasil dikuasai oleh negara. Pemerintah mulai memperbaiki perekonomian bangsa Indonesia. Rakyat Indonesia dibebaskan untuk melakukan kegiatan ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraannya. Hal ini sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945 alinea kedua, yaitu kemerdekaan negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.

Rakyat Indonesia berhak melakukan kegiatan ekonomi

 3.       Sosial

Setelah proklamasi kemerdekaan, setiap rakyat Indonesia memiliki hak dan kewajiban yang sama. Tidak ada lagi pengelompokan rakyat Indonesia seperti pada masa penjajahan. Setiap suku memiliki derajat yang sama. Keberagaman budaya pun mulai terlihat dan dilestarikan sebagai kekayaan bangsa.

Meningkatkan kesejahteraan rakyat merupakan tanggung jawab pemerintah. Akan tetapi, sebagai warga negara kita dapat ikut serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Misalnya dengan membuka lapangan pekerjaan untuk mengurangi pengangguran dan mendukung program pemerintah. Kesejahteraan juga dapat terwujud jika warganya hidup rukun. Kerukunan membuat rakyat dapat bekerja sama dalam mencapai tujuan, yaitu meningkatkan kesejahteraan bersama.

Lapangan pekerjaan sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kesejahteraaan masyarakat.


MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN 

- BUPENA

- LCD

- GAMBAR-GAMBAR


 REFLEKSI/KESIMPULAN :

Berdasarkan kegiatan pembelajaran hari ini guru memberikan penjelasan materi hari ini. Tugas yang diberikan kepada peserta didik berupa tanya jawab, karena sebagian peserta didik latihan menari untuk persiapan P5 kelas 2.



TEMA 3 SUBTEMA 2 PB 5

  GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A  UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 20 SEPTEMBER 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamuala...

 

Elfida Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea