Senin, 10 November 2025

MATEMATIKA,P PANCASILA,SENI RUPA

By elfida fida - November 10, 2025

 GURU KELAS IV.B: ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS IV. B UNTUK HARI SELASA TANGGAL 11 NOVEMBER 2025



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha IV.B apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha. 

MATA PELAJARAN MATEMATIKA

TUJUAN PEMBELAJARAN:

Murid mampu mengisi nilai yang belum diketahui dalam sebuah kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pada bilangan cacah sampai 100.

MATERI AJAR: POLA BILANGAN MEMBESAR DAN MENGECIL

Pengertian Pola Bilangan

Pola bilangan adalah susunan angka yang mengikuti suatu aturan tertentu.
Setiap bilangan dalam pola disebut suku.

Contoh:

  • 2, 4, 6, 8, 10 → setiap suku bertambah 2.

  • 10, 8, 6, 4, 2 → setiap suku berkurang 2.


3. Pola Bilangan Membesar (Naik)

Pola bilangan membesar adalah pola di mana setiap bilangan berikutnya lebih besar dari bilangan sebelumnya.

Contoh 1:
3, 6, 9, 12, 15, ...
๐Ÿ‘‰ Aturannya: setiap bilangan bertambah 3.

Contoh 2:
1, 2, 4, 8, 16, ...
๐Ÿ‘‰ Aturannya: setiap bilangan dikali 2.

Latihan:

  1. Tentukan 3 suku berikutnya dari pola 5, 10, 15, 20, ...

  2. Tentukan 3 suku berikutnya dari pola 2, 4, 8, 16, ...


4. Pola Bilangan Mengecil (Turun)

Pola bilangan mengecil adalah pola di mana setiap bilangan berikutnya lebih kecil dari bilangan sebelumnya.

Contoh 1:
20, 18, 16, 14, ...
๐Ÿ‘‰ Aturannya: setiap bilangan berkurang 2.

Contoh 2:
100, 50, 25, 12,5, ...
๐Ÿ‘‰ Aturannya: setiap bilangan dibagi 2.

Latihan:

  1. Tentukan 3 suku berikutnya dari pola 30, 25, 20, 15, ...

  2. Tentukan 3 suku berikutnya dari pola 64, 32, 16, 8, ...


5. Menentukan Aturan Pola

Untuk menemukan aturan pola bilangan:

  1. Perhatikan selisih atau rasio antara bilangan berurutan.

  2. Uji apakah setiap bilangan mengikuti aturan yang sama.

  3. Gunakan aturan itu untuk mencari suku berikutnya.

Contoh:
5, 10, 20, 40, 80
→ setiap bilangan dikali 2
→ Polanya: perkalian 2 (pola membesar).

Rangkuman

  • Pola bilangan adalah susunan angka dengan aturan tertentu.

  • Pola bilangan membesar: nilainya naik (misal: bertambah atau dikali).

  • Pola bilangan mengecil: nilainya turun (misal: berkurang atau dibagi).

  • Kita bisa menentukan suku berikutnya dengan mencari aturan perubahannya.

LATIHAN SOAL:

๐Ÿงฎ Soal Pola Angka

1. Perhatikan pola berikut:
2, 4, 8, 16, 32, …
Angka selanjutnya adalah …
A. 48
B. 56
C. 64
D. 72


2. Pola bilangan berikut:
3, 6, 9, 12, 15, …
Bilangan ke-8 dari pola tersebut adalah …
A. 21
B. 24
C. 27
D. 30


3. Pola: 5, 10, 20, 40, 80, …
Rumus pola bilangan tersebut adalah …
A. Un=5×2n1U_n = 5 \times 2^{n-1}
B. Un=5+2nU_n = 5 + 2n
C. Un=5n2U_n = 5n^2
D. Un=2n+5U_n = 2^n + 5


4. Diketahui pola: 1, 4, 9, 16, 25, …
Bilangan ke-7 dari pola tersebut adalah …
A. 36
B. 42
C. 49
D. 56


5. Pola berikut menunjukkan deret ganjil:
1, 3, 5, 7, 9, …
Jumlah 5 suku pertama dari pola tersebut adalah …
A. 20
B. 25
C. 30
D. 35


๐ŸŸฆ Soal Pola Gambar

6. Sebuah pola gambar terdiri dari:
๐Ÿ”ต, ๐Ÿ”ต๐Ÿ”ต, ๐Ÿ”ต๐Ÿ”ต๐Ÿ”ต, ๐Ÿ”ต๐Ÿ”ต๐Ÿ”ต๐Ÿ”ต, …
Jika pola dilanjutkan, gambar ke-6 akan memiliki …
A. 5 lingkaran
B. 6 lingkaran
C. 7 lingkaran
D. 8 lingkaran


7. Perhatikan pola:
⬛, ⬜⬛, ⬜⬜⬛, ⬜⬜⬜⬛, …
Jika pola berlanjut, pada urutan ke-5 akan terdapat berapa buah kotak putih?
A. 3
B. 4
C. 5
D. 6


8. Gambar berikut membentuk pola segitiga:
▲ (1 segitiga), ▲▲ (2 segitiga), ▲▲▲ (3 segitiga), …
Total segitiga setelah 4 langkah adalah …
A. 6
B. 8
C. 10
D. 12


9. Dalam suatu pola, setiap langkah ditambah 2 persegi:
Langkah 1 = 1 persegi
Langkah 2 = 3 persegi
Langkah 3 = 5 persegi
Langkah 4 = ?
A. 6
B. 7
C. 8
D. 9


10. Pola bintang:
⭐, ⭐⭐, ⭐⭐⭐, ⭐⭐⭐⭐, ⭐⭐⭐⭐⭐
Jumlah seluruh bintang hingga pola ke-5 adalah …
A. 10
B. 12
C. 15
D. 20

PEMBAHASAN SOAL DI ATAS:

๐Ÿงฎ Soal Pola Angka

1. 2, 4, 8, 16, 32, …
➡ Pola: dikali 2 setiap langkah.
Jadi, 32×2=6432 \times 2 = 64
Jawaban: C. 64


2. 3, 6, 9, 12, 15, …
➡ Pola: beda tetap = +3
Suku ke-8 = 3+(81)×3=243 + (8-1) \times 3 = 24
Jawaban: B. 24


3. 5, 10, 20, 40, 80, …
➡ Pola: dikali 2 tiap suku.
Rumus: Un=5×2n1U_n = 5 \times 2^{n-1}
Jawaban: A. Un=5×2n1U_n = 5 \times 2^{n-1}


4. 1, 4, 9, 16, 25, …
➡ Pola: bilangan kuadrat (1², 2², 3², 4², 5², …)
Suku ke-7 = 72=497^2 = 49
Jawaban: C. 49


5. Deret ganjil: 1, 3, 5, 7, 9
➡ Jumlah 5 suku pertama: 1+3+5+7+9=251 + 3 + 5 + 7 + 9 = 25
Jawaban: B. 25


๐ŸŸฆ Soal Pola Gambar

6. ๐Ÿ”ต, ๐Ÿ”ต๐Ÿ”ต, ๐Ÿ”ต๐Ÿ”ต๐Ÿ”ต, ๐Ÿ”ต๐Ÿ”ต๐Ÿ”ต๐Ÿ”ต, …
➡ Pola: bertambah 1 lingkaran tiap langkah.
Langkah ke-6 = 6 lingkaran.
Jawaban: B. 6 lingkaran


7. ⬛, ⬜⬛, ⬜⬜⬛, ⬜⬜⬜⬛, …
➡ Pola: jumlah kotak putih bertambah 1 tiap langkah.
Langkah ke-5 = 4 kotak putih + 1 hitam.
Jawaban: B. 4


8. ▲ (1), ▲▲ (2), ▲▲▲ (3), …
➡ Total segitiga sampai langkah ke-4 = 1 + 2 + 3 + 4 = 10
Jawaban: C. 10


9. Langkah 1 = 1, Langkah 2 = 3, Langkah 3 = 5
➡ Pola: bertambah 2 tiap langkah (1, 3, 5, 7, 9, …)
Langkah ke-4 = 7
Jawaban: B. 7


10. ⭐, ⭐⭐, ⭐⭐⭐, ⭐⭐⭐⭐, ⭐⭐⭐⭐⭐
➡ Total bintang = 1 + 2 + 3 + 4 + 5 = 15
Jawaban: C. 15


MATA PELAJARANSENI RUPA

TUJUAN PEMBELAJARAN:

Murid dapat membedakan contoh perbedaan gaya dan tekhnik.

MATERI AJAR: CONTOH PERBEDAAN GAYA DAN TEKHNIK

1. Pengertian Gaya dan Teknik dalam Seni Rupa

๐Ÿงฉ A. Gaya Seni Rupa

Gaya seni rupa adalah cara khas atau ciri khusus yang digunakan seniman dalam mengekspresikan ide, perasaan, atau objek ke dalam karya seni.
Setiap seniman memiliki gaya yang berbeda tergantung pada pengalaman, pandangan hidup, dan latar budaya.

๐Ÿ’ก Contoh gaya seni rupa:

  1. Naturalisme → menggambarkan objek sesuai keadaan aslinya (realistis).
    Contoh: lukisan pemandangan alam oleh Basuki Abdullah.

  2. Realisme → menggambarkan kehidupan nyata, terutama kehidupan sosial.
    Contoh: lukisan petani bekerja di sawah.

  3. Romantisme → menonjolkan keindahan, emosi, dan imajinasi.
    Contoh: lukisan pahlawan atau keindahan alam dengan suasana dramatis.

  4. Ekspresionisme → menonjolkan emosi dan perasaan pelukis.
    Contoh: karya Affandi yang penuh sapuan warna bebas.

  5. Impresionisme → menekankan kesan cahaya dan warna sesaat.
    Contoh: karya Claude Monet.

  6. Kubisme → menampilkan bentuk geometris seperti kubus dan segitiga.
    Contoh: karya Pablo Picasso.

  7. Abstrak → tidak meniru bentuk nyata, lebih menonjolkan ekspresi warna dan garis.
    Contoh: karya Wassily Kandinsky.


๐Ÿงต B. Teknik Seni Rupa

Teknik seni rupa adalah cara atau metode yang digunakan untuk membuat karya seni rupa, termasuk penggunaan alat dan bahan.

๐ŸŽจ Contoh teknik seni rupa dua dimensi:

  1. Teknik Aquarel (Cat Air)

    • Menggunakan cat air dengan sapuan tipis sehingga warna tampak transparan.

    • Contoh: melukis pemandangan dengan cat air.

  2. Teknik Plakat

    • Menggunakan cat tebal dan warna pekat (cat poster atau akrilik).

    • Contoh: lukisan potret dengan cat akrilik.

  3. Teknik Pointilis

    • Membentuk gambar menggunakan titik-titik kecil.

    • Contoh: gambar wajah dari titik tinta hitam.

  4. Teknik Mozaik

    • Menyusun potongan kecil bahan seperti kertas, kaca, atau batu.

    • Contoh: gambar bunga dari potongan kertas warna.

  5. Teknik Kolase

    • Menempelkan berbagai bahan berbeda pada bidang gambar.

    • Contoh: membuat burung dari potongan majalah dan kain.

๐Ÿ—ฟ Contoh teknik seni rupa tiga dimensi:

  1. Teknik Pahat (mengurangi bahan, seperti kayu atau batu).

  2. Teknik Butsir (membentuk dengan tangan, misalnya tanah liat).

  3. Teknik Cor (menuangkan bahan cair seperti semen atau logam cair ke cetakan).

  4. Teknik Las (menyambung logam dengan panas).


๐Ÿ” 2. Perbedaan Gaya dan Teknik Seni Rupa

AspekGaya Seni RupaTeknik Seni Rupa
PengertianCiri khas atau cara seniman mengekspresikan diri dalam karya seni.Cara atau metode dalam membuat karya seni rupa.
BersifatSubjektif (tergantung ekspresi dan pandangan seniman).Praktis dan teknis (berhubungan dengan alat & bahan).
ContohRealisme, Ekspresionisme, Abstrak, Kubisme.Aquarel, Plakat, Mozaik, Kolase, Pahat.
TujuanMenunjukkan identitas dan karakter karya seni.Menentukan hasil visual dan tekstur karya seni.
FokusnyaBagaimana bentuk dan gaya visual ditampilkan.Bagaimana karya dibuat secara teknis.

๐ŸŽฏ 3. Contoh Penerapan Gaya dan Teknik

Contoh KaryaGayaTeknik
Lukisan pemandangan yang tampak nyataNaturalismeAquarel
Lukisan emosi dengan warna bebasEkspresionismePlakat
Gambar wajah dari titik-titik tintaRealismePointilis
Patung manusia dari tanah liatRealismeButsir
Hiasan dinding dari potongan kacaAbstrakMozaik

๐Ÿง  4. Rangkuman

  • Gaya seni rupa adalah ciri khas atau ekspresi visual dari karya seni.

  • Teknik seni rupa adalah cara atau proses pembuatan karya seni.

  • Keduanya saling melengkapi: gaya menunjukkan “bagaimana tampilannya”, sedangkan teknik menunjukkan “bagaimana cara membuatnya.”

✏️ 5. Latihan Sederhana

  1. Jelaskan perbedaan antara gaya dan teknik dalam seni rupa!

  2. Sebutkan 3 contoh gaya seni rupa beserta ciri-cirinya!

  3. Sebutkan 3 teknik menggambar atau melukis yang kamu ketahui!

  4. Buatlah gambar sederhana dengan gaya ekspresionisme menggunakan teknik plakat.

MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA

TUJUAN PEMBELAJARAN

Peserta didik dapat mengidentifikasi hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah.

MATERI AJAR: HAK DAN KEWAJIBAN SEBAGAI ANGGOTA KELUARGA

1. Pengertian Hak dan Kewajiban

๐ŸŸข Hak

Hak adalah sesuatu yang kita peroleh atau pantas kita dapatkan setelah melakukan kewajiban atau karena status kita sebagai anggota keluarga.
➡️ Hak = sesuatu yang diterima.

Contoh hak dalam keluarga:

  • Mendapat kasih sayang dari orang tua.

  • Mendapat makanan, pakaian, dan tempat tinggal.

  • Mendapat pendidikan dan perhatian.

  • Mendapat rasa aman di rumah.


๐Ÿ”ต Kewajiban

Kewajiban adalah sesuatu yang harus kita lakukan dengan tanggung jawab.
➡️ Kewajiban = sesuatu yang harus dikerjakan.

Contoh kewajiban dalam keluarga:

  • Hormat dan patuh kepada orang tua.

  • Membantu pekerjaan rumah.

  • Menjaga kebersihan rumah dan lingkungan.

  • Belajar dengan rajin.

  • Menyayangi sesama anggota keluarga.

2. Contoh Hak dan Kewajiban dalam Kehidupan Keluarga

Peran Anggota KeluargaHakKewajiban
AnakDisayangi, dipenuhi kebutuhannya, diberi pendidikan.Patuh, sopan, membantu orang tua, belajar sungguh-sungguh.
AyahDihormati oleh anggota keluarga, mendapat istirahat.Bekerja, melindungi dan memenuhi kebutuhan keluarga.
IbuDihargai, dibantu oleh anggota keluarga.Mengurus rumah, mendidik anak, menyiapkan kebutuhan keluarga.
SaudaraBermain dan mendapatkan perhatian.Saling menyayangi dan tidak bertengkar.

3. Pentingnya Menjalankan Hak dan Kewajiban

Agar keluarga hidup harmonis dan bahagia, setiap anggota harus:

  • Menjalankan kewajiban dengan penuh tanggung jawab.

  • Menghormati dan tidak melanggar hak orang lain.

  • Bekerjasama dan saling tolong-menolong.

  • Menyelesaikan masalah dengan musyawarah.

MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN:

- Buku MAPEL MATEMATIKA, P PANCASILA, SENI RUPA KELAS IV

- LCD

- VIDEO PEMBELAJARAN

- GAMBAR-GAMBAR

*METODE PEMBELAJARAN:

- Ceramah, tanya jawab, Discovery Learning

R  REFLEKSI/KESIMPULAN:


0 Comments:

Posting Komentar

IPAS. BAHASA INDONESIA

    GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS IV. B UNTUK HARI KAMIS TANGGAL 13 NOVEMBER 2025   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamuala...

 

Elfida Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea