Kamis, 19 September 2024

TEMA 3 SUBTEMA 2 PB 5

By elfida fida - September 19, 2024 0 Comments

 GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS VI. A  UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 20 SEPTEMBER 2024



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha VI. A, apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha. 

TEMA 3        : TOKOH DAN PENEMUAN

SUBTEMA 2    : PENEMUAN DAN MANFAATNYA

PEMBELAJARAN  : 5

TUJUAN PEMBELAJARAN:

MUATAN IPS (KD 3.2 DAN 4.2)

PENGARUH KOMPUTER DALAM BIDANG PENDIDIKAN

Komputer adalah alat elektronik yang dapat menghitung atau mengolah data, serta Memutar film dan musik. Selain itu komputer juga dapat menjadi alat komunikasi melalui surat elektronik dan media sosial.

Komputer pertama kali ditemukan oleh Charles babbage penemuan babage tersebut menjadi cikal bakal kemajuan komputer saat ini titik babage menemukan mesin penghitung yang menjadi salah satu penemuan paling terkenal dalam sejarah perkembangan komputer yaitu kalkulator otomatis. Penemuan berbagai membawa perubahan dalam kehidupan masyarakat sehingga ia dijuluki sebagai Bapak komputer contoh perubahan tersebut yaitu masyarakat lebih mudah saling mengirim melalui surat elektronik atau surel atau email. Surel dikirim melalui jaringan internet yang terpasang pada komputer pada masa kini kegiatan jual beli juga dapat dilakukan melalui komputer. Masyarakat dapat membeli barang yang ingin dibeli tanpa harus datang ke langsung ke pasar. Kegunaan lain komputer adalah dapat menyimpan data dalam jumlah besar titik data tersebut dapat berbentuk dokumen foto, audio, dan video.

Komputer juga membawa perubahan dalam bidang pendidikan titik dahulu pengetahuan hanya dapat diperoleh melalui kegiatan belajar di kelas dengan sarana terbatas. Siswa hanya memperoleh ilmu pengetahuan dari buku, media massa, radio dan televisi. Namun saat ini sebagian besar sekolah sudah memiliki sarana yang modern. Misalnya adanya laboratorium komputer dengan jaringan internet yang memadai titik adanya komputer di sekolah membantu siswa mencari dan memperdalam pengetahuannya melalui komputer. Keberadaan komputer dan internet telah memudahkan dan menunjang pembelajaran di sekolah titik kemajuan teknologi dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan.

MUATAN SBDP (KD 3.2 DAN 4.2)

MEMAINKAN ALAT MUSIK DENGAN MEMPERHATIKAN INTERVAL NADA

Memainkan interval nada dalam sebuah lagu adalah:

1.membuat membuat kelompok dengan 4 sampai 5 per kelompok.

2. Perhatikan notasi pada lagu Apuse dengan cermat.

3. Berlatih memainkan lagu Apuse dengan alat musik melodis.

MEDIA/SUMBER PEMEBELAJARAN 

-BUPENA

-PIANIKA

-VIDEO PEMBELJARAN

Rabu, 18 September 2024

TEMA 3 SUBTEMA 2 PB 4

By elfida fida - September 18, 2024 0 Comments

 GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS VI. A  UNTUK HARI KAMIS TANGGAL 19 SEPTEMBER 2024



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha VI. A, apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha. 

TEMA 3        : TOKOH DAN PENEMUAN

SUBTEMA 2    : PENEMUAN DAN MANFAATNYA

PEMBELAJARAN  : 4

TUJUAN PEMBELAJARAN:

-  Peserta didik mampu membuat simpulan dari sebuah teks eksplanasi dengan baik dan benar.
- Peserta didik mampu menjelaskan bagaimana menggunakan hak dengan bertanggung jawab dengan baik dan benar.

MUATAN PPKN (KD 3.2 DAN 4.2)

MELAKSANAKAN KEWAJIBAN DENGAN TANGGUNG JAWAB

 Contoh-contoh melaksanakan kewajiban dengan tanggung jawab antara lain :

1. Di rumah 

    a. Membuang sampah pada tempatnya agar tidak mengganggu hak orang lain untuk menikmati kebersihan.

    b. Menghargai makanan yang telah tersedia di rumahdengan tudak menyisakan makanan.

2. Di sekolah 

     a. Melaksanakan piket kelas sesuai tugas dan jadwalnya.

     b. Menjaga keenangan saat membaca buku di perpustakaan.

     c. Datang ke sekolah tepat waktu agar tidak menganggu proses belajar mengajar.

3. Di masyarakat

     a. Menjaga saluran air di lingkungan dengan tidak membuang sampah di got-got perumahan.

     b. Mematuhi aturan lalu lintas ketika menyeberang jalan.

MUATAN BAHASA INDONESIA (KD 3.2 DAN 4.2)

KALIMAT EFEKTIF DALAM TEKS EKSPLANASI

Kalimat Efektif

Kalimat efektif adalah kalimat yang sesuai dengan kaidah bahasa, jelas, dan mudah dipahami oleh
pendengar atau pembaca.
Ciri-ciri Kalimat Efektif:
1. Memiliki subyek, predikat, objek/ keterangan yang tersusun secara tepat.
2. Memiliki kesamaan imbuhan/ bentukan.
3. Menggunakan kata-kata yang diperlukan saja (tidak berlebihan).
4. Terdapat penekanan pada kalimat yang lebih dipentingkan.
5. Mudah dipahami dan harus memiliki hubungan yang masuk akal/ logis.
 

Contoh Kalimat Efektif dan Tidak Efektif:
1. Saran yang disampaikannya kami akan pertimbangkan (tidak efektif)
Seharusnya: Saran yang disampaikannya akan kami pertimbangkan.
2. Sejak dari pagi dia menangis (tidak efektif)
Seharusnya: Sejak pagi dia menangis.
3. Banyak anak-anak bermain di lapangan (tidak efektif)
Seharusnya: Banyak anak bermain di lapangan. 

Pengertian Teks Penjelasan (Eksplanasi)
Teks eksplanasi adalah teks yang dibuat untuk menjelaskan proses terjadinya suatu peristiwa atau
fenomena, baik fenomena alam maupun fenomena sosial secara ilmiah.
 

C. Ciri-ciri Teks Eksplanasi:
1. Memuat informasi berdasarkan fakta/ faktual.
2. Berisi tentang ilmu pengetahuan.
3. Bersifat informatif tanpa bertujuan untuk mempengaruhi pembaca.
4. Strukturnya terdiri atas:
a. Pernyataan Umum
Merupakan gambaran awal tentang apa yang disampaikan dengan pernyataan yang bersifat umum.
b. Deretan Penjelasan (Eksplanasi)
Merupakan inti penjelasan yang disampaikan secara terperinci.
c. Interpretasi Berisi pandangan atau kesimpulan dari penulis


REFLEKSI/KESIMPULAN :
Berdasarkan pembelajaran hari ini tentang KALIMAT EFEKTIF DALAM TEKS EKSPLANASI dan MELAKSANAKAN KEWAJIBAN DENGAN TANGGUNG JAWAB para peserta didik hampir semua memahami materi yang diajarkan. Masih ada beberapa peserta didik yang masih kurang memahami materi tentang teks eksplanasi. Langkah yang diambil guru memberikan penjelasan kembali dan memberikan tugas tambahan di rumah .

Berikut dokumentasi pembelajaran hari ini :









Selasa, 17 September 2024

TEMA 3 SUBTEMA 2 PB 3

By elfida fida - September 17, 2024 0 Comments

 GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS VI. A  UNTUK HARI RABU TANGGAL 18 SEPTEMBER 2024



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha VI. A, apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha. 

TEMA 3        : TOKOH DAN PENEMUAN

SUBTEMA 2    : PENEMUAN DAN MANFAATNYA

PEMBELAJARAN  : 3

TUJUAN PEMBELAJARAN:


MUATAN BAHASA INDONESIA (KD 3.2 DAN 4.2)

MENYAJIKAN INFORMASI PENTING TEKS EKSPLANASI DALAM  BENTUK DIAGRAM 

Informasi yang disajikan dapat diambil dari kalimat utama setiap paragraf, dengan menggunakan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan, mengapa dan bagaimana untuk menemukan informasi penting dalam teks eksplanasi.

MUATAN IPA (KD 3.4 DAN 4.4)

MEMBUAT RANGKAIAN LISTRIK PARALEL

Silahkan ananda simak dan perhatikan video di bawah ini tentang cara membuat rangkain listrik paralel :


Conroh rangkaian listrik campuran, silahkan ananda simak video di bawah ini :




 MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN:

-BUPENA

-LCD

-ALAT-ALAT LISTRIK

REFLEKSI/KESIMPULAN :
Berdasarkan pembelajaran hari ini tentang membuat praktek rangkaian listrik paralel para peserta didik sebahagian sudah memahami cara membuat rangkaian listrik paralel, namun masih ada beberapa peserta didik yang masih kurang memahami cara membuat rangkain listrik paralel. Langkah yang diambil guru memberikan tugas tambahan untuk membuat rangkain listrik di rumah.

Berikut dokumentasi pembelajaran hari ini :










Senin, 16 September 2024

MEMPERINGATI HARI MAULID NABI MUHAMMAD SAW DAN MEMBAHAS TEMA 3 SUBTEMA 3 PB 3

By elfida fida - September 16, 2024 0 Comments

 GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS VI. A  UNTUK HARI SELASA TANGGAL 17 SEPTEMBER 2024



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha VI. A, apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha. 

TEMA 3        : TOKOH DAN PENEMUAN

SUBTEMA 1    : PENEMUAN DAN MANFAATNYA

PEMBELAJARAN  : 3

TUJUAN PEMBELAJARAN:


Pada hari ini para peserta didik melaksanakan kegiatan Hari Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Al Azhar. Dengan tujuan agar peserta didik mampu meneladani sifat -sifat keutamaan yang terdapat pada diri Nabi Muhammad SAW dan dapat diimplementasikan oleh peserta didik di kehidupan sehari-hari.


MUATAN BAHASA INDONESIA (KD 3.2 DAN 4.2)

MENYAJIKAN INFORMASI PENTING TEKS EKSPLANASI DALAM  BENTUK DIAGRAM 

Informasi yang disajikan dapat diambil dari kalimat utama setiap paragraf, dengan menggunakan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan, mengapa dan bagaimana untuk menemukan informasi penting dalam teks eksplanasi.

MUATAN IPA (KD 3.4 DAN 4.4)

MEMBUAT RANGKAIAN LISTRIK PARALEL

Silahkan ananda simak dan perhatikan video di bawah ini tentang cara membuat rangkain listrik paralel :


Conroh rangkaian listrik campuran, silahkan ananda simak video di bawah ini :





 MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN:

-BUPENA

-LCD

-ALAT-ALAT LISTRIK


Kamis, 12 September 2024

TEMA 3 SUBTEMA 2 PB 2

By elfida fida - September 12, 2024 0 Comments

 GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS VI. A  UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 13 SEPTEMBER 2024



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha VI. A, apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha. 

TEMA 3        : TOKOH DAN PENEMUAN

SUBTEMA 2    : PENEMUAN DAN MANFAATNYA

PEMBELAJARAN  : 2

TUJUAN PEMBELAJARAN:

MUATAN PPKN (KD 3.2 DAN 4.2)

KEWAJIBAN ANAK DI RUMAH, SEKOLAH, DAN MASYARAKAT

Kewajiban anak di rumah , sekolah, dan di  masyarakat antara lain  adalah :

Di rumah
1) Membantu orang tua
2) Menjaga kebersihan
3) Mematuhi perintah dan peraturan orang tua
4) Belajar dan mengerjakan pekerjaan rumah 

Di sekolah
1) Datang ke sekolah tepat waktu
2) Mengumpulkan tugas tepat waktu
3) Mematuhi peraturan sekolah
4) Mendengarkan dan mematuhi peraturan guru di kelas

Di masyarakat
1) Melakukan gotong royong
2) Menjaga kebersihan lingkungan sekitar
3) Menjaga keamanan dan kenyaman lingkungan
4) Menjaga kerukunan

 

MUATAN SBDP (KD 3.2 DAN 4.2 )

INTERVAL NADA

Menyanyikan kembali lagu "APUSE" sesuai interval nada yang sudah dipelajari.

 

MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN:

-BUPENA

-LCD

REFLEKSI/KESIMPULAN :
Berdasarkan pembelajaran hari ini tentang interval nada menyanyikan lagu APUSE menggunakan not alhamdulillah semua  peserta didik  memahami materi yang sudah diajarkan. .

Berikut dokumentasi pembelajaran hari ini :






Rabu, 11 September 2024

TEMA 3 SUBTEMA 2 PB 1

By elfida fida - September 11, 2024 0 Comments

 MATERI AJAR KELAS VI. A  UNTUK HARI KAMIS TANGGAL 12 SEPTEMBER 2024



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha VI. A, apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.

Muatan Pelajaran:
Bahasa Indonesia KD 3.2 dan 4.2
IPA KD 3.4 dan 4.4
IPS KD 3.2 dan 4.2
 
MUATAN BAHASA INDONESIA (KD 3.2 DAN 4.2)
 
MENGIDENTIFIKASI KALIMAT EFEKTIF DALAM TEKS EKSPLANASI
 
Teks eksplanasi adalah merupakan teks yang berisi informasi tentang suatu hal atau fenomena yang terjadi di masyarakat. Informasi tersebut ditulis menggunakan kalimat efektif aagar dapat dipahami pembaca dengan mudah. Kalimat efektif adalah kalimat yang disusun dengan memperhatikan pedoman umum ejaan bahasa Indonesia.
Baacalah yteks bacaan di bawah ini :
 
                                                        RADIO DAN MANFAATNYA

Sejak ditemukan pada tahun 1929, radio menjadi salah satu penemuan yang
berpengaruh. Radio merupakan salah satu dari banyak media massa elektronik yang
digunakan untuk menyampaikan suatu informasi atau berita. Radio juga dapat
digunakan untuk mendengarkan lagu-lagu terbaru.
Selain untuk menyampaikan berita dan mendengarkan lagu, ada beberapa
manfaat radio yaitu; (1) Radio memudahkan orang-orang yang belum atau tidak bisa
baca tulis untuk mendapatkan informasi atau berita. (2) Mendengarkan radio akan
melatih kita untuk fokus terhadap apa yang kita dengar. (3) Dapat melatih konsentrasi
kita, karena kita perlu berkonsentrasi dalam mendengarkan agar seluruh informasi
dapat kita terima dengan baik.(4) Seiring dengan perkembangan zaman, radio dapat
didengarkan melalui koneksi internet. Sehingga banyak para pendengar juga dapat
mendengarkan radio dari ponsel pintar mereka. (5) Kita dapat mendengarkan radio
hanya indera pendengaran yang dipakai. (6) Radio adalah media elektronik termurah
dan tercepat dalam menyampaikan berita. Pesan dapat didengar para pendengar dalam
waktu yang bersamaan disetiap wilayah setelah berita diudarakan.

 MUATAN IPA (KD 3.4 DAN 4.4)

RANGKAIAN LISTRIK PARALEL

Rangkain listrik paralel adalah rangkaian listrik di mana alat-alat listriknya tersusun bercabang. Pada rangkain paralel, jika aliran listrik ke salah satu alat listrik diputus, alat listrikmyang lain belum tentu ikut putus.
Untuk memahaminya ananda bisa mencermati gambar rangkaian listrik paralel berikut ini.

Gambar Rangkaian Listrik Paralel


Nah, terlihatkan bedanya rangkaian seri dan paralel dari gambar tersebut? Rangkaian seri memiliki letak resistor atau lampu yang tersusun secara berjejer atau memanjang ke kanan dan kiri, sedangkan rangkaian paralel memiliki letak resistor atau lampu yang bertingkat atau memanjang ke atas dan bawah.

Oleh karena itu lah, pada rangkaian paralel, arus listrik (I) dari sumber akan terbagi untuk mengaliri resistor yang ada di rangkaian listrik. Misalnya ada tiga resistor, maka arus listrik akan terbagi menjadi tiga. Dengan demikian, kuat arus pada hambatan 1 dengan yang lainnya tidak akan sama, sehingga kuat arus total (I) akan sama dengan jumlah dari seluruh kuat arus di semua hambatan.

Sementara itu, tegangan yang ada pada hambatan 1 dan hambatan 2 akan bernilai sama besar. Kita dapat menuliskan rumusnya menjadi:

Beberapa keuntungan rangkaian seri antara lain:

  • Butuh sedikit kabel sehingga lebih hemat biaya.
  • Hemat daya.

Sebaliknya, kekurangan jika rangkaian listrik dipasang secara seri:

  • Satu lampu mati, semua akan mati
  • Nyala redupnya lampu akan berbeda-beda. Semakin dekat lampu dengan sumber listrik, nyala lampu akan semakin terang.

Sementara itu, rangkaian listrik paralel memiliki kelebihan:

  • Semua lampu terangnya sama.
  • Jika satu lampu mati, tidak akan mempengaruhi lampu lainnya. Lampu lain akan tetap menyala.

Kekurangan rangkaian paralel:

  • Butuh kabel lebih panjang sehingga biaya akan lebih mahal.
  • Baterai akan lebih boros.

Vtot = V1 = V2 = V…

MUATAN IPS (KD 3.2 DAN 4.2)

PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA DALAM BIDANG IPTEK DAN PENDIDIKAN

Dahulu, mayarakat memperoleh ilmu pengetahuan hanya dari sekolah dan buku. Teknologi pada saat itu masih terbatas. Lama kelamaan teknologi pun berkembang. Hadirlah radio. Masyarakat pun memperoleh informasi dan pengetahuan dari radio. Berbagai informasi didengar di radio atau disampaikan secara lisan. 

Para siswa zaman dulu hanya belajar melalui buku


 
Seiring kemajuan IPTEK, hadir pula televisi yang dapat menyampaikan informasi berupa gambar dan suara. Melalui televisi, masyarakat memperoleh informasi lebih lengkap. Misalnya, informasi tentang kemajuan pembangunan di Indonesia. Tayangan berita di televisi menginformasikan kemajuan pembangunan yang dapat dilihat contoh nyatanya, seperti pembangunan jalan, waduk, sekolah, dan rumah sakit.
Hadirnya radio dan televisi sebagai akibat kemajuan teknologi 
semakin memudahkan masyarakat dalam memperoleh informasi


Selain informasi dan berita, banyak acara kebudayaan ditayangkan di televisi. Hal itu membuat masyarakat lebih mengenal keragaman budaya Indonesia. Masyarakat juga memperoleh informasi dari acara talkshow yang membahas berbagai informasi penting. Kini, masyarakat memperoleh lebih banyak informasi dan ilmu pengetahuan. Kehadiran televisi membawa perubahan sosial budaya di masyarakat

Namun demikian, tayangan televisi harus disikapi secara bijaksana. Kita harus bisa memilih tayangan-tayangan yang sesuai dengan usia kita. Selain itu, waktu menonton televisi harus kita perhatikan agar tidak mengganggu waktu belajar kita.

Pengaruh Komputer dalam Bidang Pendidikan

Komputer adalah alat elektronik yang sangat canggih untuk membantu aktivitas kita

Perhatikan gambar di atas! Pernahkah kalian melihat benda pada gambar tersebut? Benda tersebut adalah komputer. Komputer adalah alat elektronik yang dapat menghitung atau mengolah data, serta memutar film dan musik. Selain itu, komputer juga dapat menjadi alat komunikasi melalui surat elektronik dan media sosial.

MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN:
-BUPENA
- LCD
- GAMBAR-GAMBAR

REFLEKSI/KESIMPULAN :
Berdasarkan pembelajaran hari ini tentang mengidentifikasi kalimat efektif dalam teks eksplanasi  alhamdulillah peserta didik hampir semua memahami materi yang disampaikan, namum masih ada peserta didik yang masih kurang memahami dalam membuat kalimat efektif dalam teks eksplanasi. Peserta didik yang masib kurang memahaminya diberikan tugas dan latihan tambahn di rumah.

TEMA 3 SUBTEMA 2 PB 5

  GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A  UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 20 SEPTEMBER 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamuala...

 

Elfida Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea