Sabtu, 29 November 2025

SAS PAI DAN BAHASA INDONESIA

By elfida fida - November 29, 2025 0 Comments

GURU KELAS IV.B: ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS IV. B UNTUK HARI SENIN TANGGAL 01 DESEMBER 2025



 


SUMATIF AKHIR SEMESTER (SAS)

KELAS 4 SEMESTER GANJIL

 SD AL AZHAR 2

BANDAR LAMPUNG 



Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum wr wb
Selamat pagi sholeh sholeha kelas 4 B semoga masih tetap semangat dalam menjelankan kegiatan kita pada hari ini. Sholeh sholeha hari ini ini akan melaksanakan kegiatan Sumatif Tengah Semester ganjil nah tentunya anak - anak semua sudah siap kan. jangan lupa berdoa sebelum mengerjakan soal dan harap teliti dalam membaca soal jangan terburu - buru dan ingat ya "Kunci sukses adalah kejujuran"
baik lah selamat mengerjakan dan semangat..😍😍
Baiklah bu Elakhiri Wassalamualaikum wr wb 🙏🙏

Adapun Jadwal SAS kelas 4 semester ganjil adalah sebagai berikut : 




Berikut kisi-kisi SAS Bahasa Indonesia:

Indikator Pencapaian Soal

Disajikan teks bacaan. Peserta didik dapat menentukan tokoh utama pada teks dengan tepat

Disajikan teks bacaan. Peserta didik dapat menganalisis sifat tokoh dalam cerita yang dibaca dengan tepat

Disajikan teks bacaan. Peserta didik dapat menemukan informasi yang sesuai dari teks yang dibaca.

Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat memilih kalimat transitif yang dengan benar.

Disajikan kalimat. Peserta didik dapat menentukan jenis kalimat dengan tepat.

 

Disajikan kalimat. Peserta didik dapat menelaah pola kalimat dengan benar.

 

 

Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat memilih kalimat berdasarkan pola kalimat S – P dengan benar.

Disajikan kalimat. Peserta didik dapat menentukan subjek dan objek pada kalimat dengan tepat.

Disajikan tabel. Peserta didik dapat menentukan predikat pada kalimat yang disajikan.

Disajikan kata-kata acak. Peserta didik dapat menyusun kata-kata acak tersebut menjadi kalimat yang padu dengan benar.

Disajikan teks informatif. Peserta didik dapat menentukan ide pokok yang dengan benar.

Disajikan teks informatif. Peserta didik dapat menentukan ide pendukung dengan tepat.

Disajikan teks informatif. Peserta didik dapat menyimpulkan pesan dengan benar.

Disajikan kalimat. Peserta didik dapat menelaah makna kata yang terdapat pada kalimat dengan benar.

Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat menentukan kata homonim dengan tepat.

Disajikan kalimat. Peserta didik dapat menentukan kalimat berhomonim dengan benar.

Disajikan tabel. Peserta didik dapat menemukan kalimat yang menggunakan imbuhan me- dengan benar.

Disajikan kalimat. Peserta didik dapat memilih kata dasar dengan benar.

Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat memilih kalimat majemuk setara bertentangan dengan benar.

Disajikan kalimat. Peserta didik dapat menentukan kalimat tersebut dengan konjungsi yang benar.

Disajikan denah. Peserta didik dapat menemukan suatu tempat dengan benar.

Disajikan denah. Peserta didik dapat menelaah rute perjalanan dengan benar.

Disajikan denah. Peserta didik dapat menentukan petunjuk arah suatu tempat dengan benar.

Disajikan kalimat dalam tabel. Peserta didik dapat menentukan jenis kalimat deskripsi dan argumentasi dengan baik dan benar.

Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat menentukan jenis kalimat deskripsi  dengan dan benar.

 

Disajikan kalimat.  Peserta didik dapat menambahkan imbuhan ber- pada kata dasar yang terdapat pada kalimat dengan benar.

Disajikan teks. Peserta didik dapat memisahkan kata dasar berimbuhan ber- dengan benar.

Disajikan teks. Peserta didik dapat memilih konjungsi intrakalimat dengan benar.

Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat  mengidentifikasi teks informatif dengan benar.

Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat  memilih kalimat persuasif dengan benar.

Disajikan tabel. Peserta didik dapat  memilih kata baku dan tidak baku dengan benar.

Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat  menganalisis kata tidak baku dengan benar.

Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat  menelaah kalimat efektif dengan benar.

Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat  menelaah hal yang dilakukan sebelum melakukan wawanacara dengan benar.

 

Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat  menentukan hal yang tidak termasuk dalam  isi laporan hasil wawancara dengan benar.

Disajikan teks sederhana. Peserta didik dapat menentukan ide pokok yang terdapat dalam teks.

Disajikan teks sederhana. Peserta didik dapat menelaah makna kata yang terdapat dalam teks  tersebut.

Disajikan penyartaan. Peserta didik dapat menmbuat kalimat intransitif dengan benar.

Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat menuliskan kalimat majemuk setara memilih  dengan baik dan benar.

Disajikan tabel. Peserta didik dapat menelaah kalimat berimbuhan me- dan ber- dengan benar.

Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat menelaah kata dasar kalimat berimbuhan me- dan ber- dengan benar.

Disajikan denah. Peserta didik dapat menemukan lokasi/  tempat dengan  benar.

Disajikan denah. Peserta didik dapat mengarahkan rute perjalanan lokasi/  tempat dengan  benar.

Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat menganilis pengertian dengan benar.

Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat menganalisis bahasa yang digunakan saat wawancara dengan benar.

Disajikan teks sederhana. Peserta didik dapat menyimpulkan ide pokok dan ide pendukung dengan benar.

Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat menuliskan kata homonim  dengan benar.

Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat membuat kalimat persuasif dengan benar.

 

Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat membuat contoh wawancara singkat dengan tepat

Disajikan gambar. Peserta didik dapat membuat paragraf deskriptif  dengan baik


Kamis, 27 November 2025

PENDIDIKAN PANCASILA

By elfida fida - November 27, 2025 0 Comments

 GURU KELAS IV.B: ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS IV. B UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 28 NOVEMBER 2025



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha IV.B apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha. 

MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA

TUJUAN PEMBELAJARAN

Murid dapat menegrjakan sola sumatif harian dengan baik dan benar.

LATIHAN SOAL:

A. PILIHAN GANDA (15 Soal)

Pilihlah jawaban yang paling tepat!


1. Hak anak di rumah adalah …
A. Membersihkan rumah
B. Mendapatkan kasih sayang
C. Membantu orang tua bekerja
D. Merapikan tempat tidur
Jawaban: B

2. Kewajiban anak di rumah adalah …
A. Bermain sepanjang hari
B. Mendapatkan makanan
C. Membantu menjaga kebersihan rumah
D. Menonton televisi
Jawaban: C

3. Hak anak di sekolah adalah …
A. Membayar uang sekolah
B. Mendapatkan pembelajaran yang baik
C. Membersihkan kelas
D. Mengikuti upacara
Jawaban: B

4. Kewajiban anak di sekolah adalah …
A. Mendapatkan nilai tinggi
B. Menghormati guru
C. Pulang lebih awal
D. Bermain di kelas
Jawaban: B

5. Contoh hak anak di masyarakat adalah …
A. Mendapatkan pendidikan
B. Menjaga kebersihan lingkungan
C. Ikut bergotong royong
D. Menjaga keamanan lingkungan
Jawaban: A

6. Kewajiban anak di masyarakat adalah …
A. Mendapatkan perlindungan
B. Mengikuti kegiatan sosial
C. Bermain di jalan
D. Menggunakan fasilitas umum seenaknya
Jawaban: B

7. Hak anak di rumah yang berkaitan dengan kesehatan adalah …
A. Mendapatkan makanan bergizi
B. Membersihkan kamar
C. Mencuci piring
D. Menjaga adik
Jawaban: A

8. Kewajiban anak di rumah saat selesai makan adalah …
A. Tidur
B. Mengembalikan piring ke dapur
C. Bermain di luar
D. Menonton TV
Jawaban: B

9. Salah satu kewajiban anak di sekolah adalah …
A. Menjaga kebersihan kelas
B. Mendapatkan pengajaran
C. Menggunakan fasilitas sekolah
D. Mendapatkan teman
Jawaban: A

10. Contoh hak anak di sekolah adalah …
A. Belajar dengan nyaman
B. Membuat gaduh
C. Mengabaikan peraturan
D. Pulang sesuka hati
Jawaban: A

11. Contoh perilaku yang menunjukkan kewajiban di masyarakat adalah …
A. Merusak tanaman
B. Mengotori selokan
C. Membuang sampah pada tempatnya
D. Membuat keributan
Jawaban: C

12. Hak anak dalam pergaulan di masyarakat adalah …
A. Mendapatkan teman
B. Mengganggu tetangga
C. Membuat kebisingan
D. Merusak fasilitas umum
Jawaban: A

13. Kewajiban anak kepada tetangga adalah …
A. Mengabaikan sapaan
B. Bersikap sopan
C. Berteriak-teriak di malam hari
D. Mengambil barang tanpa izin
Jawaban: B

14. Hak anak di rumah terkait pendidikan adalah …
A. Mengerjakan tugas rumah
B. Mendapatkan bimbingan belajar
C. Membersihkan halaman
D. Mengantar adik
Jawaban: B

15. Kewajiban anak terhadap guru adalah …
A. Menjawab dengan kasar
B. Menghindari tugas
C. Menghormati dan mendengarkan nasihat guru
D. Bermain saat guru menjelaskan
Jawaban: C


B. IISNA (Isian / Essay Singkat) – 10 Soal

1. Sebutkan satu hak anak di rumah!
Jawaban: Mendapatkan kasih sayang / makanan / perlindungan (salah satu benar).

2. Apa kewajiban anak setelah bangun tidur?
Jawaban: Merapikan tempat tidur.

3. Sebutkan satu hak anak di sekolah!
Jawaban: Mendapatkan pelajaran yang baik.

4. Sebutkan satu kewajiban anak di sekolah!
Jawaban: Menghormati guru / menjaga kebersihan kelas.

5. Sebutkan hak anak di masyarakat!
Jawaban: Mendapatkan rasa aman / mendapatkan teman / bermain dengan aman.

6. Sebutkan kewajiban anak di masyarakat terkait lingkungan!
Jawaban: Membuang sampah pada tempatnya.

7. Hak anak yang berhubungan dengan kesehatan adalah …
Jawaban: Mendapatkan makanan bergizi / mendapatkan perawatan.

8. Kewajiban anak di rumah terhadap orang tua adalah …
Jawaban: Patuh dan menghormati orang tua.

9. Hak anak di sekolah yang berkaitan dengan fasilitas adalah …
Jawaban: Menggunakan fasilitas sekolah untuk belajar.

10. Kewajiban anak dalam pergaulan adalah …
Jawaban: Bersikap sopan dan menghargai orang lain.


MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN:

- Buku MAPEl P PANCASILAKELAS IV

- LCD

- SOAL SOAL

*METODE PEMBELAJARAN:

- Ceramah, tanya jawab, PENUGASAN

R  REFLEKSI/KESIMPULAN:


Rabu, 26 November 2025

BAHASA INDONESIA DAN IPAS

By elfida fida - November 26, 2025 0 Comments

 GURU KELAS IV.B: ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS IV. B UNTUK HARI KAMIS TANGGAL 27 NOVEMBER 2025



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha IV.B apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha. 

MATA PELAJARAN IPAS DAN BAHASA INDONESIA


TUJUAN PEMBELAJARAN: 
Murid dapat mengerjakan sumatif harian dengan baik dan benar.

L   LATIHAN SOAL;

   A. PILIHAN GANDA (15 Soal)

P  Pilihlah jawaban yang paling tepat!

1. Benda berikut yang dapat ditarik magnet adalah …
A. Kertas
B. Plastik
C. Besi
D. Karet
Jawaban: C

2. Kutub senama pada magnet jika didekatkan akan …
A. Tarik-menarik
B. Tolak-menolak
C. Diam saja
D. Menyatu
Jawaban: B

3. Yang bukan sifat magnet adalah …
A. Memiliki dua kutub
B. Gaya magnet terbesar di kutub
C. Dapat menarik semua benda logam
D. Dapat menembus benda tertentu
Jawaban: C

4. Magnet batang memiliki kutub …
A. Utara di tengah
B. Selatan di tengah
C. Utara di ujung dan selatan di ujung lainnya
D. Tidak memiliki kutub
Jawaban: C

5. Kemampuan magnet menarik benda disebut …
A. Gaya gesek
B. Gaya magnet
C. Gaya gravitasi
D. Gaya pegas
Jawaban: B

6. Benda berikut bersifat nonmagnetik, kecuali …
A. Aluminium
B. Kayu
C. Kain
D. Baja
Jawaban: D

7. Peralatan yang menggunakan magnet adalah …
A. Pensil
B. Kompas
C. Penghapus
D. Kertas lipat
Jawaban: B

8. Magnet yang dibuat dari aliran listrik dinamakan …
A. Magnet alam
B. Elektromagnet
C. Magnet permanen
D. Magnet sementara
Jawaban: B

9. Magnet dapat melemah jika …
A. Dipukul-pukul
B. Disimpan dengan benar
C. Dijauhkan dari benda lain
D. Didinginkan
Jawaban: A

10. Kompas selalu menunjukkan arah …
A. Selatan bumi
B. Utara magnet bumi
C. Barat magnet bumi
D. Timur matahari
Jawaban: B

11. Bagian magnet yang memiliki gaya tarik paling kuat adalah …
A. Tengah magnet
B. Ujung-ujung magnet
C. Sisi samping
D. Permukaan tengah
Jawaban: B

12. Magnet yang tidak permanen disebut juga …
A. Magnet sementara
B. Magnet statis
C. Magnet logam
D. Magnet alam
Jawaban: A

13. Pasangan kutub yang saling tarik-menarik adalah …
A. Utara – Utara
B. Selatan – Selatan
C. Utara – Selatan
D. Utara – Barat
Jawaban: C

14. Contoh magnet buatan adalah …
A. Magnet bumi
B. Magnet batu
C. Magnet ladam
D. Gunung besi
Jawaban: C

15. Peristiwa paku menjadi magnet saat didekatkan magnet kuat disebut …
A. Induksi magnet
B. Dekomposisi
C. Difusi
D. Isolasi
Jawaban: A


B. II. ISIAN (Isian / Essay Singkat) – 10 Soal

1. Jelaskan pengertian magnet!
Jawaban: Magnet adalah benda yang dapat menarik benda-benda tertentu seperti besi, baja, nikel, dan kobalt.

2. Sebutkan dua kutub magnet!
Jawaban: Kutub utara dan kutub selatan.

3. Apa yang terjadi jika kutub magnet berbeda jenis didekatkan?
Jawaban: Saling tarik-menarik.

4. Sebutkan tiga benda yang dapat ditarik magnet!
Jawaban: Besi, baja, nikel (salah satu atau gabungan).

5. Sebutkan satu contoh magnet alam!
Jawaban: Magnet batu (lodestone).

6. Mengapa kompas selalu menunjuk ke utara?
Jawaban: Karena jarum kompas adalah magnet yang dipengaruhi medan magnet bumi.

7. Jelaskan apa itu elektromagnet!
Jawaban: Magnet yang terbentuk dari aliran listrik pada kumparan kawat.

8. Sebutkan satu cara melemahkan magnet!
Jawaban: Memukul-mukul magnet / memanaskan magnet.

9. Apa nama proses membuat benda menjadi magnet dengan cara menggosokkan magnet?
Jawaban: Magnetisasi dengan cara menggosok.

10. Mengapa kutub magnet berada di ujung-ujung magnet?
Jawaban: Karena gaya magnet paling besar terdapat di ujung magnet.


    LATIHAN SOAL BAHASA INDONESIA

     

A. PILIHAN GANDA (15 Soal)

Pilihlah jawaban yang paling tepat!

1. Bentuk berawalan me- yang tepat dari kata dasar baca adalah …
A. membaca
B. menbaca
C. menybaca
D. menge-baca
Jawaban: A

2. Perubahan awalan me- pada kata tulis menjadi …
A. metulis
B. mentulis
C. menulis
D. menyulis
Jawaban: C

3. Kata dasar sapu jika diberi awalan me- menjadi …
A. mesapu
B. menyapu
C. mensapu
D. menyapu
Jawaban: B

4. Kata nyanyi dengan awalan me- berubah menjadi …
A. menanyi
B. menyanyi
C. menyanyikan
D. me-nyanyi
Jawaban: B

5. Awalan me- yang digunakan untuk kata dasar kirim menjadi …
A. mekirim
B. mengirim
C. menirim
D. menyirim
Jawaban: B

6. Kata dasar pilih menjadi …
A. mempilih
B. memilihi
C. memilih
D. menyilih
Jawaban: C

7. Awalan me- pada kata catat berubah menjadi …
A. mencatat
B. menatat
C. menyatat
D. mencecatat
Jawaban: A

8. Kata dasar warna jika diberi awalan menye- menjadi …
A. meneywarna
B. menyewarna
C. menewarnai
D. menyewarnai
Jawaban: C

9. Kata sebar setelah diberi awalan me- menjadi …
A. menyebar
B. meyebar
C. mensebar
D. mengsebar
Jawaban: A

10. Perubahan awalan me- pada kata pakai menjadi …
A. mempakai
B. memakai
C. menakai
D. menyakai
Jawaban: B

11. Kata dorong setelah diberi awalan me- menjadi …
A. medorong
B. mendrong
C. mendorong
D. mendorng
Jawaban: C

12. Kata dasar jahit menjadi …
A. menjahit
B. memjahit
C. menyahit
D. mengejahit
Jawaban: A

13. Awalan me- pada kata gosok berubah menjadi …
A. menggosok
B. mengosok
C. mengngosok
D. menggogok
Jawaban: A

14. Kata dasar nyala dengan awalan me- menjadi …
A. meniayla
B. menyala
C. menyanyala
D. menyalakan
Jawaban: B

15. Perubahan awalan me- pada kata bawa menjadi …
A. memawa
B. membawa
C. menbawa
D. mebawa
Jawaban: B


B. IISNA (Isian / Essay Singkat) – 10 Soal

1. Tuliskan bentuk awalan me- dari kata foto!
Jawaban: memfoto

2. Kata dasar tendang jika diberi awalan me- menjadi …
Jawaban: menendang

3. Bentuk berawalan me- dari kata saput adalah …
Jawaban: menyaput

4. Awalan me- pada kata lari menjadi …
Jawaban: melari / berlari (umumnya digunakan “berlari”, tetapi bila dipaksakan dengan me- menjadi melari, namun kurang umum)

5. Kata dasar jatuhkan jika diberi awalan me- berubah menjadi …
Jawaban: menjatuhkan

6. Bentuk me- dari kata nyata adalah …
Jawaban: menyata (meski jarang dipakai)

7. Kata warna setelah diberi awalan menye- menjadi …
Jawaban: menewarnai

8. Bentuk me- dari kerja adalah …
Jawaban: mengerjakan

9. Kata dasar bantu menjadi …
Jawaban: membantu

10. Bentuk me- dari kata lempar adalah …
Jawaban: melempar


     MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN:

- Buku MAPEL IPAS, BAHASA INDONESIA KELAS IV

- LCD

- SOAL-SOAL

*METODE PEMBELAJARAN: PENUGASAN,TANYA JAWAB

Selasa, 25 November 2025

SENI RIPA,IPAS

By elfida fida - November 25, 2025 0 Comments

 

  • GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

    MATERI AJAR KELAS IV. B UNTUK HARI RABU TANGGAL 26 NOVEMBER 2025



     

    Selamat pagi,,,,Tabik pun

    Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha IV.B apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha. 

    MAPEL IPAS

    Tujuan Pembelajaran:

    Menunjukkan sikap menghargai perbedaan gaya, teknik, dan kreativitas dalam penciptaan karya seni rupa.

    MATERI AJAR: SIKAP MENGHARGAI KARYA SENI TEMAN

    🎨 1. Pengertian Menghargai Karya Seni

    Menghargai karya seni berarti mengakui, memahami, dan menghormati hasil karya orang lain sebagai bentuk ekspresi diri yang memiliki nilai dan makna.

    Sikap menghargai tidak hanya dilakukan dengan kata-kata pujian, tetapi juga dengan perilaku sopan saat melihat, menilai, atau membicarakan karya seni teman.


    🌈 2. Mengapa Kita Harus Menghargai Karya Seni Teman?

    Karena setiap karya seni:

    • Dihasilkan melalui proses berpikir, berkreasi, dan berusaha.

    • Mencerminkan ide, perasaan, dan imajinasi pembuatnya.

    • Layak dihormati meskipun hasilnya berbeda atau belum sempurna.

    ✨ Dengan menghargai karya teman, suasana belajar menjadi lebih positif, saling mendukung, dan menumbuhkan rasa percaya diri.


    🧩 3. Contoh Sikap Menghargai Karya Seni Teman

    SituasiSikap Menghargai yang Tepat
    Teman memamerkan lukisan di depan kelasMelihat dengan perhatian dan tidak menertawakan.
    Karya teman belum rapi atau warnanya kurang bagusMemberi komentar dengan sopan dan membangun, misalnya “Warna ini bagus, mungkin bisa ditambah warna terang agar lebih hidup.”
    Teman sedang membuat patung dari tanah liatTidak mengganggu, tidak menyentuh tanpa izin.
    Karya teman dipajang di dinding kelasTidak mencoret atau merusaknya.
    Teman minta pendapat tentang hasil gambarnyaMemberi saran dengan kata-kata yang halus dan menghargai usahanya.

    🖼️ 4. Cara Menunjukkan Sikap Menghargai Karya Seni Teman

    1. Melihat dengan sopan dan penuh perhatian.

    2. Tidak menjelek-jelekkan atau menertawakan karya orang lain.

    3. Memberi pujian dan dorongan semangat.

    4. Menjaga kebersihan dan keutuhan karya teman.

    5. Menghormati perbedaan gaya dan selera seni.

    6. Bersikap jujur, tetapi 8santun dalam memberi penilaian.


    1. Menghormati perbedaan gaya dan selera seni.

    2. Bersikap jujur, tetapi 8santun dalam memberi penilaian.


    💬 5. Contoh Ucapan Menghargai Karya Seni Teman

    • “Wah, warnanya cerah sekali, bagus!”

    • “Idemu menarik, aku suka cara kamu menggambarnya.”

    • “Keren! Mungkin bisa ditambah bayangan supaya lebih nyata.”

    • “Aku suka cara kamu memilih warna, kelihatan hidup.”

    Hindari ucapan seperti:
    ❌ “Jelek banget gambarmu.”
    ❌ “Ah, warnanya aneh.”
    ❌ “Aku lebih bagus dari kamu.”


    ❤️ 6. Nilai-Nilai yang Dapat Dikembangkan

    • Menghormati perbedaan

    • Kerjasama dan empati

    • Tanggung jawab dan kejujuran

    • Rasa percaya 



Jenis-Jenis Magnet

A. Berdasarkan Sumbernya

1. Magnet Alami

Magnet yang terbentuk secara alamiah. Contoh: magnet batu (magnetit).

2. Magnet Buatan

Magnet yang dibuat manusia dengan cara menempelkan besi atau baja pada magnet bebas atau dengan listrik.


B. Berdasarkan Bentuknya

  1. Magnet Batang (Bar Magnet)
    Bentuknya seperti batang lurus.

  2. Magnet U (Horseshoe Magnet)
    Bentuk seperti huruf U, memiliki gaya magnet lebih kuat karena kedua kutub berdekatan.

  3. Magnet Silinder
    Bentuk menyerupai tabung.

  4. Magnet Cincin (Ring Magnet)
    Bentuk seperti cincin dengan kutub di bagian tertentu.

  5. Magnet Jar⁴um
    Digunakan pada kompas untuk menunjukkan arah utara-selatan.

  6. Magnet Lempeng (Plate Magnet)
    Bentuk lempengan tipis, biasa digunakan pada alat elektronik.


C. Berdasarkan Cara Membuatnya

  1. Magnet Tetap (Permanent Magnet)
    Memiliki sifat magnet yang tetap dan kuat dalam jangka waktu lama.
    Contoh: magnet baja, magnet neodymium.

  2. Magnet Sementara (Temporary Magnet)
    hanya bersifat magnet saat berada dalam medan magnet.
    Contoh: besi lunak yang didekatkan magnet.

  3. Elektromagnet (Magnet Listrik)
    Terbentuk karena arus listrik yang mengalir pada kawat melingkar.
    Banyak digunakan pada: bel listrik, speaker, motor listrik, dan crane magnetik.


4. Contoh Pemanfaatan Magnet dalam Kehidupan 


5. Latihan Soal

A. Pilihan Ganda

  1. Kutub magnet yang sama jika didekatkan akan…
    a. tarik-menarik
    b. saling diam
    c. tolak-menolak

  2. Yang termasuk magnet buatan adalah…
    a. magnet batu
    b. magnet kompas
    c. magnet bumi

  3. Benda berikut yang dapat ditarik magnet adalah…
    a. plastik
    b. kertas
    c. besi

B. Isian Singkat

  1. Magnet memiliki dua kutub yaitu … dan …

  2. Magnet yang dibuat menggunakan arus listrik disebut …

  3. Gaya magnet paling kuat terdapat pada bagian …


6. Kesimpulan

  • Magnet adalah benda yang memiliki gaya tarik pada benda tertentu.

  • Magnet mempunyai sifat khas: dua kutub, tarik-menarik dan tolak-menolak, serta memiliki medan magnet.

  • Magnet terdiri dari berbagai jenis berdasarkan sumber, bentuk, dan cara membuatnya.

  • Magnet banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam teknologi.

MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN:

- Buku MAPEL IPAS, SENI RUPA KELAS IV

- LCD

- VIDEO PEMBELAJARAN

- GAMBAR-GAMBAR

- MAGNET

- PENITI

- BESI

*METODE PEMBELAJARAN:

- Ceramah, tanya jawab, Discovery Learning

R  REFLEKSI/KESIMPULAN:

SAS BAHASA ARAB DAN TIK

      GURU KELAS IV.B: ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS IV. B UNTUK HARI SENIN TANGGAL 08 DESEMBER 2025   SUMATIF AKHIR SEMESTER (SAS) KELAS 4...

 

Elfida Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea