Selasa, 12 November 2024

TEMA 5 SUBTEMA 2 PB 4

By elfida fida - November 12, 2024 0 Comments

 GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI RABU TANGGAL 13 NOVEMBER 2024



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha VI. A, apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.

Sebelumnya kita telah belajar materi tentang contoh-contoh wira usaha yang ada di dalam masyarakat Indonesia., yang mana macam-macam wirausaha ada yang berdagang, petani, guru, nelayan, penguasaha dan banyak lainnya. Setiap usaha yang kita lakukan haarus dipertanggung jawabkan dengan baik agar tidak membuat orang lain kecewa, H ari ini kita akan membahas materi tersebut.

A.      TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Dengan membaca, melakukan pengamatan dan diskusi, Peserta didik mampu mengidentifikasi berbagai manfaat keberagaman wirausaha dalam kehidupan sehari-hari secara benar.

2.    Dengan membaca, melakukan pengamatan dan diskusi, Peserta didik mampu mempresentasikan berbagai manfaat keberagaman wirausaha dalam kehidupan sehari-hari secara jelas.

3.    Dengan membaca petunjuk, Peserta didik mampu menjelaskan cara membuat daftar riwayat hidup sesuai petunjuk yang diberikan secara tepat.

 

TEMA 5                             : WIRAUSAHA

SUBTEMA 2                     : USAHA DI SEKITARKU

       PEMBELAJARAN            ; 4

 MUATAN PPKN (KD.3.3 DAN 4.3)

TANGGUNG JAWAB PEMILIK WIRAUSAHA

Sikap tanggung jawab yang sebaiknya diterapkan oleh pemilik wirausaha sebagai berikut:

(1) Menghasilkan barang yang memenuhi persyaratan dagang
(2) Senantiasa menjaga dan meningkatkan kualitas barang
(3) Menciptakan kemasan barang yang unik. Sehingga mudah diingat konsumen
(4) Melakukan inovasi terhadap kemasan dan isi agar tidak tertinggal zaman
(5) Menjaga kelestarian sumber daya alam agar dapat senantiasa menggunakannya sebagai bahan baku
(6) Mengurangi pengangguran dengan memberdayakan warga sekitar untuk bekerja dalam usahanya
(7) Menjaga kelestarian lingkungan sekitar dengan tidak membuang limbah sembarangan

BAHASA INDONESIA (KD.3.6 DAN 4.6) 

MENYAMPAIKAN INFORMASI DALAM RIWAYAT HIDUP SECARA LISAN

Setelah itu, teman-teman bisa menyampaikan semua informasi kepada murid lain di depan kelas.

Saat menyampaikan, pastikan teman-teman tetap percaya diri dan menggunakan suara yang nyaring.

Berikut beberapa cara yang bisa teman-teman ikuti untuk menyampaikan informasi.

1. Suara Keras atau Nyaring

Saat menyampaikan informasi teman-teman harus memperhatikan volume suara.

Pastikan teman-teman menyampaikan informasi dengan suara keras tapi jangan berteriak.

Gunakan suara yang nyaring sehingga seluruh kelas bisa mendengar informasi yang disampaikan.

2. Memahami Informasi yang Disampaikan

Selain menggunakan suara nyaring, pastikan teman-teman sudah memahami informasi yang akan disampaikan.

Walau sudah menuliskan semua informasi, namun ada baiknya teman-teman menghafal serta memahami info tersebut.

Dengan memahami informasi tersebut, teman-teman bisa menyampaikannya dengan baik.

3. Intonasi Jelas

Untuk menyampaikan sebuah informasi, diperlukan juga intonasi yang jelas.

Jika sudah menggunakan suara nyaring tapi intonasi tidak jelas, banyak orang akan kebingungan dengan info yang disampaikan.

Intonasi jelas adalah ketepatan pengucapan setiap kalimat.

Bila teman-teman terbata-bata atau terlalu cepat dalam mengucapkan informasi, orang yang mendengar akan kesulitan menangkap maksud yang disampaikan.

Teman-teman bisa berlatih dengan membaca informasi yang akan disampaikan secara berulang dan tenang.

4. Percaya Diri

Hal penting lain yang harus dimiliki untuk menyampaikan sebuah informasi adalah percaya diri.

Dengan memiliki rasa percaya diri, teman-teman bisa menyampaikan informasi dengan baik.

Selain itu, rasa percaya diri ini akan membantu membuat intonasi teman-teman menjadi lebih baik.

 

MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN:

- BUPENA

- LCD

-VIDEO PEMBELAJARAN


METODE PEMBELAJARAN:

- Ceramah, tanya jawab, diskusi



Senin, 11 November 2024

TEMA 5 SUBTEMA 2 PB 3

By elfida fida - November 11, 2024 0 Comments

 GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI SELASA TANGGAL 12 NOVEMBER 2024



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha VI. A, apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.

Sebelumnya kita sudah belajar materi tentang benda magnetis dan benda nonmagnetis dan menulis riwayat hidup. DImana contoh benda magnetis adalah besi, baja, logam, aluminium, sedangkan contoh bneda non magnetis adalah kertas, kain, plastik, kayu.

A.  TUJUAN PEMBELAJARAN

1.  Dengan melakukan percobaan, Peserta didik mampu menjelaskan sifat-sifat magnet secara benar.

2. Dengan membaca petunjuk dan contoh teks, Peserta didik mampu mengidentifikasi komponen,  tujuan, dan manfaat teks formulir dalam kehidupan sehari-hari secara benar.

TEMA 5                     : WIRAUSAHA

SUBTEMA 2                : USAHA DI SEKITARKU

PEMBELAJARAN           :  3


MUATAN IPA (KD.3.5 DAN 4.5)

SIFAT-SIFAT MAGNET

  • Dapat Menarik Benda Tertentu.
  • Memiliki Dua kutub.
  • Kutub Yang Berbeda Akan Saling Menarik Dan Akan Saling Menolak Jika Bertemu Kutub Yang Sama.
  • Gaya Magnet Dapat Menembus Penghalang.
  • Memiliki Medan Magnet.

KEGUNAAN MAGNET DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Manfaat Magnet

Dalam kehidupan sehari-hari, magnet menjadi instrumen yang sangat berguna bagi manusia. Kira-kira apa saja manfaat magnet dalam kehidupan sehari-hari? Berikut penjelasannya:

1. Untuk Menarik Benda dengan Campuran Logam

Seperti penjelasan sejarah magnet di atas, bahwa magnet merupakan benda yang dapat menarik benda lain dengan unsur logam. Dalam praktik sehari-hari, unsur magnet diimplementasikan oleh benda-benda perkakas, seperti obeng, tang, gunting, hingga alat pengangkut besi.

2. Sebagai Alat Navigasi

Kompas merupakan alat navigasi yang berfungsi untuk menunjukkan arah angin. Jika kamu melihat secara detail, di dalam kompas terdapat jarum yang terbuat dari magnet dan berguna untuk menavigasi arah angin. Oleh karena itu, kompas menjadi alat dengan unsur magnet yang begitu penting bagi banyak orang.

3. Menciptakan Aliran Listrik

Tahukah kamu jika ternyata magnet dapat memantik dan menciptakan aliran listrik? Yap, hal ini terlihat jelas dari dinamo yang terdapat pada sepeda. Di mana dinamo memiliki unsur magnet yang berfungsi untuk menciptakan aliran listrik di dalam sebuah sepeda.

4. Mengubah Energi

Jika kamu senang mendengarkan lagu dengan speaker, maka secara tidak langsung kamu sangat terbantu dengan adanya instrumen magnet. Mengapa? Karena magnet terdapat di dalam speaker yang menjalankan fungsi sebagai alat pengubah energi dari listrik menjadi energi bunyi.

5. Menempelkan Suatu Benda

Saat kamu membuka kulkas, pasti kamu merasakan ada sedikit tarikan dari ujung dalam kulkas. Mengapa hal itu dapat terjadi? Karena ada magnet yang berfungsi untuk menempelkan sisi pintu kulkas agar kuat dan tidak mudah terbuka.

Baca artikel detikedu, "5 Manfaat Magnet beserta Jenis-jenisnya, Siswa Wajib Tahu" selengkapnya https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6228311/5-manfaat-magnet-beserta-jenis-jenisnya-siswa-wajib-tahu.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

Manfaat Magnet dalam Kehidupan Manusia

1. Kompas

Magnet juga dapat dimanfaatkan sebagai penunjuk arah atau kompas karena memiliki dua kutub, yaitu kutub utara dan kutub selatan.

Jarumnya digunakan untuk menunjuk ke arah utara dan arah selatan, sehingga kita dapat menggunakan kompas sebagai penunjuk arah.

2. Pengubah getaran listrik jadi getaran suara

Magnet bermanfaat sebagai pengubah getaran listrik menjadi getaran suara seperti yang ditemukan pada speaker dan headset.

3. Dapat menarik benda lain

Magnet punya manfaat utama seperti menarik benda lain berbahan besi atau baja.
Pixabay
Magnet punya manfaat utama seperti menarik benda lain berbahan besi atau baja.

Magnet punya manfaat utama yaitu menarik benda lain seperti benda yang berbahan besi dan baja.

Magnet dapat dimanfaatkan untuk industri besi seperti pembuatan katrol dengan gantungan besar yang terbuat dari magnet. 

4. Alat ukur listrik

Magnet juga diterapkan dalam alat ukur listrik seperti amperemeter atau volmeter.

Alat ini membutuhkan magnet untuk memainkan arah gaya magnet atau medan dengan lilitan kawat di bagian tengah magnet.

Cara kerjanya dengan menghasilkan arah yang dapat memutar kumparan dan akan ditahan oleh pegas agar kumparan tak bergerak.

Sehingga petunjuk ukuran akan menyimpang dan sesuai dengan arus listrik yang melaju.  

5. Produk motor listrik

Magnet juga bermanfaat untuk produk motor listrik yang menggunakan energi listrik yang diubah jadi gerak.

Dalam material motor listrik pada komponen kumparan kawat yang melilit magnet sehingga akan menghasilkan gaya magnet yang berlawanan arah.

Komponen kumparan inilah yang akan berputar sesuai dengan porosnya dan akan menghasilkan gerakan.

6. Jadi pembangkit tenaga listrik

Magnet juga digunakan untuk pembangkitan tenaga listrik dalam skala kecil hingga skala besar.

Contohnya dalam skala kecil adalah magnet yang ada pada dinamo sepeda yang dapat menyalakan lampunya.

Sedangkan untuk yang skala besar yaitu generator pembangkit listrik yang membutuhkan gaya magnet yang besar.


MUATAN BAHASA INDONESIA (KD. 3.6 DAN 4.6)

MENULIS DAFTAR RIWAYAT HIDUP

10 Contoh CV Tulis Tangan yang Baik dan Benar Terlengkap 20236 Contoh Daftar Riwayat Hidup, Lengkap Beserta Fungsi dan ...

 MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN

- BUPENA

-LCD

-MAGNET

-FORMULIR

METODE PEMBELAJARAN:

- Ceramah, diskusi, tanya jawab, demonstrasi

REFLEKSI/KESIMPULAN:

Berdasarkan kegiatan pembelajaran hari ini tentang materi sifat-sifat magnet kegunaan magnet dan menulis daftar riwayat hidup, Alhamdulillah para peserta didik dapat memahaminya dengan baik , langkah selanjutnya pada peserta didik diberikan latihan-latihan Mandiri dan latihan diskusi kelompok untuk lebih memahami materi tersebuy. Dari hasil tugas yang sudah diberikan tugas ternyata masih ada beberapa siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM karena masih kurang  mmahami tentang kegunaan magnet dalam kehidupan sehari-hari , tindakan guru memberikan tugas tambahan di rumah agar peserta didik ini dapat memahami materinya dengan baik.

Minggu, 10 November 2024

TEMA 5 SUBTEMA 2 PB 1 DAN 2

By elfida fida - November 10, 2024 0 Comments

 GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI SENIN TANGGAL 11 NOVEMBER 2024



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha VI. A, apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.

Bagaimana liburan kalian selama dua kemarin, semoga happy ya nak dan hari ini dan belajar kalian bertambah semangat. Sebelumnya kita telah belajar materi dari tema 5 subteam 1 pembelajaran 1 sampai 6, semoga semua materi yang sudah ibu ajarkan kalian dapat memaahmainya dengan baik.

Okey,,,hari ini kita akan beajar tentang:

A.  TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Dengan membaca teks, Peserta didik mampu mengidentifikasi posisi dan peranan Indonesia di bidang ekonomi dalam lingkup ASEAN secara terperinci.

1.   Dengan mengamati gambar, bereksplorasi, dan berdiskusi, Peserta didik mampu mengidentifikasi benda magnetis dan nonmagnetis secara tepat.

1.   Dengan membaca teks dan berdiskusi, Peserta didik mampu mengidentifikasi komponen dan cara mengisi teks daftar riwayat hidup secara benar. 

       Denagn  mengamati gambar dan berdiskusi, Peserta didik mampu mengidentifikasi ciri-ciri poster secara tepat.   

TEMA 5                                 : WIRAUSAHA

SUBTEMA 2                         : USAHA DI SEKITARKU

PEMBELAJARAN                : 1

MUATAN IPA (KD. 3.5 DAN 4.5)

BENDA  MAGNETIS DAN BENDA NONMAGNETIS

Magnet adalah benda yang dapat ditarik dengan logam dan dapat menempel dengan lekat dan menolak benda serta menariknya kembali.

Sedangkan benda yang enggak bisa ditarik adalah benda nonmagnetis atau biasa disebut diamagnetik.

Perbedaan Benda Magnetis dan Benda Nonmagnetis 

Perbedaan Benda Magnetis dan Nonmagnetis, Kelas 6 SD Tema 5.

Berikut ciri-ciri benda magnetis, yaitu:

1. Bisa ditarik dengan magnet

2. Mengandung logam

3. Contoh benda magnetis adalah besi, nikel, baja, paku, tempelan hiasan pada kulkas, jarum, klip dokumen dan lain sebagainya.

Sedangkan ciri-ciri benda nonmagnetis adalah:

1. Tidak mengandung logam

2. Tidak bisa ditarik oleh magnet

3. Contohnya seperti penggaris plastik, kertas, sisir, pensil kayu dan lain sebagainya.

Berikut ciri-ciri benda magnetis, yaitu:

1. Bisa ditarik dengan magnet

2. Mengandung logam

3. Contoh benda magnetis adalah besi, nikel, baja, paku, tempelan hiasan pada kulkas, jarum, klip dokumen dan lain sebagainya.

Magnet juga memiliki sifat-sifat  yaitu:

1. Gaya magnet dapat menarik benda-benda tertentu

Magnet hanya bisa menarik benda-benda tertentu yang bersifat magnetis seperti jarum, besi atau baja.

Sedangkan benda yang enggak bisa ditarik oleh magnet adalah yang bersifat nonmagnetis seperti sisir, kertas dan pensil kayu.

2. Kutub magnet memiliki gaya tarik dan gaya tolak

Magnet memiliki dua kutub yaitu kutub utara dan selatan yang jika didekatkan, keduanya akan saling menolak.

Namun jika kutub yang enggak senama, maka yang terjadi kedua magnet akan saling menarik.

3. Gaya magnet bisa menembus benda

Jika kamu mencoba meletakkan paku di atas kaca atau kertas dengan menggeser-geser magnet di bawahnya, maka paku akan tetap bergerak walau sudah terhalang kertas di bawahnya.

Hal inilah yang membuat magnet dapat menembus benda apa saja. Semakin kuat gaya magnet, maka semakin kuat juga benda yang dapat ditembus.

4. Jarak dapat memengaruhi kekuatan gaya magnet

Jarak juga dapat memengaruhi gaya magnet. Semakin dekat benda tersebut maka semakin kuat juga gaya magnetnya.

Sebaliknya juga, jika semakin jauh benda terhadap magnet, maka akan semakin lemah juga gaya magnet tersebut.

MUATAN BAHASA INDONESIA (KD. 3.6 DAN 4.6)

Riwayat hidup adalah tulisan yang berisi informasi diri, meliputi identitas diri serta kegiatan yang telah dilakukan. Informasi diri yang ditulis dalam riwayat hidup harus didasarkan pada fakta dan disajikan dengan sangat rinci. Tujuannya untuk menjelaskan tentang jati diri kita kepada orang lain.

Riwayat hidup dapat ditulis dengan 2 bentuk yaitu bentuk singkat dan bentuk narasi. Penulisan riwayat hidup dalam bentuk singkat biasanya tampak nseoerti formulir, Informasi disusun dalam bentuk poin-poin, dan disusun secara berderet dari atas ke bawah dengan berurutan. Penulisan riwayat hidup seeperti ini lebih sering disebut daftar riwayat hidup.

Contoh daftar riwayat hidup ;

6 Contoh Daftar Riwayat Hidup, Lengkap Beserta Fungsi dan ...

 MUATAN IPS (KD. 3.3 DAN 4.3)

KOMODITAS EKSPOR DAN IMPOR DI INDONESIA

Wirausaha merupakan kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang secara mandiri. Seorang wirausahaan harus memiliki kemampuan kreatif dan inkivatif, jeli melihat peluang , dan seslalu terbuka untuk setiap masukan agar usaha terus bertumbuh. Contoh kegiatan wirausaha adalah pengusaha kain batik. Pengusaha tersebut menggunakan kain untuk membatik. Kain tersebut berasal dari pembudidyaan tanaman kapas di Indonesia. Meskipun menggunakan bahan baku dari negara sendiri. Para pemilik wirausaha sering menggunakan tekhnologi atau mesin yang berasal dari luar negeri, seperti mesin jahit. Penggunaan tekhnologi atau mesin menrupakan salah satu wujud kerja sana dengan negara lain. 

Impor adalah kegiatan mendatangkan atau membeli suatu barang dari luar negeri. Selain impor barang, kerja sama ekonomi antarnegara juga dapat dilakukan melalui ekspor. Ekspor adalah kegiatan mengirim atau menjual hasil produksi dalam negeri ke pasar luar negeri. Contohnya produsen mebel dan batik mengekspor hasil produk mereka ke negara-negara ASEAN atau wilayah negara lainnya. 

MUATAN SBDP (KD. 3.1 DAN 4.1)

BAGIAN-BAGIAN POSTER

Bagian-bagian poster

1.terdapat judul pada poster bagian atas

2.di dalam poster tertera nama penyelenggara yang mengadakan pameran

3.informasi singkat tentang isi pameran

4.waktu dan tempat diselenggarakannya acara

5.kontak yang dapat di hubungi

Bagian bagian dari poster, yaitu:

• Judul

Terdapat judul pada poster bagian atas.

• Nama penyelenggara.

Di dalam poster tertera nama penyelenggara yang mengadakan pameran.

• Informasi singkat tentang isi pameran.

• Waktu dan tempat diselenggarakannya acara.

• Kontak yang dapat di hubungi.

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Membuat Poster

Berikut ini beberapa komponen penting dari poster yang harus dipenuhi sebelum kita membuat poster. 

1. Menentukan tujuan atau tema pembuatan poster. Misalnya, tentang kebersihan, kesehatan, kedisiplinan, dan sebagainya. 

2. Harus memuat komposisi huruf dan gambar yang menarik pembaca. 

3. Harus menggunakan bahasa yang singkat, padat, dan jelas, sehingga mudah dimengerti pembaca.

4. Memilih topik atau sesuatu yang menarik perhatian orang.

5. Ukurannya disesuaikan dengan tempat pemasangan, misalnya di pinggir jalan, area majalah dinding, tembok kelas, dan sebagainya.

6. Menggunakan perpaduan warna yang kuat dan kontras. Kamu juga bisa menambahkan warna-warna yang mencolok dan menarik minat pembaca. 

7. Siapkan media yang tepat. Misalnya, pada dinding-dinding yang banyak dilalui orang, sehingga tujuan pembuatan poster bisa tersampaikan.

MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN

- BUPENA

- LCD

- POSTER

- FORMULIR

METODE PEMBELAJARAN

- Ceramah, tanya jawab, diskusi

REFLEKSI/KESIMPULAN :

Berdasarkan kegiatan pembelajaran hari ini tentang benda magnetis dan non magnetis serta hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat poster Alhamdulillah pada peserta didik dapat memahaminya dengan baik materi yang dijelaskan. Setelah diberikan tugas kelompok dan latihan Mandiri Alhamdulillah hasilnya sudah mencapai KKM semua.

Berikut dokumentasi pembelajaran hari ini :










Kamis, 07 November 2024

TEMA 5 SUBTEMA 1 PB 5 DAN 6

By elfida fida - November 07, 2024 0 Comments

 GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 08 NOVEMBER 2024



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha VI. A, apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.

Sebelumnya kita telah mempelajari materi tentang keragaman wirausaha dalam kehidupan sehari-hari dan melengkapi formulir dengan data diri masing-masing peserta didik.

Nah, hari ini kita akan belajar tentang :

A.  TUJUAN PEMBELAJARAN

1        Dengan membaca teks dan menggali informasi dari berbagai sumber, Peserta didik mampu mengidentifikasi posisi dan peranan Indonesia di bidang ekonomi dalam lingkup ASEAN secara tepat. 

2        Dengan mengamati contoh dan membaca penjelasan, Peserta didik mampu mengidentifikasi ciri-ciri logo dan maknanya secara benar.

3        Dengan berdiskusi, Peserta didik mampu menjelaskan cara membuat teks formulir pendaftaran untuk berbagai tujuan dan kegiatan beserta petunjuknya secara tepat.  

TEMA 5                            : WIRAUSAHA

SUBTEMA 1                    : KERJA KERAS BERBUAH KESUKSESAN

PEMBELAJARAN           : 5 DAN 6

MUATAN IPS (KD 3.3 DAN 4.3)


POSISI DAN PERAN INDONESIA DI BIDANG EKONOMI DALAM LINGKUP ASEAN

Sebagai makhluk spsial, manusia tidak dapat hidup sendiri. Manusia memerlukan orang lain untuk hidup bermasyarakat. Selain itu, tidak setiap daerah memiliki sumber daya alam yang dapat emncukupi kebutuhan manusia. Oleh karena itu, diperlukan kerjasama antar manusia agar terpenuhi kebutuhannya. Sebagai contoh, kerjasama Indonesia dengan negara-negara ASEAN dalam bidang ekonomi.

Kerjasama dalam bidang ekonomi yang dilakukan oleh negara-negara ASEAN antara lain sebagai berikut.
  • Melakukan promosi-promosi dalam bidang pariwisata dan perdagangan.
  • Menyediakan cadangan pangan.
  • Menyelenggarakan proyek industri.
  • Membuat kawasan perdagangan bebas ASEAN (AFTA)
  • Pembentukan ASEAN Economic Community/Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)
ASEAN Free Trade Area (AFTA)
kerjasama bidang ekonomi dengan membuat kawasan perdagangan bebas ASEAN

Membentuk Masyarakat Ekonomi ASEAN


Peran Indonesia dalam kerjasama memberikan manfaat bagi Indonesia maupun negara-negara lain di ASEAN. Bagi Indonesia, kerjasama tersebut dapat meningkatkan pendapatan negara dan mengurangi pengangguran.   

Sebagai salah satu pendiri ASEAN, Indonesia memiliki peran penting terutama dalam kerjasama di bidang ekonomi. Indonesia melakukan pertukaran barang dengan negara-negara di ASEAN. Tujuan pertukaran barang tersebut untuk meningkatkan hubungan kerjasama dan juga memperoleh keuntungan. Bentuk pertukaran barang antara Indonesia dengan negara-negara ASEAN antara lain sebagai berikut.
  • Pertukaran Sandang
Indonesia memiliki beragam kebudayaan yang sudah terkenal hingga ke mancanegara. Salah satunya adalah batik. Indonesia menjual batik-batik buatan perajin Indonesia ke negara-negara ASEAN. Selain itu, Indonesia juga mengekspor kain wol dan kapas yang merupakan bahan baku pembuatan pakaian. Indonesia mengimpor mesin-mesin pembuat pakaian berskala besar dari Singapura. Indonesia juga mengimpor benang sintetis dari malaysia.
  • Pertukaran Pangan
Hasil pangan Indonesia seperti tepung tapioka, lada, dan kina di ekspor ke Singapura. Sementara itu, kopi dan sayuran di ekspor ke Malaysia. Indonesia mengimpor hasil pangan seperti beras, gula, buah-buahan, dan madu dari Thailand dan Filipina.
  • Pertukaran Papan
Indonesia memiliki hutan yang luas. Hasil hutan seperti kayu banyak diekspor ke negara-negara ASEAN seperti kayu jati ke Malaysia, kayu lapis ke Thailand, dan kayu mahoni ke Singapura. Semen putih sebagai bahan baku pembuatan rumah diimpor dari Filipina. Getah karet diekspor ke Singapura.

Selain pertukaran sandang, pangan, dan papan. Indonesia juga melakukan kerjasama pertukaran bahan tambang. Indonesia melakukan ekspor beberapa barang tambang seperti minyak mentah, batubara, besi, baja, aluminium, timah putih, dan gas alam ke Malaysia, Filipina, dan Singapura.
 
MUATAN SBDP (KD 3.1 DAN 4.1)
 
CIRI-CIRI LOGO  DAN MAKNANYA

1. Sederhana

Meskipun logo yang kamu buat harus unik, bukan berarti kamu bisa membuatnya secara berlebihan. Kesederhanaan merupakan hal penting yang perlu kamu perhatikan. Logo yang kamu buat dengan desain yang sederhana akan mudah dikenali dan diingat oleh konsumen.

Logo yang mudah diingat akan meningkatkan brand awareness sebuah perusahaan. Dengan demikian, masyarakat awam akan langsung mengetahui logo tersebut bahkan tanpa membaca tulisannya. Biasanya, seorang desainer grafis memahami dan menerapkan prinsip KISS (Keep it Simple Stupid). Prinsip tersebut berfokus pada kesederhanaan ketika ingin membuat logo.

Dengan demikian, logo yang kamu desain akan lebih berkesan. Contoh perusahaan yang menerapkan prinsip ini adalah Apple, Nike, dan Adidas yang sederhana, namun penuh makna.

2. Komunikatif

Logo dapat dikatakan baik apabila mampu menjadi media untuk menyampaikan pesan. Tidak hanya terfokus pada desain, logo yang kamu buat harus mampu menyampaikan pesan yang efektif kepada konsumen. Pesan tersebut bisa disesuaikan dengan visi dan misi perusahaan, produk yang ditawarkan, atau aspek lainnya.

Untuk mewujudkan logo yang komunikatif diperlukan beberapa pertimbangan, salah satunya adalah mampu menerapkan psikologi warna. Misal, ketika produk yang kamu tawarkan berupa makanan peda, logo akan menjadi lebih baik apabila berwarna merah. Pemilihan warna tersebut secara tidak langsung menyampaikan pesan bahwa produk yang ditawarkan memiliki rasa yang pedas.

3. Relevan

Logo bukan hanya terkait karya seni, pastikan logo yang kamu buat dapat relevan dengan produk yang ditawarkan. Jangan sampai terjadi kesalahan persepsi dari konsumen karena logo yang kamu buat tidak relevan dengan produk atau branding yang kamu buat.

Seorang desainer biasanya akan melakukan riset terlebih dahulu, Dengan riset, kamu akan mengetahui seperti apa desain logo yang tepat dengan citra perusahaan atau produk.

4. Mudah Diingat

Ketika kamu berusaha untuk membangun branding yang kuat, semua yang berkaitan dengan perusahaan harus memiliki ciri khas sehingga mudah diingat. Logo yang akan didesain bukan hanya harus menarik, melainkan membuat konsumen langsung mudah mengingatnya, meskipun hanya hanya melihatnya sesekali. Contoh sederhananya adalah logo Apple. Tanpa tulisan Apple, kita pasti sudah bisa menebak bahwa itu logo perusahaan Apple.

5. Timeless

Ciri-ciri logo yang baik, benar, dan menarik selanjutnya adalah tahan lama atau timeless. Kamu bisa membuat logo yang abadi berdasarkan desain yang sebelumnya telah ada dan dikenal secara luas.

Misal, logo Apple yang berbentuk buah apel, semua orang pasti mengetahui buah tersebut dan bahkan mungkin pernah mengonsumsinya. Jadi, ketika perusahaan Apple menggunakan logo tersebut, tidak sulit untuk konsumen dalam mengenalinya.

6. Mudah Mengaplikasikannya

Logo yang efektif merupakan logo yang mampu terlihat menonjol di berbagai media dan aplikasi. Sebuah logo harus bersifat fungsional. Maka, dalam mendesain logo, disarankan memakai format vektor. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan agar ukurannya bisa kamu ubah dalam berbagai skala yang berbeda. Bukan hanya itu, desain logo yang kamu buat harus dapat diubah kedalam format vertikal maupun horizontal.

7. Tepat Sasaran

Logo yang baik harus mampu menyampaikan pesan secara tepat ke konsumen. Misal, kamu memiliki produk berupa mainan anak-anak. Akan lebih tepat ketika kamu memakai font yang childish serta memiliki skema warna yang ceria dan colorful.

Desain logo tersebut akan langsung membuat anak-anak penasaran dengan produk di dalamnya. Namun, ketika kamu ingin membuat logo terkait firma hukum, jangan sampai kamu melakukan hal tersebut.

8. Terlihat Sempurna

Meskipun tidak ada hal yang sempurna di dunia, namun siapapun harus berusaha untuk melakukan yang terbaik, setidaknya mendekati kata sempurna. Hal ini juga harus kamu terapkan ketika mendesain sebuah logo. Logo yang sempurna merupakan logo yang sekiranya sudah tidak perlu lagi melakukan penambahan, pengurangan, atau perubahan apa pun. Biasanya untuk mewujudkan hal tersebut, seorang desainer akan memilih logo dengan desain sederhana.

9. Memilih Warna dan Font dan Tepat

Warna dan Font merupakan elemen penting ketika mendesain sebuah logo. Logo dengan banyak warna juga cenderung membuat konsumen kebingungan, sehingga konsumen akan kesulitan dalam mengingatnya. Kamu bisa mencoba untuk mendesain logo dengan penggunaan maksimal 3 warna. Jika terpaksa harus menggunakan banyak warna, usahakan kombinasi warna yang kamu pilih logis, relevan, dan sedap dipandang.

Font juga memiliki peran penting dalam desain logo. Setiap font mampu memberikan kesannya tersendiri. Contohnya font klasik cenderung memberikan kesan formal dan mewah. Font berlekuk akan terkesan playful serta informal. Jadi, ketika membuat logo, kamu harus memperhatikan warna dan font dengan baik.

10. Tidak Terlalu Abstrak

Salah satu fungsi logo adalah untuk menjadi identitas dan penyampaian pesan. Ketika orang tidak melihat apapun dari logo yang kamu buat kecuali bentuknya yang unik, dapat dipastikan logo yang kamu buat tidak bagus. Pastikan untuk membuat desain logo yang tetap dapat menyampaikan image dan pesan yang diinginkan, tanpa harus mengurangi keunikannya.

 MUATAN PPKN (KD 3.3 DAN 4.3)

BERBAGAI CONTOH KEBERAGAMAN WIRAUSAHA 

Sikap-sikap yang harus dimiliki oleh pemilik wirausaha adalah :

1. Saling menghormati dan menghargai antar pemili usaha.

2. Bekerja keras untuk memajukan usahanya dengan cara yang baik.

3. Melakukan persaingan isaha secara sehat.

4. Pantang menyerah saat menghadapi hambatan.

5. Tidak sungkan untuk meminta bantuan orang lain ketika membutuhkan pertolongan.

6. Selalu mengembangkan usahannya sesuai perkembangan zaman.

MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN

- BUPENA

- LCD

- FORMULIR

METODE PEMBELAJARAN

- Ceramah, tanya jawab, diskusi

REFLEKSI/KESIMPULAN :

Berdasarkan kegiatan pembelajaran tentang materi posisi dan peran Indonesia di ASEAN dalam bidang ekonomi Alhamdulillah para peserta didik dapat memahami materinya dengan baik. Setelah diberikan latihan tentang materi tersebut ternyata sebahagian peserta didik sudah memahaminya dengan baik yang kurang diberikan tugas tambahan untuk dikerjakan di rumah.

TEMA 5 SUBTEMA 2 PB 4

  GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI RABU TANGGAL 13 NOVEMBER 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaiku...

 

Elfida Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea