GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd
MATERI AJAR KELAS IV. B UNTUK HARI RABU TANGGAL 05 NOVEMBER 2025
Selamat pagi,,,,Tabik pun
Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha IV.B apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.
MAPEL IPAS
Tujuan Pembelajaran:
Murid mampu mengidentifikasi berbagai bentuk energi dan menjelaskan proses perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari.
MATERI AJAR IPAS; PERUBAHAN BENTUK ENERGI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, peserta didik diharapkan dapat:
Menjelaskan pengertian energi dan perubahan bentuk energi.
Mengidentifikasi berbagai bentuk energi yang ada di sekitar.
Memberikan contoh perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari.
Menunjukkan sikap hemat energi dalam kehidupan sehari-hari.
A. Pengertian Energi
Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha atau kerja.
Tanpa energi, manusia, hewan, dan tumbuhan tidak dapat melakukan kegiatan apa pun.
Contoh energi di sekitar kita:
Energi panas
Energi cahaya
Energi bunyi
Energi listrik
Energi kimia
Energi gerak
🔄 B. Pengertian Perubahan Bentuk Energi
Perubahan bentuk energi terjadi ketika suatu jenis energi berubah menjadi bentuk energi lain untuk melakukan suatu pekerjaan.
➡️ Contoh umum:
Ketika kita menyalakan kipas angin, energi listrik berubah menjadi energi gerak (kipas berputar).
⚡ C. Bentuk-Bentuk Perubahan Energi dalam Kehidupan Sehari-hari
1. Energi Listrik → Energi Panas
Terjadi pada alat yang menggunakan listrik dan menghasilkan panas.
Contoh:
Setrika listrik
Rice cooker (penanak nasi)
Pemanas air
💡 Penjelasan:
Saat setrika dihubungkan dengan listrik, arus listrik mengalir dan menghasilkan panas pada lempeng logam setrika. Panas inilah yang digunakan untuk merapikan pakaian.
2. Energi Listrik → Energi Cahaya
Terjadi ketika energi listrik digunakan untuk menghasilkan cahaya.
Contoh:
Lampu bohlam
Lampu senter
Layar televisi
💡 Penjelasan:
Listrik mengalir ke dalam lampu dan membuat filamen di dalamnya berpijar, sehingga menghasilkan cahaya.
3. Energi Kimia → Energi Gerak
Terjadi ketika energi dari bahan kimia (misalnya baterai atau bahan bakar) diubah menjadi energi gerak.
Contoh:
Mobil bergerak karena energi dari bensin.
Mainan mobil-mobilan dengan baterai dapat berjalan.
💡 Penjelasan:
Bensin mengandung energi kimia yang dibakar di mesin mobil untuk menghasilkan gerak.
4. Energi Panas → Energi Gerak
Terjadi ketika panas menyebabkan suatu benda bergerak.
Contoh:
Kipas angin uap pada zaman dahulu bekerja karena panas air mendidih menggerakkan uap.
Udara panas naik ke atas dan menyebabkan angin bergerak.
5. Energi Cahaya → Energi Kimia
Terjadi pada proses fotosintesis di tumbuhan.
Contoh:
Tumbuhan hijau menggunakan energi cahaya matahari untuk mengubah air dan karbon dioksida menjadi makanan (glukosa).
💡 Penjelasan:
Cahaya matahari diserap oleh klorofil (zat hijau daun), kemudian diubah menjadi energi kimia yang tersimpan di dalam makanan tumbuhan.
6. Energi Listrik → Energi Bunyi
Terjadi pada alat yang menggunakan listrik untuk menghasilkan suara.
Contoh:
Radio
Televisi
Speaker
Bel listrik
💡 Penjelasan:
Arus listrik menggerakkan membran atau getaran yang menghasilkan bunyi.
🌞 D. Manfaat Perubahan Energi dalam Kehidupan
Memudahkan pekerjaan manusia.
Menghasilkan alat-alat yang bermanfaat (lampu, setrika, kipas, motor).
Membantu proses alam seperti fotosintesis dan pembentukan hujan.
Menunjang teknologi modern yang kita gunakan sehari-hari.
🌱 E. Sikap yang Baik terhadap Penggunaan Energi
Menghemat listrik (mematikan lampu jika tidak digunakan).
Menghemat bahan bakar kendaraan.
Menggunakan energi alternatif seperti tenaga surya dan angin.
Menjaga lingkungan agar sumber energi tetap lestari.
✏️ F. Latihan Soal
1. Pilihan Ganda
Energi yang digunakan untuk menyalakan lampu adalah energi ....
a. Panas
b. Gerak
c. Listrik
d. KimiaSetrika listrik bekerja dengan mengubah energi .... menjadi energi ....
a. Listrik → Panas
b. Panas → Listrik
c. Gerak → Cahaya
d. Listrik → BunyiTumbuhan membuat makanannya dengan mengubah energi cahaya matahari menjadi energi ....
a. Gerak
b. Kimia
c. Panas
d. ListrikMobil bergerak karena terjadi perubahan energi .... menjadi energi ....
a. Kimia → Gerak
b. Panas → Cahaya
c. Listrik → Gerak
d. Gerak → PanasContoh perubahan energi listrik menjadi bunyi adalah ....
a. Lampu menyala
b. Kipas angin berputar
c. Radio mengeluarkan suara
d. Setrika menjadi panas
2. Isian Singkat
Energi tidak dapat dibuat atau dimusnahkan, tetapi dapat ____________.
Energi cahaya matahari digunakan tumbuhan untuk melakukan proses ____________.
Mobil dapat bergerak karena energi kimia dari ____________.
Lampu menyala karena perubahan energi listrik menjadi ____________.
Setrika bekerja dengan mengubah energi listrik menjadi energi ____________.
🏁 G. Rangkuman
Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha.
Energi dapat berubah bentuk dari satu jenis ke jenis lainnya.
Contoh perubahan bentuk energi:
Listrik → Panas (setrika)
Listrik → Cahaya (lampu)
Kimia → Gerak (mobil)
Cahaya → Kimia (fotosintesis)
Kita harus menggunakan energi secara hemat dan bijak agar tidak cepat habis.
MATA PELAJARAN; SENI RUPA
LATIHAN SOAL:
Soal
Pilihan Ganda Seni Rupa – Kelas 4 SD
Materi:
Cara Memberikan Penilaian Sederhana
1. Saat menilai karya seni rupa teman,
hal pertama yang sebaiknya kita perhatikan adalah …
A. Warna baju pembuatnya
B. Bentuk dan hasil karya yang dibuat
C. Harga alat yang digunakan
D. Tempat karya dibuat
2. Dalam menilai karya seni rupa, sikap
yang harus kita tunjukkan adalah …
A. Sombong dan merasa paling hebat
B. Jujur dan menghargai pendapat orang lain
C. Cepat-cepat agar tidak bosan
D. Meniru hasil karya teman
3. Penilaian sederhana terhadap karya
seni rupa dapat dilakukan dengan cara …
A. Membandingkan karya dengan karya seniman terkenal
B. Mengamati, menilai keindahan, dan memberi pendapat dengan sopan
C. Menghapus karya yang tidak disukai
D. Memberi nilai tinggi pada teman deka
4. Berikut ini yang termasuk kriteria
penilaian karya seni rupa adalah …
A. Warna, bentuk, dan kerapian
B. Harga bahan dan waktu pembuatan
C. Nama dan umur pembuat karya
D. Jumlah karya yang dibuat
5. Jika teman membuat gambar
pemandangan dengan warna yang indah, kita sebaiknya …
A. Mengkritik tanpa alasan
B. Memberi pujian dan saran dengan baik
C. Menyuruh teman menggambar ulang
D. Diam saja tanpa memberi tanggapan
6. Menilai karya seni rupa tidak hanya
melihat hasilnya, tetapi juga …
A. Melihat siapa yang membuatnya
B. Menilai usaha dan kreativitas pembuatnya
C. Menebak berapa lama pembuatannya
D. Menilai dari warna favorit sendiri
7. Contoh komentar yang baik saat
menilai karya teman adalah …
A. “Karyamu jelek!”
B. “Aku tidak suka, warnanya aneh.”
C. “Gambarmu bagus, tapi coba warnanya dibuat lebih cerah.”
D. “Karyamu kalah bagus dari punyaku.”
8. Tujuan memberikan penilaian terhadap
karya seni rupa adalah …
A. Menunjukkan siapa yang paling pintar
B. Membantu memperbaiki dan menghargai karya
C. Mencari kesalahan orang lain
D. Menentukan siapa yang kalah
9. Kegiatan memberikan penilaian
sederhana terhadap karya seni rupa disebut juga …
A. Menggambar
B. Mengkritik seni
C. Mengamati dan mengapresiasi karya
D. Membuat karya baru
10. Saat menilai karya seni rupa, hal
yang tidak boleh dilakukan adalah …
A. Menghargai karya teman
B. Memberi komentar membangun
C. Menertawakan hasil karya teman
D. Mengamati dengan teliti
- Buku MAPEL IPAS, BAHASA INDONESIA KELAS IV
- LCD
- VIDEO PEMBELAJARAN
- GAMBAR-GAMBAR
*METODE PEMBELAJARAN:
- Ceramah, tanya jawab, Discovery Learning
R REFLEKSI/KESIMPULAN:

0 Comments:
Posting Komentar