Rabu, 03 September 2025

IPAS, BAHASA INDONESIA

By elfida fida - September 03, 2025 1 Comments

 GURU KELAS IV. B: ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS IV.B UNTUK HARI KAMIS TANGGAL 04 SEPTEMBER 2025



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha IV.B apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.

MAPEL IPAS

TUJUAN PEMBELAJARAN:

 Menunjukkan contoh upaya pelestarian makhluk hidup di lingkungan sekitarnya.

MATERI IPAS

PENYEBAB KEPUNAHAN DAN KERUSAKAN HABITAT DAN MANFAAT PELESTARIAN MAKHLUK HIDUP BAGI MANUSIA DAN LINGKUNGANNYA

A. Pengertian Kepunahan

Kepunahan adalah keadaan ketika suatu jenis hewan atau tumbuhan tidak ada lagi di bumi (habis dan tidak bisa ditemukan lagi).

Contoh hewan punah:

  • Harimau Bali

  • Burung Dodo


🧨 B. Penyebab Kepunahan Makhluk Hidup

PenyebabPenjelasan
1. Perburuan liarHewan diburu secara berlebihan untuk diambil kulit, daging, atau gadingnya.
2. Kerusakan habitatTempat tinggal makhluk hidup rusak karena ulah manusia.
3. Perubahan iklimCuaca ekstrem bisa membuat makhluk hidup tidak bisa bertahan.
4. Bencana alamGunung meletus, banjir, atau kebakaran hutan.
5. Pencemaran lingkunganLimbah dan sampah merusak alam tempat hidup makhluk.

MAPEL BAHASA INDONESIA 

TUJUAN PEMBELAJARAN:

Melalui kegiatan memasangkan kata, murid dapat menjelaskan arti kosakata baru pada teks yang dibacakan dengan benar.

MATERI AJAR: MENEMUKAN ARTI KOSAKATA BARU

A. Pengertian Kosakata

Kosakata adalah semua kata yang dimiliki oleh seseorang atau digunakan dalam suatu bahasa.
Saat membaca atau mendengar cerita, kita mungkin menemukan kata-kata baru yang belum kita ketahui artinya.

B. Cara Menemukan Arti Kosakata Baru

Untuk mengetahui arti kata baru, kita bisa menggunakan beberapa cara berikut:

1. Melihat Kamus 

➤ Cara paling mudah adalah mencari arti kata di kamus (bisa kamus cetak atau digital).

Contoh:
Kata: Lestari
Arti di kamus: Tetap seperti keadaan semula; tidak berubah; tetap lestari (alam yang terjaga).

2. Melihat Kalimat di Sekitarnya (Konteks Kalimat) 

➤ Kita bisa menebak arti kata dari kalimat yang mengandung kata tersebut.

Contoh:
Kalimat: "Andi gemar membaca karena ia sangat haus akan ilmu."
Kata baru: Haus akan ilmu
Artinya: Sangat ingin tahu dan belajar lebih banyak.

3. Membandingkan dengan Kata yang Sudah Dikenal 

➤ Kata yang mirip bunyi atau bentuknya bisa membantu kita memahami kata baru.

Contoh:
Kata baru: Mengeluh
Mirip dengan: Keluhan
Artinya: Mengatakan hal yang tidak menyenangkan atau merasa tidak puas.

4. Bertanya kepada Orang Lain 🧑‍🏫

➤ Bisa bertanya pada guru, orang tua, atau teman yang tahu arti kata tersebut.


C. Contoh Kosakata Baru dan Artinya

Kosakata BaruKalimat ContohArti Kata
AntusiasSiswa sangat antusias mengikuti lomba membaca puisi.Semangat, bergairah, penuh minat
MandiriRani sudah mandiri dalam mengerjakan tugas rumah.Tidak bergantung pada orang lain
HarmonisKeluarga mereka hidup rukun dan harmonis.Serasi, rukun, penuh kedamaian
MenyimakSiswa menyimak penjelasan guru dengan saksama.Mendengarkan dengan baik dan penuh perhatian
TerpukauPenonton terpukau melihat pertunjukan tari tradisional.Sangat kagum, terpesona

Kesimpulan:

  • Kosakata adalah kata-kata yang kita gunakan dalam berbicara, membaca, dan menulis.

  • Untuk menemukan arti kosakata baru, kita bisa menggunakan kamus, memahami konteks kalimat, membandingkan dengan kata lain, atau bertanya kepada orang lain.

  • Semakin banyak kosakata yang kita tahu, semakin baik kita dalam berbahasa.

MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN:

- Buku MAPEL BAHASA INDONESIA, IPAS KELAS IV

- LCD

- GAMBAR

- VIDEO

*METODE PEMBELAJARAN:

- Ceramah, tanya jawab, pengamatan, diskusi, PBL

 REFLEKSI/KESIMPULAN:

Alhamdulillah kegiatan pembelajaran hari ini berjalan dengan baik hari ini para murid belajar tentang mencari arti kosakata dengan menggunakan kamus bahasa Indonesia dilihat dari teks bacaan kemudian para murid mencari kata-kata yang baru dikenalnya, dalam hal ini masih ada beberapa siswa yang masih belum paham dalam menggunakan kamus mencari arti kata yang ada dalam kamus, kemudian guru membimbing murid untuk mencari arti kata yang ada di kamus.
Berikut dokumentasi kegiatan pembelajaran hari ini:







Selasa, 02 September 2025

IPAS , SENI RUPA

By elfida fida - September 02, 2025 3 Comments

 GURU KELAS IV. B : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS IV.B UNTUK HARI RABU TANGGAL 03 SEPTEMBER 2025



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha IV.B apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.

MAPEL IPAS

TUJUAN PEMBELAJARAN:

 Menunjukkan contoh upaya pelestarian makhluk hidup di lingkungan sekitarnya.

MATERI IPAS: UPAYA PELESTARIAN MAKHLUK HIDUP BERDASARKAN SILKUS HIDUPNYA

Mengapa Makhluk Hidup Perlu Dilestarikan?

Makhluk hidup penting untuk menjaga keseimbangan alam. Jika salah satu jenis makhluk hidup punah, rantai makanan bisa terganggu. Maka, kita perlu melakukan pelestarian!


Upaya Pelestarian Makhluk Hidup Berdasarkan Siklus Hidupnya

 1. Menjaga Habitat Makhluk Hidup

  • Contoh: Tidak merusak hutan tempat kupu-kupu berkembang biak.

  • Mengapa penting? Karena kupu-kupu bertelur di daun. Jika hutan rusak, mereka tidak bisa berkembang biak.

2. Tidak Mengambil Telur Sembarangan

  • Contoh: Tidak mengambil telur penyu di pantai.

  • Mengapa penting? Karena telur adalah awal dari siklus hidup. Jika habis diambil, penyu bisa punah.

 3. Menanam Kembali Tumbuhan yang Sudah Ditebang

  • Contoh: Setelah menebang pohon jati, tanam kembali bibitnya.

  • Mengapa penting? Karena tumbuhan juga punya siklus hidup dari biji sampai pohon dewasa.

4. Membudidayakan Hewan dan Tumbuhan

  • Contoh: Membuat penangkaran burung atau menanam tanaman langka di kebun sekolah.

  • Tujuannya agar bisa berkembang biak dan tidak punah.

5. Edukasi dan Kampanye

  • Mengajak orang lain agar sadar pentingnya menjaga makhluk hidup sejak kecil.

MATA PELAJARAN SENI RUPA

TUJUAN PEMBELAJARAN: 

Menghubungkan dua atau lebih unsur rupa dengan satu prinsip desain dalam satu karya atau objek visual.

MATERI AJAR SENI RUPA:  MEMBUAT KARYA PENGGABUNGAN DUA UNSUR RUPA

Apa Maksudnya Menggabungkan Dua Unsur Rupa?

Artinya, menggabungkan dua jenis unsur rupa (misalnya: garis dan warna) dalam satu karya seni.

Contoh:

  • Menggambar daun dengan garis (tulang daun) dan warna hijau.

  • Membuat kolase dengan bentuk bulat dan kotak berwarna-warni.

  • Melukis hewan menggunakan garis dan tekstur.


Contoh Karya Penggabungan Dua Unsur Rupa

KaryaUnsur yang Digabungkan
Lukisan pelangiWarna + Garis
Gambar rumahBentuk + Garis
Kolase buahBentuk + Warna
Gambar pohonGaris + Tekstur

Proyek Kelas: Membuat Karya Sendiri!

Judul Kegiatan: “Karyaku, Warnaku”

Tujuan:

Membuat gambar dengan menggabungkan dua unsur rupa (misalnya garis dan warna).

Alat & Bahan:

  • Kertas gambar

  • Pensil

  • Crayon/spidol/pensil warna

  • Penghapus

Langkah-langkah:

  1. Tentukan tema gambarmu (contoh: taman, hewan, laut, bunga).

  2. Buat sketsa dengan garis (unsur 1).

  3. Warnai bagian gambar dengan warna (unsur 2).

  4. Rapikan hasil gambar.

  5. Tulis nama dan unsur rupa yang digunakan di bawah gambar.


Penilaian

Penilaian bisa dilakukan berdasarkan:

  • Kreativitas (ide unik dan menarik)

  • Kerapihan (gambar bersih, tidak kotor)

  • Pemahaman unsur rupa (penggabungan dua unsur rupa terlihat jelas)

  • Keberanian mengekspresikan diri

MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN:

- Buku MAPEL IPAS, SENI RUPA KELAS IV

- LCD

- VIDEO PEMBELAJARAN

- GAMBAR 

*METODE PEMBELAJARAN:

- Ceramah, tanya jawab, PBL

 REFLEKSI/KESIMPULAN:
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan hari ini anak-anak pelajar tentang ciri-ciri makhluk hidup dan dan membuat pola batik pada desain baju laki-laki dan perempuan.Hasil dari kegiatan pembelajaran hari ini anak-anak  antusias dalam menanggapi pelajaran hari ini dan anak-anak senang dengan materi yang diajarkan.
Berikut dokumentasi kegiatan pembelajaran hari ini:





























Senin, 01 September 2025

MATEMATIKA, P PANCASILA, SENI RUPA

By elfida fida - September 01, 2025 3 Comments

 GURU KELAS IV. B : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS IV.B UNTUK HARI SELASA TANGGAL 02 SEPTEMBER 2025



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha IV.B apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha. 

MAPEL BAHASA INDONESIA

Tujuan Pembelajaran:

Murid mampu melakukan      operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000.

MATERI AJAR MATEMATIKA: PENJUMLAHAN TANPA MENYIMPAN

Apa Itu Penjumlahan Tanpa Menyimpan?

Penjumlahan tanpa menyimpan adalah penjumlahan dua bilangan di mana hasil penjumlahan pada setiap kolom tidak lebih dari 9.
Artinya, tidak perlu menyimpan angka ke kolom sebelah kiri.

Contoh: 

  324

+ 152

_____

  476

➡️ Kolom satuan: 4 + 2 = 6
➡️ Kolom puluhan: 2 + 5 = 7
➡️ Kolom ratusan: 3 + 1 = 4

Tidak ada angka yang lebih dari 9, jadi tidak ada angka yang disimpan ke kolom sebelah kiri.

Langkah-langkah Penjumlahan Tanpa Menyimpan

  1. Susun bilangan secara vertikal, sesuai nilai tempat (satuan, puluhan, ratusan).

  2. Jumlahkan angka dari kanan (satuan) ke kiri (ratusan atau ribuan).

  3. Jika hasil penjumlahan kurang dari atau sama dengan 9, tulis langsung hasilnya.

  4. Tidak perlu menyimpan angka ke kolom berikutnya.

Contoh Soal:
 1.  431
   + 236
    _____

Langkah-langkah:

  • Satuan: 1 + 6 = 7

  • Puluhan: 3 + 3 = 6

  • Ratusan: 4 + 2 = 6
    Jawaban: 667

  1.   514+ 302_____
Satuan: 4 + 2 = 6
Puluhan: 1 + 0 = 1
Ratusan: 5 + 3 = 8
Jawaban: 816

MAPEL PENDIDIKAN PANCASILA
TUJUAN PEMBELAJARAN:

Murid dapat memahami makna dan nilai-nilai Pancasila serta proses perumusannya sebagai dasar negara, pandangan hidup bangsa dan ideologi Negara. 


MATERI AJAR P PANCASILA
MAKNA DAN NILAI-NILAI PANCASILA SERTA PROSES PERUMUSANNYA

A. Pengertian Pancasila

Pancasila adalah dasar negara Indonesia. Kata “Pancasila” berasal dari bahasa Sansekerta:

  • Panca artinya lima

  • Sila artinya dasar atau prinsip

Jadi, Pancasila adalah lima dasar utama yang menjadi panduan hidup bangsa Indonesia.


B. Makna dan Nilai-Nilai Pancasila

Sila ke-Bunyi SilaMakna dan Nilai yang Terkandung
1️⃣Ketuhanan Yang Maha EsaMengakui adanya Tuhan, menghormati perbedaan agama, hidup rukun antarumat beragama
2️⃣Kemanusiaan yang Adil dan BeradabMenghargai sesama manusia, tidak membeda-bedakan, menjunjung hak asasi manusia
3️⃣Persatuan IndonesiaMencintai tanah air, menjaga persatuan, tidak mudah terpecah belah oleh perbedaan
4️⃣Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam PermusyawaratanMengutamakan musyawarah, menghargai pendapat orang lain, membuat keputusan bersama
5️⃣Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat IndonesiaBersikap adil, tidak mementingkan diri sendiri, peduli kepada sesama

➡️ Tanggal 1 Juni 1945 kini diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila

3. Panitia Sembilan dan Piagam Jakarta

➡️ Pada 22 Juni 1945, Panitia Sembilan menyusun Piagam Jakarta yang berisi rumusan Pancasila awal.
➡️ Kemudian, rumusan ini disempurnakan dan disahkan pada 18 Agustus 1945 oleh PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia).


D. Rumusan Pancasila yang Sah (18 Agustus 1945)

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa

  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab

  3. Persatuan Indonesia

  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan

  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia


E. Kesimpulan

  • Pancasila adalah dasar negara Indonesia yang berisi lima sila.

  • Setiap sila mengandung nilai-nilai luhur yang menjadi pedoman hidup berbangsa.

  • Pancasila dirumuskan melalui proses panjang oleh tokoh-tokoh bangsa dan disahkan pada 18 Agustus 1945.

MATA PELAJARAN SENI RUPA
TUJUAN PEMBELAJARAN:

Menghubungkan dua atau lebih unsur rupa dengan satu prinsip desain dalam satu karya atau objek visual.

Pengertian Unsur Rupa

Unsur rupa adalah bagian-bagian dasar yang membentuk karya seni rupa.
Beberapa unsur rupa yang sering digunakan, antara lain:

Unsur RupaPenjelasan Sederhana
GarisCoretan panjang, bisa lurus, lengkung, zigzag
BentukWujud benda, bisa dua dimensi (2D) atau tiga dimensi (3D)
WarnaMerah, kuning, biru, dll
TeksturPermukaan kasar, halus, licin, atau berbintik
RuangKesan kedalaman atau jarak dalam gambar
Gelap TerangPerbedaan cahaya (terang dan bayangan)

Prinsip Desain dalam Seni Rupa

Prinsip desain adalah cara mengatur unsur rupa agar karya seni enak dilihat.
Contoh prinsip desain:

Prinsip DesainPenjelasan Sederhana
KeseimbanganKarya terlihat seimbang (tidak miring sebelah)
IramaAda pengulangan yang teratur (pola)
ProporsiUkuran bagian-bagian gambar sesuai
KesatuanSemua bagian tampak menyatu
Penekanan (fokus)Ada bagian yang menarik perhatian

Contoh Menggabungkan Unsur Rupa dan Prinsip Desain

Contoh 1:

  • Unsur rupa: Garis dan warna

  • Prinsip desain: Irama

  • Karya: Gambar pelangi dengan garis warna berulang.

Contoh 2:

  • Unsur rupa: Bentuk dan gelap terang

  • Prinsip desain: Penekanan

  • Karya: Gambar apel besar dengan bayangan di sisi bawah agar tampak menonjol.

MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN:

- Buku MAPEL P PANCASILA, MATEMATIKA, SENIN RUPA KELAS IV

- LCD

- GAMBAR

- VIDEO

*METODE PEMBELAJARAN:

- Ceramah, tanya jawab, pengamatan, diskusi, PBL

 REFLEKSI/KESIMPULAN:

Alhamdulillah kegiatan pembelajaran hari ini berjalan dengan baik di mana hari ini anak-anak belajar matematika tentang penjumlahan tanpa menyimpan setelah diberi latihan hampir semua murid memahami apa yang diajarkan. YouTube materi seni rupa anak-anak diberikan tentang materi penggabungan Unsur rupa dalam hal ini para murid dijadikan latihan karena sebelumnya sudah dijelaskan materinya tapi dalam materi ini masih ada beberapa murid yang mendapatkan nilai di bawah KKN untuk itu guru memberikan tugas tambahan sebelumnya menjelaskan materi kembali.
Berikut dokumentasi kegiatan pembelajaran hari ini:










IPAS, BAHASA INDONESIA

  GURU KELAS IV. B: ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS IV.B UNTUK HARI KAMIS TANGGAL 04 SEPTEMBER 2025   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaik...

 

Elfida Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea