GURU KELAS IV.B: ELFIDA, S.Pd
MATERI AJAR KELAS IV. B UNTUK HARI SENIN TANGGAL 08 DESEMBER 2025
KELAS 4 SEMESTER GANJIL
SD AL AZHAR 2
BANDAR LAMPUNG
Assalamualaikum wr wb
GURU KELAS IV.B: ELFIDA, S.Pd
MATERI AJAR KELAS IV. B UNTUK HARI SENIN TANGGAL 08 DESEMBER 2025
KELAS 4 SEMESTER GANJIL
SD AL AZHAR 2
BANDAR LAMPUNG
GURU KELAS IV.B: ELFIDA, S.Pd
MATERI AJAR KELAS IV. B UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 05 DESEMBER 2025
KELAS 4 SEMESTER GANJIL
SD AL AZHAR 2
BANDAR LAMPUNG
A. Berilah tanda silang (X) pada huruf A, B, C pada jawaban yang benar!
1.
Berikut ini contoh perilaku adil
….
a. Berteman dengan
seagama
b.Tidak memihak pada salah satu teman
c. Hanya mau membantu jika diberi imbalan
d. Pilih kasih
terhadap teman
2.
Kegiatan yang dapat memupuk rasa persatuan dan
kesatuan di sekolah adalah…
a. Kerja sama kerika
ulangan
b. Berkelahi
c. Piket kelas
d. Menyapu halaman rumah
3. Sikap simpati atau dapat merasakan kesulitan yang
sedang dihadapi oleh orang lain disebut…..
a.Peduli
b. Berani
c. Jujur
d. Tanggung jawab
4. Perilaku yang tidak
memihak maupun tidak berat sebelah dengan didasari pada kebenaran dinamakan….
a. Jujur
b. Tanggung
jawab
c. Hanya mau membantu sebisanya
d. Adil
1. Sepulang sekolah
Faras mengganti bajunya sendiri, Faras anak yang…
a. manja
b. malas
c. cengeng
d. mandiri
2.
Perilaku yang tidak memihak maupun
tidak berat sebelah dengan didasari pada kebenaran dinamakan….
a.
Jujur
b.
Tanggung jawab
c.
Hanya mau membantu sebisanya
d.
Adil
3.
Agar bisa mendapatkan nilai yang
baik kita harus ….
a.
Mencuci piring
b.
Kerja keras dalam belajar
c.
Menyapu halaman
d.
Membuang sampah
4.
Argo ingin menang dalam perlombaan
membaca puisi. Untuk itu Argo harus bekerja keras dengan cara…
a.
Bermain
b.
Bertamasya
c.
Rajin berlatih
d.
Tidur saja
1.
Sisi sering membeli barang yang tidak
bermanfaat dan tidak diperlukan. Sikap Sisi adalah…
a.
Sederhana
b.
Boros
c.
Bergaya
d.
Pamer
2.
Memberikan kesempatan kepada setiap
teman untuk mengeluarkan pendapat saat pemilihan ketua kelas adalah salah satu
contoh sikap adil dilingkungan…..
a.
Masyarakat
b.
Bermain
c.
Keluarga
d.
Sekolah
3.
Jika kita membeli makanan, kemudian
makanan yang kita beli keliru dalam mengambil, maka kita harus mengembalikan
makan tersebut kepada pedangang. Sikap tersebut menunjukan sikap…..
a.
jujur
b.
disiplin
c.
Tidak peduli
d.
Bertanggung jawab
Esay
1.
Tuliskan 9 nilai anti korupsi yang
kamu ketahui!
2.
Tuliskan 2 contoh sika peduli!
3. Tuliskan contoh
sikap adil di kelas!
4.
Membantu ibu mencuci piring
merupakan sikap!
5.
Sikap yang harus dilakukaan saat
mengerjakan ulangan adalah!
GURU KELAS IV.B: ELFIDA, S.Pd
MATERI AJAR KELAS IV. B UNTUK HARI KAMIS TANGGAL 04 DESEMBER 2025
KELAS 4 SEMESTER GANJIL
SD AL AZHAR 2
BANDAR LAMPUNG
|
Disajikan narasi, siswa dapat menentukan perubahan energi yang terjadi dengan benar. |
|
|
Disajikan soal, siswa dapat menentukan pernyataan yang merupakan definisi dari energi dengan benar |
|
|
Disajikan narasi, siswa dapat menentukan tujuan dari fotosintesis dengan
benar. |
|
|
Disajikan soal, siswa dapat menentukan kapan terjadinya fotosintesis
dengan tepat. |
|
|
Disajikan soal, siswa dapat menganalisi energi yang dibutuhkan untuk mengeringkan baju dengan benar |
|
|
Disajikan soal, siswa
dapat menentukan sumber energi yang tak terbatas dengan tepat |
|
|
Disajiakan soal, siswa dapat melengkapi dari definisi energi dengan
tepat |
|
|
Disajikan soal, siswa dapat menentukan benda yang memanfaatkan energi listrik menjadi energi panas dengan benar |
|
|
Disajikan narasi, siswa dapat menganalisis energi yang digunakan untuk mengeringkan pakaian dengan tepat |
|
|
Disajikan gambar, siswa dapat menentukan huruf pada gambar bagian tubuh tumbuhan tempat terjadinya fotosintesis dengan tepat. |
|
|
Disajikan soal, siswa dapat menentukan tanaman yang menyimpan makanan di akar dengan tepat |
|
|
Disajikan soal, siswa dapat menentukan masing-masing dari contoh energi listrik dengn perubahannya menjadi energi gerak, panas, dan bunyi |
|
|
Disajikan gambar, siswa dapat mengidentifikasi bagian tubuh tumbuhan beserta fungsi bagian dari tubuh tumbuhan dengan benar |
|
|
|
|
|
Disajiakan narasi, siswa dapat mengidentifikasi fungsi dari alat yang dapat menggerakan air sungai dengan benar |
|
|
Disajikan gambar,
siswa dapat menganalisis gaya yang terjadi dengan tepat |
|
|
Disajikan gambar, siswa dapat mengidentifikasi hal yang terjadi dengan
benar. |
|
|
Disajikan soal, siswa dapat mengidentifikasi cara yang dapat memperbesar gaya gesek dengan benar. |
|
|
Disajikan soal, siswa dapat menyebutkan gaya yang dihasilkan dari g aya otot dengan tepat. |
|
|
Disajikan beberapa pernyataan, siswa dapat mengidentifikasi cara memperbesar gaya gesek dengan menentukan nomor yang telah tersaji dengan
benar. |
|
|
Disajikan gambar, siswa dapat mengidentifikasi peristiwa yang terjadi pada kutup magnet A dan B yang sesama dengan tepat |
|
|
Disajikan narasi, siswa dapat menentukan dua kutup yang berbeda jika didekatkan dngan benar |
|
|
Disajiakn soal siswa dapat mengidentifikasi alat rumah tangga yang memanfaatkan magnet dengan tepat |
|
|
Disajikan gambar, siswa dapat mengidentifikasi gaya yang terjadi dengan
benar |
|
|
Disajikan narasi, siswa dapat mengidentifikasi gaya yang digunakan untuk mendorong, menarik atau mengangkat benda dengan benar |
|
|
Disajikan soal, siswa dapat menentukan 4 macam gaya dengan tepat |
|
|
|
|
|
Disajikan narasi, siswa dapat menentukan bentang alam buatan dengan
tepat |
|
|
Disajikan soal, siswa dapat menentukan dua jenis peta dengan benar |
|
|
Disajikan soal, siswa dapat menganalisis kenampakan muka bumi yang berbentuk datar dengan tepat |
|
|
Disajiakan soal, siswa dapat mengidentifikasi komponen dari peta yang disebut dengan “Kunci Peta” dengan tepat |
|
|
Disajikan soal, siswa dapat menentukan bentang alam perairan dengan
tepat |
|
|
Disajikan gambar, siswa dapat mengidentifikasi daerah yang cocok pada mata pencarian dengan tepat |
|
|
Disajiakan soal, siswa dapat menganalisis tanaman yang biasa tumbuh di sekitar pantai dengan benar |
|
|
Disajikan soal, siswa dapat mencirikan perairan yang memiliki ciri-ciri air yang asin dengan tepat |
|
|
|
|
|
Disajikan soal, siswa dapat menentukan dua musim yang ada di Indonesia
dengan benar. |
|
|
Disajiakan soal, siswa dapat menganalisis cara untuk mengurangi efek
rumah kaca dengan benar |
|
|
Disajikan gambar, siswa dapat menentukan situasi musim dengan tepat |
|
|
Disajikan soal, siswa dapat menentukan batas antara laut dan daratan dengan
tepat. |
|
|
Disajiakn soal, siswa dapat mentukan dua musim yang ada di Indonesia
dengan tepat |
|
|
Disajikan soal, siswa dapat menentukan 5 komponen-koponen dari peta |
|
|
Disajikan soal, siswa dapat mengidentifikasi peristiwa-peristiwa yang terjadi selama musim panas dengan benar |
|
BAB 1 Mengubah bentuk energi
• Perubahan bentuk energi
• Fotosintesis
Bab 2: Gaya di Sekitar Kita
• Pengaruh gaya terhadap benda
• Gaya gesek
GURU KELAS IV.B: ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS IV. B UNTUK HARI SENIN TANGGAL 08 DESEMBER 2025 SUMATIF AKHIR SEMESTER (SAS) KELAS 4...
Elfida Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea