Selasa, 30 September 2025

IPAS DAN SENI RUPA

By elfida fida - September 30, 2025

 GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS IV. B UNTUK HARI RABU TANGGAL 01 OKTOBER 2025



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha IV.B apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha. 

MAPEL IPAS

Tujuan Pembelajaran:

Murid mengidentifikasi berbagai perubahan wujud zat melalui pengamatan.

Materi Ajar: Pengertian Wujud Benda dan Contohnya

 A. Pengertian Wujud Benda

Wujud benda adalah bentuk atau keadaan suatu benda yang dapat dibedakan berdasarkan sifat dan cirinya.

Secara umum, wujud benda dibagi menjadi tiga:

  1. Benda Padat

  2. Benda Cair

  3. Benda Gas


B. Jenis Wujud Benda dan Contohnya

1.  Benda Padat

Pengertian:
Benda padat adalah benda yang memiliki bentuk dan ukuran tetap. Tidak berubah-ubah walaupun dipindahkan ke tempat lain.

Ciri-ciri:

  • Bentuknya tetap.

  • Tidak mengikuti bentuk wadah.

  • Bisa dipegang.

Contoh:

  • Meja

  • Kursi

  • Batu

  • Pensil

  • Buku


2.  Benda Cair

Pengertian:
Benda cair adalah benda yang mengalir dan mengikuti bentuk wadahnya, tetapi volumenya tetap.

Ciri-ciri:

  • Mengalir dari tempat tinggi ke tempat rendah.

  • Bentuknya mengikuti wadah.

  • Volume tetap.

Contoh:

  • Air

  • Susu

  • Minyak goreng

  • Sirup

  • Jus


3.  Benda Gas

Pengertian:
Benda gas adalah benda yang tidak memiliki bentuk dan volume tetap. Gas akan menyebar memenuhi ruang yang ditempatinya.

Ciri-ciri:

  • Tidak bisa dilihat (sebagian besar gas tidak tampak).

  • Menyebar ke segala arah.

  • Bentuk dan volumenya berubah-ubah.

Contoh:

  • Udara

  • Asap

  • Uap air

  • Karbon dioksida (CO₂)

MATA PELAJARAN  SENI RUPA

TUJUAN PEMBELAJARAN

Murid dapat mengidentifikasi unsur-unsur seni rupa (garis, bentuk, warna, tekstur, dan ruang) dalam sebuah sebuah karya seni rupa mernggunakan kosa kata yang sesuai.

MATERI AJAR

🎨 Unsur-Unsur Seni Rupa

1. 🟠 Garis

Garis adalah goresan nyata atau batas dari suatu bentuk.

Contoh jenis garis:

Garis lurus

Garis lengkung

Garis zig-zag

Garis spiral

Kosakata yang sesuai: lurus, melengkung, patah-patah, halus, tebal

2. 🟢 Bentuk

Bentuk adalah wujud dari suatu benda, bisa berupa bidang datar (2D) atau bentuk ruang (3D).

Contoh:

Bentuk geometri: segitiga, lingkaran, persegi

Bentuk organik: bentuk bebas seperti awan, daun, wajah

Kosakata yang sesuai: bulat, persegi, lonjong, besar, kecil

3. 🔵 Warna

Warna memberikan keindahan dan emosi pada karya seni.

Jenis warna:

Warna primer: merah, biru, kuning

Warna sekunder: hijau, oranye, ungu

Warna hangat & warna sejuk

Kosakata yang sesuai: cerah, gelap, hangat, sejuk, mencolok, lembut

4. 🟤 Tekstur

Tekstur adalah kesan permukaan suatu benda, bisa dilihat atau dirasakan.

Contoh:

Tekstur halus: kaca, kain sutra

Tekstur kasar: batu, kayu

Kosakata yang sesuai: halus, kasar, licin, tajam, lembut

5. ⚪ Ruang

Ruang dalam seni rupa bisa berupa:

Ruang nyata: seperti pada patung atau instalasi

Ruang semu: seperti pada lukisan yang tampak memiliki kedalaman

Kosakata yang sesuai: dalam, luas, sempit, jauh, dekat, tinggi

🖼️ Contoh Kegiatan

Mengamati lukisan sederhana (misalnya lukisan alam)

Siswa menyebutkan unsur-unsur yang terlihat:

“Saya melihat garis lengkung pada awan.”

“Gunungnya berbentuk segitiga besar.”

“Warna langit biru cerah.”

“Rumput tampak kasar karena goresan pensil.”

“Pohon tampak berada di kejauhan.”

 Penilaian & Refleksi

Siswa menunjukkan gambar dan menyebutkan 3–5 unsur yang ditemukan.

Siswa menggunakan kosakata yang tepat saat menjelaskan.

Guru dapat memberikan pertanyaan seperti:

“Apa jenis garis yang kamu lihat?”

“Apa warna yang paling menarik perhatianmu?”

“Bagaimana tekstur permukaan pada gambar tersebut?”

Contoh Seni Rupa 2 Dimensi

Karya seni rupa dua dimensi hanya memiliki unsur panjang dan lebar, tanpa ketebalan. Anda dapat melihatnya dari satu arah pandang saja. 

Lukisan: Karya seni yang dibuat dengan mengaplikasikan pigmen (cat) pada kanvas atau permukaan datar lainnya. 

Gambar: Karya yang dibuat dengan alat tulis seperti pensil, spidol, atau pena di atas kertas. 

Fotografi: Seni menangkap dan mengabadikan objek atau pemandangan menggunakan kamera. 

Poster: Karya grafis yang menampilkan pesan atau gambar dengan tujuan promosi atau informasi. 

Batik: Seni menghias kain dengan pola yang dibuat menggunakan malam (lilin), menciptakan motif yang unik. 

Grafiti: Seni melukis pada permukaan dinding, seringkali dilakukan di ruang publik. 

Seni Grafis: Mencakup berbagai karya seni cetak seperti poster, ilustrasi, atau desain grafis lainnya. 

Kaligrafi: Seni menulis indah atau melukis huruf-huruf dengan indah.

Contoh Seni Rupa 3 Dimensi

Karya seni rupa tiga dimensi memiliki dimensi panjang, lebar, dan tinggi, serta memiliki ruang dan volume. 

Patung: Karya seni yang terbentuk dari pemahatan atau pembentukan bahan seperti batu, kayu, atau logam. 

Keramik: Karya seni yang dibentuk dari tanah liat yang kemudian dibakar, seperti guci, vas, atau piring. 

Arsitektur: Seni merancang dan membangun bangunan. 

Kriya/Kerajinan: Karya seni yang memiliki nilai seni dan fungsi, seperti anyaman, topeng, atau mebel. 

Instalasi: Penataan suatu benda atau objek seni di suatu ruang untuk menciptakan pengalaman tertentu. 

Diorama: Sebuah miniatur tiga dimensi dari suatu adegan atau pemandangan. 

Gerabah: Benda-benda yang terbuat dari tanah liat yang dibentuk, seperti pot atau celengan.

Contog gambar:









MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN:

- Buku MAPEL IPAS, SENI RUPA

 KELAS IV

- LCD

- GAMBAR

- VIDEO

- SIRUP, KECAP, SAOS, MEJA,PENSIL

*METODE PEMBELAJARAN:

- Ceramah, tanya jawab, pengamatan, diskusi, PBL

 REFLEKSI/KESIMPULAN:

Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik karena hari ini para murid belajar tentang wujud benda di mana para murid membawa contoh berbagai wujud benda seperti benda padat benda cair dan gas dalam pembelajarannya para murid mengelompokkan berbagai macam benda tadi menjadi bagian-bagiannya seperti benda padat benda cair dan hasil dari kegiatan pengelompokan berbagai macam benda tadi Alhamdulillah hasilnya hampir semua dmurid memahami materi yang diberikan.
Berikut dokumentasi kegiatan pembelajaran hari ini:







2 Comments:

Halo buguru aku nana mengatakan...

Assalamualaikum buguru Nana sudah membaca bloger ibu

Nauranisa fauzi wibowo mengatakan...

Assalamualaikum bu guru, Naura sudah membaca bloger dan mencatat

Posting Komentar

STS B.INDONESIA DAN B.INGGRIS

GURU KELAS IV.B: ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS IV. B UNTUK HARI SELASA TANGGAL 14 OKTOBER 2025   Selamat pagi,,,,Tabik pun   SUMATIF TENGAH...

 

Elfida Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea