Selasa, 23 September 2025

IPAS, SENI RUPA

By elfida fida - September 23, 2025

 GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS IV. B UNTUK HARI RABU TANGGAL 24 SEPTEMBER 2025



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha IV.B apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha. 

Seni Rupa

Tujuan Pembelajaran :

Mengidentifikasi unsur - unsur Seni Rupa (garis, bentuk, warna, tekstur, dan ruang) dalam sebuah karya seni rupa menggunakan Kosa kata yg sesuai.

MATERI :

 Unsur-Unsur Seni Rupa

1.  Garis

Garis adalah goresan nyata atau batas dari suatu bentuk.

Contoh jenis garis:

Garis lurus

Garis lengkung

Garis zig-zag

Garis spiral

Kosakata yang sesuai: lurus, melengkung, patah-patah, halus, tebal

2.  Bentuk

Bentuk adalah wujud dari suatu benda, bisa berupa bidang datar (2D) atau bentuk ruang (3D).

Contoh:

Bentuk geometri: segitiga, lingkaran, persegi

Bentuk organik: bentuk bebas seperti awan, daun, wajah

Kosakata yang sesuai: bulat, persegi, lonjong, besar, kecil

3.  Warna

Warna memberikan keindahan dan emosi pada karya seni.

Jenis warna:

Warna primer: merah, biru, kuning

Warna sekunder: hijau, oranye, ungu

Warna hangat & warna sejuk

Kosakata yang sesuai: cerah, gelap, hangat, sejuk, mencolok, lembut

4.  Tekstur

Tekstur adalah kesan permukaan suatu benda, bisa dilihat atau dirasakan.

Contoh:

Tekstur halus: kaca, kain sutra

Tekstur kasar: batu, kayu

Kosakata yang sesuai: halus, kasar, licin, tajam, lembut

5.  Ruang

Ruang dalam seni rupa bisa berupa:

Ruang nyata: seperti pada patung atau instalasi

Ruang semu: seperti pada lukisan yang tampak memiliki kedalaman

Kosakata yang sesuai: dalam, luas, sempit, jauh, dekat, tinggi

 Contoh Kegiatan

Mengamati lukisan sederhana (misalnya lukisan alam)

Siswa menyebutkan unsur-unsur yang terlihat:

“Saya melihat garis lengkung pada awan.”

“Gunungnya berbentuk segitiga besar.”

“Warna langit biru cerah.”

“Rumput tampak kasar karena goresan pensil.”

“Pohon tampak berada di kejauhan.”

📌 Penilaian & Refleksi

Siswa menunjukkan gambar dan menyebutkan 3–5 unsur yang ditemukan.

Siswa menggunakan kosakata yang tepat saat menjelaskan.

Guru dapat memberikan pertanyaan seperti:

“Apa jenis garis yang kamu lihat?”

“Apa warna yang paling menarik perhatianmu?”

“Bagaimana tekstur permukaan pada gambar tersebut?”


MATA PELAJARAN IPAS

TUJUAN PEMBELAJARAN:

Murid mampu memberikan contoh tindakan ramah lingkungan yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

MATERI AJAR

LANGKAH-LANGKAH DALAM MELAKUKAN TINDAKAN RAMAH LINGKUNGAN

Apa Itu Tindakan Ramah Lingkungan?

Tindakan ramah lingkungan adalah segala aktivitas yang dilakukan manusia untuk menjaga alam agar tetap bersih, sehat, dan lestari.

Contoh sederhana:

  • Membuang sampah pada tempatnya

  • Menghemat air dan listrik

  • Menanam pohon


B. Mengapa Kita Harus Melakukan Tindakan Ramah Lingkungan?

Alasan penting:

  1. Menjaga kesehatan manusia dan makhluk hidup lain

  2. Mengurangi pencemaran udara, air, dan tanah

  3. Melestarikan sumber daya alam untuk generasi mendatang


C. Langkah-Langkah Melakukan Tindakan Ramah Lingkungan

1. Menyadari Dampak Kegiatan Kita

  • Pahami bahwa kegiatan sehari-hari bisa berdampak pada lingkungan.
    Contoh: Membuang plastik sembarangan mencemari sungai.

2. Mulai dari Diri Sendiri

  • Biasakan hal-hal kecil yang ramah lingkungan.
    Contoh:

    • Membawa botol minum sendiri

    • Memakai tas belanja kain

3. Mengelola Sampah dengan Benar

  • Pisahkan sampah organik dan anorganik

  • Gunakan kembali barang-barang yang masih bisa dipakai

  • Daur ulang bahan seperti botol plastik, kertas bekas

4. Menghemat Energi

  • Matikan lampu saat tidak digunakan

  • Cabut charger setelah selesai

  • Gunakan air secukupnya saat mandi atau mencuci

5. Menanam dan Merawat Tanaman

  • Tanam pohon di pekarangan

  • Rawat tanaman kelas atau sekolah

  • Ikut kegiatan tanam pohon bersama

6. Mengajak Orang Lain

  • Ajak teman, keluarga, dan warga sekitar untuk ikut peduli

  • Buat poster atau kampanye sederhana tentang menjaga lingkungan


D. Contoh Kegiatan Ramah Lingkungan di Sekolah

  • Membuat tempat sampah terpisah

  • Program “Jumat Bersih”

  • Menanam bunga atau sayur di kebun sekolah

  • Tidak mencoret-coret meja dan tembok


E. Penilaian dan Refleksi

Ayo Coba!

  1. Sebutkan 3 tindakan ramah lingkungan yang kamu lakukan di rumah!

  2. Apa manfaat menanam pohon bagi lingkungan?

  3. Buatlah daftar 5 langkah ramah lingkungan yang bisa kamu lakukan minggu ini!

MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN:

- Buku MAPEL IPAS, SENI RUPA KELAS IV

- LCD

- GAMBAR

- VIDEO

METODE PEMBELAJARAN:

- Ceramah, tanya jawab, pengamatan, diskusi, PBL

REFLEKSI PEMBELAJARAN:

Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik belajar tentang unsur-unsur rupa dan tindakan ramah lingkungan dalam hal ini para murid diberikan latihan dan contoh-contoh gambar tentang tindakan ramah lingkungan seperti memananm pohon, membuang sampah pada tempatnya dan menghemat air.

2 Comments:

M Rafa Setiawan Bs mengatakan...

Assalamualaikum Bu El... Rafa sudah membaca bloger ya..

Halo buguru aku nana mengatakan...

Assalamualaikum buguru Nana sudah membaca bloger

Posting Komentar

STS B.INDONESIA DAN B.INGGRIS

GURU KELAS IV.B: ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS IV. B UNTUK HARI SELASA TANGGAL 14 OKTOBER 2025   Selamat pagi,,,,Tabik pun   SUMATIF TENGAH...

 

Elfida Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea