GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd
MATERI AJAR KELAS IV. B UNTUK HARI RABU TANGGAL 24 SEPTEMBER 2025
Selamat pagi,,,,Tabik pun
Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha IV.B apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.
Seni Rupa
Tujuan Pembelajaran :
Mengidentifikasi unsur - unsur Seni Rupa (garis, bentuk, warna, tekstur, dan ruang) dalam sebuah karya seni rupa menggunakan Kosa kata yg sesuai.
MATERI :
Unsur-Unsur Seni Rupa
1. Garis
Garis adalah goresan nyata atau batas dari suatu bentuk.
Contoh jenis garis:
Garis lurus
Garis lengkung
Garis zig-zag
Garis spiral
Kosakata yang sesuai: lurus, melengkung, patah-patah, halus, tebal
2. Bentuk
Bentuk adalah wujud dari suatu benda, bisa berupa bidang datar (2D) atau bentuk ruang (3D).
Contoh:
Bentuk geometri: segitiga, lingkaran, persegi
Bentuk organik: bentuk bebas seperti awan, daun, wajah
Kosakata yang sesuai: bulat, persegi, lonjong, besar, kecil
3. Warna
Warna memberikan keindahan dan emosi pada karya seni.
Jenis warna:
Warna primer: merah, biru, kuning
Warna sekunder: hijau, oranye, ungu
Warna hangat & warna sejuk
Kosakata yang sesuai: cerah, gelap, hangat, sejuk, mencolok, lembut
4. Tekstur
Tekstur adalah kesan permukaan suatu benda, bisa dilihat atau dirasakan.
Contoh:
Tekstur halus: kaca, kain sutra
Tekstur kasar: batu, kayu
Kosakata yang sesuai: halus, kasar, licin, tajam, lembut
5. Ruang
Ruang dalam seni rupa bisa berupa:
Ruang nyata: seperti pada patung atau instalasi
Ruang semu: seperti pada lukisan yang tampak memiliki kedalaman
Kosakata yang sesuai: dalam, luas, sempit, jauh, dekat, tinggi
Contoh Kegiatan
Mengamati lukisan sederhana (misalnya lukisan alam)
Siswa menyebutkan unsur-unsur yang terlihat:
“Saya melihat garis lengkung pada awan.”
“Gunungnya berbentuk segitiga besar.”
“Warna langit biru cerah.”
“Rumput tampak kasar karena goresan pensil.”
“Pohon tampak berada di kejauhan.”
📌 Penilaian & Refleksi
Siswa menunjukkan gambar dan menyebutkan 3–5 unsur yang ditemukan.
Siswa menggunakan kosakata yang tepat saat menjelaskan.
Guru dapat memberikan pertanyaan seperti:
“Apa jenis garis yang kamu lihat?”
“Apa warna yang paling menarik perhatianmu?”
“Bagaimana tekstur permukaan pada gambar tersebut?”
MATA PELAJARAN IPAS
TUJUAN PEMBELAJARAN:
Murid mampu
memberikan contoh tindakan ramah lingkungan yang dapat dilakukan dalam
kehidupan sehari-hari.
MATERI AJAR
LANGKAH-LANGKAH DALAM MELAKUKAN TINDAKAN RAMAH LINGKUNGAN
Apa Itu Tindakan Ramah Lingkungan?
Tindakan ramah lingkungan adalah segala aktivitas yang dilakukan manusia untuk menjaga alam agar tetap bersih, sehat, dan lestari.
Contoh sederhana:
-
Membuang sampah pada tempatnya
-
Menghemat air dan listrik
-
Menanam pohon
B. Mengapa Kita Harus Melakukan Tindakan Ramah Lingkungan?
Alasan penting:
-
Menjaga kesehatan manusia dan makhluk hidup lain
-
Mengurangi pencemaran udara, air, dan tanah
-
Melestarikan sumber daya alam untuk generasi mendatang
C. Langkah-Langkah Melakukan Tindakan Ramah Lingkungan
1. Menyadari Dampak Kegiatan Kita
-
Pahami bahwa kegiatan sehari-hari bisa berdampak pada lingkungan.
Contoh: Membuang plastik sembarangan mencemari sungai.
2. Mulai dari Diri Sendiri
-
Biasakan hal-hal kecil yang ramah lingkungan.
Contoh:-
Membawa botol minum sendiri
-
Memakai tas belanja kain
-
3. Mengelola Sampah dengan Benar
-
Pisahkan sampah organik dan anorganik
-
Gunakan kembali barang-barang yang masih bisa dipakai
-
Daur ulang bahan seperti botol plastik, kertas bekas
4. Menghemat Energi
-
Matikan lampu saat tidak digunakan
-
Cabut charger setelah selesai
-
Gunakan air secukupnya saat mandi atau mencuci
5. Menanam dan Merawat Tanaman
-
Tanam pohon di pekarangan
-
Rawat tanaman kelas atau sekolah
-
Ikut kegiatan tanam pohon bersama
6. Mengajak Orang Lain
-
Ajak teman, keluarga, dan warga sekitar untuk ikut peduli
-
Buat poster atau kampanye sederhana tentang menjaga lingkungan
D. Contoh Kegiatan Ramah Lingkungan di Sekolah
-
Membuat tempat sampah terpisah
-
Program “Jumat Bersih”
-
Menanam bunga atau sayur di kebun sekolah
-
Tidak mencoret-coret meja dan tembok
E. Penilaian dan Refleksi
Ayo Coba!
-
Sebutkan 3 tindakan ramah lingkungan yang kamu lakukan di rumah!
-
Apa manfaat menanam pohon bagi lingkungan?
-
Buatlah daftar 5 langkah ramah lingkungan yang bisa kamu lakukan minggu ini!
MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN:
- Buku MAPEL IPAS, SENI RUPA KELAS IV
- LCD
- GAMBAR
- VIDEO
METODE PEMBELAJARAN:
- Ceramah, tanya jawab, pengamatan, diskusi, PBL
REFLEKSI PEMBELAJARAN:
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik belajar tentang unsur-unsur rupa dan tindakan ramah lingkungan dalam hal ini para murid diberikan latihan dan contoh-contoh gambar tentang tindakan ramah lingkungan seperti memananm pohon, membuang sampah pada tempatnya dan menghemat air.
2 Comments:
Assalamualaikum Bu El... Rafa sudah membaca bloger ya..
Assalamualaikum buguru Nana sudah membaca bloger
Posting Komentar