Minggu, 21 September 2025

MATEMATIKA, BAHASA INDONESIA

By elfida fida - September 21, 2025

 GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS IV. B UNTUK HARI SENIN TANGGAL 22 SEPTEMBER 2025



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha IV.B apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha. 

MAPEL MATEMATIKA

Tujuan Pembelajaran:

Murid mampu melakukan      operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000.

MATERI AJAR MATEMATIKA

PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN CAMPURAN (SOAL CERITA)

1. Pengertian Operasi Campuran Penjumlahan dan Pengurangan

Operasi campuran adalah soal yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan dalam satu soal.

Contoh operasi campuran sederhana:

  • 250 + 150 – 100 = 300

  • 1.200 – 500 + 100 = 800

 Urutan mengerjakan:
Kerjakan dari kiri ke kanan (jika hanya ada penjumlahan dan pengurangan).


2. Langkah-langkah Menyelesaikan Soal Cerita

  1. Baca dan pahami soal cerita dengan teliti.

  2. Tentukan informasi yang diketahui dan yang ditanyakan.

  3. Tentukan operasi yang digunakan (penjumlahan/pengurangan atau keduanya).

  4. Hitung langkah demi langkah.

  5. Tulis jawaban lengkap dengan satuan.


3. Contoh Soal Cerita dan Pembahasannya

 Contoh 1:
Dina memiliki 350 kelereng. Ia membeli lagi 120 kelereng, lalu memberi 100 kelereng kepada adiknya.
Berapa kelereng yang dimiliki Dina sekarang?

Penyelesaian:

  • Mula-mula: 350

  • Membeli: +120 → 350 + 120 = 470

  • Memberi adik: –100 → 470 – 100 = 370

 Jawaban: Dina sekarang memiliki 370 kelereng.


 Contoh 2:
Sebuah perpustakaan memiliki 1.500 buku. Dalam satu bulan, mereka menerima sumbangan 300 buku dan membuang 100 buku yang rusak.
Berapa jumlah buku sekarang?

Penyelesaian:

  • Awal: 1.500

  • Sumbangan: +300 → 1.500 + 300 = 1.800

  • Dibuang: –100 → 1.800 – 100 = 1.700

 Jawaban: Sekarang ada 1.700 buku di perpustakaan.


Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA

ELEMEN : 

berbicara dan mempresentasikan

Tujuan Pembelajaran (TP 7) 

Melalui diskusi kelompok, peserta didik dapat mengemukakan pendapat dengan jelas, dengan suara dan intonasi yang baik

CP

Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Peserta didik mampu terlibat secara aktif dalam suatu percakapan dan diskusi sesuai tata cara. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi mengenai hal-hal di lingkungan sekitar. 

 Materi :

 Materi Bahasa Indonesia Kelas 4

Mengemukakan Pendapat dalam Diskusi Kelompok

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa diharapkan dapat:

Mengemukakan pendapat dengan jelas dalam diskusi kelompok.

Menggunakan suara yang cukup keras dan intonasi yang tepat saat berbicara.

Menghargai pendapat teman dalam diskusi.

 B. Pengertian Diskusi Kelompok 

Diskusi kelompok adalah kegiatan bertukar pikiran atau membahas suatu topik bersama beberapa orang dalam satu kelompok.

 Tujuannya adalah: 

Menyelesaikan masalah bersama.

Mendapatkan ide atau pendapat yang beragam.

Melatih kerja sama dan rasa saling menghargai.

C. Cara Mengemukakan Pendapat yang Baik

Agar pendapat kita mudah dipahami dalam diskusi, perhatikan hal-hal berikut:

1. Berbicara dengan Jelas

Ucapkan kata-kata dengan benar dan tidak terburu-buru.

Gunakan kalimat yang mudah dipahami.

2. Gunakan Suara yang Cukup Keras

Jangan terlalu pelan atau terlalu keras.

Pastikan teman satu kelompok bisa mendengarkan dengan nyaman.

3. Gunakan Intonasi yang Tepat

Naik-turunkan suara sesuai dengan bagian penting dari kalimat.

Jangan berbicara dengan nada datar.

4. Sampaikan Pendapat dengan Sopan

Gunakan kata-kata seperti:

“Menurut saya...”

“Saya berpendapat bahwa...”

“Kalau saya boleh menyarankan...”

4. Sampaikan Pendapat dengan Sopan

Gunakan kata-kata seperti:

“Menurut saya...”

“Saya berpendapat bahwa...”

“Kalau saya boleh menyarankan...”

5. Hargai Pendapat Orang Lain

Jangan memotong pembicaraan teman.

Dengarkan dengan baik.

Tidak mengejek pendapat orang lain, walaupun berbeda.

D. Contoh Situasi Diskusi

Topik: "Apakah kantin sekolah sebaiknya menjual jajanan sehat saja?"

Contoh siswa menyampaikan pendapat:

“Menurut saya, kantin sekolah sebaiknya hanya menjual jajanan sehat, karena bisa menjaga kesehatan kita. Makanan tidak sehat bisa membuat sakit.”

 Perhatikan: 

- Kalimat jelas.

- Suara terdengar oleh semua teman.

- Intonasi tegas dan tidak monoton.

- Pendapat disampaikan dengan sopan.

 E. Latihan 

Tugas Kelompok:

Bentuk kelompok kecil (4–5 orang). Diskusikan topik berikut:

“Apakah kita perlu membawa bekal dari rumah setiap hari?”

Setiap siswa harus menyampaikan pendapatnya.

 Penilaian: 

1. Apakah pendapat disampaikan dengan jelas?

2. Apakah suara cukup terdengar?

3. Apakah intonasi digunakan dengan baik?

4. Apakah menghargai pendapat teman?

MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN:

- Buku MAPEL MATEMATIKA KELAS IV

- LCD

- GAMBAR

- VIDEO

- SOAL ULANGAN

*METODE PEMBELAJARAN:

- Ceramah, tanya jawab, pengamatan, diskusi, PBL

 REFLEKSI/KESIMPULAN:

Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar di mana hari ini anak-anak mempraktekkan cara menyatakan pendapat dan cara menghadapi pendapat para kelompok yang tampil ke depan dalam hal ini masih ada sebagian murid yang masih kurang pas atau tepat dalam mengutarakan pendapatnya dengan menggunakan literasi yang baik begitupun dalam hal menanggapi.
Dalam hal ini guru Memberikan latihan dan contoh Bagaimana cara berpendapat dengan baik dan bagaimana cara menanggapi dengan baik selanjutnya para murid pun diberikan tugas untuk berlatih berbicara di rumah dalam menanggapi ataupun menyatakan pendapatnya.

2 Comments:

Nauranisa fauzi wibowo mengatakan...

Assalamualaikum bu guru, Naura sudah membaca bloger dan mencatat

M Rafa Setiawan Bs mengatakan...

Assalamualaikum Bu EL.. Rafa sudah membaca..

Posting Komentar

STS B.INDONESIA DAN B.INGGRIS

GURU KELAS IV.B: ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS IV. B UNTUK HARI SELASA TANGGAL 14 OKTOBER 2025   Selamat pagi,,,,Tabik pun   SUMATIF TENGAH...

 

Elfida Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea