GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd
MATERI AJAR KELAS IV. B UNTUK HARI SENIN TANGGAL 29 SEPTEMBER 2025
Selamat pagi,,,,Tabik pun
Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha IV.B apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.
MAPEL MATEMATIKA
Tujuan Pembelajaran:
Murid mampu melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar, dan simbol matematika dengan benar.
MATERI AJAR MATEMATIKA
PECAHAN BIASA DAN PECAHAN CAMPURAN
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan mampu:
-
Menjelaskan pengertian pecahan biasa dan pecahan campuran.
-
Menyebutkan contoh pecahan biasa dan campuran.
-
Mengubah pecahan biasa ke pecahan campuran dan sebaliknya.
B. PENJELASAN MATERI
1. Apa Itu Pecahan?
Pecahan adalah bagian dari suatu benda utuh yang dibagi menjadi beberapa bagian sama besar
Contoh:
Jika ada 1 buah pizza dibagi menjadi 4 bagian sama besar, dan kamu makan 1 bagian, maka kamu makan ¼ pizza.
2. Pecahan Biasa
Pengertian:
Pecahan biasa adalah pecahan yang terdiri dari pembilang dan penyebut.
Bentuk Umum:
-
a = pembilang (bagian yang diambil)
-
b = penyebut (jumlah bagian keseluruhan)
Contoh:
-
(satu dari dua bagian)
-
(tiga dari empat bagian)
3. Pecahan Campuran
Pengertian:
Pecahan campuran adalah gabungan antara bilangan bulat dan pecahan biasa.
Contoh:
-
(satu dan satu per dua)
-
(tiga dan dua per lima)
4. Mengubah Pecahan Biasa ke Pecahan Campuran
Pecahan biasa tidak murni (pembilang lebih besar dari penyebut) bisa diubah ke bentuk pecahan campuran.
Langkah:
-
Bagi pembilang dengan penyebut.
-
Hasil bagi = bilangan bulat.
-
Sisa bagi = pembilang baru.
-
Penyebut tetap.
Contoh:
Karena:
-
9 ÷ 4 = 2 sisa 1 → bilangan bulat = 2, sisanya 1 →
5. Mengubah Pecahan Campuran ke Pecahan Biasa
Langkah:
-
Kalikan bilangan bulat dengan penyebut.
-
Tambahkan hasilnya dengan pembilang.
-
Penyebut tetap.
Contoh:
C. CONTOH-CONTOH SOAL
1. Pecahan Biasa
-
Gambar 1 lingkaran dibagi 4, arsiri 3 bagian.
Tulis pecahannya!
Jawaban:
2. Pecahan Campuran
-
2 buah kue utuh dan kue.
Tulis sebagai pecahan campuran!
Jawaban:
3. Ubah ke Pecahan Campuran
-
Jawaban:
4. Ubah ke Pecahan Biasa
-
Jawaban:
D. LATIHAN SOAL
I. Pilihan Ganda
-
Bentuk pecahan dari 3 bagian yang diarsir dari 5 bagian sama besar adalah …
-
a.
-
b.
-
c.
-
d.
-
-
jika diubah menjadi pecahan campuran menjadi …
-
a.
-
b.
-
c.
-
d.
-
II. Isian Singkat
-
Ubah ke pecahan campuran!
Jawaban: _______ -
Ubah ke pecahan biasa!
Jawaban: _______
MAPEL BAHASA INDONESIA
ELEMEN :
berbicara dan mempresentasikan
Tujuan Pembelajaran (TP 7)
Melalui diskusi kelompok, peserta didik dapat mengemukakan pendapat dengan jelas, dengan suara dan intonasi yang baik
CP
Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Peserta didik mampu terlibat secara aktif dalam suatu percakapan dan diskusi sesuai tata cara. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi mengenai hal-hal di lingkungan sekitar.
Materi :
Materi Bahasa Indonesia: MENCARI INFORMASI
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa diharapkan mampu:
-
Menjelaskan pengertian informasi.
-
Menemukan informasi penting dari teks bacaan yang dibacakan atau dibaca sendiri.
-
Menjawab pertanyaan berdasarkan informasi dalam teks.
-
Menyampaikan kembali informasi dari teks dengan bahasa sendiri.
B. PENJELASAN MATERI
1. Apa Itu Informasi?
Informasi adalah pengetahuan atau keterangan tentang suatu hal yang kita peroleh dari membaca, mendengar, atau melihat.
Contoh:
Jika membaca teks tentang singa, informasi yang bisa didapat:
-
Singa adalah hewan buas.
-
Singa disebut raja hutan.
-
Singa hidup di padang rumput Afrika.
2. Mencari Informasi dari Teks
Saat membaca teks, informasi penting bisa ditemukan dengan:
-
Membaca dengan teliti.
-
Mencatat hal-hal penting.
-
Menjawab pertanyaan tentang isi teks.
3. Bagian Informasi Penting
Informasi penting biasanya menjawab pertanyaan:
-
Apa yang terjadi?
-
Siapa yang terlibat?
-
Kapan peristiwa terjadi?
-
Di mana tempat kejadiannya?
-
Mengapa terjadi?
-
Bagaimana kejadiannya?
(Sering disingkat menjadi: ADIK SIMBA — Apa, Di mana, Kapan, Siapa, Mengapa, Bagaimana)
C. CONTOH TEKS DAN LATIHAN
📄 Contoh Teks Pendek
Judul: Gajah yang Baik Hati
Gajah adalah hewan yang besar dan kuat. Ia hidup di hutan. Meskipun besar, gajah adalah hewan yang baik hati. Ia suka membantu hewan-hewan lain di hutan. Suatu hari, seekor burung kecil jatuh dari sarangnya. Gajah menolongnya kembali ke sarang. Semua hewan pun senang berteman dengan gajah.
📝 Pertanyaan Berdasarkan Teks
-
Hewan apa yang diceritakan dalam teks?
-
Di mana gajah hidup?
-
Bagaimana sifat gajah?
-
Apa yang dilakukan gajah terhadap burung kecil?
-
Mengapa hewan-hewan senang berteman dengan gajah?
✅ Jawaban:
-
Gajah
-
Di hutan
-
Baik hati
-
Menolong burung kembali ke sarang
-
Karena gajah suka membantu hewan lain
D. LATIHAN
Latihan Mandiri:
Bacalah teks berikut, lalu jawab pertanyaannya!
Teks:
Judul: Kebun Sekolah
Setiap hari Jumat, siswa kelas 4 membersihkan kebun sekolah. Mereka mencabuti rumput, menyiram tanaman, dan menanam bunga. Kegiatan ini membuat sekolah menjadi lebih indah dan bersih.
Pertanyaan:
-
Apa yang dilakukan siswa setiap hari Jumat?
-
Siapa yang ikut membersihkan kebun?
-
Mengapa mereka membersihkan kebun?
-
Apa saja kegiatan yang dilakukan?
-
Apa manfaat kegiatan tersebut?
MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN:
- Buku MAPEL MATEMATIKA, BAHASA INDONESIA
KELAS IV
- LCD
- GAMBAR
- VIDEO
- SOAL ULANGAN
*METODE PEMBELAJARAN:
- Ceramah, tanya jawab, pengamatan, diskusi, Cooperatif Learning
REFLEKSI/KESIMPULAN:
1 Comments:
Assalamualaikum buguru Nana sudah membaca bloger ibu dan menulis nya
Posting Komentar