Minggu, 28 September 2025

MATEMATIKA, BAHASA INDONESIA

By elfida fida - September 28, 2025

  GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS IV. B UNTUK HARI SENIN TANGGAL 29 SEPTEMBER 2025



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha IV.B apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha. 

MAPEL MATEMATIKA

Tujuan Pembelajaran:

Murid mampu melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar, dan simbol matematika dengan benar.

MATERI AJAR MATEMATIKA

PECAHAN BIASA DAN PECAHAN CAMPURAN

TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan mampu:

  1. Menjelaskan pengertian pecahan biasa dan pecahan campuran.

  2. Menyebutkan contoh pecahan biasa dan campuran.

  3. Mengubah pecahan biasa ke pecahan campuran dan sebaliknya.


B. PENJELASAN MATERI

1. Apa Itu Pecahan?

Pecahan adalah bagian dari suatu benda utuh yang dibagi menjadi beberapa bagian sama besar

Contoh:
Jika ada 1 buah pizza dibagi menjadi 4 bagian sama besar, dan kamu makan 1 bagian, maka kamu makan ¼ pizza.


2. Pecahan Biasa

Pengertian:
Pecahan biasa adalah pecahan yang terdiri dari pembilang dan penyebut.

Bentuk Umum:

ab\frac{a}{b}

  • a = pembilang (bagian yang diambil)

  • b = penyebut (jumlah bagian keseluruhan)

Contoh:

  • 12\frac{1}{2} (satu dari dua bagian)

  • 34\frac{3}{4} (tiga dari empat bagian)


3. Pecahan Campuran

Pengertian:
Pecahan campuran adalah gabungan antara bilangan bulat dan pecahan biasa.

Contoh:

  • 1121\frac{1}{2} (satu dan satu per dua)

  • 3253\frac{2}{5} (tiga dan dua per lima)


4. Mengubah Pecahan Biasa ke Pecahan Campuran

Pecahan biasa tidak murni (pembilang lebih besar dari penyebut) bisa diubah ke bentuk pecahan campuran.

Langkah:

  1. Bagi pembilang dengan penyebut.

  2. Hasil bagi = bilangan bulat.

  3. Sisa bagi = pembilang baru.

  4. Penyebut tetap.

Contoh:

94=214\frac{9}{4} = 2\frac{1}{4}

Karena:

  • 9 ÷ 4 = 2 sisa 1 → bilangan bulat = 2, sisanya 1 → 14\frac{1}{4}


5. Mengubah Pecahan Campuran ke Pecahan Biasa

Langkah:

  1. Kalikan bilangan bulat dengan penyebut.

  2. Tambahkan hasilnya dengan pembilang.

  3. Penyebut tetap.

Contoh:

214=(2×4+1)4=942\frac{1}{4} = \frac{(2 \times 4 + 1)}{4} = \frac{9}{4}


C. CONTOH-CONTOH SOAL

1. Pecahan Biasa

  • Gambar 1 lingkaran dibagi 4, arsiri 3 bagian.
    Tulis pecahannya!
    Jawaban: 34\frac{3}{4}

2. Pecahan Campuran

  • 2 buah kue utuh dan 12\frac{1}{2} kue.
    Tulis sebagai pecahan campuran!
    Jawaban: 2122\frac{1}{2}

3. Ubah ke Pecahan Campuran

  • 113=?\frac{11}{3} = ?
    Jawaban: 3233\frac{2}{3}

4. Ubah ke Pecahan Biasa

  • 415=?4\frac{1}{5} = ?
    Jawaban: 215\frac{21}{5}


D. LATIHAN SOAL

I. Pilihan Ganda

  1. Bentuk pecahan dari 3 bagian yang diarsir dari 5 bagian sama besar adalah …

    • a. 25\frac{2}{5}

    • b. 35\frac{3}{5}

    • c. 53\frac{5}{3}

    • d. 32\frac{3}{2}

  2. 72\frac{7}{2} jika diubah menjadi pecahan campuran menjadi …

    • a. 3123\frac{1}{2}

    • b. 2122\frac{1}{2}

    • c. 1321\frac{3}{2}

    • d. 3213\frac{2}{1}

II. Isian Singkat

  1. Ubah 134\frac{13}{4} ke pecahan campuran!
    Jawaban: _______

  2. Ubah 2352\frac{3}{5} ke pecahan biasa!
    Jawaban: _______

MAPEL BAHASA INDONESIA

ELEMEN : 

berbicara dan mempresentasikan

Tujuan Pembelajaran (TP 7) 

Melalui diskusi kelompok, peserta didik dapat mengemukakan pendapat dengan jelas, dengan suara dan intonasi yang baik

CP

Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Peserta didik mampu terlibat secara aktif dalam suatu percakapan dan diskusi sesuai tata cara. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi mengenai hal-hal di lingkungan sekitar. 

 Materi :

 Materi Bahasa Indonesia: MENCARI INFORMASI

A. TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa diharapkan mampu:

  1. Menjelaskan pengertian informasi.

  2. Menemukan informasi penting dari teks bacaan yang dibacakan atau dibaca sendiri.

  3. Menjawab pertanyaan berdasarkan informasi dalam teks.

  4. Menyampaikan kembali informasi dari teks dengan bahasa sendiri.


B. PENJELASAN MATERI

1. Apa Itu Informasi?

Informasi adalah pengetahuan atau keterangan tentang suatu hal yang kita peroleh dari membaca, mendengar, atau melihat.

Contoh:
Jika membaca teks tentang singa, informasi yang bisa didapat:

  • Singa adalah hewan buas.

  • Singa disebut raja hutan.

  • Singa hidup di padang rumput Afrika.


2. Mencari Informasi dari Teks

Saat membaca teks, informasi penting bisa ditemukan dengan:

  • Membaca dengan teliti.

  • Mencatat hal-hal penting.

  • Menjawab pertanyaan tentang isi teks.


3. Bagian Informasi Penting

Informasi penting biasanya menjawab pertanyaan:

  • Apa yang terjadi?

  • Siapa yang terlibat?

  • Kapan peristiwa terjadi?

  • Di mana tempat kejadiannya?

  • Mengapa terjadi?

  • Bagaimana kejadiannya?

(Sering disingkat menjadi: ADIK SIMBA — Apa, Di mana, Kapan, Siapa, Mengapa, Bagaimana)


C. CONTOH TEKS DAN LATIHAN

📄 Contoh Teks Pendek

Judul: Gajah yang Baik Hati

Gajah adalah hewan yang besar dan kuat. Ia hidup di hutan. Meskipun besar, gajah adalah hewan yang baik hati. Ia suka membantu hewan-hewan lain di hutan. Suatu hari, seekor burung kecil jatuh dari sarangnya. Gajah menolongnya kembali ke sarang. Semua hewan pun senang berteman dengan gajah.


📝 Pertanyaan Berdasarkan Teks

  1. Hewan apa yang diceritakan dalam teks?

  2. Di mana gajah hidup?

  3. Bagaimana sifat gajah?

  4. Apa yang dilakukan gajah terhadap burung kecil?

  5. Mengapa hewan-hewan senang berteman dengan gajah?


✅ Jawaban:

  1. Gajah

  2. Di hutan

  3. Baik hati

  4. Menolong burung kembali ke sarang

  5. Karena gajah suka membantu hewan lain


D. LATIHAN 

Latihan Mandiri:

Bacalah teks berikut, lalu jawab pertanyaannya!

Teks:
Judul: Kebun Sekolah

Setiap hari Jumat, siswa kelas 4 membersihkan kebun sekolah. Mereka mencabuti rumput, menyiram tanaman, dan menanam bunga. Kegiatan ini membuat sekolah menjadi lebih indah dan bersih.

Pertanyaan:

  1. Apa yang dilakukan siswa setiap hari Jumat?

  2. Siapa yang ikut membersihkan kebun?

  3. Mengapa mereka membersihkan kebun?

  4. Apa saja kegiatan yang dilakukan?

  5. Apa manfaat kegiatan tersebut?

MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN:

- Buku MAPEL MATEMATIKA, BAHASA INDONESIA

 KELAS IV

- LCD

- GAMBAR

- VIDEO

- SOAL ULANGAN

*METODE PEMBELAJARAN:

- Ceramah, tanya jawab, pengamatan, diskusi, Cooperatif Learning

 REFLEKSI/KESIMPULAN:

Alhamdulillah kegiatan pembelajaran hari ini berjalan dengan baik di mana hari ini para murid belajar tentang pecahan yaitu pecahan campuran dan pecahan biasa, dalam hal ini para murid langsung mempraktekkan contoh pecahan biasa dengan menggunakan kertas dan buah buah apel dan buah pir. Berikutnya para murid diberikan tugas mandiri yaitu berupa mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran pencapaian nilai yang dihasilkan berupa tugas latihan, hampir semua siswa mendapatkan nilai yang terbaik.

1 Comments:

Halo buguru aku nana mengatakan...

Assalamualaikum buguru Nana sudah membaca bloger ibu dan menulis nya

Posting Komentar

STS B.INDONESIA DAN B.INGGRIS

GURU KELAS IV.B: ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS IV. B UNTUK HARI SELASA TANGGAL 14 OKTOBER 2025   Selamat pagi,,,,Tabik pun   SUMATIF TENGAH...

 

Elfida Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea