Minggu, 14 September 2025

MATEMATIKA, BAHASA INDONESIA

By elfida fida - September 14, 2025

 GURU KELAS IV. B : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS IV.B UNTUK HARI SENIN TANGGAL 15 SEPTEMBER 2025



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha IV.B apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha. 

MAPEL BAHASA INDONESIA

Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatan diskusi, peserta didik dapat mengemukakan pendapat atau menceritakan pengalaman dengan santun.    

M MATERI AJAR BAHASA INDONESIA

    MEMBANDINGKAN TEKS NARASI DENGAN POSTER

1. Pengertian Teks Narasi

Teks narasi adalah teks yang berisi cerita atau kejadian yang disusun secara runtut dari awal hingga akhir.

Ciri-ciri teks narasi:

  • Berisi cerita atau kisah.

  • Ada tokoh, tempat, dan waktu.

  • Disampaikan secara runtut (awal, tengah, akhir).

  • Tujuan: menghibur atau memberi pesan moral.

Contoh pendek:
"Pada suatu hari, Dira pergi ke hutan bersama ayahnya. Mereka melihat banyak pohon yang ditebang. Dira merasa sedih dan berjanji akan ikut menjaga hutan agar tetap hijau."


2. Pengertian Poster

Poster adalah media visual berisi pesan singkat yang disertai gambar, digunakan untuk mengajak atau menginformasikan sesuatu.

Ciri-ciri poster:

  • Kalimat pendek dan jelas.

  • Dilengkapi gambar menarik.

  • Sering menggunakan huruf besar dan warna mencolok.

  • Tujuan: mengajak, mengimbau, atau memberi informasi.

Contoh isi poster:

 Ayo Tanam Pohon!
Untuk Lingkungan yang Lebih Sehat!

 


 


3. Perbandingan Teks Narasi dan Poster

AspekTeks NarasiPoster
BentukTeks panjang, berupa ceritaGambar + teks singkat
TujuanMenghibur, menyampaikan kisahMengajak, memberi informasi
IsiCerita lengkap dengan alurPesan singkat dan langsung
BahasaRuntut, deskriptif, kadang imajinatifRingkas, persuasif (mengajak)
MediaBuku, cerpen, cerita anakTempat umum, dinding, media sosial


MAPEL MATEMATIKA

Tujuan Pembelajaran:

Murid dapat mengerjakan ulangan sumatif matematika dengan baik dan benar

Contoh soal:

I.         Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, atau c untuk jawaban yang benar ! 

1.    1.  Ani memiliki uang sebesar Rp75.000. Ia membeli buku tulis seharga Rp32.500 dan pensil seharga Rp8.250. Setelah itu, Ani ingin membeli penggaris seharga Rp10.000.
Apakah uang Ani cukup untuk membeli penggaris tersebut?

a). Ya, karena sisa uangnya Rp45.000             

b). Tidak, karena uangnya habis           

c). Ya, karena sisa uangnya Rp34.250             

d). idak, karena sisa uangnya Rp34.250

 

2.  2.  Dina membeli satu baju seharga Rp85.000 dan satu celana seharga Rp97.500. Ia membayar dengan dua lembar uang Rp100.000.
Berapakah uang kembalian yang diterima Dina?

a). Rp17.500       b). Rp15.000    c). Rp20.000                   d). Rp12.500

 

3.    3.Budi memiliki uang sebesar Rp100.000. Ia membeli sepatu seharga Rp65.000 dan kaus kaki seharga Rp15.000.
Berapakah sisa uang Budi setelah berbelanja

a). Rp20.000       b). Rp25.000      c). Rp30.000               d). Rp35.000

 

4.    4.Siti  membeli buku tulis seharga Rp8.500, pensil Rp3.500, dan penghapus Rp2.000. Ia membayar dengan uang Rp20.000.
Berapakah uang kembalian yang diterima Siti?

a) Rp6.000          b) Rp5.000         c) Rp7.000       d) Rp8.000

 

5.   Rani memiliki uang Rp50.000. Ia membeli boneka seharga Rp38.000. Jika Rani ingin membeli satu buku gambar seharga Rp15.000, apakah uangnya cukup?


a) Ya, masih sisa Rp3.000                    
b)
Tidak, kurang Rp3.000

c) Ya, karena total belanja Rp50.000
d) Tidak, karena total belanja Rp53.000

 

6.   Ibu membeli 4 bungkus gula, masing-masing seharga Rp12.000.

Berapakah total uang yang harus dibayar Ibu?

    a) Rp36.000         b) Rp48.000             c) Rp44.000                d) Rp42.000

 

7.    Rina membeli 6 pensil. Harga satu pensil adalah Rp3.500.

Berapa total uang yang dikeluarkan Rina?

    a) Rp18.000              b) Rp20.000            c) Rp21.000    d) Rp22.000

 

8.    Ayah membeli 5 kotak kue. Setiap kotak berisi 10 potong kue dan harganya Rp25.000 per kotak. Berapa total uang yang dibayarkan Ayah?

    a) Rp100.000       b) Rp125.000       c)              Rp150.000     d) Rp175.000


9.    Seorang pedagang mendapatkan Rp120.000 dari hasil penjualan 6 buah dompet dengan harga yang sama. Berapakah harga satu dompet?

    a) Rp15.000            b) Rp20.000            c) Rp25.000               d) Rp30.000


10. Ibu membeli 3 pak sabun, dengan harga total Rp45.000. erapakah harga satu pak sabun?

   a) Rp10.000

   b) Rp12.000

   c) Rp15.000               

   d) Rp18.000

MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN:

- Buku MAPEL MATEMATIKA KELAS IV

- LCD

- GAMBAR

- VIDEO

- SOAL ULANGAN

*METODE PEMBELAJARAN:

- Ceramah, tanya jawab, pengamatan, diskusi, PBL

 REFLEKSI/KESIMPULAN:

Kegiatan pembelajaran hari ini berjalan dengan baik yang mana hari ini para murid melaksanakan penilaian sematif yang kedua mapel matematika gimana dalam hasil nilai yang dicapai oleh para siswa masih dalam proses penilaian Semoga nilai para murid di sumatif  yang kedua ini mendapatkan nilai yang terbaik semuanya seandainya nanti ada yang mendapatkan nilai yang di bawah KKM para murid itu nanti akan diadakan remedial.
Berikut dokumentasi kegiatan pembelajaran hari ini:






















2 Comments:

Alkalisya mozar mengatakan...

assalamualaikum bu el alkalisya mozar sudah merangkum dan membaca blogger bu el

Halo buguru aku nana mengatakan...

Assalamualaikum buguru Nana sudah membaca bloger ibu

Posting Komentar

MATEMATIKA,SENI RUPA,PANCASILA

  GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS IV. B UNTUK HARI SELASA TANGGAL 16 SEPTEMBER 2025   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamuala...

 

Elfida Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea