Senin, 22 September 2025

MATEMATIKA, SENI RUPA, P PANCASILA

By elfida fida - September 22, 2025

 GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS IV. B UNTUK HARI SELASA TANGGAL 23 SEPTEMBER 2025



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha IV.B apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha. 

MAPEL MATEMATIKA

Tujuan Pembelajaran:

Murid mampu melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar, dan simbol matematika dengan benar.

MATERI AJAR MATEMATIKA

Operasi bilangan Perkalian dan pembagian

A. PERKALIAN

1. Pengertian Perkalian

Perkalian adalah penjumlahan berulang dari suatu bilangan.
Contoh:
3 × 4 artinya adalah 4 + 4 + 4 = 12


2. Contoh Perkalian Sederhana

Soal                             Penjumlahan Berulang                                                      Hasil
2 × 5                                5 + 5                                                                                    10
4 × 3                                3 + 3 + 3 + 3                                                                        12
6 × 2                                2 + 2 + 2 + 2 + 2 + 2                                                            12

3. Perkalian dengan Bilangan Besar

Contoh:

     123

   ×   4

  ------

     492

Langkah:

  1. 4 × 3 = 12 (tulis 2, simpan 1)

  2. 4 × 2 = 8 + 1 = 9

  3. 4 × 1 = 4 → hasil: 492

B. PEMBAGIAN

1. Pengertian Pembagian

Pembagian adalah kebalikan dari perkalian, yaitu membagi sesuatu menjadi beberapa bagian yang sama.

Contoh:
12 ÷ 4 artinya adalah berapa kali 4 masuk ke dalam 12? Jawabannya adalah 3


2. Jenis-jenis Pembagian

  • Pembagian sebagai pengurangan berulang
    Contoh: 15 ÷ 3 → Kurangi 15 sebanyak mungkin dengan 3 → 15 - 3 - 3 - 3 - 3 - 3 = 0 → 5 kali

  • Pembagian pendek (langsung)
    Contoh: 56 ÷ 7 = 8

  • Pembagian panjang (bilangan besar)
    Contoh:

  •     123 ÷ 3

         -------

         41 sisa 0

  • Langkah:

    • 3 masuk ke 12 → 4 kali → 3 × 4 = 12

    • 3 masuk ke 3 → 1 kali → 3 × 1 = 3
      → Hasil = 41

    3. Hubungan Perkalian dan Pembagian

    Jika:

    • 6 × 4 = 24
      Maka:

    • 24 ÷ 6 = 4

    • 24 ÷ 4 = 6


MATERI AJAR P PANCASILA
Tujuan pembelajaran:
Murid dapat  meyebutkan contoh nilai-nilai Pancasila dengan baik.

Materi: NILAI-NILAI PANCASILA


Apa Itu Pancasila?

Pancasila adalah dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia.
Kata Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta:

  • "Panca" artinya lima

  • "Sila" artinya dasar/prinsip

Jadi, Pancasila berarti lima dasar yang menjadi pedoman hidup bangsa Indonesia.


Lima Sila Pancasila dan Nilai-Nilainya
SilaBunyi SilaNilai-Nilai yang TerkandungContoh Sikap/Perilaku
1Ketuhanan Yang Maha Esa- Percaya dan bertakwa kepada Tuhan

  • Saling menghormati antar umat beragama | ✅ Berdoa sebelum belajar
    ✅ Tidak mengejek agama lain |
    | 2 | Kemanusiaan yang Adil dan Beradab | - Menghargai sesama manusia

  • Bersikap adil dan berperikemanusiaan | ✅ Menolong teman yang jatuh
    ✅ Tidak membully |
    | 3 | Persatuan Indonesia | - Cinta tanah air

  • Menjaga kerukunan dalam perbedaan | ✅ Menghormati budaya lain
    ✅ Upacara bendera dengan tertib |
    | 4 | Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat dalam Permusyawaratan/Perwakilan | - Mengutamakan musyawarah

  • Menghargai pendapat orang lain | ✅ Bermusyawarah memilih ketua kelas
    ✅ Tidak memaksakan kehendak |
    | 5 | Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia | - Bersikap adil

  • Suka berbagi dan tidak egois | ✅ Berbagi bekal dengan teman
    ✅ Membantu teman yang kesulitan |

  • Mengapa Nilai-Nilai Pancasila Penting?

    Karena:

    • Menjadi pedoman dalam bersikap dan bertindak.

    • Membentuk pribadi yang baik, jujur, adil, dan bertanggung jawab.

    • Menjaga kerukunan dan persatuan bangsa.

    Kesimpulan;

    Dengan memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila, kita bisa menjadi anak bangsa yang baik, bertanggung jawab, dan mencintai Indonesia.
    Mari kita jaga sikap dan perilaku agar selalu mencerminkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

    Seni Rupa

    Tujuan Pembelajaran :

    Mengidentifikasi unsur - unsur Seni Rupa (garis, bentuk, warna, tekstur, dan ruang) dalam sebuah karya seni rupa menggunakan Kosa kata yg sesuai.

    MATERI :

     Unsur-Unsur Seni Rupa

    1.  Garis

    Garis adalah goresan nyata atau batas dari suatu bentuk.

    Contoh jenis garis:

    Garis lurus

    Garis lengkung

    Garis zig-zag

    Garis spiral

    Kosakata yang sesuai: lurus, melengkung, patah-patah, halus, tebal

    2.  Bentuk

    Bentuk adalah wujud dari suatu benda, bisa berupa bidang datar (2D) atau bentuk ruang (3D).

    Contoh:

    Bentuk geometri: segitiga, lingkaran, persegi

    Bentuk organik: bentuk bebas seperti awan, daun, wajah

    Kosakata yang sesuai: bulat, persegi, lonjong, besar, kecil

    3.  Warna

    Warna memberikan keindahan dan emosi pada karya seni.

    Jenis warna:

    Warna primer: merah, biru, kuning

    Warna sekunder: hijau, oranye, ungu

    Warna hangat & warna sejuk

    Kosakata yang sesuai: cerah, gelap, hangat, sejuk, mencolok, lembut

    4.  Tekstur

    Tekstur adalah kesan permukaan suatu benda, bisa dilihat atau dirasakan.

    Contoh:

    Tekstur halus: kaca, kain sutra

    Tekstur kasar: batu, kayu

    Kosakata yang sesuai: halus, kasar, licin, tajam, lembut

    5.  Ruang

    Ruang dalam seni rupa bisa berupa:

    Ruang nyata: seperti pada patung atau instalasi

    Ruang semu: seperti pada lukisan yang tampak memiliki kedalaman

    Kosakata yang sesuai: dalam, luas, sempit, jauh, dekat, tinggi

     Contoh Kegiatan

    Mengamati lukisan sederhana (misalnya lukisan alam)

    Siswa menyebutkan unsur-unsur yang terlihat:

    “Saya melihat garis lengkung pada awan.”

    “Gunungnya berbentuk segitiga besar.”

    “Warna langit biru cerah.”

    “Rumput tampak kasar karena goresan pensil.”

    “Pohon tampak berada di kejauhan.”

    📌 Penilaian & Refleksi

    Siswa menunjukkan gambar dan menyebutkan 3–5 unsur yang ditemukan.

    Siswa menggunakan kosakata yang tepat saat menjelaskan.

    Guru dapat memberikan pertanyaan seperti:

    “Apa jenis garis yang kamu lihat?”

    “Apa warna yang paling menarik perhatianmu?”

    “Bagaimana tekstur permukaan pada gambar tersebut?”


    MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN:

    - Buku MAPEL MATEMATIKA, P PANCASILA, SENI RUPA KELAS IV

    - LCD

    - GAMBAR

    - VIDEO

    METODE PEMBELAJARAN:

    - Ceramah, tanya jawab, pengamatan, diskusi, Cooperatif Learning

    REFLEKSI PEMBELAJARAN:

    Alhamdulillah pembelajaran hari ini perjalanan baik dan lancar di mana hari ini para murid belajar tentang operasi hitung perkalian dan pembagian dengan menggunakan media stik, kelereng koin dan kancing baju. Dalam hal ini para murid dibuat berkelompok dalam mengerjakan tugas yang diberikan dengan menggunakan alat peraga yang sudah ada yaitu tentang perkalian dan pembagian dengan cara ini hampir semua murid memahami bagaimana cara menghitung perkalian dan pembagian dengan menggunakan stik yang ada tapi masih ada beberapa murid yang masih kurang lancar dalam perkalian ini. Para murid yang kurang lancar perkaliannya diberikan tugas untuk menghafal perkalian dan pembagian di rumah untuk dites setiap harinya nanti dengan tujuan agar para murid hafal perkalian dan pembagian.

    Berikut dokumentasi kegiatan pembelajaran hari ini:
































































    1 Comments:

    Nauranisa fauzi wibowo mengatakan...

    Assalamualaikum bu guru ,Naura sudah membaca bloger dan mencatat

    Posting Komentar

    STS B.INDONESIA DAN B.INGGRIS

    GURU KELAS IV.B: ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS IV. B UNTUK HARI SELASA TANGGAL 14 OKTOBER 2025   Selamat pagi,,,,Tabik pun   SUMATIF TENGAH...

     

    Elfida Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea