GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd
MATERI AJAR KELAS IV. B UNTUK HARI SELASA TANGGAL 23 SEPTEMBER 2025
Selamat pagi,,,,Tabik pun
Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha IV.B apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.
MAPEL MATEMATIKA
Tujuan Pembelajaran:
Murid
mampu melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan
cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar, dan simbol matematika dengan benar.
MATERI AJAR MATEMATIKA
Operasi bilangan Perkalian dan pembagian
A. PERKALIAN
1. Pengertian Perkalian
Perkalian adalah penjumlahan berulang dari suatu bilangan.
Contoh:
3 × 4 artinya adalah 4 + 4 + 4 = 12
2. Contoh Perkalian Sederhana
Soal | Penjumlahan Berulang | Hasil |
---|
2 × 5 | 5 + 5 | 10 |
4 × 3 | 3 + 3 + 3 + 3 | 12 |
6 × 2 | 2 + 2 + 2 + 2 + 2 + 2 | 12 |
3. Perkalian dengan Bilangan Besar
Contoh:
123
× 4
------
492
Langkah:
-
4 × 3 = 12 (tulis 2, simpan 1)
-
4 × 2 = 8 + 1 = 9
-
4 × 1 = 4 → hasil: 492
B. PEMBAGIAN
1. Pengertian Pembagian
Pembagian adalah kebalikan dari perkalian, yaitu membagi sesuatu menjadi beberapa bagian yang sama.
Contoh:
12 ÷ 4 artinya adalah berapa kali 4 masuk ke dalam 12? Jawabannya adalah 3
2. Jenis-jenis Pembagian
-
Pembagian sebagai pengurangan berulang
Contoh: 15 ÷ 3 → Kurangi 15 sebanyak mungkin dengan 3 → 15 - 3 - 3 - 3 - 3 - 3 = 0 → 5 kali -
Pembagian pendek (langsung)
Contoh: 56 ÷ 7 = 8 -
Pembagian panjang (bilangan besar)
Contoh: 123 ÷ 3
-------
41 sisa 0
Langkah:
-
3 masuk ke 12 → 4 kali → 3 × 4 = 12
-
3 masuk ke 3 → 1 kali → 3 × 1 = 3
→ Hasil = 41
3. Hubungan Perkalian dan Pembagian
Jika:
-
6 × 4 = 24
Maka: -
24 ÷ 6 = 4
-
24 ÷ 4 = 6
-
Materi: NILAI-NILAI PANCASILA
Apa Itu Pancasila?
Pancasila adalah dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia.
Kata Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta:
-
"Panca" artinya lima
-
"Sila" artinya dasar/prinsip
Jadi, Pancasila berarti lima dasar yang menjadi pedoman hidup bangsa Indonesia.
Sila | Bunyi Sila | Nilai-Nilai yang Terkandung | Contoh Sikap/Perilaku |
---|---|---|---|
1 | Ketuhanan Yang Maha Esa | - Percaya dan bertakwa kepada Tuhan |
Saling menghormati antar umat beragama | ✅ Berdoa sebelum belajar
✅ Tidak mengejek agama lain |
| 2 | Kemanusiaan yang Adil dan Beradab | - Menghargai sesama manusia
Bersikap adil dan berperikemanusiaan | ✅ Menolong teman yang jatuh
✅ Tidak membully |
| 3 | Persatuan Indonesia | - Cinta tanah air
Menjaga kerukunan dalam perbedaan | ✅ Menghormati budaya lain
✅ Upacara bendera dengan tertib |
| 4 | Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat dalam Permusyawaratan/Perwakilan | - Mengutamakan musyawarah
Menghargai pendapat orang lain | ✅ Bermusyawarah memilih ketua kelas
✅ Tidak memaksakan kehendak |
| 5 | Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia | - Bersikap adil
Suka berbagi dan tidak egois | ✅ Berbagi bekal dengan teman
✅ Membantu teman yang kesulitan |
Mengapa Nilai-Nilai Pancasila Penting?
Karena:
-
Menjadi pedoman dalam bersikap dan bertindak.
-
Membentuk pribadi yang baik, jujur, adil, dan bertanggung jawab.
-
Menjaga kerukunan dan persatuan bangsa.
Dengan memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila, kita bisa menjadi anak bangsa yang baik, bertanggung jawab, dan mencintai Indonesia.
Mari kita jaga sikap dan perilaku agar selalu mencerminkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
Seni Rupa
Tujuan Pembelajaran :
Mengidentifikasi unsur - unsur Seni Rupa (garis, bentuk, warna, tekstur, dan ruang) dalam sebuah karya seni rupa menggunakan Kosa kata yg sesuai.
MATERI :
Unsur-Unsur Seni Rupa
1. Garis
Garis adalah goresan nyata atau batas dari suatu bentuk.
Contoh jenis garis:
Garis lurus
Garis lengkung
Garis zig-zag
Garis spiral
Kosakata yang sesuai: lurus, melengkung, patah-patah, halus, tebal
2. Bentuk
Bentuk adalah wujud dari suatu benda, bisa berupa bidang datar (2D) atau bentuk ruang (3D).
Contoh:
Bentuk geometri: segitiga, lingkaran, persegi
Bentuk organik: bentuk bebas seperti awan, daun, wajah
Kosakata yang sesuai: bulat, persegi, lonjong, besar, kecil
3. Warna
Warna memberikan keindahan dan emosi pada karya seni.
Jenis warna:
Warna primer: merah, biru, kuning
Warna sekunder: hijau, oranye, ungu
Warna hangat & warna sejuk
Kosakata yang sesuai: cerah, gelap, hangat, sejuk, mencolok, lembut
4. Tekstur
Tekstur adalah kesan permukaan suatu benda, bisa dilihat atau dirasakan.
Contoh:
Tekstur halus: kaca, kain sutra
Tekstur kasar: batu, kayu
Kosakata yang sesuai: halus, kasar, licin, tajam, lembut
5. Ruang
Ruang dalam seni rupa bisa berupa:
Ruang nyata: seperti pada patung atau instalasi
Ruang semu: seperti pada lukisan yang tampak memiliki kedalaman
Kosakata yang sesuai: dalam, luas, sempit, jauh, dekat, tinggi
Contoh Kegiatan
Mengamati lukisan sederhana (misalnya lukisan alam)
Siswa menyebutkan unsur-unsur yang terlihat:
“Saya melihat garis lengkung pada awan.”
“Gunungnya berbentuk segitiga besar.”
“Warna langit biru cerah.”
“Rumput tampak kasar karena goresan pensil.”
“Pohon tampak berada di kejauhan.”
📌 Penilaian & Refleksi
Siswa menunjukkan gambar dan menyebutkan 3–5 unsur yang ditemukan.
Siswa menggunakan kosakata yang tepat saat menjelaskan.
Guru dapat memberikan pertanyaan seperti:
“Apa jenis garis yang kamu lihat?”
“Apa warna yang paling menarik perhatianmu?”
“Bagaimana tekstur permukaan pada gambar tersebut?”
MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN:
- Buku MAPEL MATEMATIKA, P PANCASILA, SENI RUPA KELAS IV
- LCD
- GAMBAR
- VIDEO
METODE PEMBELAJARAN:
- Ceramah, tanya jawab, pengamatan, diskusi, Cooperatif Learning
REFLEKSI PEMBELAJARAN:
Alhamdulillah pembelajaran hari ini perjalanan baik dan lancar di mana hari ini para murid belajar tentang operasi hitung perkalian dan pembagian dengan menggunakan media stik, kelereng koin dan kancing baju. Dalam hal ini para murid dibuat berkelompok dalam mengerjakan tugas yang diberikan dengan menggunakan alat peraga yang sudah ada yaitu tentang perkalian dan pembagian dengan cara ini hampir semua murid memahami bagaimana cara menghitung perkalian dan pembagian dengan menggunakan stik yang ada tapi masih ada beberapa murid yang masih kurang lancar dalam perkalian ini. Para murid yang kurang lancar perkaliannya diberikan tugas untuk menghafal perkalian dan pembagian di rumah untuk dites setiap harinya nanti dengan tujuan agar para murid hafal perkalian dan pembagian.
Berikut dokumentasi kegiatan pembelajaran hari ini:
1 Comments:
Assalamualaikum bu guru ,Naura sudah membaca bloger dan mencatat
Posting Komentar