GURU KELAS IV.B: ELFIDA, S.Pd
MATERI AJAR KELAS IV. B UNTUK HARI SELASA TANGGAL 04 NOVEMBER 2025
Selamat pagi,,,,Tabik pun
Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha IV.B apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.
MATA PELAJARAN MATEMATIKA
TUJUAN PEMBELAJARAN:
Murid mampu mengisi nilai yang belum diketahui dalam sebuah kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pada bilangan cacah sampai 100.
MATERI AJAR: POLA BILANGAN MEMBESAR DAN MENGECIL
Pengertian Pola Bilangan
Pola bilangan adalah susunan angka yang mengikuti suatu aturan tertentu.
Setiap bilangan dalam pola disebut suku.
Contoh:
-
2, 4, 6, 8, 10 → setiap suku bertambah 2.
-
10, 8, 6, 4, 2 → setiap suku berkurang 2.
3. Pola Bilangan Membesar (Naik)
Pola bilangan membesar adalah pola di mana setiap bilangan berikutnya lebih besar dari bilangan sebelumnya.
Contoh 1:
3, 6, 9, 12, 15, ...
👉 Aturannya: setiap bilangan bertambah 3.
Contoh 2:
1, 2, 4, 8, 16, ...
👉 Aturannya: setiap bilangan dikali 2.
Latihan:
-
Tentukan 3 suku berikutnya dari pola 5, 10, 15, 20, ...
-
Tentukan 3 suku berikutnya dari pola 2, 4, 8, 16, ...
4. Pola Bilangan Mengecil (Turun)
Pola bilangan mengecil adalah pola di mana setiap bilangan berikutnya lebih kecil dari bilangan sebelumnya.
Contoh 1:
20, 18, 16, 14, ...
👉 Aturannya: setiap bilangan berkurang 2.
Contoh 2:
100, 50, 25, 12,5, ...
👉 Aturannya: setiap bilangan dibagi 2.
Latihan:
-
Tentukan 3 suku berikutnya dari pola 30, 25, 20, 15, ...
-
Tentukan 3 suku berikutnya dari pola 64, 32, 16, 8, ...
5. Menentukan Aturan Pola
Untuk menemukan aturan pola bilangan:
-
Perhatikan selisih atau rasio antara bilangan berurutan.
-
Uji apakah setiap bilangan mengikuti aturan yang sama.
-
Gunakan aturan itu untuk mencari suku berikutnya.
Contoh:
5, 10, 20, 40, 80
→ setiap bilangan dikali 2
→ Polanya: perkalian 2 (pola membesar).
. Rangkuman
-
Pola bilangan adalah susunan angka dengan aturan tertentu.
-
Pola bilangan membesar: nilainya naik (misal: bertambah atau dikali).
-
Pola bilangan mengecil: nilainya turun (misal: berkurang atau dibagi).
-
Kita bisa menentukan suku berikutnya dengan mencari aturan perubahannya.
8. Penilaian / Evaluasi
A. Pilihan Ganda
-
Pola bilangan: 2, 4, 6, 8, ... aturan polanya adalah …
a. dikali 2
b. ditambah 2
c. dikurangi 2
d. dibagi 2 -
Pola bilangan: 80, 60, 40, 20, ... aturan polanya adalah …
a. dikurangi 10
b. dikurangi 20
c. dikali 2
d. dibagi 2
B. Isian
-
Tentukan 3 suku berikutnya dari pola 5, 10, 20, 40, ...
-
Tentukan aturan dari pola 100, 50, 25, 12,5, ...
TUJUAN PEMBELAJARAN
Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda (✔) pada huruf a, b, c, atau d!
Norma adalah...
a. Kebiasaan yang sering dilakukan orang lain
b. Peraturan yang dibuat oleh pemerintah saja
c. Aturan yang mengatur perilaku seseorang dalam kehidupan bermasyarakat
d. Perintah dari orang tua yang tidak boleh ditolakTujuan adanya norma dan aturan adalah...
a. Membatasi kebebasan manusia
b. Menjadikan hidup teratur dan harmonis
c. Membuat seseorang takut berbuat salah
d. Menunjukkan siapa yang paling kuatContoh penerapan norma di rumah adalah...
a. Menyontek saat ulangan
b. Membuang sampah sembarangan
c. Membantu orang tua membersihkan rumah
d. Berteriak di tempat umumAturan di rumah dibuat oleh...
a. Pemerintah pusat
b. Orang tua dan anggota keluarga
c. Kepala sekolah
d. Ketua RTContoh aturan di sekolah adalah...
a. Bangun pagi setiap hari
b. Makan bersama keluarga
c. Mengikuti upacara bendera setiap hari Senin
d. Tidak boleh keluar rumah tanpa izinNorma yang bersumber dari hati nurani disebut norma...
a. Agama
b. Kesusilaan
c. Kesopanan
d. HukumNorma agama berasal dari...
a. Tuhan Yang Maha Esa
b. Pemerintah
c. Kepala sekolah
d. Tokoh masyarakatJika kita melanggar aturan di sekolah, maka akibatnya adalah...
a. Diberi penghargaan
b. Dikenai sanksi atau hukuman
c. Dipuji guru
d. Dibiarkan sajaContoh norma di masyarakat adalah...
a. Saling menolong tetangga yang terkena musibah
b. Bermain sambil berteriak di jalan
c. Menyimpan uang saku di rumah
d. Menonton televisi hingga larut malamFungsi utama norma dalam masyarakat adalah...
a. Mengatur perilaku agar kehidupan berjalan tertib
b. Membatasi pergaulan
c. Menentukan siapa yang berkuasa
d. Membedakan orang kaya dan miskinJika teman melanggar aturan, sikap kita sebaiknya...
a. Menertawakan
b. Ikut melanggar
c. Menasihati dengan sopan
d. Membiarkan sajaContoh pelanggaran norma kesopanan adalah...
a. Mengucapkan salam kepada guru
b. Mengambil barang orang lain tanpa izin
c. Berbicara dengan kata-kata kasar
d. Menolong teman yang jatuhNorma hukum biasanya disertai dengan...
a. Hadiah
b. Sanksi tegas bagi pelanggar
c. Doa bersama
d. PenghargaanPerilaku yang menunjukkan kepatuhan terhadap aturan di rumah adalah...
a. Pergi tanpa pamit
b. Membantu ibu mencuci piring
c. Bermain saat disuruh belajar
d. Menonton TV sampai malamJika semua orang menaati aturan, maka kehidupan akan menjadi...
a. Kacau
b. Teratur dan damai
c. Membosankan
d. Penuh pertengkaran
✏️ B. Uraian Singkat (16–20)
Jawablah pertanyaan berikut dengan jelas dan benar!
Apa yang dimaksud dengan norma?
Sebutkan dua contoh aturan di rumah yang harus kamu patuhi!
Mengapa kita harus menaati aturan di sekolah?
Sebutkan dua contoh perilaku yang mencerminkan norma di masyarakat!
Apa akibatnya jika seseorang tidak menaati norma dan aturan yang berlaku?
✅ Kunci Jawaban Singkat
Pilihan Ganda:
c 2. b 3. c 4. b 5. c 6. b 7. a 8. b 9. a 10. a 11. c 12. c 13. b 14. b 15. b
Uraian (Contoh Jawaban):
16. Norma adalah aturan atau ketentuan yang mengatur perilaku manusia agar hidup tertib dan teratur.
17. Contoh: menghormati orang tua, membantu pekerjaan rumah, meminta izin bila keluar rumah.
18. Agar suasana sekolah tertib, aman, dan kegiatan belajar berjalan lancar.
19. Saling membantu tetangga, membuang sampah pada tempatnya.
20. Terjadi kekacauan, pertengkaran, dan tidak adanya ketertiban di lingkungan.
- Buku MAPEL MATEMATIKA, P PANCASILA KELAS IV
- LCD
- SOAL
*METODE PEMBELAJARAN:
- Ceramah, tanya jawab, Discovery Learning
R REFLEKSI/KESIMPULAN:

0 Comments:
Posting Komentar