GURU KELAS IV.B: ELFIDA, S.Pd
MATERI AJAR KELAS IV. B UNTUK HARI SELASA TANGGAL 11 NOVEMBER 2025
Selamat pagi,,,,Tabik pun
Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha IV.B apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.
MATA PELAJARAN MATEMATIKA
TUJUAN PEMBELAJARAN:
Murid mampu mengisi nilai yang belum diketahui dalam sebuah kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pada bilangan cacah sampai 100.
MATERI AJAR: POLA BILANGAN MEMBESAR DAN MENGECIL
Pengertian Pola Bilangan
Pola bilangan adalah susunan angka yang mengikuti suatu aturan tertentu.
Setiap bilangan dalam pola disebut suku.
Contoh:
2, 4, 6, 8, 10 → setiap suku bertambah 2.
10, 8, 6, 4, 2 → setiap suku berkurang 2.
3. Pola Bilangan Membesar (Naik)
Pola bilangan membesar adalah pola di mana setiap bilangan berikutnya lebih besar dari bilangan sebelumnya.
Contoh 1:
3, 6, 9, 12, 15, ...
๐ Aturannya: setiap bilangan bertambah 3.
Contoh 2:
1, 2, 4, 8, 16, ...
๐ Aturannya: setiap bilangan dikali 2.
Latihan:
Tentukan 3 suku berikutnya dari pola 5, 10, 15, 20, ...
Tentukan 3 suku berikutnya dari pola 2, 4, 8, 16, ...
4. Pola Bilangan Mengecil (Turun)
Pola bilangan mengecil adalah pola di mana setiap bilangan berikutnya lebih kecil dari bilangan sebelumnya.
Contoh 1:
20, 18, 16, 14, ...
๐ Aturannya: setiap bilangan berkurang 2.
Contoh 2:
100, 50, 25, 12,5, ...
๐ Aturannya: setiap bilangan dibagi 2.
Latihan:
Tentukan 3 suku berikutnya dari pola 30, 25, 20, 15, ...
Tentukan 3 suku berikutnya dari pola 64, 32, 16, 8, ...
5. Menentukan Aturan Pola
Untuk menemukan aturan pola bilangan:
Perhatikan selisih atau rasio antara bilangan berurutan.
Uji apakah setiap bilangan mengikuti aturan yang sama.
Gunakan aturan itu untuk mencari suku berikutnya.
Contoh:
5, 10, 20, 40, 80
→ setiap bilangan dikali 2
→ Polanya: perkalian 2 (pola membesar).
. Rangkuman
Pola bilangan adalah susunan angka dengan aturan tertentu.
Pola bilangan membesar: nilainya naik (misal: bertambah atau dikali).
Pola bilangan mengecil: nilainya turun (misal: berkurang atau dibagi).
Kita bisa menentukan suku berikutnya dengan mencari aturan perubahannya.
LATIHAN SOAL:
๐งฎ Soal Pola Angka
1. Perhatikan pola berikut:
2, 4, 8, 16, 32, …
Angka selanjutnya adalah …
A. 48
B. 56
C. 64
D. 72
2. Pola bilangan berikut:
3, 6, 9, 12, 15, …
Bilangan ke-8 dari pola tersebut adalah …
A. 21
B. 24
C. 27
D. 30
3. Pola: 5, 10, 20, 40, 80, …
Rumus pola bilangan tersebut adalah …
A.
B.
C.
D.
4. Diketahui pola: 1, 4, 9, 16, 25, …
Bilangan ke-7 dari pola tersebut adalah …
A. 36
B. 42
C. 49
D. 56
5. Pola berikut menunjukkan deret ganjil:
1, 3, 5, 7, 9, …
Jumlah 5 suku pertama dari pola tersebut adalah …
A. 20
B. 25
C. 30
D. 35
๐ฆ Soal Pola Gambar
6. Sebuah pola gambar terdiri dari:
๐ต, ๐ต๐ต, ๐ต๐ต๐ต, ๐ต๐ต๐ต๐ต, …
Jika pola dilanjutkan, gambar ke-6 akan memiliki …
A. 5 lingkaran
B. 6 lingkaran
C. 7 lingkaran
D. 8 lingkaran
7. Perhatikan pola:
⬛, ⬜⬛, ⬜⬜⬛, ⬜⬜⬜⬛, …
Jika pola berlanjut, pada urutan ke-5 akan terdapat berapa buah kotak putih?
A. 3
B. 4
C. 5
D. 6
8. Gambar berikut membentuk pola segitiga:
▲ (1 segitiga), ▲▲ (2 segitiga), ▲▲▲ (3 segitiga), …
Total segitiga setelah 4 langkah adalah …
A. 6
B. 8
C. 10
D. 12
9. Dalam suatu pola, setiap langkah ditambah 2 persegi:
Langkah 1 = 1 persegi
Langkah 2 = 3 persegi
Langkah 3 = 5 persegi
Langkah 4 = ?
A. 6
B. 7
C. 8
D. 9
10. Pola bintang:
⭐, ⭐⭐, ⭐⭐⭐, ⭐⭐⭐⭐, ⭐⭐⭐⭐⭐
Jumlah seluruh bintang hingga pola ke-5 adalah …
A. 10
B. 12
C. 15
D. 20
PEMBAHASAN SOAL DI ATAS:
๐งฎ Soal Pola Angka
1. 2, 4, 8, 16, 32, …
➡ Pola: dikali 2 setiap langkah.
Jadi,
✅ Jawaban: C. 64
2. 3, 6, 9, 12, 15, …
➡ Pola: beda tetap = +3
Suku ke-8 =
✅ Jawaban: B. 24
3. 5, 10, 20, 40, 80, …
➡ Pola: dikali 2 tiap suku.
Rumus:
✅ Jawaban: A.
4. 1, 4, 9, 16, 25, …
➡ Pola: bilangan kuadrat (1², 2², 3², 4², 5², …)
Suku ke-7 =
✅ Jawaban: C. 49
5. Deret ganjil: 1, 3, 5, 7, 9
➡ Jumlah 5 suku pertama:
✅ Jawaban: B. 25
๐ฆ Soal Pola Gambar
6. ๐ต, ๐ต๐ต, ๐ต๐ต๐ต, ๐ต๐ต๐ต๐ต, …
➡ Pola: bertambah 1 lingkaran tiap langkah.
Langkah ke-6 = 6 lingkaran.
✅ Jawaban: B. 6 lingkaran
7. ⬛, ⬜⬛, ⬜⬜⬛, ⬜⬜⬜⬛, …
➡ Pola: jumlah kotak putih bertambah 1 tiap langkah.
Langkah ke-5 = 4 kotak putih + 1 hitam.
✅ Jawaban: B. 4
8. ▲ (1), ▲▲ (2), ▲▲▲ (3), …
➡ Total segitiga sampai langkah ke-4 = 1 + 2 + 3 + 4 = 10
✅ Jawaban: C. 10
9. Langkah 1 = 1, Langkah 2 = 3, Langkah 3 = 5
➡ Pola: bertambah 2 tiap langkah (1, 3, 5, 7, 9, …)
Langkah ke-4 = 7
✅ Jawaban: B. 7
10. ⭐, ⭐⭐, ⭐⭐⭐, ⭐⭐⭐⭐, ⭐⭐⭐⭐⭐
➡ Total bintang = 1 + 2 + 3 + 4 + 5 = 15
✅ Jawaban: C. 15
MATA PELAJARANSENI RUPA
TUJUAN PEMBELAJARAN:
Murid dapat membedakan contoh perbedaan gaya dan tekhnik.
MATERI AJAR: CONTOH PERBEDAAN GAYA DAN TEKHNIK
1. Pengertian Gaya dan Teknik dalam Seni Rupa
๐งฉ A. Gaya Seni Rupa
Gaya seni rupa adalah cara khas atau ciri khusus yang digunakan seniman dalam mengekspresikan ide, perasaan, atau objek ke dalam karya seni.
Setiap seniman memiliki gaya yang berbeda tergantung pada pengalaman, pandangan hidup, dan latar budaya.
๐ก Contoh gaya seni rupa:
-
Naturalisme → menggambarkan objek sesuai keadaan aslinya (realistis).
Contoh: lukisan pemandangan alam oleh Basuki Abdullah. -
Realisme → menggambarkan kehidupan nyata, terutama kehidupan sosial.
Contoh: lukisan petani bekerja di sawah. -
Romantisme → menonjolkan keindahan, emosi, dan imajinasi.
Contoh: lukisan pahlawan atau keindahan alam dengan suasana dramatis. -
Ekspresionisme → menonjolkan emosi dan perasaan pelukis.
Contoh: karya Affandi yang penuh sapuan warna bebas. -
Impresionisme → menekankan kesan cahaya dan warna sesaat.
Contoh: karya Claude Monet. -
Kubisme → menampilkan bentuk geometris seperti kubus dan segitiga.
Contoh: karya Pablo Picasso. -
Abstrak → tidak meniru bentuk nyata, lebih menonjolkan ekspresi warna dan garis.
Contoh: karya Wassily Kandinsky.
๐งต B. Teknik Seni Rupa
Teknik seni rupa adalah cara atau metode yang digunakan untuk membuat karya seni rupa, termasuk penggunaan alat dan bahan.
๐จ Contoh teknik seni rupa dua dimensi:
-
Teknik Aquarel (Cat Air)
-
Menggunakan cat air dengan sapuan tipis sehingga warna tampak transparan.
-
Contoh: melukis pemandangan dengan cat air.
-
-
Teknik Plakat
-
Menggunakan cat tebal dan warna pekat (cat poster atau akrilik).
-
Contoh: lukisan potret dengan cat akrilik.
-
-
Teknik Pointilis
-
Membentuk gambar menggunakan titik-titik kecil.
-
Contoh: gambar wajah dari titik tinta hitam.
-
-
Teknik Mozaik
-
Menyusun potongan kecil bahan seperti kertas, kaca, atau batu.
-
Contoh: gambar bunga dari potongan kertas warna.
-
-
Teknik Kolase
-
Menempelkan berbagai bahan berbeda pada bidang gambar.
-
Contoh: membuat burung dari potongan majalah dan kain.
-
๐ฟ Contoh teknik seni rupa tiga dimensi:
-
Teknik Pahat (mengurangi bahan, seperti kayu atau batu).
-
Teknik Butsir (membentuk dengan tangan, misalnya tanah liat).
-
Teknik Cor (menuangkan bahan cair seperti semen atau logam cair ke cetakan).
-
Teknik Las (menyambung logam dengan panas).
๐ 2. Perbedaan Gaya dan Teknik Seni Rupa
| Aspek | Gaya Seni Rupa | Teknik Seni Rupa |
|---|---|---|
| Pengertian | Ciri khas atau cara seniman mengekspresikan diri dalam karya seni. | Cara atau metode dalam membuat karya seni rupa. |
| Bersifat | Subjektif (tergantung ekspresi dan pandangan seniman). | Praktis dan teknis (berhubungan dengan alat & bahan). |
| Contoh | Realisme, Ekspresionisme, Abstrak, Kubisme. | Aquarel, Plakat, Mozaik, Kolase, Pahat. |
| Tujuan | Menunjukkan identitas dan karakter karya seni. | Menentukan hasil visual dan tekstur karya seni. |
| Fokusnya | Bagaimana bentuk dan gaya visual ditampilkan. | Bagaimana karya dibuat secara teknis. |
๐ฏ 3. Contoh Penerapan Gaya dan Teknik
| Contoh Karya | Gaya | Teknik |
|---|---|---|
| Lukisan pemandangan yang tampak nyata | Naturalisme | Aquarel |
| Lukisan emosi dengan warna bebas | Ekspresionisme | Plakat |
| Gambar wajah dari titik-titik tinta | Realisme | Pointilis |
| Patung manusia dari tanah liat | Realisme | Butsir |
| Hiasan dinding dari potongan kaca | Abstrak | Mozaik |
๐ง 4. Rangkuman
-
Gaya seni rupa adalah ciri khas atau ekspresi visual dari karya seni.
-
Teknik seni rupa adalah cara atau proses pembuatan karya seni.
-
Keduanya saling melengkapi: gaya menunjukkan “bagaimana tampilannya”, sedangkan teknik menunjukkan “bagaimana cara membuatnya.”
✏️ 5. Latihan Sederhana
-
Jelaskan perbedaan antara gaya dan teknik dalam seni rupa!
-
Sebutkan 3 contoh gaya seni rupa beserta ciri-cirinya!
-
Sebutkan 3 teknik menggambar atau melukis yang kamu ketahui!
-
Buatlah gambar sederhana dengan gaya ekspresionisme menggunakan teknik plakat.
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Pengertian Hak dan Kewajiban
๐ข Hak
Hak adalah sesuatu yang kita peroleh atau pantas kita dapatkan setelah melakukan kewajiban atau karena status kita sebagai anggota keluarga.
➡️ Hak = sesuatu yang diterima.
Contoh hak dalam keluarga:
-
Mendapat kasih sayang dari orang tua.
-
Mendapat makanan, pakaian, dan tempat tinggal.
-
Mendapat pendidikan dan perhatian.
-
Mendapat rasa aman di rumah.
Hak adalah sesuatu yang kita peroleh atau pantas kita dapatkan setelah melakukan kewajiban atau karena status kita sebagai anggota keluarga.
➡️ Hak = sesuatu yang diterima.
Contoh hak dalam keluarga:
-
Mendapat kasih sayang dari orang tua.
-
Mendapat makanan, pakaian, dan tempat tinggal.
-
Mendapat pendidikan dan perhatian.
-
Mendapat rasa aman di rumah.
๐ต Kewajiban
Kewajiban adalah sesuatu yang harus kita lakukan dengan tanggung jawab.
➡️ Kewajiban = sesuatu yang harus dikerjakan.
Contoh kewajiban dalam keluarga:
-
Hormat dan patuh kepada orang tua.
-
Membantu pekerjaan rumah.
-
Menjaga kebersihan rumah dan lingkungan.
-
Belajar dengan rajin.
-
Menyayangi sesama anggota keluarga.
Kewajiban adalah sesuatu yang harus kita lakukan dengan tanggung jawab.
➡️ Kewajiban = sesuatu yang harus dikerjakan.
Contoh kewajiban dalam keluarga:
-
Hormat dan patuh kepada orang tua.
-
Membantu pekerjaan rumah.
-
Menjaga kebersihan rumah dan lingkungan.
-
Belajar dengan rajin.
-
Menyayangi sesama anggota keluarga.
2. Contoh Hak dan Kewajiban dalam Kehidupan Keluarga
Peran Anggota Keluarga Hak Kewajiban Anak Disayangi, dipenuhi kebutuhannya, diberi pendidikan. Patuh, sopan, membantu orang tua, belajar sungguh-sungguh. Ayah Dihormati oleh anggota keluarga, mendapat istirahat. Bekerja, melindungi dan memenuhi kebutuhan keluarga. Ibu Dihargai, dibantu oleh anggota keluarga. Mengurus rumah, mendidik anak, menyiapkan kebutuhan keluarga. Saudara Bermain dan mendapatkan perhatian. Saling menyayangi dan tidak bertengkar.
| Peran Anggota Keluarga | Hak | Kewajiban |
|---|---|---|
| Anak | Disayangi, dipenuhi kebutuhannya, diberi pendidikan. | Patuh, sopan, membantu orang tua, belajar sungguh-sungguh. |
| Ayah | Dihormati oleh anggota keluarga, mendapat istirahat. | Bekerja, melindungi dan memenuhi kebutuhan keluarga. |
| Ibu | Dihargai, dibantu oleh anggota keluarga. | Mengurus rumah, mendidik anak, menyiapkan kebutuhan keluarga. |
| Saudara | Bermain dan mendapatkan perhatian. | Saling menyayangi dan tidak bertengkar. |
3. Pentingnya Menjalankan Hak dan Kewajiban
Agar keluarga hidup harmonis dan bahagia, setiap anggota harus:
-
Menjalankan kewajiban dengan penuh tanggung jawab.
-
Menghormati dan tidak melanggar hak orang lain.
-
Bekerjasama dan saling tolong-menolong.
-
Menyelesaikan masalah dengan musyawarah.
MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN:- Buku MAPEL MATEMATIKA, P PANCASILA, SENI RUPA KELAS IV
- LCD
- VIDEO PEMBELAJARAN
- GAMBAR-GAMBAR
*METODE PEMBELAJARAN:
- Ceramah, tanya jawab, Discovery Learning
R REFLEKSI/KESIMPULAN:
Agar keluarga hidup harmonis dan bahagia, setiap anggota harus:
-
Menjalankan kewajiban dengan penuh tanggung jawab.
-
Menghormati dan tidak melanggar hak orang lain.
-
Bekerjasama dan saling tolong-menolong.
-
Menyelesaikan masalah dengan musyawarah.
- Buku MAPEL MATEMATIKA, P PANCASILA, SENI RUPA KELAS IV
- LCD
- VIDEO PEMBELAJARAN
- GAMBAR-GAMBAR
*METODE PEMBELAJARAN:
- Ceramah, tanya jawab, Discovery Learning
R REFLEKSI/KESIMPULAN:

0 Comments:
Posting Komentar