GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd
MATERI AJAR KELAS IV. B UNTUK HARI SELASA TANGGAL 16 SEPTEMBER 2025
Selamat pagi,,,,Tabik pun
Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha IV.B apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.
MAPEL MATEMATIKA
Tujuan Pembelajaran:
Murid mampu melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000.
MATERI AJAR MATEMATIKA
PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN CAMPURAN (SOAL CERITA)
1. Pengertian Operasi Campuran Penjumlahan dan Pengurangan
Operasi campuran adalah soal yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan dalam satu soal.
Contoh operasi campuran sederhana:
250 + 150 – 100 = 300
1.200 – 500 + 100 = 800
Urutan mengerjakan:
Kerjakan dari kiri ke kanan (jika hanya ada penjumlahan dan pengurangan).
2. Langkah-langkah Menyelesaikan Soal Cerita
Baca dan pahami soal cerita dengan teliti.
Tentukan informasi yang diketahui dan yang ditanyakan.
Tentukan operasi yang digunakan (penjumlahan/pengurangan atau keduanya).
Hitung langkah demi langkah.
Tulis jawaban lengkap dengan satuan.
3. Contoh Soal Cerita dan Pembahasannya
Contoh 1:
Dina memiliki 350 kelereng. Ia membeli lagi 120 kelereng, lalu memberi 100 kelereng kepada adiknya.
Berapa kelereng yang dimiliki Dina sekarang?
Penyelesaian:
Mula-mula: 350
Membeli: +120 → 350 + 120 = 470
Memberi adik: –100 → 470 – 100 = 370
Jawaban: Dina sekarang memiliki 370 kelereng.
Contoh 2:
Sebuah perpustakaan memiliki 1.500 buku. Dalam satu bulan, mereka menerima sumbangan 300 buku dan membuang 100 buku yang rusak.
Berapa jumlah buku sekarang?
Penyelesaian:
Awal: 1.500
Sumbangan: +300 → 1.500 + 300 = 1.800
Dibuang: –100 → 1.800 – 100 = 1.700
Jawaban: Sekarang ada 1.700 buku di perpustakaan.
Mata Pelajaran : P PANCASILA
Muriddapat menyebutkan contoh sikap dan
prilaku yang sesuai nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga, sekolah dan
masyarakat.
MATERI AJAR
Apa Itu Pancasila?
Pancasila adalah dasar negara kita, Indonesia.
Pancasila terdiri dari 5 sila, yaitu:
Sila ke- | Bunyi | Lambang |
---|---|---|
1 | Ketuhanan Yang Maha Esa | Bintang Emas |
2 | Kemanusiaan yang Adil dan Beradab | Rantai |
3 | Persatuan Indonesia | Pohon Beringin |
4 | Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan | Kepala Banteng |
5 | Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia | Padi dan Kapas |
A. UNSUR RUPA
-
Unsur rupa yang berbentuk garis dan bisa lurus, lengkung, atau patah-patah disebut ...
-
A. Warna
-
B. Garis
-
C. Tekstur
-
D. Bentuk
✅ Kunci: B
-
-
Unsur rupa yang membuat gambar menjadi terlihat terang dan gelap adalah ...
-
A. Bentuk
-
B. Warna
-
C. Gelap terang
-
D. Garis
✅ Kunci: C
-
-
Warna primer adalah warna dasar yang tidak bisa dibuat dari pencampuran warna lain. Contoh warna primer adalah ...
-
A. Merah, kuning, biru
-
B. Hijau, ungu, oranye
-
C. Putih, hitam, abu-abu
-
D. Merah muda, jingga, coklat
✅ Kunci: A
-
-
Permukaan benda bisa terasa halus atau kasar. Hal ini disebut ...
-
A. Garis
-
B. Tekstur
-
C. Ruang
-
D. Bentuk
✅ Kunci: B
-
-
Unsur rupa yang menunjukkan wujud dua atau tiga dimensi adalah ...
-
A. Warna
-
B. Garis
-
C. Bentuk
-
D. Titik
✅ Kunci: C
-
B. PRINSIP DESAIN – KESEIMBANGAN
-
Keseimbangan dalam gambar berarti ...
-
A. Gambar harus berwarna cerah
-
B. Semua sisi gambar memiliki berat visual yang seimbang
-
C. Semua gambar harus di tengah
-
D. Gambar harus simetris
✅ Kunci: B
-
-
Keseimbangan simetris adalah ...
-
A. Gambar berbeda di kanan dan kiri
-
B. Gambar tidak memiliki pusat perhatian
-
C. Gambar kiri dan kanan terlihat sama atau hampir sama
-
D. Gambar memiliki banyak warna
✅ Kunci: C
-
-
Contoh gambar yang menunjukkan keseimbangan simetris adalah ...
-
A. Gambar pemandangan dengan gunung di satu sisi
-
B. Gambar wajah manusia dari depan
-
C. Gambar rumah dari samping
-
D. Gambar pohon condong ke kanan
✅ Kunci: B
-
-
Keseimbangan asimetris artinya ...
-
A. Kiri dan kanan sama persis
-
B. Tidak ada keseimbangan sama sekali
-
C. Kiri dan kanan berbeda tapi tetap seimbang dilihat
-
D. Gambar diletakkan di tengah
✅ Kunci: C
-
-
Agar gambar terlihat seimbang, sebaiknya elemen gambar ...
-
A. Hanya di satu sisi saja
-
B. Ditempatkan dengan warna gelap saja
-
C. Disusun merata atau dengan pertimbangan visual yang adil
-
D. Diberi warna terang semua
✅ Kunci: C
MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN:
- Buku MAPEL MATEMATIKA, P PANCASILA, SENI RUPA KELAS IV
- LCD
- GAMBAR
- VIDEO
*METODE PEMBELAJARAN:
- Ceramah, tanya jawab, pengamatan, diskusi, PBL
REFLEKSI/KESIMPULAN:
2 Comments:
Assalamualaikum bu guru, Naura sudah membaca bloger dan mencatat
Assalamualaikum buguru Nana sudah membaca bloger ibu
Posting Komentar