GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd
MATERI AJAR KELAS IV. B UNTUK HARI SENIN TANGGAL 22 SEPTEMBER 2025
Selamat pagi,,,,Tabik pun
Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha IV.B apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.
MAPEL MATEMATIKA
Tujuan Pembelajaran:
Murid mampu melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000.
MATERI AJAR MATEMATIKA
PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN CAMPURAN (SOAL CERITA)
1. Pengertian Operasi Campuran Penjumlahan dan Pengurangan
Operasi campuran adalah soal yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan dalam satu soal.
Contoh operasi campuran sederhana:
250 + 150 – 100 = 300
1.200 – 500 + 100 = 800
Urutan mengerjakan:
Kerjakan dari kiri ke kanan (jika hanya ada penjumlahan dan pengurangan).
2. Langkah-langkah Menyelesaikan Soal Cerita
Baca dan pahami soal cerita dengan teliti.
Tentukan informasi yang diketahui dan yang ditanyakan.
Tentukan operasi yang digunakan (penjumlahan/pengurangan atau keduanya).
Hitung langkah demi langkah.
Tulis jawaban lengkap dengan satuan.
3. Contoh Soal Cerita dan Pembahasannya
Contoh 1:
Dina memiliki 350 kelereng. Ia membeli lagi 120 kelereng, lalu memberi 100 kelereng kepada adiknya.
Berapa kelereng yang dimiliki Dina sekarang?
Penyelesaian:
Mula-mula: 350
Membeli: +120 → 350 + 120 = 470
Memberi adik: –100 → 470 – 100 = 370
Jawaban: Dina sekarang memiliki 370 kelereng.
Contoh 2:
Sebuah perpustakaan memiliki 1.500 buku. Dalam satu bulan, mereka menerima sumbangan 300 buku dan membuang 100 buku yang rusak.
Berapa jumlah buku sekarang?
Penyelesaian:
Awal: 1.500
Sumbangan: +300 → 1.500 + 300 = 1.800
Dibuang: –100 → 1.800 – 100 = 1.700
Jawaban: Sekarang ada 1.700 buku di perpustakaan.
Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA
ELEMEN :
berbicara dan mempresentasikan
Tujuan Pembelajaran (TP 7)
Melalui diskusi kelompok, peserta didik dapat mengemukakan pendapat dengan jelas, dengan suara dan intonasi yang baik
CP
Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Peserta didik mampu terlibat secara aktif dalam suatu percakapan dan diskusi sesuai tata cara. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi mengenai hal-hal di lingkungan sekitar.
Materi :
Materi Bahasa Indonesia Kelas 4
Mengemukakan Pendapat dalam Diskusi Kelompok
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa diharapkan dapat:
Mengemukakan pendapat dengan jelas dalam diskusi kelompok.
Menggunakan suara yang cukup keras dan intonasi yang tepat saat berbicara.
Menghargai pendapat teman dalam diskusi.
B. Pengertian Diskusi Kelompok
Diskusi kelompok adalah kegiatan bertukar pikiran atau membahas suatu topik bersama beberapa orang dalam satu kelompok.
Tujuannya adalah:
Menyelesaikan masalah bersama.
Mendapatkan ide atau pendapat yang beragam.
Melatih kerja sama dan rasa saling menghargai.
C. Cara Mengemukakan Pendapat yang Baik
Agar pendapat kita mudah dipahami dalam diskusi, perhatikan hal-hal berikut:
1. Berbicara dengan Jelas
Ucapkan kata-kata dengan benar dan tidak terburu-buru.
Gunakan kalimat yang mudah dipahami.
2. Gunakan Suara yang Cukup Keras
Jangan terlalu pelan atau terlalu keras.
Pastikan teman satu kelompok bisa mendengarkan dengan nyaman.
3. Gunakan Intonasi yang Tepat
Naik-turunkan suara sesuai dengan bagian penting dari kalimat.
Jangan berbicara dengan nada datar.
4. Sampaikan Pendapat dengan Sopan
Gunakan kata-kata seperti:
“Menurut saya...”
“Saya berpendapat bahwa...”
“Kalau saya boleh menyarankan...”
4. Sampaikan Pendapat dengan Sopan
Gunakan kata-kata seperti:
“Menurut saya...”
“Saya berpendapat bahwa...”
“Kalau saya boleh menyarankan...”
5. Hargai Pendapat Orang Lain
Jangan memotong pembicaraan teman.
Dengarkan dengan baik.
Tidak mengejek pendapat orang lain, walaupun berbeda.
D. Contoh Situasi Diskusi
Topik: "Apakah kantin sekolah sebaiknya menjual jajanan sehat saja?"
Contoh siswa menyampaikan pendapat:
“Menurut saya, kantin sekolah sebaiknya hanya menjual jajanan sehat, karena bisa menjaga kesehatan kita. Makanan tidak sehat bisa membuat sakit.”
Perhatikan:
- Kalimat jelas.
- Suara terdengar oleh semua teman.
- Intonasi tegas dan tidak monoton.
- Pendapat disampaikan dengan sopan.
E. Latihan
Tugas Kelompok:
Bentuk kelompok kecil (4–5 orang). Diskusikan topik berikut:
“Apakah kita perlu membawa bekal dari rumah setiap hari?”
Setiap siswa harus menyampaikan pendapatnya.
Penilaian:
1. Apakah pendapat disampaikan dengan jelas?
2. Apakah suara cukup terdengar?
3. Apakah intonasi digunakan dengan baik?
4. Apakah menghargai pendapat teman?
MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN:
- Buku MAPEL MATEMATIKA KELAS IV
- LCD
- GAMBAR
- VIDEO
- SOAL ULANGAN
*METODE PEMBELAJARAN:
- Ceramah, tanya jawab, pengamatan, diskusi, PBL
REFLEKSI/KESIMPULAN:
2 Comments:
Assalamualaikum bu guru, Naura sudah membaca bloger dan mencatat
Assalamualaikum Bu EL.. Rafa sudah membaca..
Posting Komentar