Rabu, 17 September 2025

BAHASA INDONESIA, IPAS

By elfida fida - September 17, 2025

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS IV. B UNTUK HARI KAMIS TANGGAL 18 SEPTEMBER 2025



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha IV.B apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha. 

MATA PELAJARAN ; BAHASA INDONESIA

Alat Peraga : Lembar Soal Sumatif Harian

Metode Pembelajaran : Penugasan

Latihan Soal Bahasa Indonesia

1. Kata “mendaki” pada kalimat “Mereka mendaki gunung dengan semangat,” berarti...

a. turun
b. naik
c. berlari
d. berjalan

2. Kalimat: “Pak Dedi sangat telaten merawat tanaman di kebunnya.” Kata telaten artinya...
a. ceroboh
b. sabar dan hati-hati
c. malas
d. cepat

3. Dalam kalimat: “Orang yang mengalami fobia biasanya merasa cemas,” kata cemas berarti...
a. senang
b. khawatir atau gelisah
c. marah
d. tenang

4. Kalimat: “Rasa takut yang sangat kuat itu membuat seseorang tidak bisa tenang.” Kata tenang berarti...
a. gelisah
b. khawatir
c. damai dan tidak takut
d. marah

5. Kata bisa memiliki dua arti yang berbeda, yaitu bisa sebagai racun dan bisa sebagai mampu. Kalimat mana yang menggunakan kata bisa dengan arti racun?
a. Ular itu memiliki bisa yang sangat berbahaya.
b. Saya bisa menyelesaikan tugas ini.
c. Dia bisa bermain piano dengan baik.
d. Kami bisa pergi ke taman besok.

6. Kalimat mana yang menggunakan kata pisang dengan arti jamak?
a. Saya makan pisang setiap pagi.
b. Pisang-pisang di kebun sudah matang semua.
c. Dia membeli pisang di pasar.
d. Pisang itu rasanya manis.

7. Kalimat mana yang menggunakan kata batang sebagai homonim yang berarti bagian dari tanaman?
a. Saya memegang batang kayu itu.
b. Batang tubuh manusia terdiri dari kepala dan anggota tubuh.
c. Dia menemukan batang besi di sungai.
d. Batang pohon itu sangat besar.

8. Jika dalam teks ada kata “berkeliling”, artinya...
a. berjalan di satu tempat saja
b. mengitari atau berjalan di sekitar tempat
c. diam di tempat
d. berlari cepat

BACALAH TEKS CERITA DIBAWAH INI!
Awas
Rudi berangkat lebih pagi. Kelompoknya piket hari ini. Mereka sudah berbagi tugas. Tugas Rudi menyapu kelas.

Aduh, lampu lalu lintas sudah berganti kuning. Rudi tahu dia harus bersiap-siap untuk berhenti. 

Rudi tidak sabar menunggu lampu lalu lintas di depannya berganti hijau. Rasanya sungguh lama. 

Sudah tidak ada kendaraan lagi dari sebelah kanan dan kiri.

Jalan di depannya kosong. Ah, aman, pikir Rudi. Dia  mengayuh pedal dan bersiap untuk melaju sekencang-kencangnya.
Rudi
Tiba-tiba … Teeeeeeet! Bunyi klakson memekakkan telinga.  Sebuah sepeda motor tiba-tiba melaju mendekatinya.

Rudi sangat terkejut, tetapi dia sigap  mengerem. Pengendara sepeda motor juga mengerem, tetapi dia terjatuh.

Untunglah, pengendara sepeda motor itu tidak terluka. Sepeda motornya juga tidak rusak.

“Kamu tidak apa-apa?” seorang ibu bertanya kepada Rudi.
Gambar Rudi
“Kenapa kamu sudah maju? Di sebelah sana lampu lalu lintas masih hijau, berarti di sini masih merah!” kata pengendarasepeda motor dengan kesal. “Itu berbahaya!”

Rudi hanya bisa berkata, “Maaf, Bang.” Dia masih terkejut dan sekarang mulai merasa takut. 

“Sudah, sabar. Yang penting tidak ada yang terluka,” kata ibu itu menengahi. “Kalian tidak pakai helm, itu juga berbahaya!”

“Hati-hati, ya, Nak,”pesan ibu itu.

9. Dia  mengayuh pedal dan bersiap untuk melaju sekencang-kencangnya. Mengayuh artinya...
a. menarik 
b. berlari
c. memutar
d. menggoes

10. Tiba-tiba … Teeeeeeet! Bunyi________memekakkan telinga.  Sebuah sepeda motor tiba-tiba melaju mendekatinya. kata yang tepat untuk melengkapai kalimat di atas yaitu....
a. ambulans
b. sirine
c. bel
d. klakson

11. Buatlah kalimat dengan kata berat yang memiliki arti berbeda, lalu jelaskan perbedaannya!

12. Kata bisa dalam kalimat “Ia bisa menyanyi dengan indah” memiliki arti berbeda dengan kata bisa dalam kalimat “Ular memiliki bisa yang mematikan.”
Jelaskan arti kata bisa pada kalimat kedua!

13. a. Kata dasar lari jika diberi imbuhan ber- menjadi....
      b. Kata dasar baca jika diberi imbuhan me- menjadii...

14. Jika kamu tidak setuju saat guru memilih ketua kelas, bagaimana kamu akan menyampaikan pendapatmu?

15. lengkapi kalimat dibawah ini menggunakan kata penghubung (lalu, kemudian atau akhirnya)
"Kami pergi ke kebun binatang. ________, kami melihat gajah.
"Setelah melihat gajah, kami naik kereta.________, kami membeli es krim.
"Kami pulang sore hari. __________, saya merasa sangat lelah tapi senang."

Mata Pelajaran : IPAS

Alat Peraga : Buku IPAS, Video, Gambar-gambar

Metode Pembelajaran : PBL

A. Pengertian Lingkungan

Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar kita, baik yang hidup (makhluk hidup) maupun yang tidak hidup (benda mati), yang saling berhubungan dan memengaruhi.

Komponen Lingkungan:

  1. Makhluk hidup (Biotik):

    • Manusia

    • Hewan

    • Tumbuhan

  2. Benda tak hidup (Abiotik):

    • Air

    • Udara

    • Tanah

    • Cahaya matahari

    • Suhu

 Contoh lingkungan: hutan, sungai, sawah, sekolah, taman kota


B. Jenis-jenis Lingkungan

  1. Lingkungan Alam:

    • Terbentuk secara alami tanpa campur tangan manusia.

    • Contoh: hutan, sungai, gunung, laut.

  2. Lingkungan Buatan:

    • Dibuat atau dibentuk oleh manusia.

    • Contoh: taman kota, kolam ikan, kebun, bendungan.


C. Contoh Masalah Lingkungan

Lingkungan dapat mengalami kerusakan jika tidak dijaga dengan baik. Beberapa contoh masalah lingkungan antara lain:

NoMasalah Lingkungan           Penyebab                                                   Dampak
1Sampah berserakan         Tidak membuang sampah pada            tempatnyaMenyumbat saluran air, bau
2Polusi udara                Asap kendaraan, pabrik       Sulit bernapas, sakit paru-paru
3Penebangan pohon liar   Penebangan tanpa reboisasi      Banjir, tanah longsor
4Pencemaran air          Limbah rumah tangga dan industri     Air kotor, ikan mati
5Kekeringan             Pemborosan air, perubahan iklim       Kekurangan air bersih

Contoh gambar masalah lingkungan;

Pencemaran air:


Pencemaran udara;


Membuang sampah sembarangan:


Membakar hutan:



Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat lima waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb.

REFLEKSI PEMBELAJARAN:


2 Comments:

Nauranisa fauzi wibowo mengatakan...

Assalamualaikum bu guru, Naura sudah membaca bloger dan mencatat

M Rafa Setiawan Bs mengatakan...

Assalamualaikum Bu.. Rafa sudah membaca.. 🙏

Posting Komentar

BAHASA INDONESIA, IPAS

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS IV. B UNTUK HARI KAMIS TANGGAL 18 SEPTEMBER 2025   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaiku...

 

Elfida Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea