GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd
MATERI AJAR KELAS IV.B UNTUK HARI SENIN TANGGAL 25 AGUSTUS 2025
Selamat pagi,,,,Tabik pun
Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha IV.B apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.
MAPEL MATEMMATIKA
TUJUAN PEMBELAJARAN:
Murid dapat mengerjakan sumatif harian tentang bilangan cacah, membaca,menulis,menentukan nilai tempat,membandingkan, mengurutkan bilangan cacah dengan baik.
SOAL-SOAL LATIHAN UNTUK SUMATIF HARIAN:
A. PILIHAN GANDA (PG)
Pilihlah jawaban yang paling tepat!
Lambang bilangan dari "dua ribu tiga ratus lima belas" adalah ...
a. 2315
b. 2305
c. 2135
d. 2351Angka 6 pada bilangan 6.482 menempati nilai tempat ...
a. satuan
b. puluhan
c. ratusan
d. ribuanBilangan cacah yang terletak di antara 4.675 dan 4.677 adalah ...
a. 4.673
b. 4.674
c. 4.676
d. 4.678Bilangan 8.103 jika ditulis dengan huruf menjadi ...
a. Delapan ratus tiga
b. Delapan ribu seratus tiga
c. Delapan puluh ribu seratus tiga
d. Delapan ribu tigaManakah urutan bilangan dari yang terbesar ke terkecil?
a. 3.200, 3.150, 3.100
b. 3.150, 3.100, 3.200
c. 3.100, 3.150, 3.200
d. 3.200, 3.100, 3.150Bilangan "tiga ribu enam ratus dua puluh lima" ditulis dalam angka sebagai ...
a. 3625
b. 3265
c. 3605
d. 3620Bilangan yang lebih besar dari 6.240 tetapi lebih kecil dari 6.300 adalah ...
a. 6.200
b. 6.310
c. 6.270
d. 6.3302.730 ... 2.703
Tanda perbandingan yang tepat untuk mengisi titik-titik adalah ...
a. >
b. <
c. =
d. ≠Tulisan angka dari "delapan ribu delapan puluh delapan" adalah ...
a. 8008
b. 8800
c. 8088
d. 8888Manakah di antara bilangan berikut yang nilainya paling kecil?
a. 7.530
b. 7.503
c. 7.350
d. 7.035
B. ISIAN SINGKAT
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!
Bilangan setelah 7.899 adalah ____________.
Nilai tempat dari angka 5 dalam bilangan 5.476 adalah ____________.
Tuliskan dengan angka: Tujuh ribu dua puluh lima = ____________.
Urutkan bilangan berikut dari yang terbesar ke terkecil: 3.015, 3.105, 3.150 = ____________.
Bilangan yang terletak di antara 4.120 dan 4.122 adalah ____________.
MAPEL BAHASA INDONESIA
TUJUAN PEMBELAJARAN:
Melalui kegiatan mengisi tabel homonim, peserta didik dapat memahami kata-kata yang memiliki makna jamak dengan tepat
MATERI AJAR BAHASA INDONESIA KOSA KATA ARTI GANDA ATAU JAMAK
Apa itu Kosa Kata Arti Ganda? 🤔
Kosa kata arti ganda, atau yang sering disebut homonim, adalah kata-kata yang memiliki bentuk tulisan dan pelafalan yang sama, tetapi memiliki arti yang berbeda. Arti dari kata tersebut akan berubah tergantung pada kalimat di mana kata itu digunakan.
Contoh sederhananya seperti kata "Bisa".
Bisa berarti racun.
Contoh kalimat: "Ular kobra memiliki bisa yang mematikan."
Bisa berarti mampu atau dapat melakukan sesuatu.
Contoh kalimat: "Saya bisa menyelesaikan pekerjaan rumah ini dengan cepat."
Nah, dari contoh di atas, kamu bisa melihat bahwa kata "bisa" memiliki dua arti yang berbeda, meskipun bentuknya sama. Kita harus melihat kalimatnya untuk tahu arti yang sebenarnya.
Contoh Kosa Kata Arti Ganda Lainnya
Agar lebih mudah memahaminya, kita lihat contoh-contoh lain:
Kata: "Jam"
Arti 1: Alat penunjuk waktu.
Contoh: "Saya memakai jam tangan baru."
Arti 2: Buah jambu.
Contoh: "Ayah memetik jam di kebun."
Kata: "Rapat"
Arti 1: Pertemuan.
Contoh: "Ayah sedang menghadiri rapat di kantor."
Arti 2: Tidak ada celah.
Contoh: "Tali itu terikat sangat rapat."
Kata: "Buku"
Arti 1: Kumpulan kertas yang berisi tulisan atau gambar.
Contoh: "Aku membaca buku cerita di kamar."
Arti 2: Ruas pada bagian tertentu (misalnya pada jari atau bambu).
Contoh: "Jari tanganku memiliki dua buku."
Kata: "Hak"
Arti 1: Bagian bawah sepatu.
Contoh: "Sepatu ibu memiliki hak yang tinggi."
Arti 2: Milik atau kewenangan.
Contoh: "Setiap warga negara memiliki hak untuk memilih."
Pengertian
1. Kosa Kata Arti Ganda
Kosa kata arti ganda adalah kata yang memiliki lebih dari satu makna tergantung pada konteks kalimatnya.
🟢 Contoh:
Kata | Kalimat 1 | Makna 1 | Kalimat 2 | Makna 2 |
---|---|---|---|---|
Kepala | Kepala sekolah memimpin rapat. | Pemimpin | Ayah memegang kepala adik. | Bagian tubuh |
Buku | Saya membeli buku baru di toko. | Bacaan | Tangannya terjepit di buku pintu. | Penutup pintu/jendela |
Berat | Beban itu sangat berat. | Tidak ringan | Berat rasanya meninggalkan kampung halaman. | Sulit/sedih |
2. Kosa Kata Jamak
Kosa kata jamak adalah kata yang menyatakan lebih dari satu orang, benda, atau hal.
🟢 Ciri-ciri Kosa Kata Jamak:
-
Menggunakan kata ulang (kata yang diulang dua kali).
-
Menggunakan kata penunjuk jumlah seperti para, beberapa, semua, dll.
🟢 Contoh:
Kata Jamak | Kalimat | Arti |
---|---|---|
Anak-anak | Anak-anak itu sedang bermain di taman. | Lebih dari satu anak |
Buku-buku | Buku-buku di perpustakaan sangat banyak. | Lebih dari satu buku |
Para guru | Para guru sedang rapat di ruang guru. | Sekumpulan guru |
Beberapa siswa | Beberapa siswa belum hadir. | Sebagian siswa |
Latihan:
1. Pilihlah arti kata yang sesuai dengan kalimat berikut ini!
a. Bintang itu sangat terang di langit.
b. Rani adalah bintang kelas di sekolahnya.
Apa arti kata “bintang” pada kalimat (a) dan (b)?
👉 Jawaban:
(a) Benda langit
(b) Seseorang yang terkenal/paling menonjol
2. Lingkari kata jamak pada kalimat berikut!
a. Ibu membeli sayur-sayuran di pasar.
b. Para siswa sedang mengerjakan ujian.
c. Adik menyusun mainan di rak.
👉 Jawaban:
-
Kata jamak: sayur-sayuran, para siswa, mainan
3. Buatlah masing-masing 2 kalimat dengan kata arti ganda berikut:
-
Tangan
-
Ibu
-
Daun
Tangan
Ibu
Daun
Contoh:
Tangan
-
Ayah menggandeng tangan adik saat menyebrang.
-
Dia adalah tangan kanan kepala desa. (artinya: orang kepercayaan)
KESIMPULAN
-
Kata yang sama bisa memiliki arti berbeda tergantung konteks.
-
Kata jamak menunjukkan jumlah lebih dari satu, bisa dengan pengulangan atau kata penunjuk jumlah.
Kata yang sama bisa memiliki arti berbeda tergantung konteks.
Kata jamak menunjukkan jumlah lebih dari satu, bisa dengan pengulangan atau kata penunjuk jumlah.
MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN:
- Buku MAPEL BAHASA INDONESIA, MATEMATIK KELAS IV
- LCD
- GAMBAR
- VIDEO
*METODE PEMBELAJARAN:
- Ceramah, tanya jawab, pengamatan, diskusi, PBL
REFLEKSI/KESIMPULAN:
1 Comments:
Assalamualaikum bu guru, Naura sudah membaca dan mencatat bloger ibu
Posting Komentar