Rabu, 13 Agustus 2025

IPAS DAN SENI RUPA

By elfida fida - Agustus 13, 2025

 GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS IV. B UNTUK HARI KAMIS TANGGAL 14 AGUSTUS 2025



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha IV.B apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.

E   ELEMEN: PEMAHAMAN IPAS

    TUJUAN PEMBELAJARAN: 

     Mengidentifikasi bentuk dan fungsi pancaindra manusia serta cara menjaga kesehatannya.

      ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN:

Murid dapat mengerjakan sumatif harian dengan baik dan benar.

SOAL-SOLA LATIHAN SUMATIF IPAS:

Pilihan Ganda (Pilihlah jawaban yang paling tepat!)

  1. Mata adalah pancaindra yang berfungsi untuk …
    a. Mencium bau
    b. Melihat
    c. Merasa
    d. Mendengar

  2. Alat pancaindra yang digunakan untuk mendengar adalah …
    a. Hidung
    b. Telinga
    c. Lidah
    d. Kulit

  3. Bagian lidah yang peka terhadap rasa manis terletak di …
    a. Ujung lidah
    b. Samping lidah
    c. Tengah lidah
    d. Pangkal lidah

  4. Hidung memiliki fungsi utama untuk …
    a. Melihat
    b. Mendengar
    c. Mengecap
    d. Mencium bau

  5. Kulit kita berfungsi sebagai alat peraba untuk merasakan …
    a. Suara
    b. Gambar
    c. Tekanan, panas, dan dingin
    d. Rasa makanan

  6. Cara menjaga kesehatan mata adalah …
    a. Membaca sambil tiduran
    b. Menonton TV terlalu dekat
    c. Menggunakan pencahayaan yang cukup saat membaca
    d. Membaca di tempat gelap

  7. Berikut ini yang termasuk cara menjaga kesehatan telinga adalah …
    a. Mengorek telinga dengan benda tajam
    b. Mendengarkan musik dengan volume sangat keras
    c. Menjaga telinga tetap bersih
    d. Memasukkan air ke dalam telinga

  8. Untuk menjaga kesehatan hidung, kita harus …
    a. Bernafas di tempat berdebu
    b. Menutup hidung saat ada bau harum
    c. Menjaga kebersihan lingkungan
    d. Tidak mandi setiap hari

  9. Agar kulit tetap sehat, kita harus …
    a. Bermain di bawah sinar matahari tanpa pelindung
    b. Jarang mandi
    c. Menjaga kebersihan tubuh dan memakai tabir surya
    d. Menggaruk kulit sampai luka

  10. Makanan yang terlalu panas dapat merusak kesehatan …
    a. Telinga
    b. Mata
    c. Lidah
    d. Hidung


B. Isian Singkat (Isilah dengan jawaban yang benar!)

  1. Alat pancaindra manusia ada sebanyak ______

  2. Fungsi utama mata adalah untuk ______.

  3. Telinga berfungsi untuk mendengar _______

  4. Agar pancaindra tetap sehat, kita harus menjaga _______Kulit dapat merasakan panas, dingin, dan _______


    REMEDIAL DAN PENGAYAAN MAPEL SENI RUPA

TU  TUJUAN PEMBELAJARAN: 

    1. Mengidentifikasi berbagai unsur rupa (titik, garis, bidang, bentuk, warna, tekstur, dan gelap terang) yang ada di lingkungan sekitar.

2.    2.  Menjelaskan prinsip-prinsip desain (kesatuan, keseimbangan, irama, proporsi, penekanan, keselarasan) berdasarkan pengamatan objek nyata di sekitar mereka. 

      Dalam mapel Seni Rupa guru mengadakan kegiatan remedial terhadap murid yang mendapatkan nilai di bawah KKM, yaitu dengan menjelaskan dan memberikan tugas kembali. Sedanghkan kegiatan pengayaan diberikan kepada murdi yang mendapatkan nilai di atas KKM.

m   

M  Materi yang diberikan kembali adalah sebagai berikut:

       Pengertian Sketsa

  • Sketsa adalah gambar awal atau rancangan dasar sebelum dibuat gambar yang lebih detail.

  • Sketsa bisa berupa garis-garis sederhana untuk membentuk suatu objek.


👕 Apa Itu Pakaian Kasual?

  • Pakaian kasual adalah pakaian yang biasa digunakan untuk kegiatan sehari-hari, seperti di rumah, pergi ke taman, atau bermain dengan teman.

  • Contoh: kaus oblong, celana pendek, celana jeans, rok santai, hoodie, sepatu kets.


✏️ Langkah-langkah Menggambar Sketsa Pakaian Kasual

1. Gambar Tubuh Manusia Secara Sederhana (Model)

  • Gambar badan dengan bentuk seperti manekin (manusia tongkat).

  • Cukup buat bentuk dasar: kepala, badan, tangan, kaki.

2. Tambahkan Bentuk Pakaian

  • Gambar kaus, celana, rok, jaket, atau pakaian santai lainnya di atas tubuh model tadi.

  • Tambahkan aksesoris seperti topi atau tas jika diinginkan.

3. Perjelas Garis Sketsa

  • Gunakan pensil lebih tebal atau spidol untuk menegaskan garis pakaian.

4. Beri Warna

  • Warnai pakaian dengan warna yang sesuai dan kreatif.

  • Gunakan crayon, pensil warna, atau spidol warna.


🧥 Contoh Pakaian Kasual yang Bisa Digambar:

JenisContoh Sketsa
Atasan               Kaus oblong, kemeja santai
Bawahan               Celana pendek, rok, celana panjang
Aksesoris                 Topi, tas selempang, sepatu

MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN:

- Buku MAPEL IPAS, SENI RUPA KELAS IV

- LCD

- GAMBAR

- VIDEO

*METODE PEMBELAJARAN:

- Ceramah, tanya jawab, pengamatan, diskusi, PBL

 REFLEKSI/KESIMPULAN:
Alhamdulillah kegiatan pembelajaran hari ini berjalan dengan baik yang mana hari ini para murid melaksanakan semati harian pertama mapel kipas Mater tentang Pak Indra dalam hasil yang diraih Apa yang dicapai para murid Aminah mendapatkan nilai yang terbaik

2 Comments:

M Rafa Setiawan Bs mengatakan...

Assalamualaikum Bu El.. Rafa sudah membaca blogernya.. 🙏

Halo buguru aku nana mengatakan...

Assalamualaikum buguru maaf Nana telat membaca bloger ibu

Posting Komentar

PENDIDIKAN PANCASILA

  GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS IV. B UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 22 AGUSTUS 2025   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaiku...

 

Elfida Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea