Senin, 25 Agustus 2025

MATEMATIKA, P PANCASILA, SENI RUPA

By elfida fida - Agustus 25, 2025

 GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS IV.B UNTUK HARI SELASA TANGGAL 26 AGUSTUS 2025



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha IV.B apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.

MAPEL MATEMMATIKA

TUJUAN PEMBELAJARAN:

Murid dapat menyelesaikan  masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.

MATERI AJAR SOAL CERITA YANG MELIBATKAN OPERASI HITUNG UANG PERKALIAN DNA PEMBAGIAN

 Penjelasan Materi

1. Operasi Perkalian Uang

Digunakan ketika kita ingin mengetahui total harga beberapa barang yang sama.

Contoh:
Harga 1 buku = Rp5.000
Jika membeli 3 buku, maka total uang yang dibutuhkan:
➡️ Rp5.000 × 3 = Rp15.000

2. Operasi Pembagian Uang

Digunakan ketika kita ingin mengetahui harga satuan atau pembagian uang secara rata.

Contoh:
Uang Rp20.000 dibagikan kepada 4 orang sama banyak.
➡️ Rp20.000 ÷ 4 = Rp5.000 per orang


 Contoh Soal Cerita

✏️ Soal 1 – Perkalian

Ibu membeli 6 bungkus nasi goreng. Harga satu bungkus adalah Rp12.000.
Berapa total uang yang harus dibayar Ibu?

✅ Jawaban:
Rp12.000 × 6 = Rp72.000


✏️ Soal 2 – Perkalian

Ali membeli 4 pensil. Harga satu pensil adalah Rp2.500.
Berapa total harga semua pensil?

✅ Jawaban:
Rp2.500 × 4 = Rp10.000


✏️ Soal 3 – Pembagian

Dina memiliki uang Rp36.000 dan ingin membagikannya sama rata kepada 3 temannya.
Berapa uang yang diterima setiap teman?

✅ Jawaban:
Rp36.000 ÷ 3 = Rp12.000


✏️ Soal 4 – Pembagian

Satu pak permen berisi 10 permen dan harganya Rp15.000.
Jika Dito ingin membeli 1 permen saja, berapa harga satu permen?

✅ Jawaban:
Rp15.000 ÷ 10 = Rp1.500


✏️ Soal 5 – Campuran (Perkalian dan Pembagian)

Andi membeli 5 kotak kue. Setiap kotak berisi 8 kue, dan harga satu kue adalah Rp2.000.
Berapa total uang yang harus dibayar Andi?

✅ Langkah:

  • Total kue: 5 × 8 = 40 kue

  • Total harga: 40 × Rp2.000 = Rp80.000


 Latihan Soal Mandiri

  1. Rina membeli 7 potong roti. Jika harga satu roti Rp4.000, berapa total uang yang harus dibayar?

  2. Uang Rp60.000 dibagi kepada 5 anak sama rata. Berapa uang yang diterima setiap anak?

  3. Sebuah toko menjual 1 lusin gelas seharga Rp48.000. Berapa harga 1 gelas?

  4. Deni membeli 3 kotak pensil. Setiap kotak berisi 12 pensil, dan harga satu pensil adalah Rp1.500. Berapa total yang harus dibayar?

  5. Ayah membeli 4 bungkus gula. Harga satu bungkus gula adalah Rp13.000. Berapa total harga?


 Kesimpulan:

👉 Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering melakukan pembelian atau pembagian uang. Dengan memahami operasi perkalian dan pembagian, kita bisa menyelesaikan soal-soal cerita dengan tepat dan cepat.

MATA PELAJARAN SENI RUPA

TUJUAN PEMBELAJARAN: 

Menghubungkan dua atau lebih unsur rupa dengan satu prinsip desain dalam satu karya atau objek visual.

MATERI AJAR SENI RUPA:  MENGHUBUNGKAN DUA ATAU LEBIH UNSUR RUPA

Menghubungkan Unsur Rupa

Menghubungkan unsur rupa berarti menggabungkan dua atau lebih unsur rupa untuk membuat karya seni yang menarik dan bermakna.

Menggabungkan dua atau lebih unsur rupa dengan satu prinsip desain dalam satu karya atau objek visual berarti menciptakan sebuah karya seni dengan menggabungkan elemen-elemen dasar seni (seperti garis, bentuk, warna, tekstur, dll.) dengan prinsip desain (seperti kesatuan, keseimbangan, irama, penekanan, dll.) untuk mencapai tujuan artistik tertentu.

Contoh Penggabungan:

  1. Garis + Warna
    Membuat gambar pelangi dari garis lengkung yang diberi warna-warni.

  2. Bentuk + Warna + Tekstur
    Membuat kolase dari potongan kertas berwarna dan berbeda tekstur.

  3. Garis + Bentuk
    Menggambar rumah menggunakan bentuk segitiga dan persegi, lalu diberi garis jendela dan pintu.


Contoh gambar :






MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN:

- Buku MAPEL MATEMATIKA, P PANCASILA, BAHASA INDONESIA KELAS IV

- LCD

- VIDEO PEMBELAJARAN

- UANG-UANGAN

- GAMBAR-GAMBAR

*METODE PEMBELAJARAN:

- Ceramah, tanya jawab, PBL

 REFLEKSI/KESIMPULAN:
Alhamdulillah kegiatan pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan hari ini para murid belajar mata pelajaran matematika tentang masalah yang berkaitan dengan uang baik itu operasi hitung penjumlahan pengurangan perkalian dan pembagian titik dalam pembelajaran ini para murid mempraktekkan cara berdagang dengan menggunakan uang palsu dan dikasih atau diberikan label pada makanan yang akan dijual titik nanti para murid ada yang membeli ada yang menjual dengan harga yang sudah ditetapkan atau yang dicantumkan lalu Nanti dibayar dengan uang-uangan supaya para murid paham Berapa jumlah belanjaannya berapa kembalian Uangnya Dan berapa uang yang akan dibayarkan, dalam hal ini hampir semua murid memahami materi ini cuman ada beberapa  murid yang masih kurang memahami atau bingung dalam mengembalikan uang belanjaan para pembeli.
Berikut dokumentasi kegiatan pembelajaran hari ini:











2 Comments:

Bunda almoz mengatakan...

Assalamualikum bu elfida alkalisya mozar sdh membaca dan merangkum sedikit blogger bu el

Nauranisa fauzi wibowo mengatakan...

Assalamualaikum bu guru, Naura sudah membaca bloger dan mencatat

Posting Komentar

IPAS, BAHASA INDONESIA

  GURU KELAS IV. B: ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS IV.B UNTUK HARI KAMIS TANGGAL 04 SEPTEMBER 2025   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaik...

 

Elfida Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea