Minggu, 03 Agustus 2025

MATEMATIKA, BAHASA INDONESIA

By elfida fida - Agustus 03, 2025

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS IV.B UNTUK HARI SENIN TANGGAL 04 AGUSTUS 2025



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha IV.B apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.

MAPEL MATEMMATIKA

ELEMEN: BILANGAN

TUJUAN PEMBELAJARAN:

Murid mampu membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan dengan tepat.

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN:

 Murid dapat membandingkan dan mengurutkan bilangan cacah sampai 10.000 dengan tepat.

Membandingkan Bilangan Cacah

Untuk membandingkan dua bilangan cacah, kita bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Hitung Banyaknya Angka

  • Bilangan dengan lebih banyak angka pasti lebih besar.

    • Contoh: 1.234 (4 angka) vs 987 (3 angka)

      • Maka, 1.234 lebih besar dari 987 ()

Langkah 2: Bandingkan Angka dari Nilai Tempat Terbesar (jika jumlah angka sama)

  • Jika kedua bilangan memiliki jumlah angka yang sama, mulailah membandingkan angka dari posisi nilai tempat terbesar (paling kiri).

  • Terus bandingkan hingga menemukan angka yang berbeda.

    • Contoh 1: Bandingkan 3.456 dan 3.289

      1. Kedua bilangan memiliki 4 angka.

      2. Bandingkan angka ribuan: 3 (pada 3.456) dan 3 (pada 3.289). Keduanya sama.

      3. Bandingkan angka ratusan: 4 (pada 3.456) dan 2 (pada 3.289). Angka 4 lebih besar dari 2.

      4. Jadi, 3.456 lebih besar dari 3.289 ().

    • Contoh 2: Bandingkan 7.123 dan 7.150

      1. Kedua bilangan memiliki 4 angka.

      2. Bandingkan angka ribuan: 7 dan 7. Sama.

      3. Bandingkan angka ratusan: 1 dan 1. Sama.

      4. Bandingkan angka puluhan: 2 dan 5. Angka 2 lebih kecil dari 5.

      5. Jadi, 7.123 lebih kecil dari 7.150 ().

Simbol Perbandingan:

  • > (lebih besar dari)

  • < (lebih kecil dari)

  • = (sama dengan)

Latihan Membandingkan: Isilah titik-titik dengan simbol <, >, atau =

  1. 5.678 ... 5.679

  2. 9.001 ... 8.999

  3. 2.345 ... 2.345

  4. 1.000 ... 999


IV. Mengurutkan Bilangan Cacah

Mengurutkan bilangan berarti menata bilangan dari yang terkecil ke terbesar (naik) atau dari yang terbesar ke terkecil (turun).

Langkah-langkah Mengurutkan:

  1. Perhatikan instruksi: Apakah diminta mengurutkan dari terkecil ke terbesar atau sebaliknya?

  2. Bandingkan setiap bilangan menggunakan prinsip perbandingan yang sudah dipelajari. Mulai dengan mencari bilangan terkecil/terbesar terlebih dahulu.

Contoh 1: Urutkan dari Terkecil ke Terbesar Bilangan: 4.567, 4.321, 4.789, 4.012

  1. Semua bilangan memiliki 4 angka.

  2. Bandingkan angka ribuan: Semuanya 4.

  3. Bandingkan angka ratusan:

    • 4.567 5

    • 4.321 3

    • 4.789 7

    • 4.012 0

  4. Angka ratusan terkecil adalah 0 (pada 4.012), diikuti 3 (pada 4.321), 5 (pada 4.567), dan 7 (pada 4.789).

  5. Jadi, urutan dari terkecil ke terbesar adalah: 4.012, 4.321, 4.567, 4.789

Contoh 2: Urutkan dari Terbesar ke Terkecil Bilangan: 1.987, 2.000, 1.500, 2.100

  1. Semua bilangan memiliki 4 angka.

  2. Bandingkan angka ribuan:

    • 1.987 1

    • 2.000 2

    • 1.500 1

    • 2.100 2

  3. Angka ribuan terbesar adalah 2 (pada 2.000 dan 2.100).

  4. Bandingkan 2.000 dan 2.100: angka ratusan 0 dan 1. Angka 1 lebih besar. Jadi 2.100 lebih besar dari 2.000.

  5. Sekarang bandingkan 1.987 dan 1.500. Angka ratusan 9 dan 5. Angka 9 lebih besar. Jadi 1.987 lebih besar dari 1.500.

  6. Urutan dari terbesar ke terkecil: 2.100, 2.000, 1.987, 1.500


MAPEL BAHASA INDONESIA

ELEMEN: MENYIMAK

TUJUAN PEMBELAJARAN:
Melalui kegiatan menyimak cerita yang dibacakan, peserta didik dapat menemukan, menyimpulkan informasi, serta menyampaikan kembali simpulannya dengan tepat.

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN:

Murid dapat mengidentifikasi ide pokok (gagasan) lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar)

MATERI AJAR : Cara Mengidentifikasi Ide Pokok

Mencari ide pokok dari sesuatu yang kita dengar memang butuh latihan. Ikuti langkah-langkah ini:

A. Ide Pokok dari Informasi Lisan (Misalnya: Guru Bercerita, Teman Berbicara)

  1. Dengarkan dengan Seksama!

    • Fokuslah pada apa yang disampaikan. Jangan terganggu.

  2. Perhatikan Kata Kunci yang Sering Diulang!

    • Jika seseorang sering menyebutkan kata "kebersihan lingkungan" atau "manfaat buah", bisa jadi itulah topiknya.

  3. Cari Kalimat Utama!

    • Biasanya, ide pokok disampaikan di awal atau akhir pembicaraan/paragraf. Kadang juga ada di tengah. Ini bisa berupa kalimat yang menjelaskan secara umum tentang apa yang akan dibahas atau yang menjadi kesimpulan.

    • Contoh: "Penting sekali bagi kita untuk menjaga kebersihan sekolah." (Ini bisa jadi kalimat utama/ide pokok yang akan dijelaskan lebih lanjut).

  4. Tanyakan pada Diri Sendiri:

    • "Tentang apa sih yang dia bicarakan?"

    • "Apa pesan utama yang ingin disampaikan?"

 MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN:

- Buku MAPEL MATEMATIKA, BAHASA INDONESIA KELAS IV

- LCD

- GAMBAR

- VIDEO

- PPT

METODE PEMBELAJARAN:

- Ceramah, tanya jawab, pengamatan, diskusi, PBL

R REFLEKSI/KESIMPULAN:  

  Alhamdulillah kegiatan pembelajaran hari ini pelajaran bahasa Indonesia dan Matematika tentang ide pokok dan mengurutkan dan membandingkan bilangan untuk materi bahasa Indonesia tentang ide pokok masih ada beberapa siswa atau murid yang masih kurang memahami cara menentukan ide pokok pada paragraf. Kemudian guru menjelaskan kembali Apa itu pengertian ide pokok dan contohnya dan diberikan tugas tambahan di rumah tentang ide pokok masalah materi mengurutkan dan membandingkan bilangan saja Alhamdulilah para peserta didiham memahami materi yang diajarkan.

  Berikut dokumentasi kegiatan pembelajaran hari ini:

   












5 Comments:

Bunda almoz mengatakan...

Assalamualaikum bu el alkalisya mozar sudah membaca dan merangkum bloger 🙏🙏

Halo buguru aku nana mengatakan...

Assalamualaikum buguru Nana sudah membaca bloger ibu

Halo buguru aku nana mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Mikhayla Qaireen mengatakan...

Asalamualaikum hu El Mikhayla sudah Membaca Materi Bloger bu guru

Nauranisa fauzi wibowo mengatakan...

Assalamualaikum Nauranisa hadir dan sudah membaca bloger ibu guru

Posting Komentar

MATEMATIKA, BAHASA INDONESIA

  GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS IV.B UNTUK HARI SENIN TANGGAL 25 AGUSTUS 2025   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaikum...

 

Elfida Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea