Kamis, 03 Oktober 2024

TEMA 4 SUBTEMA 1 PB 4

By elfida fida - Oktober 03, 2024

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS VI. A  UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 04 OKTOBER 2024



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha VI. A, apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.

Pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari tentang mengidentifikasi proses menyalurkan energi listrik dan menemukan informasi penting dalam teks eksplanasi , yang mana dalam menemulan informasi penting menggunakan kata tanya untuk menggali informasi dari teks eksplanasi. Hari ini kita akan mempelajari materi menyampaikan informasi penting darin teks eksplanasi.

A.      TUJUAN PEMBELAJARAN

1.       Setelah membaca teks, Peserta didik mampu menyebutkan informasi penting dari teks ekplanasi yang dibaca dengan benar.

1.       Setelah mengamati lingkungan, Peserta didik mampu mengidentifikasi contoh keberagamanan ekonomi dengan benar.

3.       

 MUATAN BAHASA INDONESIA (KD 3.2 DAN 4.2)

MENYAMPAIKAN INFORMASI PENTING DARI TEKS EKSPLANASI

 Informasi penting yang ditemuka dari membaca teks eksopkanasi dapat disampiakn secara lisan kepada orang lain. Hal tersebut dapat menambah wawasan kalian. Saat menyampaikan informsi penting, pastikan suaramu jelas , dan tidak menimbulkan makna ganda.

Berikut kata tanya yang dapat digunakan untuk menggali informasi dari teks eksplanasi:

1. Kata tanya “Apa”

Berfungsi : untuk menanyakan benda atau sesuatu, keadaan atau perbuatan, dan segala sesuatu yang berkaitan dengan isi atau pokok bahasan.

2. Kata tanya “Siapa”

Berfungsi : untuk menanyakan orang atau pihak yang terlibat.

3. Kata tanya “Kapan”

Berfungsi : untuk menanyakan waktu terjadinya sebuah/suatu peristiwa atau kejadian.

4. Kata tanya “(Di, Ke, Dari) Mana”

Berfungsi : untuk menanyakan tempat berlangsungnya suatu peristiwa, lokasi yang akan dituju, tempat yang sedang ditgunakan atau yang telah didatangi.

5. Kata tanya “Mengapa”

Berfungsi : untuk menanyakan sebab atau alasan suatu peristiwa terjadi.

6. Kata tanya “Bagaimana”

Berfungsi : untuk menanyakan keadaan atau kejelasan tentang sesuatu hal, cara atau proses pengerjaan sesuatu.

 

MUATAN PPKN (KD 3.3 DAN 4.3)

MENCERITAKAN MANFAAT KEGIATAN EKONOMI BAGI MASYARAKAT

Setiap orang tua kalian memiliki kegiatan ekonomi yang berbeda. Ada yang bekerja di kantor, berdagang di pasar dan lainnya. Dalam hal ini kalian dapat menceritakan tentang kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh orang tua masing-masing.

LATIHAN :

Bacalan teks eksplanasi berikut denagn saksama

Temukan informasi penting dari teks di bawah ini! Gunakan kata tanya apa, di mana, kapan,siapa, mengapa, dan bagaimana untuk menemukan informasi penting tersebut!tentukan lah ide pokok paragraf -2 ,teks listrik sebagai ... 

 MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN : 

- BUPENA

- Lingkungan sekitar

METODE PEMBELAjaran :

- Ceramah, diskusi, tanya jawab

REFLEKSI/KESIMPULAN :

Berdasarkan pemebelajaran hari ini para alhamdulillah peseerta didik hampir semua memahami materi yang diberikan. Tapi masih ada beberapa peserta didik yang masih kurang memahaminya. Tindakan yang dilakukan oleh guru adalah dengan memberikan tambahan tugas di rumah.

Berikut dokumentasi pembelajaran hari ini :



















0 Comments:

Posting Komentar

TEMA 5 SUBTEMA 2 PB 5

  GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI KAMIS TANGGAL 14 NOVEMBER 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaik...

 

Elfida Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea