GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd
MATERI AJAR TEMA 5 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3 KELAS VI. A UNTUK HARI KAMIS TANGGAL 31 OKTOBER 2024
Hari ini kita akan belajar tentang
TEMA 5 : WIRAUSAHA
SUBTEMA 1: KERJA KERAS BERBUAH KESUKSESAN
PEMBELAJARAN : 3
MUATAN IPA
KOMPETENSI DASAR :
KOMPETENSI DASAR
3.5. Mengidentifikasikan sifat-sifat magnet dalam kehidupan sehari-hari.
TUJUAN PEMBELAJARAN:
1. Dengan
melakukan percobaan, para peserta didik mampu menjelaskan sifat-sifat magnet
dengan benar.
METODE PEMBELAJARAN:
- Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, pengamatan, duskusi
MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN:
- BUPENA
- PPT
- LCD
- Magnet
- Peniti
- Jarum pentul
- Kertas
- Kain
- Hiasan kulkas
- Jepitan kertas
- Paku
KEGIATAN PENDAHULUAN
Assalamualaikum.wr.wb.
Selamat pagi anak-anak...Bagaimana kabarnya hari ini, sehat semuanya alhmdulillah luar biasa Allahu Akbar. Okey anak- anak sebelum pelajaran hari ini dimulai kita berdoa bersama-sama terlebih dahulu ya, silahkan ketua kelasnya dsiapkan dulu. Bismillah.....alhamdulillah berdoa selesai. Kita sudah berdoa dan sekarang coba ibu minta cek teman kalian disebelah kanan kirinya disamping siapa teman kalian yang kira-kira tidak masuk, alhamdulillah hari ini hadir semua ya nak. Guru melakukan ice breaking yaitu Tepuk Hebat supaya peserta didik beertambah semangat dalm mengikuti pelajaran.
TEPUK HEBAT
Pok...pok...pok...aku hebat
Pok...pok...pok...kamu hebat
Pok...pok...pok...semua hebat
Hebat...hebat...hebat !!!
Sekarang ibu mau tanya sama kalian tentang pelajaran minggu lalu, hayoo siapa yang masih ingat dengan materi minggu lalu... tentang apa nak...tentang pengertian magnet. Apa sih pengertian magnet...Siapa yang masih ingat tentang pelajaran minggu lalu apa itu magnet, pengertian magnet adalah benda yang dibuat dari besi atau baja yang dapat menarik benda-benda dari bahan tertentu.
Setelah itu coba sebutkan siapa yang masih ingat macam-macam bentuk magnet..apa saja ayo sebutkan..yang pertama ada...magnet batang...magnet batang itu salah satu bentuk magnet, yang kedua magnet jarum, magnet bentuk huruf U dan magnet yang berbentuk cincin.
Kalau minggu lalu kita sudah belajar mengenai pengertian magnet, menyebutkan bentuk-bentuk magnet. Hari ini kita akan belajar tentang sifat-sifat magnet ya. Apa sih bu sifat-sifat magnet itu...nanti kita akan bahas sama-sama dan kaliian juga akan melakukan percobaan sifat-sifat magnet dari benda-benda yang kalian bawa. Kalian sudah membawa alat dan bahan yang sudah ibu minta minggu kemarin. Jadi benda-benda itu nanti yang akan kita lakukan percobaan..
KEGIATAN INTI
PERTANYAAN PEMANTIK
Anak-anak apa kalian pernah melihat mainan gantungan hiasan yang nempel dikaca mobil atau hiasan kulkas yang ada didinding pintu kulkas, mengapa benda-benda itu bisa nempel sedangkan pemasangannya tidak dipaku atau tidak menggunakan paku?
MUATAN IPA (KD. 3.5)
SIFAT-SIFAT MAGNET
Sifat-sifat magnet sebagai berikut:
1. Mempunyai dua kutub yaitu kutub utara dan selatan.
2. Kutub magnet yang tidak sejenis jika didekatkan akan tarik menarik.
3. Kutub magnet yang sejenis jika didekatkan akan tolak menolak.
4. Gaya tarik atau tolak magnet paling besar terletak pada kutub-kutub magnet.
5. Magnet dapat menarik benda-benda yang terbuat dari logam seperti besi, baja , dan nikel.
6. Sifat magnet dapat hilang apabila magnet terjatuh secara terus-menerus, dipukul atau dibakar.
Berdasarkan sifat kemagnetannya, jenis bahan magnet secara umum terbagi menjadi dua, yaitu bahan magnetik (feromagnetik) dan bahan non-magnetik.
Bahan magnetik (Feromagnetik) adalah benda yang dapat ditarik dengan kuat oleh magnet. Jika benda jenis feromagnetik berada dekat dengan magnet, magnet akan menarik benda tersebut. Selain itu, benda yang termasuk bahan feromagnetik dapat dijadikan suatu magnet. Contoh bahan feromagnetik adalah baja, besi, nikel, dan kobalt.
Bahan nonmagnetik adalah benda yang sebagian besar mengandung bahan yang tidak dapat ditarik oleh magnet. Bahan nonmagnetik tidak dapat ditarik atau ditolak oleh magnet. Contoh bahan nonmagnetis yaitu kayu, plastik, karet, serta kaca.
Contoh benda non magnetik sebagai berikut:
Selanjutnya hari ini kita akan melakukan percobaan tentang sifat-sifat magnet, nanti ibu akan bagi kelompok karena disini ada 25 orang, ibu akan bagi kelompok menjadi 5 kelompok ya, kalian silahkan berhitung 1 sampai dengan 5, kemudian kalian silahkan bergabung dengan teman-temannya yang memilki nomor yang sama, contohnya saya nomor 1 berarti berkumpul dengan teman-teman yang nomor 1, yang nomor 2 berarti berkumpul dengan teman-teman yang nomor 2. yang nomor 3 begitu juga yang nomor 4 dan 5. Sekarang kalian sudah duduk dikelompoknya masing-masing dan jangan lupa persiapkan juga bahan-bahan untuk melakukan percobaan sifat-sifat magnet yang telah dijelaskan. Guru membagikan lembar kerja peserta didik (LKPD) kepada setiap kelompok. Peserta didik mencermati tujuan percobaan yaitu tentang sifat-sifat magnet.
Tugas kalian adalah melakukan percobaan tentang sifat-sifat magnet bersama kelompok kalian. Nah, tugas yang pertama kalian akan melakukan percobaan sifat-sifat magnet bersama kelompok kalian...tugas yang kedua yaitu mengisi pertanyaan atau mengumpulkan laporan percobaan sifat-sifat magnet. Setiap kelompok mengamati benda-benda yang sudah kalian bawa dari rumah sebelum kalian mulai mengerjakan tugas kelompok yang Bu guru berikan.
Ketika peserta didik sedang ,melakukan percobaan guru berkeliling untuk mengmati aktivitas peserta didik mengajukan pertanyaan dan memberi motivasi peserrta didik agar dapat melakukan percobaan dengan tertib.
Setelah itu masing-masing perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusinya ke depan kelas, kelompok yang lain menyimak persentasi kelompok yang tampil.
Selain tugas kelompok Ibu akan memberikan latihan atau postest tentang materi Sifat-sifat magnet berupa tes tertulis untuk mengetahui kemampuan para peserta didik dalam materi yang telaah dipelajari. Kerjakan dengan teliti ya nak.
SOAL POSTEST:
1. Tuliskan tujuan percobaan yang kamu lakukan!
2. Tuliskan Sifat-sifat magnet dari percobaan yang sudah dilakukan!
PEMBAHASAN SOAL:
1. Tujuan dilakukannya percobaan agar kita mengetahui apa saia sifat-sifat magnet yang harus kita ketahui.
2. Sifat-sifat magnet dari percobaan yang sudah dilakukan adalah mempunyai dua kutub yaitu kutub utara dan selatan, kutub magnet yang sejenis jika didekatkan akan tarik menarik, kutub magnet yang sejenis jika didekatkan akan tolak menolak.
KEGIATAN PENUTUP
Ibu sudah melihat hasil presentasi kalian dan percobaan kalian perkelompok ya, tapi sayang ada satu kelompok yang masih belum bisa menyelesaikan tugasnya, dikarenakan setelah ibu amati ternyata magnetnya sudah rusak mungkin pernah jatuh atau dipukul, jadi medan magnetnya tidak berfungsi dengan baik. Hasil percobaan dan pengamatan kalian Dikumpulkan sekarang ya nak.
Kemudian guru memberikan motivasi kepada para peserta didik pada kelompok yang belum maksimal mengerjakan tugasnya, tolong kedepannya lebih baik lagi dan lebih teliti dengan tugas yang ibu perintahkan. Guru bertanya kepada peserta didik tentang apa kesimpulan yang kalian dapat dari pembelajaran hari ini yaitu sifat-sifat magnet. Guru menunjuk beberapa orang peserta didik untuk mengulangi kesimpulan yang telah disimpulkan. Guru menunjuk ananda Sakha menjawab: Magnet memiliki dua kutub, yaitu kutub utara dan kutub selatan. Kutub yang sama akan tolak-menolak, sedangkan kutub yang berbeda akan tarik-menarik. Tidak semua bahan bersifat magnet....yaa betul sekali.
Nah untuk minggu depan tugas kalian tolong tulis mengenai apa saja manfaat magnet. jadi magnet itu dapat bermanfaat untuk apa saja...tolong ditulis...itu tugas untuk minggu depan...jangan lupa dikerjakan!
Cukup sekian untuk pembelajaran hari ini...pesan Bu guru kerjakan sholat lima waktu dengan tepat waktu, belajar di rumah dan mengulang pelajaran yang sudah dipelajari di sekolah dan tetap semangat!!!!
Wassalammualaikum Wr.Wb
0 Comments:
Posting Komentar