Kamis, 01 Agustus 2024

TEMA 1 SUBTEMA 2 PB 6

By elfida fida - Agustus 01, 2024

 GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 02 AGUSTUS 2024



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha VI. A, apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.

A.TUJUAN PEMBELAJARAN

1.   Setelah mendengar teks laporan yang dibacakan, peserta didik mampu menemukan ide pokok dengan benar.

2.  Setelah berdiskusi, peserta didik mampu menyusun kesimpulan dari teks yang dibacakan berdasarkan ide pokok yang ditemukan.

3.  Setelah membaca teks, peserta didik mampu menemukan tiga contoh pelaksanaan sila kelima Pancasila terkait menjaga tumbuhan dengan tepat.

4.   Setelah berdiskusi, peserta didik mampu menerapkan dua kegiatan yang sesuai dengan sila kelima Pancasila terkait menjaga tumbuhan dengan detail.


MUATAN PPKN (KD. 3.1 DAN 4.1)

Penerapan Sila Kelima Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari

Sila kelima Pancasila berbunyi :Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Sila kelima Pancasila bermakna tujuan bangsa Indonesia adalah tercapainya masyarakat Indonesia yang adil dan makmur secara lahir dan batin.
Keadilan merupakan salah satu tujuan negara Indonesia sebagai negara hukum. Penegakan keadilan akan membuat kehidupan masyarakat Indonesia menjadi aman, tenteram, dan sejahtera. Untuk mencapai keadilan, diperlukan nilai keselarasan, keserasian, dan keseimbangan yang menyangkut hak dan kewajiban seluruh rakyat Indonesia. Beberapa pengamalan sila kelima Pancasila adalah sebagai berikut :
1. bersikap adil
2. menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban
3. menghormati hak-hak orang lain
4. suka memberi pertolongan kepada orang lain
5. tidak bersifat boros dan bergaya hidup mewah
6. tidak melakukan perbuatan yang merugikan kepentingan umum, dan
7. menghargai hasil karya orang lain. 

 

 

MUATAN BAHASA INDONESIA (KD.3.1 DAN 4.1)

MEMBUAT SIMPULAN BERDASARKAN INFORMASI PENTING TEKS LAPORAN

Menemukan Fakta dan Ide Pokok serta membuat Kesimpulan dalam Teks Laporan
Teks laporan memuat informasi penting yang disajikan dalam bentuk fakta atau data. Informasi penting tersebut dapat ditemukan dengan membaca teks secara utuh. Selain itu, kita dapat membuat pertanyaan menggunakan kata tanya apa, di mana, kapan, siapa, mengapa dan bagaimana untuk mencari fakta dalam laporan.
Simpulan merupakan pendapat yang dibuat berdasarkan ide pokok dari suatu uraian panjang. Untuk dapat membuat simpulan suatu teks, kita dapat membaca teks secara keseluruhan.

SUMBER/MEDIA AJAR
-  Buku BUPENA KLS 6
-  Daftar bacaan
-  LCD

TUGAS:
Kerjakan tugas di buku latihan halaman 45 Buku BUPENA!

REFLEKSI PEMBELAJARAN HARI INI :
Berdasarkan hasil pembelajaran hari ini para peserta didik melaksanakan latihan persiapan upacara bendera untuk hari Senin dan untuklatihan soaal yang diberikan oleh guru hasil yang dicapai hampir semua sudah memahaminya.
 

Beikut dokumtasi kegiatan hari ini :










0 Comments:

Posting Komentar

TEMA 3 SUBTEMA 2 PB 5

  GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A  UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 20 SEPTEMBER 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamuala...

 

Elfida Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea