Rabu, 21 Agustus 2024

TEMA 2 SUBTEMA 2 PB 2

By elfida fida - Agustus 21, 2024

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS VI. A  UNTUK HARI KAMIS TANGGAL 22 AGUSTUS 2024



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha VI. A, apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.
 
TEMA 2  : PERSATUAN DALAM PERBEDAAN
SUBTEMA 2 : BEKERJASAMA MENCAPAI TUJUAN
PEMBELAJARAN 2 

     TUJUAN PEMBELAJARAN :

1.     Setelah membaca teks, peserta didik mampu menuliskan contoh manfaat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan masyarakat sekitar.

2.     Setelah mengamati gambar, membaca penjelasan, dan memperhatikan peragaan oleh guru, peserta didik mampu mempraktikkan gerakan pada tari Indang.

3.     Setelah membaca teks, peserta didik mampu menulis peristiwa penting tentang semangat persatuan dan kesatuan dalam bentuk peta pikiran berdasarkan teks sejarah menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana dengan menggunakan kalimat efektif.


PPkn (KD 3.4 DAN 4.4)

Meneladani Kerja Sama Para Pejuang sebagai Bentuk Penerapan Nilai Persatuan dan Kesatuan

Latar belakang para pahlawan kemerdekaan Indonesia berasal dari Suku bangsyang berbeda-beda. Namun, perbedaan itu tidak melemahkan semangat mereka untuk bersatu melawan penjajah. Para pahlawan juga memiliki keahlian yang berbeda-beda. Ada yang memiliki kemampuan menggunakan senjata dan bela diri. Ada pula pahlawan yang memiliki kemampuan negosiasi (berunding) atau orasi (menyampaikan pidato). Perbedaan keahlian tersebut mereka gunakan untuk tujuan yang sama, yaitu menggapai kemerdekaan Indonesia. Mereka bekerja sama untuk berjuang dengan cara mereka masing-masing. Apabila salah satu dari para pejuang tidak ikut bekerjasama, tentu kemerdekaan akan lebih sulit diraih. Kerja sama mereka merupakan bentuk dari penerapan nilai persatuan dan kesatuan. Hal itu sesuai dengan bunyi sila ketiga Pancasila, yaitu "Persatuan Indonesia'".

Mengerjakan sesuatu secara bekerja sama membawa banyakmanfaat, antara lain sebagai berikut.

1. Pekerjaan menjadi lebih cepat selesai.

2. Pekerjaan terasa lebih ringan.

3. Memperkuat semangat persatuan.

Sikap Rela Berkorban sebagai Penerapan Nilai Persatuan dan Kesatuan

Nilai persatuan dan kesatuan memiliki makna vang penting bagi bangsa Indonesia. Persatuan dan kesatuan merupakan kunci tercapainva kemerdekaan Indonesia. Makna nilai persatuan dan kesatuan terwujud dalam periuangan bangsa Indonesia yang bersatu meraih kemerdekaan.

Salah satu bagian penting dalam menjunjung persatuan adalah kerelaan untuk berkorban. Banyak pahlawan yang gugur di medan perang dan diasingkan oleh penjajakarena dianggap berbahaya. Mereka harus meninggalkan keluarga demi membelanega ra. Mereka mengalami masa-masa penderitaan demi bangsa Indonesia. 

Contoh-contoh sikap rela berkorban di lingkungan sekolah.

1. Menyisihkan uang saku untuk membantu korban bencana alam.

2. Membersihkan ruang kelas setelah jam pulang sekolah.

3. Mengurangi waktu bermain untuk belajar bersama teman.

SBDP (KD 3.3 DAN 4.3)

Pola Lantai pada Tarian Daerah

Gerakan dalam tarian daerah harus diperagakan secara selaras agar tarian tampak indah. Penari biasanya berpindah-pindah tempat atau berubah posisi melalui suatugerakan. Perpindahan tempat tersebut mengikuti sebuah formasi yang disebut pola lantal. Dengan adanya pola lantai, tarian akan tampak lebih indah dan bervariasi gerakannya.

Kamu sudah mengenal bermacam-macam pola lantai dalam tarian. Ada pola lantai vertikal, horizontal, diagonal, dan melingkar. Sekarang, kita akan mengidentifikasi polalantai yang digunakan pada suatu tarian daerah, yaitu tari Piring. Tari Piring merupakankebudayaan asli masyarakat sukuMinangkabau di Sumatra Barat. Secara keseluruhan,gerakan tari Piring menceritakan tentang tahapan kegiatan dalam budi daya tanaman padi yang melambangkan suasana gotong royong dan kerja sama dalam masyarakat.

Berikut beberapa contoh pola lantai dalam tari Piring.

1. Pola lantai horizontal

Pola lantai berbentuk garis lintang. Para penari berbaris melintang sesuai dengan gerakan tari.


2. Pola lantai vertikal

Pola lantai berbentuk garis bujur. Para penari berbaris membujur sesuai dengan gerakan tari. 


3. Pola lantai lingkaran

Pola lantai berbentuk garis lingkaran. Para penari berada pada posisi melingkar sesuai dengan gerakan tari. 

 

MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN

- BUPENA KLS 6

- LCD


REFLEKSI/KESIMPULAN PEMBELAJARAN HARI INI:

Berdasarkan hasil pembelajaran hari ini bahwa sebahagian besar peserta didik sudah mampu memahami materi tentang  meneladani kerja sama para pejuang sebagai bentuk penerapan nilai perssatuan dan kesatuan dan pola lantai tari. Alhamdulillah semua para peserta didik sudah memahami materi yang telah disampaikan .


Berikut dokumentasi pembelajaran hari ini :




















0 Comments:

Posting Komentar

TEMA 3 SUBTEMA 2 PB 5

  GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A  UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 20 SEPTEMBER 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamuala...

 

Elfida Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea