Kamis, 22 Agustus 2024

TEMA 2 SUBTEMA 2 PB 3

By elfida fida - Agustus 22, 2024

 GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS VI. A  UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 23 AGUSTUS 2024



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha VI. A, apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.
 
TEMA 2  : PERSATUAN DALAM PERBEDAAN
SUBTEMA 2 : BEKERJASAMA MENCAPAI TUJUAN
PEMBELAJARAN 2 dan 3

     TUJUAN PEMBELAJARAN :

1.     Setelah membaca teks, peserta didik mampu mengidentifikasi ciri-ciri kalimat efektif pada teks tentang semangat persatuan di masa persiapan kemerdekaan Indonesia.

2.  Setelah membaca teks, peserta didik mampu menulis peristiwa penting tentang semangat persatuan dan kesatuan dalam bentuk peta pikiran berdasarkan teks sejarah menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana dengan menggunakan kalimat efektif.

3.  Setelah melakukan pengamatan dan membaca teks, peserta didik mampu mengidentifikasi cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungannya.


Bahasa Indonesia

Melengkapi Peta Pikiran Menggunakan Kalimat Efektif

Informasi penting yang terdapat dalam suatu teks, dapat disajikan dalam bentuk peta pikiran. Peta pikiran dapat membuat lebih mudah menginat informasi penting tersebut. akan tetapi saat membuat peta pikiran, akan lebih baik jika menggunakan kalimat efektif. Hal tersebut dapat meningkatkan kemampuan menulis sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar.

IPA

Cara Hewan Beradaptasi terhadap Kondisi Lingkungan Tertentu

Beberapa jenis hewan memiliki ciri khusus untuk beradaptasi terhadap kondisi lingkungan.Misalnya, adaptasi hewan di gurun, kutub, laut, dan pertahanan diri dari pemangsa.

A. Cara hewan beradaptasi pada kondisi lingkungan tertentu

1. Unta

Unta merupakan salah satu hewan yang hidup di daerah gurun yang panasdankering. Untuk dapat bertahan hidup di daerah tersebut, unta melakukan beberapa penyesuaian seperti pada gambar berikut.

 

2. Beruang kutub

Beruang kutub hidup di daerah yang sangat dingin di permukaan bumi, yaitu di kutub. Untuk dapat bertahan hidup di lingkungan tersebut, beruang kutub melakukan beberapa penyesuaian, yaitu rambut putih sebagai kamuflase agar tidak mudah terlihat oleh pemburu dan lapisan lemak di bawah kulit untuk bertahan di suhu dingin. Kamuflase adalah kemampuan yang dimiliki hewan untuk menyesuaikan warna atau bentuk tubuhnya dengan lingkungan di sekitarnya dengan cara memanfaatkan warna atau bentuk tubuhnya agarsesuai dengan lingkungan sekitarnya.

3 Kelelawar

Kelelawar memiliki kemampuan ekolokasi, yaitu kemampuan untuk mendeteksi mangsa, pemangsa, dan benda di sekitarnya menggunakan pantulan bunyi.

4. Burung hantu

burung hantu memiliki penglihatan dan pendengaran yang tajam dan pekauntukmencari mangsa pada malam hari.

5. Lumba-lumba dan paus

Kedua mamalia ini hidup di laut. Alat pernapasannya berupa paru-paru. Oleh karenaitu, kedua hewan ini kerap muncul ke permukaan laut jika akan menghirup oksigen. Sama seperti kelelawar, kedua hewan ini juga memiliki kemampuan ekolokasi.

 

B. Cara hewan beradaptasi melindungi diri dari pemangsa

1. Cecak dan tokek

Cecak dan tokek dapat melindungi dirinya dari pemangsa dengan dua cara,yaitutelapak kaki yang memiliki perekat sehingga memudahkannya merayapdi dindingdan kemampuan autotomi (memutuskan ekor) untuk mengelabuipemangsa.

2. Bunglon

Bunglon memiliki kemampuan mimikri, yaitu kemampuan untuk mengubahwarnakulit sesuai kondisi lingkungannya. Tujuannya untuk mengelabui pemangsa dan jugamemudahkannya untuk mendapatkan mangsa.

3. Walang sangit

Walang sangit dapat mengeluarkan bau yang menyengat untuk melindungi diri dari pemangsa.

4 Landak

Landak memiliki rambut seperti duri yang dilapisi keratin untuk menakuti musuh dan melindungi diri dari pemangsa.

5. Kalajengking

Kalajengking memiliki sengat beracun di bagian ekor untuk menyerang musuh.

6. Cumi-cumi

Cumi-cumi dapat menyemprotkan cairan berwarna hitam seperti tinta untuk menghindari diri dari pemangsa.

7. Ikan buntal

Ikan buntal memiliki kemampuan menggembungkan tubuh untuk perlindungan diri. Selain itu, ikan inijuga memiliki duri-duri yang beracun pada tubuhnyauntuk melindungi diri dari pemangsa.

8. Trenggiling dan kaki seribu

Trenggiling dan kaki seribu memiliki struktur kulityang keras. Saat terancam,kedua hewan ini akan menggulung diri sehingga pemangsa akan kesulitanuntuk memangsanya.

MEDIA /SUMBER PEMBELARAN

- BUPENA

- LCD

-GAMBAR-GAMBAR

REFLEKSI/KESIMPULAN PEMBELAJARAN :

Berdasarkan hasil pembelajaran hari ini bahwa sebahagian besar peserta didik sudah mampu memahami materi tentang Cara Hewan Beradaptasi terhadap Kondisi Lingkungan dan Melengkapi Peta Pikiran Menggunakan Kalimat Efektif, namun masih ada beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan dalam materi menggunakan kalimat efektif dikarenakan sulit dalam menentukan unsur-unsur yang terdapat pada kalimat efektif tersebut.Untuk mengatasi hal tyersebut maka guru akan menjelaskan materi tersebut sampai peserta didik itu paham dengan memberikan contoh-contoh kalimat yang menggunakan kalimat efektif, melakukan tanya jawab dan postest sampai peserta didik tersebut paham.

Berikut dokumentasi pembelajaran hari ini :












0 Comments:

Posting Komentar

TEMA 3 SUBTEMA 2 PB 5

  GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A  UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 20 SEPTEMBER 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamuala...

 

Elfida Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea