Rabu, 31 Juli 2024

TEMA 1 SUBTEMA 2 PB 4 DAN 5

By elfida fida - Juli 31, 2024

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI KAMIS TANGGAL 01 AGUSTUS 2024



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha VI. A, apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.

A.      TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Setelah mendengar teks laporan yang dibaca, peserta didik mampu menemukan ide pokok dengan benar.

2. Setelah membaca teks bacaan, peserta didik mampu menemukan tiga contoh pelaksanaan sila keempat Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan benaar.

 3. Setelah membaca teks tentang ASEAN dan kondisi geografisnya, peserta didik mampu menyebutkan kehidupan ekonomi dari dua negara terkait kondisi geografisnya dengan benar.

  4. Setelah melakukan uji coba dengan bahan patung, peserta didik mampu menemukan cara membuat patung dengan tepat.

MUATAN PPKN (KD.3.1 DAN 4.1)

PENERAPAN NILAI-NILAI SILA KEEMPAT PANCASILA

Sila keempat menjadi pedoman dalam menyelesaikan masalah yang menyangkut kepentingan bersama. Sesuai dengan sila ke empat Pancasila, penyelesain masalah sebaiknya dilakukan dengan cara musyawarah untuk mencapai mufakat. Setelah mufakat tercapai, semua peserta musyawarah harus melaksanakan keputusan dengan penuh tanggung jawab. Kita juga tidak boleh memaksakan kehendak kepada orang lain agar tidak terjadi konflik dan selalu mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi.
Salah satu pengamalan sila keempat Pancasila adalah mengikuti pemilihan umum. Pemilihan umum adalah proses memilih seseorang untuk mengisi jabatan-jabatan politik tertentu. Pemilihan umum merupakan pengamalan demokrasi Pancasila.

Contoh pengamalan sila keempat Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
1. Melakukan musyawarah untuk menentukan jadwal ronda di lingkungan.
2. Mengikuti pemilihan umum, misalnya pemilihan presiden atau pemilihan kepala daerah.
3. Mengikuti pemilihan ketua kelas dengan tertib.
4. Tidak memaksakan kehendak dalam suatu musyawarah yang diikuti. 

MUATAN IPS (KD.3.1 DAN 4.1)
Kegiatan Ekonomi Negara-Negara ASEAN
Pada pembelajaran sebelumnya, kamu sudah mengenal berbagai potensi ekonomi negara-begara Asia Tenggara. Potensi ekonomi tersebut dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melakukan kegiatan ekonomi. Negara-negara di Asia Tenggara memiliki potensi ekonomi yang beragam. Keberagaman tersebut disebabkan oleh kondisi geografis yang juga beragam.





SBDP 9KD.3.4 DAN 4.30
MERANCANG PEMBUATAN PATUNG
Sebelum membuat patung, kita sebaiknya membuat rancangannya. Tujuan membuat rancangan terlebih dahulu adalah agar karya patung yang dibuat menjadi bagus dan sesuai dengan keinginan. Ada beberapa tahap dalam membuat rancangan patung, yaitu sebagai berikut.
1. Membuat Sketsa
Sketsa adalah gambar kasar yang bersifat sementara. Sketsa biasanya berupa goresan sederhana menggunakan pensil yang menggambarkan bentuk patung yang diinginkan. Dalam menggambar sketsa, tidak boleh terlalu banyak menggunakan penghapus. Buatlah beberapa alternatif gambar sketsa.
2. Memilih alat dan bahan
Pada pembelajaran sebelumnya, kita sudah mengetahui bahan-bahan untuk membuat patung. Ada bahan lunak dan bahan keras. Bahan lunak, meliputi tanah liat, lilin, plastisin, gips dan semen. Bahan keras, contohnya kayu, batu, dan marmer.
3. Memilih Teknik Pembuatan
Setelah memilih bahan yang akan dipakai untuk membuat patung, tentukan pula teknik pembuatan yang akan digunakan. Teknik pembuatan menyesuaikan dengan bahan yang digunakan. Pengolahan bahan lunak dapat menggunakan teknik membutsir dan mencetak. Pengolahan bahan keras dapat menggunakan teknik memahat dan kontruksi. 

SUMBER/MEDIA PEMBELAJARAN:
- Buku BUPENA kelas 6
- LCD
- Gambar-gambar
- Platisin, sabun, pisau,carter


TUGASMU!


GUNAKAN BAHAN YANG MUDAH DITEMUKAN SAJA SEPERTI PLASTISIN

Refleksi Pembelajaran Hari ini :

Refleksi pembelajaran hari ini membahas materi tema 1 subtema 2 pembelajaran 4 dan 5 membuat patung dari plastiisin dan latihan persiapan upacara untuk hari Senin.

Berikut dokumentasi hari ini :










0 Comments:

Posting Komentar

TEMA 3 SUBTEMA 2 PB 5

  GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A  UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 20 SEPTEMBER 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamuala...

 

Elfida Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea