GURU KELAS VI. A : ELFIDA, S.Pd
MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 16 AGUSTUS 2024
Selamat pagi,,,,Tabik pun
Tema 2 : Persatuan dalam Perbedaan
Subtema 1 : Rukun dalam Perbedaan
PB : 6
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah membaca teks tentang tokoh Proklamasi Kemerdekaan, peserta
didik mampu menyebutkan informasi penting menggunakan unsur apa, di mana,
kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana pada peta pikiran dengan tepat.
2. Setelah berdiskusi, peserta didik mampu mengembangkan informasi pada
peta pikiran melalui tulisan dengan detail
3. Setelah berdiskusi, peserta didik mampu menemukan tiga contoh
pelaksanaan nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari. 6.
Setelah berdiskusi, peserta didik mampu menerapkan tiga kegiatan yang sesuai
dengan nilai persatuan dan kesatuan dalam kegiatannya di kelas.
MUATAN PPKN (KD 3.4 DAN 4.4)
Nilai-Nilai Persatuan dalam Perbedaan di Lingkungan Sekolah
Untuk menjaga semangat persatuan di tengah-tengah perbedaan yang ada, kita perlu memupuk sikap peduli, toleransi, dan mendahulukan kepentingan bersama. Ada banyak penerapan nilai-nilai persatuan di sekolah. berikut contoh kegiatan yang menunjukkan persatuan dalam perbedaan di sekolah:
1. membantu teman yang kesulitan memahami materi pelajaran,
2. melakukan piket kelas bersama-sama,
3. bermain bersama pada jam istirahat, tanpa membeda-bedakan, dan
4. mengumpulkan sumbangan untuk teman yang terkena musibah.
Berikut manfaat yang diperoleh jika kita menerapkan nilai-nilai persatuan dalam perbedaan di sekolah:
1. dapat saling membantu jika ada pelajaran yang tidak dimengerti,
2. suasana belajar dikelas menjadi nyaman,
3. persahabatan semakin erat, dan
4. membangun kekompakan ketika berolahraga.
MUATAN BAHASA INDONESIA (KD 3.4 DAN 4.4)
MENULISKAN INFORMASI PENTING DALAM TEKS SEJARAH
Mengidentifikasi informasi penting dari suatu teks menggunakan kata tanya apa, siapa, dimana, kapan, mengapa, dan bagaimana.
0 Comments:
Posting Komentar