Pages

Jumat, 26 Januari 2024

TEMA 7 SUBTEMA 1 PB 3 DAN 4

 

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 26 JANUARI 2024



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha VI. A, apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.

A.   TUJUAN PEMBELAJARAN

1.     Melalui kegiatan berdiskusi, peserta didik mampu mengidentifikasi nilai-nilai ketuhanan dalam kehidupan dengan benar.

2.     Melalui kegiatan pengamatan, peserta didik mampu mengidentifikasi peran Indonesia di ASEAN dalam bidang ekonomi dengan benar.

3.     Melalui diskusi, peserta didik mampu mengidentifikasi unsur-unsur pokok dalam pidato dengan benar..

4.     Melalui kegiatan membaca, peserta didik dapat menjelaskan nilai-nilai yang terkandung dalam sila kedua Pancasila dengan benar.

5.     Melalui kegiatan berdiskusi, peserta didik dapat mengidentifikasi hal-hal pokok dalam teks pidato.

TEMA 7                             : KEPEMIMPINAN

SUBTEMA 1                     : PEMIMPIN DI SEKITARKU

       PEMBELAJARAN            : 3 DAN 4

MUATAN  PPKN (KD. 3.1 DAN 4.1)

MAKNA SILA PERTAMA PANCASILA DAN PENERAPAN SEHARI-HARI

Nilai-nilai yang terkandung pada sila "Ketuhanan Yang Maha Esa di antaranya sebagai berikut :

1. Percaya dan takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dengan melaksanakan ibadah sesuai kepercayaan masing-masing.

2. Mengembangkan sikap saling menghormati dan bekerja sama antar pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda.

3. Membina kerukunan hidup antar sesama umat beragama.

4. mengembangkan sikap saling menghargai kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

5. Tidak memaksakan suatu agama kepada orang lain.

MJUATAN IPS (KD.3.3 DAN 4.3)

PERAN INDONESIA DI ASEAN DALAM BIDANG EKONOMI

Peran Indonesia dalam bidang ekonomi di ASEAN, antara lain:
1. Menyongsong dan Mendukung Terbentuknya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)

Dikutip dari e-modul IPS Kemdikbud Paket B Setara SMP/MTs oleh Onny Budi Antika, SPd., salah satu peran penting Indonesia di bidang ekonomi menyongsong terbentuknya MEA. Masyarakat Ekonomi ASEAN atau MEA adalah bentuk hubungan kerja sama/integrasi perdagangan bebas antar negara anggota ASEAN di bidang ekonomi.

Dalam hal ini, Indonesia sangat mendukung program MEA untuk mengatasi masalah ekonomi dan meningkatkan stabilitas ekonomi ASEAN, serta menyaingi kekuatan ekonomi ASIA.

MEA didirikan saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN tahun 2003 di Bali, Indonesia. MEA disebut juga ASEAN Economic Community (AEC).

Dengan adanya MEA sehingga memungkinkan negara anggota ASEAN bisa menjual barang atau jasa dengan mudah. Tujuan MEA antara lain untuk mewujudkan peningkatan daya saing produk makanan, kehutanan, hingga pertanian di pasar internasional.
2. Penyelenggaraan Proyek Industri

Dikutip dari e-paper dalam academia.edu yang diunggah oleh Fikar Fikar, peran Indonesia dalam bidang ekonomi ASEAN lainnya yaitu sebagai penyelenggaraan kerja sama sektor industri.

Beberapa proyek industri ASEAN tersebut di antaranya, tembaga, pupuk, abu soda, hingga vaksin. Misalnya, ASEAN Aceh Fertilizer Project yang menjadi pabrik pupuk di Aceh, dan ASEAN Urea Project yang merupakan pabrik pupuk yang ada di Malaysia.
3. Membuka Kawasan Jalur Kapal Perdagangan Bebas ASEAN

DIkutip dari buku Semua Bisa Pintar Ulangan Harian Tematik SD/MI Kelas oleh Inas Nurrasyidah dan K.Zagita, Peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi dalam lingkup ASEAN membuka jalur kapal perdagangan bebas.

Di sini, Indonesia berperan dalam mengadakan sarana transportasi melalui jalur kapal niaga. Dengan adanya pemisah Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) I dan ALKI II yang menjadi jalur perairan bebas dilewati (freedom to passage) oleh kapal negara lain.

Selain itu, peran Indonesia di bidang ekonomi ASEAN adalah sebagai pelopor berdirinya ASEAN Free Trade Area (AFTA), yang juga bertujuan untuk mempermudah aktivitas dagang di negara Asia Tenggara dan pasar global.

Adanya ALKI serta AFTA sebagai jalur pelayaran perdagangan bebas ASEAN, juga diharapkan mampu meningkatkan daya saing jual beli masyarakat agar perekonomian ASEAN terus berkembang, maju, serta kompetitif.

Seperti diketahui, Indonesia dikenal berada pada posisi silang dunia atau poros maritim dunia, karena berada di 2 benua (Asia dan Australia), serta berada di antara Samudera Indonesia dan Samudera Pasifik.

Letak tersebutlah yang membuat Indonesia berada pada jalur perdagangan, yang memungkinkan banyaknya aktivitas ekonomi bisa dilakukan. Terutama dalam bidang jasa dan industri untuk di ekspor.
4. Penyedia Cadangan Pangan ASEAN

Penyedia cadangan pangan juga termasuk peran Indonesia dalam bidang ekonomi di negara ASEAN. Pasalnya, iklim tropis membuat lahan pertanian di Indonesia sangat subur, sehingga mampu menghasilkan produksi pertanian.

Bisa disebut Indonesia sebagai lumbung ASEAN, yang memungkinkan untuk memberikan sumber makanan pokok terutama bagi anggota ASEAN. Selain Indonesia, Thailand dan Vietnam juga menjadi negara yang juga menjadi lumbung padi ASEAN.

Baca artikel detikbali, "Apa Peran Indonesia dalam Bidang Ekonomi di ASEAN? Ini Jawabannya" selengkapnya https://www.detik.com/bali/berita/d-6560005/apa-peran-indonesia-dalam-bidang-ekonomi-di-asean-ini-jawabannya.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

Peran Indonesia dalam Bidang Ekonomi ASEAN

1. Memprakarsai MEA

Dilansir dari buku Tematik untuk kelas 6 SD/MI, Tema 7, Subtema 1, kurikulum 2013, salah satu peran Indonesia dalam bidang ekonomi ASEAN adalah sebagai pemrakarsa Masyarakat Ekonomi ASEAN atau MEA.

MEA adalah adalah jalinan kerja sama ekonomi antarnegara ASEAN dengan sistem perdagangan bebas.

Kerja sama MEA didirikan pada KTT ASEAN ke-9 di Bali pada 2003 silam.

Peranan Indonesia adalah memberi saran dan masukan terkait ASEAN Economic Community atau AEC.

Tujuan MEA adalah membantu kegiatan ekonomi di seluruh ASEAN. MEA menghilangkan hambatan perdagangan internasional di kawasan Asia Tenggara.

Selain itu, integrasi ekonomi ASEAN dalam berjalan dengan baik karena MEA awal dari perdagangan bebas Asia Tenggara.

2. Mengadakan Jalur Kapal Niaga 

Indonesia berperan dalam mengadakan sarana transportasi untuk meningkatkan perekonomian ASEAN, yaitu mengadakan jalur kapal niaga.

Jalur ini memiliki bagan pemisah alur laut atau TSS Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) I dan ALKI II.

ALKI adalah jalur laut di perairan Indonesia yang bebas dilewati oleh kapal dari negara manapun atau bisa disebut freedom to passage.

Dengan adanya ALKI, pelayaran kapal niaga ASEAN dapat beroperasi dengan baik meningkatkan ekonomi kawasan.

3. Berperan Sebagai Lumbung Padi ASEAN

Sebagai salah satu negara agraris, peran Indonesia dalam bidang ekonomi ASEAN adalah lumbung padi ASEAN.

Peranan ini berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan primer dan sekundar masyarakat ASEAN lewat penguatan, perluasan, dan jalinan kerja sama lintas negara.

MUATAN BAHASA INDONESIA (KD. 3.3 DAN 4.3)

MENGIDENTIFIKASI TEKS PIDATO

Langkah-langkah menulis teks pidato :

1. Tentukan topik atau tema pidato

2. Kumpulkan referensi bacaan 

3. Buatlah rancangan teks pidato

4. Rangkaikan pidato

5. Latihan membacakan pidato

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMBAHASAN SOAL MATEMATIKA

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 10 MEI 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaikum.wr.w...