Pages

Rabu, 17 Januari 2024

TEMA 6 SUBTEMA 2 PB 3 DAN 4

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI RABU TANGGAL 17 JANUARI 2024



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha VI. A, apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

      1.    Dengan kegiatan membaca tentang manfaat pemenuhan hak sebagai warga negara, Peserta didik dapat menyebutkan manfaat pemenuhan hak sebagai warga negara dengan tepat.

      2.    Dengan kegiatan berlatih, Peserta didik dapat menjelaskan informasi penting yang terdapat pada teks nonfiksi berdasarkan rumusan gagasan utama pada setiap paragrafnya.

      3.    Dengan kegiatan membaca, Peserta didik dapat menyebutkan perilaku masyarakat yang merupakan wujud dari upaya mempertahankan kemerdekaan NKRI dengan tepat.

      4.    Dengan kegiatan latihan, Peserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan masa pubertas pada anak laki-laki dan perempuan.

    

TEMA 6                             : MENUJU MASYARAKAT SEJAHTERA

SUBTEMA 2                     : MEMBANGUN MASYARAKAT SEJAHTERA

       PEMBELAJARAN             : 3 DAN 4

MUATAN PPKN (KD. 3.2 DAN 4.2)

MANFAAT PEMENUHAN HAK SEBAGAI WARGA NEGARA

Manfaat Pemenuhan Hak sebagai Warga Negara Indonesia
Setiap warga negara Indonesia memiliki hak dan kewajiban yang sama. Hak dan kewajiban harus dilakukan secara seimbang. Maksudnya, kita harus melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga negara. Kita hendaknya mendahulukan melaksanakan kewajiban dahulu daripada hak. Banyak manfaat yang dapat dirasakan atas terpenuhinya hak yang kita miliki sebagai warga negara.
Salah satu contoh manfaat terpenuninya hak atas pendidikan dan pengajaran adalah mencerdaskan kehidupan bangsa.
Selain itu, masih banyak manfaat pemenuhan hak sebagai warga negara. Contohnya manfaat pemenuhan hak mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan.
Contoh lainnya adalah pemenuhan hak atas perlindungan hukum.
Pemenuhan hak atas perolehan fasilitas pelayanan kesehatan sangat bermanfaat dalam menciptakan kesejahteraan umum.

MUATAN IPS (KD. 3.4 DAN 4.4)

PERAN SISWA DALAM MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN INDONESIA

Peran Siswa Dalam Mempertahankan Kemerdekaan

1. Rajin belajar

Peran siswa dalam mempertahankan kemerdekaan yang pertama yakni menjadi siswa yang rajin dalam belajar atau menuntut ilmu. Karena, dengan menjadi siswa yang rajin belajar, kita akan mudah untuk mendapatkan nilai yang bagus di sekolah.

Mendapat nilai yang bagus di sekolah akan membuat kita lebih mudah dalam menggapai cita-cita kita di masa depan. Tentunya, hal tersebut merupakan bentuk upaya kita sebagai warga negara Indonesia yang cerdas dalam mempertahankan kemerdekaan.

2. Patuhi tata tertib sekolah

Mematuhi tata tertib yang ada di sekolah pun merupakan salah satu peran siswa dalam mempertahankan kemerdekaan lho Sobat. Dengan mentaati peraturan dan tata tertib di sekolah merupakan bentuk kedisiplinan yang harus kita tanamkan sejak dini.

Karena, memiliki sikap yang patuh terhadap suatu peraturan atau tata tertib yang ada bisa membantu kita sukses di masa depan. Hal tersebut juga merupakan bentuk upaya kita sebagai warga negara Indonesia yang taat aturan dalam mempertahankan kemerdekaan.

3. Ikuti upacara bendera di sekolah

Peran siswa dalam mempertahankan kemerdekaan yang lainnya yakni dengan mengikuti setiap upacara bendera yang diadakan di sekolah. Hal ini tentunya sudah menjadi kewajiban kita sebagai siswa mengikuti upacara bendera di sekolah setiap hari Senin dan hari-hari besar nasional lainnya.

Disiplin dan tertib mengikuti upacara bendera merupakan salah satu hal yang dapat kita lakukan dalam mempertahankan kemerdekaan. Selain itu, hal tersebut juga merupakan salah satu bentuk kita dalam menghargai jasa para pahlawan kita yang telah memperjuangkan kemerdekaan Tanah Air kita.

4. Jaga nama baik diri sendiri maupun sekolah

Menjaga nama baik diri sendiri maupun sekolah juga merupakan salah satu peran siswa dalam mempertahankan kemerdekaan. Menjaga nama baik diri sendiri harus kita lakukan di mana pun. Tidak hanya di sekolah saja, namun kita juga harus menjaganya nama baik diri sendiri di rumah dan lingkungan luar lainnya.

Jagalah nama baik diri sendiri, karena sebenarnya dengan menjaga nama baik sendiri secara tidak langsung kita juga menjaga nama baik sekolah. Apalagi jika kita mampu membawa nama baik sekolah kita dengan mengikuti berbagai perlombaan antar sekolah.

5. Kejar prestasi

Peran siswa dalam mempertahankan kemerdekaan terakhir yang bisa kita lakukan yakni dengan berperan menjadi siswa yang berlomba mengejar prestasi. Karena salah satu upaya untuk menjadi generasi penerus bahkan pemimpin bangsa di masa depan, kita harus berusaha meraih prestasi sebaik mungkin.

Prestasi tersebut bisa kita raih dari mana saja, tidak hanya dalam bidang akademik seperti mata pelajaran yang kita pelajari setiap harinya. Namun, kita juga bisa mewujudkannya melalui prestasi di luar akademik seperti olahraga, kesenian dan lainnya.

 MUATAN IPA (KD.3.2 DAN 4.2)

PERBANDINGAN CIRI-CIRI FISIK REMAJA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN PADA MASA PUBERTAS

Berikut adalah ciri-ciri pubertas pada anak perempuan yang perlu diketahui:

  • Payudara mulai tumbuh dan membesar. Perubahan ini dapat terjadi pada salah satu payudara, lalu disusul dengan bagian yang lainnya.
  • Rambut kemaluan mulai tumbuh dan kadang tumbuh. Tidak menutup kemungkinan, rambut juga tumbuh di sekitar kaki dan tangan.
  • Tulang pinggul mulai melebar.
  • Pinggang terlihat lebih kecil.
  • Muncul lemak yang mulai menumpuk di perut dan pantat.
  • Proses menstruasi mulai berjalan.
  • Alat kelamin mulai mengeluarkan cairan yang menandakan bahwa organ seksual telah aktif.
  • Kulit lebih mudah berminyak dan tubuh lebih banyak mengeluarkan keringat.
  • Jerawat mulai tumbuh di beberapa bagian tubuh, terutama wajah

Ciri-Ciri Pubertas pada Anak Laki-laki

Berikut adalah ciri-ciri pubertas pada anak laki-laki yang perlu diperhatikan:
  • Mulai berkeringat dalam jumlah banyak.
  • Testikel yang bertambah besar.
  • Perubahan suara menjadi lebih berat.
  • Mengalami pertambahan tinggi.
  • Tubuhnya terlihat lebih berotot.
  • Tumbuh lebih banyak rambut pada wajah, sekitar paha bagian dalam, dan di sekitar penis.
  • Bagian skrotum terlihat lebih menipis dan warnanya kemerahan.
  • Rambut halus mulai muncul di ketiak dan kaki. Mengalami mimpi basah saat sedang tidur.
  • Jerawat pada wajah dan kulit mulai berminyak.
  • Perubahan pada penis semakin terlihat dan berbentuk layaknya penis laki-laki dewasa.

  LATIHAN SOAL :

       Bentuklah kelompok yang terdiri atas tiga hingga lima anak. Bersama kelompok kalian,bacalah teks di atas dengan saksama. Kemudian, diskusikan cara-cara untuk mempertahankan kemerdekaan. Tuliskan cara lain yang dapat kalian lakukan selain yang ada dalam bacaan. Tuliskan hasil diskusi kalian di buku tugas.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMBAHASAN SOAL MATEMATIKA

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 10 MEI 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaikum.wr.w...