Pages

Jumat, 12 Januari 2024

TEMA 6 SUBTEMA 1 PB 3 DAN 4

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 11 JANUARI 2024



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha VI. A, apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

1.   Dengan kegiatan membaca dan mengamati gambar pelajar dalam bacaan,peserta didik dapat mengidentifikasi perilaku positif masyarakat yang merupakan wujud makna proklamasi kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

2.   Dengan kegiatan mengamati gambar, peserta didik dapat menyampaikan hasil pengamatan tentang makna proklamasi kemerdekaan dalam upaya membangun masyarakat Indonesia sejahtera dengan tepat.

3.   Dengan kegiatan berlatih menjawab pertanyaan, peserta didik dapat menyampaikan laporan pembahasan tentang makna proklamasi kemerdekaan dalam upaya membangun masyarakat Indonesia sejahtera dengan tepat.

4.   Dengan kegiatan membaca tangga nada, peserta didik dapat menjelaskan cara memainkan interval pada sebuah lagu dengan tepat.

5.  Dengan mengamati dan berdiskusi ciri-ciri pubertas pada anak perempuanmdan laki-laki, peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri pubertas pada anak perempuan dan anak laki-laki dengan tepat.

TEMA 6                             : MENUJU MASYARAKAT SEJAHTERA

SUBTEMA 1                     : MASYARAKAT PEDULI LINGKUNGAN

       PEMBELAJARAN            : 3 DAN 4

 MUATAN IPS (KD. 3.4 DAN 4.4)

UPAYA MENGISI KEMERDEKAAN INDONESIA DENGAN PERILAKU POSITIF

Perilaku Positif dalam Upaya Mengisi Kemerdekaan Indonesia ada beberapa macam diantaranya :

  • Patriotisme dan Kebanggaan Nasional.
  • Partisipasi Aktif dalam Pembangunan.
  • Pendidikan dan Pengembangan Diri.
  • Toleransi dan Keragaman.
  • Kepedulian Sosial.
  • Penghormatan terhadap Hukum dan Tata Tertib. 
  • Partisipasi Politik yang Bertanggung Jawab.
Beberapa perilaku positif dalam upaya mengisi kemerdekaan Indonesia, sebagai berikut: Beribadah sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing UUD 1945 pasal 29 mengatur tentang Hak warga negara untuk memeluk agama dan melaksanakan ibadah. Belajar dengan rajin Belajar dengan rajin merupakan kewajiban seorang pelajar. Sebagai buah pelaksanaan kewajiban tersebut, pelajar memperoleh pengetahuan, nilai, dan berbagi ilmu dengan teman yang lain. Disiplin dan khidmat ketika mengikuti upacara bendera Upacara bendera yang dilaksanakan di sekolah maupun instansi pemerintah tidak lain untuk menghormati, mengenang, dan meneladani para pejuang kemerdekaan Republik Indonesia. Ikut menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan tempat tinggal Masyarakat terdiri dari sekumpulan orang dengan latar belakang yang berbeda. Sudah sewajarnya kewajiban sesama anggota masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban agar tercipta masyarakat yang aman, tertib, dan rukun. Baca juga: Contoh Perilaku di Sekolah sebagai Wujud Semangat Nasionalisme Ikut melaksanakan kerja bakti di lingkungan tempat tinggal Warga negara Indonesia selain terkenal ramah juga terkenal akan sifat gotong royongnya. Dengan bergotong royong kerja bakti bersama membersihkan lingkungan sekitar akan menjadikan lingkungan asri, bersih, serta terhindar dari berbagai penyakit. Bermain dengan siapapun tanpa membedakan agama, suku, dan budayanya Penduduk Indonesia yang majemuk, terdiri dari berbagai suku, agama, dan budaya yang berbeda menjadikannya rentan akan ketersinggungan. Oleh karena itu tidak boleh membeda-bedakan hal tersebut agar terciptanya kerukunan antar warga. Mematuhi aturan yang berlaku Sebagai warga negara yang baik sudah sepatutnya kita mematuhi aturan yang berlaku. Salah satu contohnya mematuhi aturan berkendara, seperti mengenakan helm, membawa surat kendaraan, dan aturan lalu lintas yang berlaku.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Perilaku Positif dalam Mengisi Kemerdekaan Indonesia", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/skola/read/2022/07/11/200000169/perilaku-positif-dalam-mengisi-kemerdekaan-indonesia.


Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6
Download aplikasi: https://kmp.im/app6

MUATAN SBDP (KD 3.2 DAN 4.2)

CARA MENGUBAH  INTERVAL NADA PADA TANGGA NADA MAYOR LAINNYA


Tangga Nada adalah susunan nada-nada yang betingkat-tingkat tingginya. Tangga nada terdiri dari tujuh nada yang bunyinya berbeda-beda. Antara nada-nada tersebut terdapat jarak tertentu.

Perhatikan gambar berikut ini!

Gambar tangga nada



Nah setelah kalian mengingat tentang tangga nada, yuk kita lanjutkan belajar interval nada. Coba perhatikan kembali gambar di atas. Antara nada yang satu dengan nada yang lain memiliki jarak tertentu, nah jarak tersebut disebut dengan interval nada. Interval nada adalah jarak antara nada yang satu dengan nada yang lainnya.

Contoh:
Perhatikan tangga nada diatonis mayor berikut!


Antara nada ada yang berjarak satu nada, ada pula yang berjarak setengah nada. Misal jarak nada C - D bernilai 1 (satu), sementara jarak nada E - F bernilai 1/2 (setengah). Pada tangga nada diatonis (seperti gambar di atas) terdapat lima nada yang berjarak 1 yaitu nada C-D, D-E, F-G, G-A, dan A-B, dan dua nada yang berjarak 1/2 yaitu nada E-F dan B-C. Nada dasar dalam tangga nada diatonis mayor yang natural adalah nada C (seperti gambar di atas).

Cara Mengubah Interval Nada pada Tangga Nada Mayor Lainnya

Yuk ingat kembali interval nada C mayor di atas. Interval nada C mayor menjadi acuan untuk menentukan interval nada lainnya. Mohon ingat selalu susunan interval nada C mayor -> 1 - 1 - 1/2 - 1 - 1 - 1 - 1/2


Contoh.
Ubahlah susunan nada D mayor berikut agar sesuai susunan nada C mayor.
Nada D mayor -> D-E-F-G-A-B-C-D'

Interval nada D mayor akan seperti berikut


Jika melihat interval nada D mayor di atas, kamu dapat mengetahui bahwa interval nada tersebut belum sesuai dengan ketentuan interval nada C mayor. Ada dua nada yang harus diubah agar interval nadanya sesuai. Nada tersebut adalah nada F dan nada C. Kedua nada tersebut harus dinaikkan 1/2 nada, menjadi Fis dan Cis. Dengan demikian interval nadanya pun akan sesuai seperti interval nada C mayor.



Nama-Nama dalam Interval Nada

Ayo ingat kembali interval nada! Jarak nada ada yang 1 nada atau 1/2 nada. Interval nada juga disebut selang nada. Dalam interval nada, terdapat nama-nama jarak antar nada pada sebuah tangga nada. Nama-nama interval nada tersebut yaitu sebagai berikut.

  1. Prim, Interval nada dari nada kesatu ke nada yang sama.
  2. Sekon, Interval nada dari nada kesatu ke nada yang kedua.
  3. Terts, Interval nada dari nada kesatu ke nada yang ketiga.
  4. Kuart, Interval nada dari nada kesatu ke nada yang keempat.
  5. Kwin, Interval nada dari nada kesatu ke nada yang kelima.
  6. Sekt, Interval nada dari nada kesatu ke nada yang keenam.
  7. Septim, Interval nada dari nada kesatu ke nada yang ketujuh.
  8. Oktaf, Interval nada dari nada kesatu ke nada yang kedelapan.
Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut!



Contoh lain.
Perhatikan gambar berikut!


Misal nada E - A, nada ini memiliki jarak dua setengah maka nama intervalnya adalah Kuart
Misal nada D - B, nada ini memiliki jarak empat setengah maka nama intervalnya adalah Sekst
dan lain-lain.
 
 
MUATAN IPA (KD. 3. 2 DAN 4.2 )
 
PUBERTAS PADA MASA REMAJA

Pubertas merupakan proses normal yang dialami remaja. Namun, anggapan normal tersebut justru membuat orangtua kurang memperhatikan fase pubertas anak. Barangkali banyak dari orangtua yang tidak tahu kapan anaknya memasuki awal masa pubertas. Sebagian orangtua mungkin juga tidak paham tanda anak mengalami pubertas.

Padahal, masa pubertas merupakan fase krusial karena pada masa itu remaja akan mengalami perubahan fisik, mental, serta kematangan pada organ seksual. Terlalu cepat ataupun terlambat mengalami pubertas bisa menimbulkan persoalan di masa depan.

Pubertas pada perempuan dan laki-laki pun berbeda. Pubertas pada anak perempuan biasanya terjadi pada usia 8 sampai 13 tahun. Sementara pada anak laki-laki, pubertas terjadi pada usia 9 sampai 14 tahun.

Banyak persepsi yang salah mengenai tanda awal dari masa pubertas anak perempuan dan laki-laki. Pubertas pada anak perempuan ditandai dengan tumbuhnya payudara, sedangkan pada laki-laki ditandai dengan pertumbuhan pada testis.

 

 

 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMBAHASAN SOAL MATEMATIKA

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 10 MEI 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaikum.wr.w...