Pages

Kamis, 11 Januari 2024

TEMA 6 SUBTEMA 1 PB 1 DAN 2

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI KAMIS TANGGAL 10 JANUARI 2024



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha VI. A, apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

1.   Setelah peserta didik mengamati gambar kegiatan warga masyarakat dikampung “Damai”, peserta didik dapat menjelaskan pelaksanaan kewajiban sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

2.   Setelah peserta didik membaca bacaan berjudul “Makna Proklamasi bagi Bangsa Indonesia”, peserta didik dapat menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan dalam upaya membangun masyarakat Indonesia yang sejahtera dengan tepat.

3.   Dengan kegiatan membaca, peserta didik dapat menentukan judul dan kata kunci serta isi bacaan dengan tepat.

4.   Dengan kegiatan menyanyi lagu “Aku Cinta Lingkungan”, peserta didik dapat menyanyikan lagu sesuai interval lagu dengan percaya diri.

5.   Dengan kegiatan berlatih tentang interval nada, peserta didik dapat menjelaskan interval nada dari sebuah lagu dengan percaya diri.

6.   Dengan kegiatan membaca teks berjudul “Ciri-ciri Masa Puber”, peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri masa pubertas pada laki-laki dan perempuan.

TEMA 6                             : MENUJU MASYARAKAT SEJAHTERA

SUBTEMA 1                     : MASYARAKAT PEDULI LINGKUNGAN

       PEMBELAJARAN            : 1 DAN 2

       MUATAN PPKn (KD.3.2 dan  4.2)

 KEWAJIBAN MENGISI KEMERDEKAAN DI LINGKUNGAN RUMAH

Cara mengisi kemerdekaan dapat dilakukan dalam kegiatan sehari-hari. Misalnya menjaga kelsetarian lingkungan hidup di sekitar. Lingkungan hidup yang sehat tentunya akan mendorong terwujudnya masyarakat yang kuat

Contoh kewajiban mengisi kemerdekaan di lingkungan rumah adalah sebagai berikut.

  1. Sebagai anak, kita wajib membantu orang tua di rumah meski tidak diminta.
  2. Sebagai anak, kita wajib mengisi waktu dengan belajar.
  3. Sebagai anak, kita wajib menjalankan ajaran agama yang kita anut.
  4. Sebagai anggota keluarga, kita wajib menghargai orang yang lebih tua.

Penjelasan:

Kewajiban merupakan hal yang mengikat untuk dilakukan. Kewajiban dapat dilakukan meski terdapat kemerdekaan untuk tidak melakukannya. Contohnya adalah ketika di rumah seorang anak dapat mengisi waktunya dengan bermain, tetapi justru memutuskan untuk belajar. 

MUATNA BAHASA INDONESIA (KD 3.7 dan 4.7)

KATA KUNCI YANG TERDAPAT PADA JUDUL TEKS NONFIKSI 

Teks nonfiksi adalah teks yang dibuat berdasarkan fakta. Teks nonfiksi ditulis dari peristiwa nyata yang benar-benar terjadi. Teks ini memiliki data dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Dengan demikian teks informasi dapat percaya oleh para pembacanya.

Sifat informasi yang terdapat pada teks nonfiksi adalah nyata dan bersifat informatif. Informasi dari teks nonfiksi dapat diperkirakan dengan cara mengetahui kata kunci yang terdapat pada judul teks nonfiksi tersebut.

Kata kunci adalah kata yang memiliki tempat yang istimewa dalam sebuah kalimat, paragraph, ataupun klausa. Kata kunci berfungsi sebagai petunjuk atau penghubung ke bagian yang lain dari bacaan yang sama. Mengetahui kata kunci dalam teks nonfiksi dapat sangat membantu, memahami informasi yang terdapat pada teks nonfiksi tersebut.

Teks nonfiksi menggunakan bahasa baku atau bahasa formal. Hal ini bertujuan memberikan kesan serius dalam menyampaikan informasi-informasi yang terdapat pada teks. Dengan demikian pembaca akan menerima informasi dengan serius sesuai dengan apa yang diharapkan.

Contoh teks nonfiksi

Berikut ini merupakan contoh judul teks nonfiksi yaitu;

  • Lingkungan Sekolah Yang Sehat.
  • Mencegah Bahaya Demam Berdarah.
  • Kegiatan Penghijauan di Lingkungan Rumah.

 MUATAN IPS (KD 3.4 dan 4.4)

PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA

Sejarah perumusan teks proklamasi Kemerdekaan Indonesia dimulai pada tanggal 17 Agustus 1945, dini hari pukul 03.00 WIB. Pemicu dari peristiwa ini adalah berita tentang kota Hiroshima dan Nagasaki yang hancur akibat bom dari Sekutu pada 15 Agustus, dan Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu. Setelah mendengar kabar ini dari Radio BBC, golongan muda mendesak Soekarno dan Hatta untuk segera menyatakan proklamasi. Meski terjadi perdebatan dengan golongan tua yang ingin menunggu pernyataan resmi dari Jepang, para pemuda pada tanggal 15 Agustus 1945 membawa Soekarno dan Hatta ke Rengasdengklok.

Di Rengasdengklok, Soekarno, Mohammad Hatta, dan Ahmad Soebardjo mulai merumuskan teks proklamasi di kediaman Laksamana Tadashi Maeda di Meiji Dori No.1. Teks proklamasi berbentuk dua alinea selesai pada pukul 05.00 WIB tanggal 17 Agustus 1945.

Kemudian, pukul 10.00 WIB pada tanggal tersebut, teks proklamasi dibacakan di halaman rumah Soekarno di Jl. Pegangsaan Timur No. 56. Kabar ini menyebar luas dan gelora euforia merayakan kemerdekaan terasa di seluruh negeri.

Teks proklamasi kemerdekaan Indonesia menjadi simbol penting bagi bangsa ini. Mari kita kenang dan jangan pernah melupakan sejarah yang berharga ini. Selamat merayakan kemerdekaan Indonesia!

MUATAN SBDP ( KD 3.2 dan 4.2)

PENGERTIAN INTERVAL NADA

Internal nada adalah ukuran yang dapat muncul antara nada yang dibunyikan satu demi satu (interval melodis) atau antar nada yang dibunyikan secara bersamaan (interval harmonik).Dengan adanya interval nada, musik yang didengarkan setiap hari akan terbentuk dan indah.Interval nada bukan hanya kunci dalam memahami bagaimana mereka bekerja di seluruh musik, tetapi bagaimana mengenali interval dalam musik dengan telinga.

Nada adalah bunyi yang beraturan, serta memiliki frekuensi tunggal tertentu. Di dalam teori musik, tiap nada punya tinggi nada atau tala tertentu berdasarkan frekuensi maupun jarak relatif tinggi nada tersebut dengan tinggi nada patokannya.

Sebuah nada, ada yang berjarak 1/2, 1, 1 1/2, dan 2. Jarak nada adalah yang menentukan kemungkinan variasi nada dan jenis tangga nada.

 MUATAN IPA (KD. 3.2 dan 4.2)

PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MANUSIA

Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan

Dalam siklus kehidupan manusia, terdapat dua hal yang melingkupinya, yaitu pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan dan perkembangan merupakan dua hal yang berbeda. 


Pertumbuhan merupakan bentuk perubahan yang terjadi pada fisik seseorang. Misalnya, seperti perubahan ukuran kakimu yang sebelumnya 36 menjadi 38, tinggi badan yang sebelumnya 50 kg menjadi 55 kg dan sebagainya.

Berbeda dengan itu, perkembangan merupakan bentuk perubahan pada seseorang secara keseluruhan. Jadi, bukan hanya perubahan fisik saja melainkan juga perubahan mental dan kognitif seseorang. Misalnya, pada saat umur 2 tahun kamu belum bisa membaca dan menulis, tetapi sekarang kamu sudah mahir.

Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

Nah, pertumbuhan dan perkembangan manusia sendiri dipengaruhi oleh berbagai faktor, lho. Ada dua faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan manusia, yaitu faktor internal dan eksternal.

1. Faktor Internal

Faktor internal merupakan faktor dalam yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan manusia. Faktor internal ini terbagi lagi menjadi 2 faktor, yaitu faktor gen dan hormon.

Gen

Pernah tidak kamu bertanya-tanya kenapa badanmu tinggi seperti papa atau rambutmu keriting seperti mama? Ternyata, hal tersebut disebabkan oleh gen dalam tubuh, lho.

Gen adalah bagian kromosom yang menjadi lokasi sifat-sifat keturunan. Nah, gen inilah yang mewarisi faktor keturunan seperti warna mata, bentuk rambut, warna kulit, tinggi badan, hingga kondisi metabolisme tubuh.

Oleh karena itu, jika seseorang memiliki gen yang baik, maka pertumbuhan dan perkembangannya pun juga akan baik. Begitupun sebaliknya.

Hormon

Selain gen, pertumbuhan dan perkembangan manusia juga dipengaruhi oleh hormon. Sama seperti gen, hormon juga berasal dari dalam tubuh kita.

Namun, hormon bukanlah sesuatu yang diturunkan melainkan suatu zat yang dibentuk sendiri di bagian tubuh untuk mendukung kerja saraf dan organ tubuh kita, seperti hormon dopamin yang dihasilkan di otak dan juga hormon gastrin di lambung.

Nah, kinerja hormon inilah yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan manusia. Semakin seimbang kinerja hormon kita, semakin baik juga pertumbuhan dan perkembangannya.

2. Faktor Eksternal

Pertumbuhan dan perkembangan manusia pun juga dipengaruhi oleh berbagai faktor eksternal, seperti nutrisi dan gizi, serta lingkungan. Berikut adalah penjelasannya.

Nutrisi dan Gizi

Nutrisi dan gizi dalam makanan merupakan sumber energi yang mendukung proses tumbuh dan kembang seseorang. Jika kebutuhan gizi dan nutrisi kita tak terpenuhi, proses tumbuh kembang pun menjadi terganggu, seperti badan susah tinggi, kurus kering, hingga susah konsentrasi dalam belajar.

Oleh karena itu, kamu perlu memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi dengan menjaga kualitas makanan yang dikonsumsi, misalnya seperti banyak makan buah dan sayur serta minum air putih dan susu.

Lingkungan dan Aktivitas Harian

Faktor eksternal lainnya yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan manusia adalah lingkungan dan aktivitas harian. Berada di lingkungan yang bersih membuat kesehatan dan metabolisme tubuh terjaga sehingga proses tumbuh kembang berjalan dengan baik.

Sedangkan, berada di lingkungan tidak bersih dapat menimbulkan berbagai penyakit yang berefek pada tumbuh kembang seseorang, seperti asma, hepatitis, hingga penyakit hati dan jantung.

Selain itu, proses pertumbuhan dan perkembangan manusia juga dapat bekerja dengan baik jika didukung dengan aktivitas harian yang seimbang. Misalnya seperti menjaga kualitas tidur, rajin berolahraga, dan tidak mengesampingkan istirahat.

LATIHAN SOAL:

Kerjakan soal yang terdapat di Buku BUPENA halaman 15 !


 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMBAHASAN SOAL MATEMATIKA

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 10 MEI 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaikum.wr.w...