Pages

Selasa, 16 Januari 2024

TEMA 6 SUBTEMA 2 PB 1 DAN 2

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI SELASA TANGGAL 16 JANUARI 2024



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha VI. A, apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.

A.        TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Dengan kegiatan membaca tentang hak sebagai warga negara, Peserta didik dapat menjelaskan hak sebagai warga negara Indonesia dengan tepat.

2.  Dengan kegiatan berlatih menentukan kalimat utama dan gagasan utama, Peserta didik dapat menentukan kalimat utama dan gagasan utama dalam bacaan teks non fiksi dengan tepat.

3.   Dengan kegiatan diskusi tentang gagasan utama yang terdapat dalam teks nonfiksi, Peserta didik dapat menjelaskan informasi penting berdasarkan gagasan utama yang terdapat pada teks nonfiksi dengan tepat.

4.   Dengan kegiatan berdiskusi tentang ciri-ciri masa kanak-kanak dan masa pubertas bagi anak laki-laki dan perempuan, Peserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan masa kanak-kanak dan masa pubertas bagi anak laki-laki dan perempuan dengan tepat.


MUATAN PPKN (KD. 3.2 DAN 4.2)

HAK SEBAGAI WARGA NEGARA INDONESIA

Hak-Hak Warga Negara Indonesia Ketentuan dalam UUD 1945
1.     Mendapat perlindungan hukum
2.     Mendapat pekerjaan dan penghidupan yang layak
3.     Ikut serta dalam upaya bela negara
4.     Kemerdekaan berserikat dan berkumpul serta mengeluarkan pikiran
5.     Kemerdekaan memeluk agama dan beribadat menurut agama dan kepercayaan masing-masing
6.     Ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara
7.     Mendapat pendidikan
8.     Bebas memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budaya nasional
9.     Memanfaatkan sumber daya alam
10.     Fakir miskin dan anak-anak yang terlantar dipelihara oleh negara
11.     Memperoleh fasilitas pelayanan kesehatan
12.    Memilih kewarganegaraan 

MUATAN SBDP (KD. 3.3 DAN 4.3)

TARI TUNGGAL

Indonesia kaya akan budaya di antaranya karya tari. Tari kreasi adalah tari yang gerakannya merupakan perkembangan dari gerak tari tradisional. Tari kreasi tidak memiliki aturan tertentu, baik gerak maupun aspek lainnya yang terdapat dalam tarian.
Ada tiga jenis tari kreasi, yaitu tari kreasi daerah atau tradisional, tari kreasi modern, dan tari kreasi kontemporer. Tari kreasi daerah adalah tari yang mengalami perubahan dari tari tradisi, baik bentuk, gerak, atau aspek lainnya, tetapi tetap dalam konteks ciri khas dari daerah tersebut.
Tari kreasi modern adalah tari yang tidak memiliki aturan tertentu, baik dalam bentuk gerak atau aspek lainnya. Tari kontemporer adalah tarian yang dibuat berdasarkan isu yang beredar pada waktu tertentu.
Bentuk karya tari kreasi dapat berupa bentuk tari tunggal, tali berpasangan, dan tari kelompok. Tari tunggal adalah karya tari yang diperagakan oleh seorang penari. Tari berpasangan adalah karya tari yang diperagakan oleh dua orang penari. Adapun tari kelompok adalah karya tari yang diperagakan oleh lebih dari dua penari.

MUATAN IPA (KD.3.2 DAN 4.2)

Membandingkan Masa Anak-anak Dan Remaja
Seiring proses pertumbuhan dan perkembangan manusia, organ-organ tubuh kita semakin matang dan berfungsi dengan baik. Ciri-ciri fisik pada masa kanak-kanan perlahan akan mulai menghilang dan ciri-ciri pada masa pubertas akan muncul.

Perubahan fisik dan perilaku merupakan hal yang wajar pada masa pubertas. Saat masa kanak-kanak hormon yang berkaitan dengan fungsi reproduksi belum aktif, namun setelah memasuki masa pubertas hormon tersebut mulai aktif. Aktifnya hormon tersebut menyebabkan organ reproduksi mulai berfungsi dengan baik.
Pengelompokan usia anak-anak dan remaja merupakan bagian dari tahapan perkembangan manusia. Manusia akan mengalami beberapa tahapan perkembangan, mulai dari sebelum lahir, bayi, kanak-kanak (anak-anak), puber, remaja, dewasa, dan usia lanjut. Kamu yang berusia 10-11 tahun termasuk masa awal pubertas. Bagaimanakah perbedaan masa kanak-kanak dan pubertas itu?
Perbedaan masa anak-anak dan masa pubertas terletak pada aktifnya sejumlah hormon. Hormon yang aktif ini kemudian membuat anak-anak memasuki masa pubertas yang ditandai dengan sejumlah perubahan antara lain sebagai berikut:
  1. Dada pada anak pria tumbuh menjadi lebih lebar atau bidang
  2. Pinggul pada wanita melebar
  3. Suara pada anak pria mulai berubah menjadi lebih berat sementara pada wanita menjadi lebih melengking.
  4. Mulai berjerawat, tumbuh rambut di area tertentu
  5. Dada pada wanita mulai menonjol sementara jakun pada pria mulai nampak (sebagian tidak terlalu terlihat.
LATIHAN SOAL:
 
Coba diskusikan dengan teman-temanmu mengenai ciri-ciri berikut.
3. Ciri-ciri masa kanak-kanak bagi anak laki-laki.
4. Ciri-ciri masa kanak-kanak bagi anak perempuan.
5. Ciri-ciri masa pubertas bagi anak laki-laki.
6. Ciri-ciri masa pubertas bagi anak perempuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMBAHASAN SOAL MATEMATIKA

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 10 MEI 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaikum.wr.w...