Pages

Senin, 26 Agustus 2019

Materi Pelajaran Untuk Hari Selasa Tanggal 27 Agustus 2019.

Materi PPKn Tentang manfaat Persatuan dan Kesatuan bagi Bangsa Indonesia.

Persatuan dan kesatuan merupakan elemen yang sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Hanya dengan adanya kesatuan dan persatuan sebagai suatu bangsa, kita dapat mengatakan diri kita sebagai bangsa Indonesia. Selain itu, persatuan dan kesatuan juga merupakan perwujudan dari identitas kita sebagai bangsa Indonesia yang ber-Bhinneka Tunggal Ika. Kita menyadari adanya perbedaan antarindividu dan kelompok, namun kita semuanya disatukan dalam rasa cinta terhadap Tanah Air. Terlepas dari perbedaan yang kita miliki, kita tetap adalah bangsa Indonesia yang bersatu dan kuat.


Persatuan dan kesatuan sudah pasti memiliki manfaat apabila diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut 4 contoh manfaat adanya persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia:

1. Kita tidak dapat dengan mudah dihasut oleh pihak-pihak tertentu, terutama mereka yang ingin menumbuhan rasa benci atas perbedaan yang kita miliki.

2. Kita semakin menghargai dan menghormati sesama kita di manapun kita berada.

3. Kita mampu maju dan berdiri teguh sebagai suatu bangsa dalam menghadapi tantangan global, baik dari segi ekonomi, budaya, teknologi, keamanan, sosial dll.

4. Kita mampu menangkal aksi terorisme karena aksi kriminal semacam ini hanya dapat berhasil jika kita tidak tumbuh dalam persatuan dan kesatuan dengan seluruh rakyat Indonesia.

Materi SBDP tentang Pola Lantai Tari merak

Pola lantai tari Merak adalah panduan yang dilakukan oleh penari saat latihan dan tampil dipentas atau panggung. Dengan adanya pola pantai, maka para penari tidak salah dalam melakukan gerakan tari. Inilah yang membedakan tari Merak dengan tari daerah lainnya sekaligus mencerminkan ciri khas.
Tari Merak merupakan tarian yang berasal dari Jawa Barat dan sudah go internasional. Kabarnya pernah ikut pameran seni di Amerika Serikat. Momentum pertama yang begitu menarik perhatian adalah, tari merak tampil pada acara Konferensi Asia Afrika pertama yang berlokasi di Bandung.
Sejarah tari Merak memang begitu luar biasa. Kini tari merak menjadi ikon dari Jawa Barat sehingga tidak bisa di klaim oleh negara lain. Tak cuma itu, tari merak kabarnya memberikan inspirasi kepada seniman Bali yang akhirnya membuat tarian Daerah Balihampir mirip 
lantai tari Merak.
Pola lantai tari merak tidak satu macam, ada beberapa yaitu: Pola garis melengkung dan pola garis lurus.
Pada pola garis melengkung yaitu membenruk lengkungan ular, membentuk bidang lingkaran, angka delapan, atau spiral.
Sedangkan pada pola garis lurus  yaitu segitiga, segi empat, zig-zag, huruf v, atau huruf v terbalik.
Pola lantai tari Merak beda dengan pola lantai dari tarian lain.

Gambar Pola Lantai Tari Merak

Dari penjabaran diatas, kira – kira diilustrasikan seperti inilah gambar dari pola lantai tari Merak. Hanya saja perlu ditambahkan, maksud dari melengkung sama dengan melingkar.

Kesimpulan

Sama seperti tarian lainnya, tari Merak juga memiliki pola lantai yang tidak sedikiti. Ada beberapa pola lantai yang diterapkan pada tarian yang berasal dari Jawa Barat ini. Masing – masing pola lantai memiliki makna tersendiri.

Materi Pelajaran IPA
Manfaat melestarikan hewan dan tumbuhan bagi kehidupan manusia:
1. Menjaga sumber makanan dan kebutuhan pokok bagi manusia
2. Menjaga kesuburan tanah
3. Mencegah terjadinya bencana
4. Menjaga keseimbangan ekosistem
5. Menjaga kualitas udara dan air
6. Menjadi sumber pendapatan pariwisata
Pembahasan:
Indonesiea memiliki keanekaragaman hayati berupa berbagai hewan dan tanaman yang ada. Kelestarian hewan dan tumbuhan ini sangat penting bagi kita. Dengan melestarikannya maka kita dapat:
1. Menjaga sumber makanan dan kebutuhan pokok bagi manusia. Misalnya berbagai jenis tanaman pangan seperti buah-buahan dan ikan yang bila spesies ini punah akan menyebabkan sulit mendapatkan sumber makan
2. Menjaga kesuburan tanah. Berbagai spesies menjaga tanah tetap subur, misalnya cacing tanah dengan membuat pori-pori tanah dan berbagai bakteri dan jamur yang mengikat unsur hara.
3. Mencegah terjadinya bencana. Dengan adanya hutan yang lestari maka resapan dan aliran air dapat terjaga, sehingga bencana seperti longsor dapat terhindar.
4. Menjaga keseimbangan ekosistem. Bila satu spesies punah, maka kelangsungan ekosistem dapat terancam dan spesies lain akan ikut punah. Misalnya punahnya serangga penyerbuk dapat menyebabkn punahnya tanaman yang bergantung apda serangga ini.
5. Menjaga kualitas udara dan air. Adanya tanaman yang lestari menjadi kadar oksigen di udaratetap tinggi, dan mengurangi kadar karbon diosida yng menyebabkan pemanasan global dan kekeringan.
6. Menjadi sumber pendapatan pariwisata. Hewan dan tanaman yang lestari menjadi obyek wisata yang menghasilkan pendapatan bagi masyarakat setempat. Misalnya banyak wisatawan yang mengunjungi Kalimantan untuk melihat bekantan dan orangutan, atau berkunjung ke Raja Ampat untuk melihat biota bawah laut di terumbu karang.
Upaya melestarikan hewan dan tumbuhan ini dilakukan dengan membuat taman nasional dan suaka margasatwa, melarang eksploitasi yang membahayakan kelestarian dan menindak pelanggar yang melakukan kegiatan seperti pembalakan hutan dan perburuan liar.

Materi Pelajaran Bahasa Indonesia
Peta p[ikiran adalah sebuah teknik atau cara memahami sebuah bacaan atau informasi dengan menggunakan enam kata tanya. Akibat dari penggunaan teknik ini, kita mampu memahami informasi penting dalam sebuah bacaan secara cepat dan tepat, tanpa lagi harus membaca seluruh isi bacaan. 

Pembahasan
Pada kesempatan ini, soal meminta kita untuk menyajikan cara pembuatan peta pikiran. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut. 

PETA PIKIRAN DIBUAT DENGAN MENGGUNAKAN ENAM KATA TANYA UTAMA. KEENAM KATA TANYA TERSEBUT AKAN MEMBANTU KITA MENEMUKAN INFORMASI PENTING DARI SEBUAH BACAAN. KEENAM KATA TANYA TERSEBUT MENCAKUP:
1. APA -> MENYAJIKAN IDENTIFIKASI PERISTIWA
2. SIAPA -> MENYAJIKAN TOKOH YANG TERLIBAT
3. KAPAN -> MENYAJIKAN WAKTU TERJADINYA PERISTIWA
4. DIMANA -> MENYAJIKAN TEMPAT TERJADINYA PERISTIWA
5. KENAPA -> MENYAJIKAN LATAR BELAKANG TERJADINYA PERISTIWA
6. BAGAIMANA -> MENYAJIKAN PROSES TERJADINYA PERISTIWA
Dalam praktiknya, keenam kata tanya ini dapat disajikan dalam bentuk pertanyaan dan jawaban, maupun dalam bentuk diagram. Setiap pola penyajian tentunya memiliki fungsi dan kelebihan maupun kekurangan masing-masing. 


3 komentar:

PEMBAHASAN SOAL MATEMATIKA

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 10 MEI 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaikum.wr.w...