GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd
MATERI AJAR KELAS IV. B UNTUK HARI SENIN TANGGAL 27 OKTOBER 2025
Selamat pagi,,,,Tabik pun
Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha IV.B apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.
MAPEL MATEMATIKA
Tujuan Pembelajaran:
Murid mampu melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar, dan simbol matematika dengan benar.
SOAL LATIHAN ULANGAN:
Pilihlah jawaban yang paling benar dengan memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, atau D!
I. Pecahan Senilai
-
Pecahan senilai dengan adalah ...
-
A.
-
B.
-
C.
-
D.
✅ Jawaban: A
-
-
Manakah yang termasuk pecahan senilai dengan ?
-
A.
-
B.
-
C.
-
D.
✅ Jawaban: B
-
-
Jika , maka nilai x adalah ...
-
A. 8
-
B. 9
-
C. 10
-
D. 11
✅ Jawaban: B
-
-
Pecahan yang tidak senilai dengan adalah ...
-
A.
-
B.
-
C.
-
D.
✅ Jawaban: D
-
-
Nilai dari jika dijadikan pecahan senilai dengan penyebut 100 adalah ...
-
A.
-
B.
-
C.
-
D.
✅ Jawaban: A
-
II. Pecahan Campuran
-
Bentuk pecahan biasa dari adalah ...
-
A.
-
B.
-
C.
-
D.
✅ Jawaban: D
-
-
Hasil dari adalah ...
-
A.
-
B.
-
C.
-
D.
✅ Jawaban: C
-
-
Pecahan campuran dari adalah ...
-
A.
-
B.
-
C.
-
D.
✅ Jawaban: A
-
-
Nilai dari adalah ...
-
A.
-
B.
-
C.
-
D.
✅ Jawaban: B
-
-
...
-
A.
-
B.
-
C.
-
D.
✅ Jawaban: B
III. Pecahan Desimal
-
Pecahan dalam bentuk desimal adalah ...
-
A. 0,2
-
B. 0,5
-
C. 0,3
-
D. 0,7
✅ Jawaban: B
-
Pecahan desimal dari adalah ...
-
A. 0,25
-
B. 0,5
-
C. 0,75
-
D. 1,25
✅ Jawaban: C
-
Bilangan 0,6 jika diubah menjadi pecahan adalah ...
-
A.
-
B.
-
C.
-
D.
✅ Jawaban: A
-
Bilangan desimal dari adalah ...
-
A. 0,5
-
B. 0,6
-
C. 0,625
-
D. 0,75
✅ Jawaban: C
-
Bentuk desimal dari adalah ...
-
A. 3,01
-
B. 3,1
-
C. 3,01
-
D. 3,11
✅ Jawaban: B
IV. Campuran Konsep
-
Pecahan , , dan adalah ...
-
A. Tidak senilai
-
B. Senilai
-
C. Sama besar
-
D. Desimal
✅ Jawaban: B
-
Hasil dari adalah ...
-
A.
-
B.
-
C.
-
D.
✅ Jawaban: D
-
Urutan dari yang terkecil ke terbesar: 0,4 ; ; adalah ...
-
A. 0,4 ; ;
-
B. ; ; 0,4
-
C. ; ; 0,4
-
D. ; 0,4 ;
✅ Jawaban: A
-
Pecahan desimal yang senilai dengan adalah ...
-
A. 0,09
-
B. 0,9
-
C. 0,99
-
D. 0,91
✅ Jawaban: B
-
jika diubah menjadi desimal adalah ...
-
A. 2,13
-
B. 2,3
-
C. 2,03
-
D. 2,33
✅ Jawaban: B
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
TUJUAN PEMBELAJARAN
;Murid dapat membedakan antara kalimat transitif dan intransitif dengan benar.
1. ✏️ Pengertian Singkat
Kalimat Transitif:
Kalimat yang memerlukan objek untuk melengkapi makna predikatnya.
🔹 Contoh:
Ibu membeli sayur di pasar.
→ (membeli apa? jawabannya: sayur → objek)
Kalimat Intransitif:
Kalimat yang tidak memerlukan objek. Predikatnya sudah bermakna lengkap.
🔹 Contoh:
Ayah tidur di kamar.
→ (tidak ada objek setelah kata tidur)
2. 🔍 Ciri-Ciri Kalimat
| Jenis Kalimat | Ciri-Ciri Utama | Contoh |
|---|---|---|
| Transitif | Ada objek setelah kata kerja | Budi menulis surat. |
| Intransitif | Tidak ada objek; bisa diikuti keterangan | Ibu tersenyum. |
. 📖 Contoh Cerita Pendek
Cerita: Pagi yang Sibuk di Rumah Dita
Pagi itu, Dita bangun lebih awal. Ia merapikan tempat tidurnya lalu mandi dengan cepat. Setelah itu, Dita memakai seragam sekolah. Di dapur, ibu menyiapkan sarapan. Ayah membaca koran sambil menyeruput kopi hangat. Dita makan dengan lahap, lalu berangkat ke sekolah bersama kakaknya.
4. 🧠 Latihan Identifikasi Kalimat
Dari cerita di atas, tentukan jenis kalimat berikut ini:
| Kalimat | Jenis Kalimat |
|---|---|
| Dita bangun lebih awal. | Intransitif ✅ |
| Ia merapikan tempat tidurnya. | Transitif ✅ |
| Ibu menyiapkan sarapan. | Transitif ✅ |
| Ayah membaca koran. | Transitif ✅ |
| Dita berangkat ke sekolah bersama kakaknya. | Intransitif ✅ |
MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN:
- Buku MAPEL MATEMATIKA, BAHASA INDONESIA
KELAS IV
- LCD
- GAMBAR
- VIDEO
- SOAL ULANGAN
*METODE PEMBELAJARAN:
- Ceramah, tanya jawab, pengamatan, diskusi, PBL
REFLEKSI/KESIMPULAN:

0 Comments:
Posting Komentar