GURU KELAS IV.B : ELFIDA, S.Pd
MATERI AJAR KELAS IV. B UNTUK HARI KAMIS TANGGAL 23 OKTOBER 2025
Selamat pagi,,,,Tabik pun
Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha IV.B apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.
MAPEL IPAS
Tujuan Pembelajaran:
Murid mampu
mengidentifikasi berbagai bentuk energi dan menjelaskan proses perubahan bentuk
energi dalam kehidupan sehari-hari.
MATERI AJAR IPAS; PENGERTIAN ENERGI DAN MACAM-MACAM ENERGI
🔍 Apa Itu Energi?
Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha atau kerja.
Energi dibutuhkan untuk melakukan berbagai aktivitas, seperti bergerak, memasak, menyalakan lampu, dan lain-lain.
👉 Tanpa energi, manusia, hewan, dan tumbuhan tidak bisa hidup.
2. 🔄 Ciri-Ciri Energi
-
Tidak dapat dilihat, tetapi dapat dirasakan.
-
Tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan, hanya bisa diubah bentuknya.
-
Diperlukan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.
3. 💡 Macam-Macam Bentuk Energi
Berikut adalah beberapa jenis energi yang sering kita temui:
a. Energi Panas (Kalor)
-
Sumber: Matahari, api, kompor.
-
Contoh: Menjemur pakaian, memasak.
b. Energi Cahaya
-
Sumber: Matahari, lampu, lilin.
-
Contoh: Membantu kita melihat, membantu tumbuhan berfotosintesis.
c. Energi Gerak (Kinetik)
-
Sumber: Benda yang bergerak, seperti angin, sepeda yang berjalan.
-
Contoh: Kipas angin yang berputar, sepeda yang melaju.
d. Energi Bunyi
-
Sumber: Getaran benda, seperti gitar, drum, radio.
-
Contoh: Suara musik, suara manusia saat berbicara.
e. Energi Listrik
-
Sumber: Pembangkit listrik, baterai.
-
Contoh: Menyalakan lampu, televisi, komputer.
f. Energi Kimia
-
Sumber: Makanan, baterai, bahan bakar.
-
Contoh: Makanan memberi energi pada tubuh, bensin menggerakkan kendaraan.
4. 🔁 Perubahan Bentuk Energi
Energi bisa berubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Contoh:
-
Setrika: Energi listrik → Energi panas.
-
Kipas angin: Energi listrik → Energi gerak.
-
Lampu: Energi listrik → Energi cahaya.
5. 📌 Contoh Penggunaan Energi dalam Kehidupan Sehari-Hari
Kegiatan | Energi yang Digunakan |
---|---|
Menyalakan lampu | Energi listrik → cahaya |
Memasak | Energi panas |
Bersepeda | Energi gerak |
Mendengarkan musik | Energi listrik → bunyi |
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
TUJUAN PEMBELAJARAN
;Murid dapat membedakan antara kalimat transitif dan intransitif dengan benar.
🔍 Apa Itu Kalimat?
Kalimat adalah satuan bahasa yang terdiri dari subjek dan predikat, dan bisa juga dilengkapi objek atau keterangan, yang menyampaikan makna lengkap.
2. ✏️ Pengertian Kalimat Transitif
Kalimat transitif adalah kalimat yang predikatnya memerlukan objek agar maknanya lengkap.
✅ Ciri-Ciri Kalimat Transitif:
-
Selalu memiliki subjek, predikat (kata kerja), dan objek.
-
Biasanya menggunakan kata kerja aktif yang membutuhkan objek.
📌 Contoh Kalimat Transitif:
-
Ibu memasak nasi.
(S = Ibu, P = memasak, O = nasi) -
Sinta membaca buku cerita.
(S = Sinta, P = membaca, O = buku cerita)
3. ✏️ Pengertian Kalimat Intransitif
Kalimat intransitif adalah kalimat yang predikatnya tidak membutuhkan objek untuk membentuk makna yang lengkap.
✅ Ciri-Ciri Kalimat Intransitif:
-
Tidak memiliki objek setelah predikat.
-
Bisa diikuti keterangan tempat, waktu, cara, dll.
-
Menggunakan kata kerja yang tidak memerlukan objek.
📌 Contoh Kalimat Intransitif:
-
Adik menangis.
(S = Adik, P = menangis) -
Ayah berangkat ke kantor pagi-pagi.
(S = Ayah, P = berangkat, Keterangan = ke kantor pagi-pagi)
4. 🔁 Perbandingan Singkat
Perbedaan | Kalimat Transitif | Kalimat Intransitif |
---|---|---|
Membutuhkan objek? | Ya | Tidak |
Contoh | Rina membaca novel. | Rina tertawa. |
Kata kerja | Aktif dan butuh objek | Bisa berdiri sendiri |
5. 🧠 Latihan Soal
A. Tentukan apakah kalimat berikut termasuk transitif atau intransitif:
-
Budi menulis surat untuk temannya. → (_______)
-
Kakek tidur di kamar. → (_______)
-
Ayah membeli sepeda baru. → (_______)
-
Bayu berenang di sungai. → (_______)
-
Dina membaca. → (_______)
B. Buatlah masing-masing:
-
2 kalimat transitif.
-
2 kalimat intransitif.
MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN:
- Buku MAPEL IPAS, BAHASA INDONESIA
KELAS IV
- LCD
- GAMBAR
- VIDEO
- KIPAS ANGIN KECIL
*METODE PEMBELAJARAN:
- Ceramah, tanya jawab, pengamatan, diskusi, Discovery Learning
REFLEKSI/KESIMPULAN:
0 Comments:
Posting Komentar