Minggu, 10 Agustus 2025

MATEMATIKA, BAHASA INDONESIA

By elfida fida - Agustus 10, 2025

 GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS IV.B UNTUK HARI SENIN TANGGAL 11 AGUSTUS 2025



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha IV.B apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.

MAPEL MATEMMATIKA

TUJUAN PEMBELAJARAN:

Murid dapat mengerjakan sumatif harian tentang bilangan cacah, membaca,menulis,menentukan nilai tempat,membandingkan, mengurutkan bilangan cacah dengan baik.

SOAL-SOAL LATIHAN UNTUK SUMATIF HARIAN:

A. PILIHAN GANDA (PG)

Pilihlah jawaban yang paling tepat!

  1. Lambang bilangan dari "dua ribu tiga ratus lima belas" adalah ...
    a. 2315
    b. 2305
    c. 2135
    d. 2351

  2. Angka 6 pada bilangan 6.482 menempati nilai tempat ...
    a. satuan
    b. puluhan
    c. ratusan
    d. ribuan

  3. Bilangan cacah yang terletak di antara 4.675 dan 4.677 adalah ...
    a. 4.673
    b. 4.674
    c. 4.676
    d. 4.678

  4. Bilangan 8.103 jika ditulis dengan huruf menjadi ...
    a. Delapan ratus tiga
    b. Delapan ribu seratus tiga
    c. Delapan puluh ribu seratus tiga
    d. Delapan ribu tiga

  5. Manakah urutan bilangan dari yang terbesar ke terkecil?
    a. 3.200, 3.150, 3.100
    b. 3.150, 3.100, 3.200
    c. 3.100, 3.150, 3.200
    d. 3.200, 3.100, 3.150

  6. Bilangan "tiga ribu enam ratus dua puluh lima" ditulis dalam angka sebagai ...
    a. 3625
    b. 3265
    c. 3605
    d. 3620

  7. Bilangan yang lebih besar dari 6.240 tetapi lebih kecil dari 6.300 adalah ...
    a. 6.200
    b. 6.310
    c. 6.270
    d. 6.330

  8. 2.730 ... 2.703
    Tanda perbandingan yang tepat untuk mengisi titik-titik adalah ...
    a. >
    b. <
    c. =
    d. ≠

  9. Tulisan angka dari "delapan ribu delapan puluh delapan" adalah ...
    a. 8008
    b. 8800
    c. 8088
    d. 8888

  10. Manakah di antara bilangan berikut yang nilainya paling kecil?
    a. 7.530
    b. 7.503
    c. 7.350
    d. 7.035


 B. ISIAN SINGKAT

Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!

  1. Bilangan setelah 7.899 adalah ____________.

  2. Nilai tempat dari angka 5 dalam bilangan 5.476 adalah ____________.

  3. Tuliskan dengan angka: Tujuh ribu dua puluh lima = ____________.

  4. Urutkan bilangan berikut dari yang terbesar ke terkecil: 3.015, 3.105, 3.150 = ____________.

  5. Bilangan yang terletak di antara 4.120 dan 4.122 adalah ____________.

MAPEL BAHASA INDONESIA

TUJUAN PEMBELAJARAN:

Murid dapat mengerjakan sumatif harian tentang menemukan informasi, menyimpulkan informasi, memahami kosakata dan menyimpulkan permasalahan yang dihadapi tokoh pada teks.

SOAL-SOAL LATIHAN UNTUK SUMATIF HARIAN:

 A. PILIHAN GANDA

Bacalah teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 1–5!

Teks
Dini adalah anak yang rajin dan gemar membaca buku. Setiap hari, ia selalu menyempatkan diri untuk berkunjung ke perpustakaan sekolah. Suatu hari, Dini meminjam buku cerita tentang hewan. Ketika membaca, ia menemukan banyak kata baru yang belum ia pahami. Dini lalu mencatat kata-kata tersebut dan bertanya kepada guru bahasa Indonesianya.

Berkat kebiasaannya bertanya dan mencatat, Dini menjadi lebih paham isi buku dan kosakata baru.

  1. Apa kebiasaan baik yang dimiliki Dini?
    a. Bermain sepanjang hari
    b. Menonton televisi
    c. Membaca buku dan bertanya jika tidak paham
    d. Menghindari perpustakaan

  2. Apa informasi penting yang bisa ditemukan dalam teks di atas?
    a. Dini tidak suka membaca
    b. Dini sering tidur di perpustakaan
    c. Dini senang mencatat dan bertanya tentang kata baru
    d. Dini tidak mengerti isi buku

  3. Apa kesimpulan dari teks tersebut?
    a. Membaca buku membuat Dini pusing
    b. Membaca buku membuat Dini tahu kosakata baru
    c. Dini malas membaca
    d. Dini hanya suka buku bergambar

  4. Kata “kosakata” dalam teks tersebut berarti ...
    a. Buku cerita
    b. Kumpulan kata dan maknanya
    c. Kalimat panjang
    d. Tulisan kecil

  5. Permasalahan yang dihadapi Dini dalam teks adalah ...
    a. Ia tidak suka membaca buku
    b. Ia tidak punya teman
    c. Ia tidak memahami beberapa kata dalam buku
    d. Ia lupa mengembalikan buku

  6. Kalimat yang tidak memiliki objek disebut kalimat ...
    a. Transitif
    b. Intransitif
    c. Interogatif
    d. Majemuk

  7. Kalimat “Andi bermain bola” termasuk kalimat ...
    a. Perintah
    b. Intransitif
    c. Transitif
    d. Tak lengkap

  8. Kalimat “Ibu memasak sayur di dapur” merupakan kalimat ...
    a. intransitif
    b. transitif
    c. tanya
    d. perintah

  9. Kalimat yang termasuk kalimat intransitif adalah ...
    a. Ayah membaca koran
    b. Dika menyiram tanaman
    c. Adik menangis keras
    d. Sita menulis puisi

  10. Ciri-ciri kalimat transitif adalah ...
    a. Tidak memerlukan objek
    b. Memerlukan objek
    c. Berisi ajakan
    d. Tidak memiliki predikat

 B. ISIAN SINGKAT

    11.Tokoh utama dalam teks yang kamu baca tadi adalah ______
     12. Dini pergi ke _______untuk membaca buku.
     13. Salah satu cara Dini memahami kata sulit adalah dengan _______kepada guru.
     14. Kalimat yang memerlukan objek disebut kalimat ________
     15. Kalimat yang tidak memerlukan objek disebut kalimat _______

MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN:

- Buku MAPEL MATEMATIKA, BAHASA INDONESIA KELAS IV

- LCD

- SOAL SUMATIF

*METODE PEMBELAJARAN:

- Ceramah, tanya jawab, penugasan

 REFLEKSI/KESIMPULAN:
Alhamdulillah kegiatan pembelajaran hari ini mata pelajaran Matematika dan bahasa Indonesia berjalan dengan baik dan para murid diberikan latihan soal tentang materi yang diajarkan yaitu bilangan cacah dan menentukan ide pokok, menyimpulkan dan menetukan kosa kata alhamdulillah hampir  semua murid memahami materi yang diberikan, kemudian dalam pelajaran bahasa Indonesia juga diberikan latihan dan namun masih ada beberapa murid  yang kurang paham mengenai materi dalam menentukan ide pokok ini tindak lanjut guru yaitu menjelaskan materi itu kembali dan memberikan tugas tambahan di rumah.

    Berikut dokumentasi kegiatan pembelajaran hari:

2 Comments:

Halo buguru aku nana mengatakan...

Assalamualaikum buguru Nana sudah membaca bloger ibu

Quinsha Sandrica Fellycia mengatakan...

Assalamu'alaikum bu el, haura sdh membaca blogger

Posting Komentar

MATEMATIKA, BAHASA INDONESIA

  GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS IV.B UNTUK HARI SENIN TANGGAL 25 AGUSTUS 2025   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaikum...

 

Elfida Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea