GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd
MATERI AJAR KELAS IV.B UNTUK HARI SENIN TANGGAL 04 AGUSTUS 2025
Selamat pagi,,,,Tabik pun
Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha IV.B apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.
MAPEL MATEMMATIKA
ELEMEN: BILANGAN
TUJUAN PEMBELAJARAN:
Murid mampu membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan dengan tepat.
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN:
Murid dapat membandingkan dan mengurutkan bilangan cacah sampai 10.000 dengan tepat.
Membandingkan Bilangan Cacah
Untuk membandingkan dua bilangan cacah, kita bisa mengikuti langkah-langkah berikut:
Langkah 1: Hitung Banyaknya Angka
Bilangan dengan lebih banyak angka pasti lebih besar.
Contoh: 1.234 (4 angka) vs 987 (3 angka)
Maka, 1.234 lebih besar dari 987 ()
Langkah 2: Bandingkan Angka dari Nilai Tempat Terbesar (jika jumlah angka sama)
Jika kedua bilangan memiliki jumlah angka yang sama, mulailah membandingkan angka dari posisi nilai tempat terbesar (paling kiri).
Terus bandingkan hingga menemukan angka yang berbeda.
Contoh 1: Bandingkan 3.456 dan 3.289
Kedua bilangan memiliki 4 angka.
Bandingkan angka ribuan: 3 (pada 3.456) dan 3 (pada 3.289). Keduanya sama.
Bandingkan angka ratusan: 4 (pada 3.456) dan 2 (pada 3.289). Angka 4 lebih besar dari 2.
Jadi, 3.456 lebih besar dari 3.289 ().
Contoh 2: Bandingkan 7.123 dan 7.150
Kedua bilangan memiliki 4 angka.
Bandingkan angka ribuan: 7 dan 7. Sama.
Bandingkan angka ratusan: 1 dan 1. Sama.
Bandingkan angka puluhan: 2 dan 5. Angka 2 lebih kecil dari 5.
Jadi, 7.123 lebih kecil dari 7.150 ().
Simbol Perbandingan:
> (lebih besar dari)
< (lebih kecil dari)
= (sama dengan)
Latihan Membandingkan: Isilah titik-titik dengan simbol <, >, atau =
5.678 ... 5.679
9.001 ... 8.999
2.345 ... 2.345
1.000 ... 999
IV. Mengurutkan Bilangan Cacah
Mengurutkan bilangan berarti menata bilangan dari yang terkecil ke terbesar (naik) atau dari yang terbesar ke terkecil (turun).
Langkah-langkah Mengurutkan:
Perhatikan instruksi: Apakah diminta mengurutkan dari terkecil ke terbesar atau sebaliknya?
Bandingkan setiap bilangan menggunakan prinsip perbandingan yang sudah dipelajari. Mulai dengan mencari bilangan terkecil/terbesar terlebih dahulu.
Contoh 1: Urutkan dari Terkecil ke Terbesar Bilangan: 4.567, 4.321, 4.789, 4.012
Semua bilangan memiliki 4 angka.
Bandingkan angka ribuan: Semuanya 4.
Bandingkan angka ratusan:
4.567 → 5
4.321 → 3
4.789 → 7
4.012 → 0
Angka ratusan terkecil adalah 0 (pada 4.012), diikuti 3 (pada 4.321), 5 (pada 4.567), dan 7 (pada 4.789).
Jadi, urutan dari terkecil ke terbesar adalah: 4.012, 4.321, 4.567, 4.789
Contoh 2: Urutkan dari Terbesar ke Terkecil Bilangan: 1.987, 2.000, 1.500, 2.100
Semua bilangan memiliki 4 angka.
Bandingkan angka ribuan:
1.987 → 1
2.000 → 2
1.500 → 1
2.100 → 2
Angka ribuan terbesar adalah 2 (pada 2.000 dan 2.100).
Bandingkan 2.000 dan 2.100: angka ratusan 0 dan 1. Angka 1 lebih besar. Jadi 2.100 lebih besar dari 2.000.
Sekarang bandingkan 1.987 dan 1.500. Angka ratusan 9 dan 5. Angka 9 lebih besar. Jadi 1.987 lebih besar dari 1.500.
Urutan dari terbesar ke terkecil: 2.100, 2.000, 1.987, 1.500
Murid dapat mengidentifikasi ide pokok (gagasan) lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar)
MATERI AJAR : Cara Mengidentifikasi Ide Pokok
Mencari ide pokok dari sesuatu yang kita dengar memang butuh latihan. Ikuti langkah-langkah ini:
A. Ide Pokok dari Informasi Lisan (Misalnya: Guru Bercerita, Teman Berbicara)
Dengarkan dengan Seksama!
Fokuslah pada apa yang disampaikan. Jangan terganggu.
Perhatikan Kata Kunci yang Sering Diulang!
Jika seseorang sering menyebutkan kata "kebersihan lingkungan" atau "manfaat buah", bisa jadi itulah topiknya.
Cari Kalimat Utama!
Biasanya, ide pokok disampaikan di awal atau akhir pembicaraan/paragraf. Kadang juga ada di tengah. Ini bisa berupa kalimat yang menjelaskan secara umum tentang apa yang akan dibahas atau yang menjadi kesimpulan.
Contoh: "Penting sekali bagi kita untuk menjaga kebersihan sekolah." (Ini bisa jadi kalimat utama/ide pokok yang akan dijelaskan lebih lanjut).
Tanyakan pada Diri Sendiri:
"Tentang apa sih yang dia bicarakan?"
"Apa pesan utama yang ingin disampaikan?"
MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN:
- Buku MAPEL MATEMATIKA, BAHASA INDONESIA KELAS IV
- LCD
- GAMBAR
- VIDEO
- PPT
METODE PEMBELAJARAN:
- Ceramah, tanya jawab, pengamatan, diskusi, PBL
R REFLEKSI/KESIMPULAN:
Alhamdulillah kegiatan pembelajaran hari ini pelajaran bahasa Indonesia dan Matematika tentang ide pokok dan mengurutkan dan membandingkan bilangan untuk materi bahasa Indonesia tentang ide pokok masih ada beberapa siswa atau murid yang masih kurang memahami cara menentukan ide pokok pada paragraf. Kemudian guru menjelaskan kembali Apa itu pengertian ide pokok dan contohnya dan diberikan tugas tambahan di rumah tentang ide pokok masalah materi mengurutkan dan membandingkan bilangan saja Alhamdulilah para peserta didiham memahami materi yang diajarkan.
Berikut dokumentasi kegiatan pembelajaran hari ini:
5 Comments:
Assalamualaikum bu el alkalisya mozar sudah membaca dan merangkum bloger 🙏🙏
Assalamualaikum buguru Nana sudah membaca bloger ibu
Asalamualaikum hu El Mikhayla sudah Membaca Materi Bloger bu guru
Assalamualaikum Nauranisa hadir dan sudah membaca bloger ibu guru
Posting Komentar