Selasa, 05 Agustus 2025

IPAS, SENI RUPA

By elfida fida - Agustus 05, 2025

 GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI RABU TANGGAL 06 AGUSTUS 2025



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha IV.B apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.  

E   ELEMEN: PEMAHAMAN IPAS

     TUJUAN PEMBELAJARAN: 

       Mengidentifikasi bentuk dan fungsi pancaindra manusia serta cara menjaga kesehatannya.

A   ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN:

      Murid menjelaskan fungsi dari masing-masing pancaindra.

     MATERI AJAR IPAS FUNGSI PANCAINDRA

1. Indra Penglihatan (Mata)

  • Fungsi: Untuk melihat.

  • Bagian penting mata:

    • Kornea: Lapisan bening di bagian luar mata.

    • Lensa: Memfokuskan cahaya.

    • Retina: Menangkap bayangan benda.

  • Contoh penggunaan: Melihat warna bunga, membaca buku.

🩺 Cara menjaga:

  • Tidak membaca sambil tiduran.

  • Tidak melihat layar terlalu lama.

  • Makan makanan bergizi (wortel, sayuran hijau).


👂 2. Indra Pendengaran (Telinga)

  • Fungsi: Untuk mendengar suara.

  • Bagian penting telinga:

    • Daun telinga: Menangkap gelombang suara.

    • Gendang telinga: Menerima getaran suara.

    • Koklea: Mengubah getaran menjadi sinyal ke otak.

  • Contoh penggunaan: Mendengar suara guru, musik.

🩺 Cara menjaga:

  • Tidak memasukkan benda ke telinga.

  • Hindari suara terlalu keras.

  • Bersihkan telinga dengan benar.


👃 3. Indra Penciuman (Hidung)

  • Fungsi: Untuk mencium bau.

  • Bagian penting:

    • Rongga hidung: Tempat masuknya udara dan bau.

    • Saraf pencium: Mengirimkan sinyal bau ke otak.

  • Contoh penggunaan: Mencium bau makanan, parfum.

🩺 Cara menjaga:

  • Menjaga kebersihan hidung.

  • Menghindari polusi.

  • Tidak mengorek hidung dengan tangan kotor.


👅 4. Indra Pengecap (Lidah)

  • Fungsi: Untuk mengecap rasa.

  • Lidah bisa merasakan:

    • Manis

    • Asin

    • Asam

    • Pahit

  • Contoh penggunaan: Merasakan rasa buah, makanan.

🩺 Cara menjaga:

  • Menyikat gigi dan lidah secara rutin.

  • Tidak makan makanan terlalu panas.


🤲 5. Indra Peraba (Kulit)

  • Fungsi: Untuk merasakan sentuhan, panas, dingin, kasar, halus, sakit.

  • Bagian penting: Ujung saraf peraba yang tersebar di seluruh kulit.

  • Contoh penggunaan: Merasakan suhu air, menyentuh benda kasar/halus.

🩺 Cara menjaga:

  • Menjaga kebersihan kulit.

  • Menggunakan pelindung saat panas atau dingin.


Rangkuman

  • Manusia memiliki lima pancaindra: mata, telinga, hidung, lidah, dan kulit.

  • Setiap indera memiliki fungsi yang berbeda.

  • Kita harus menjaga kesehatan alat indera agar dapat berfungsi dengan baik.

     TUJUAN PEMBELAJARAN

 ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN:

SENI RUPA: MENGALAMI

TUJUAN PEMBELAJARAN:
Mengidentifikasi berbagai unsur rupa (titik, garis, bidang, bentuk, warna, tekstur, dan gelap terang) yang ada di lingkungan sekitar.

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN:
Peserta didik mengamati dan mengenal unsur rupa seperti titik, garis, bidang, dan bentuk melalui benda atau objek di lingkungan sekitar

M  MATERI AJAR: MENGGAMBAR SKETSA PAKAIAN KASUAL

Pengertian Sketsa

  • Sketsa adalah gambar awal atau rancangan dasar sebelum dibuat gambar yang lebih detail.

  • Sketsa bisa berupa garis-garis sederhana untuk membentuk suatu objek.


👕 Apa Itu Pakaian Kasual?

  • Pakaian kasual adalah pakaian yang biasa digunakan untuk kegiatan sehari-hari, seperti di rumah, pergi ke taman, atau bermain dengan teman.

  • Contoh: kaus oblong, celana pendek, celana jeans, rok santai, hoodie, sepatu kets.


✏️ Langkah-langkah Menggambar Sketsa Pakaian Kasual

1. Gambar Tubuh Manusia Secara Sederhana (Model)

  • Gambar badan dengan bentuk seperti manekin (manusia tongkat).

  • Cukup buat bentuk dasar: kepala, badan, tangan, kaki.

2. Tambahkan Bentuk Pakaian

  • Gambar kaus, celana, rok, jaket, atau pakaian santai lainnya di atas tubuh model tadi.

  • Tambahkan aksesoris seperti topi atau tas jika diinginkan.

3. Perjelas Garis Sketsa

  • Gunakan pensil lebih tebal atau spidol untuk menegaskan garis pakaian.

4. Beri Warna

  • Warnai pakaian dengan warna yang sesuai dan kreatif.

  • Gunakan crayon, pensil warna, atau spidol warna.


🧥 Contoh Pakaian Kasual yang Bisa Digambar:

JenisContoh Sketsa
Atasan               Kaus oblong, kemeja santai
Bawahan               Celana pendek, rok, celana panjang
Aksesoris                 Topi, tas selempang, sepatu

MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN:

- Buku MAPEL IPAS, SENI RUPA KELAS IV

- LCD

- GAMBAR

- VIDEO

*METODE PEMBELAJARAN:

- Ceramah, tanya jawab, pengamatan, diskusi, PBL

 REFLEKSI/KESIMPULAN:
 Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan hampir semua murid memahami materi yang diajarkan yaitu materi fungsi panca Indra dan menyusahin pakaian casual.

5 Comments:

Alkalisya mozar mengatakan...

assalamualaikum bu elfida Alkalisya mozar sudah membaca dan merangkum bloger bu el 🙏🏻🙏🏻

Halo buguru aku nana mengatakan...

Assalamualaikum buguru Nana sudah membaca bloger ibu

M Rafa Setiawan Bs mengatakan...

Assalamualaikum Bu EL.. Rafa sudah membaca ya Bu.. 🙏

Mikhayla Qaireen mengatakan...

Asalamualaikum bu El Mikhayla sudah Membaca bloger bu El

Nauranisa fauzi wibowo mengatakan...

Assalamualaikum Bu elfida Naura hadir dan sudah membaca

Posting Komentar

MATEMATIKA, BAHASA INDONESIA

  GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS IV.B UNTUK HARI SENIN TANGGAL 25 AGUSTUS 2025   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaikum...

 

Elfida Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea