GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd
MATERI AJAR KELAS IV. B UNTUK HARI KAMIS TANGGAL 07 AGUSTUS 2025
Selamat pagi,,,,Tabik pun
Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha IV.B apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.
E ELEMEN: PEMAHAMAN IPAS
TUJUAN PEMBELAJARAN:
Mengidentifikasi bentuk dan fungsi pancaindra manusia serta cara menjaga kesehatannya.
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN:
Murid dapat menjelaskankan fungsi pancaindra.
MATERI AJAR IPAS: FUNGSI PANCAINDRA
1. Indra Penglihatan (Mata)
-
Fungsi: Untuk melihat.
-
Bagian penting mata:
-
Kornea: Lapisan bening di bagian luar mata.
-
Lensa: Memfokuskan cahaya.
-
Retina: Menangkap bayangan benda.
-
-
Contoh penggunaan: Melihat warna bunga, membaca buku.
🩺 Cara menjaga:
-
Tidak membaca sambil tiduran.
-
Tidak melihat layar terlalu lama.
-
Makan makanan bergizi (wortel, sayuran hijau).
👂 2. Indra Pendengaran (Telinga)
-
Fungsi: Untuk mendengar suara.
-
Bagian penting telinga:
-
Daun telinga: Menangkap gelombang suara.
-
Gendang telinga: Menerima getaran suara.
-
Koklea: Mengubah getaran menjadi sinyal ke otak.
-
-
Contoh penggunaan: Mendengar suara guru, musik.
🩺 Cara menjaga:
-
Tidak memasukkan benda ke telinga.
-
Hindari suara terlalu keras.
-
Bersihkan telinga dengan benar.
👃 3. Indra Penciuman (Hidung)
-
Fungsi: Untuk mencium bau.
-
Bagian penting:
-
Rongga hidung: Tempat masuknya udara dan bau.
-
Saraf pencium: Mengirimkan sinyal bau ke otak.
-
-
Contoh penggunaan: Mencium bau makanan, parfum.
🩺 Cara menjaga:
-
Menjaga kebersihan hidung.
-
Menghindari polusi.
-
Tidak mengorek hidung dengan tangan kotor.
👅 4. Indra Pengecap (Lidah)
-
Fungsi: Untuk mengecap rasa.
-
Lidah bisa merasakan:
-
Manis
-
Asin
-
Asam
-
Pahit
-
-
Contoh penggunaan: Merasakan rasa buah, makanan.
🩺 Cara menjaga:
-
Menyikat gigi dan lidah secara rutin.
-
Tidak makan makanan terlalu panas.
🤲 5. Indra Peraba (Kulit)
-
Fungsi: Untuk merasakan sentuhan, panas, dingin, kasar, halus, sakit.
-
Bagian penting: Ujung saraf peraba yang tersebar di seluruh kulit.
-
Contoh penggunaan: Merasakan suhu air, menyentuh benda kasar/halus.
🩺 Cara menjaga:
-
Menjaga kebersihan kulit.
-
Menggunakan pelindung saat panas atau dingin.
📌 Rangkuman
-
Manusia memiliki lima pancaindra: mata, telinga, hidung, lidah, dan kulit.
-
Setiap indera memiliki fungsi yang berbeda.
-
Kita harus menjaga kesehatan alat indera agar dapat berfungsi dengan baik.
Murid dapat mengidentifikasi ide pokok (gagasan) lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar)
MATERI AJAR : Cara Mengidentifikasi Ide Pokok
Mencari ide pokok dari sesuatu yang kita dengar memang butuh latihan. Ikuti langkah-langkah ini:
A. Ide Pokok dari Informasi Lisan (Misalnya: Guru Bercerita, Teman Berbicara)
Dengarkan dengan Seksama!
Fokuslah pada apa yang disampaikan. Jangan terganggu.
Perhatikan Kata Kunci yang Sering Diulang!
Jika seseorang sering menyebutkan kata "kebersihan lingkungan" atau "manfaat buah", bisa jadi itulah topiknya.
Cari Kalimat Utama!
Biasanya, ide pokok disampaikan di awal atau akhir pembicaraan/paragraf. Kadang juga ada di tengah. Ini bisa berupa kalimat yang menjelaskan secara umum tentang apa yang akan dibahas atau yang menjadi kesimpulan.
Contoh: "Penting sekali bagi kita untuk menjaga kebersihan sekolah." (Ini bisa jadi kalimat utama/ide pokok yang akan dijelaskan lebih lanjut).
Tanyakan pada Diri Sendiri:
"Tentang apa sih yang dia bicarakan?"
"Apa pesan utama yang ingin disampaikan?"
MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN:
- Buku MAPEL MATEMATIKA, BAHASA INDONESIA KELAS IV
- LCD
- GAMBAR
- VIDEO
- PPT
METODE PEMBELAJARAN:
- Ceramah, tanya jawab, pengamatan, diskusi, PBL
R REFLEKSI/KESIMPULAN:
Alhamdulillah kegiatan pembelajaran hari ini mata pelajaran IPA dan bahasa Indonesia berjalan dengan baik dan para murid diberikan latihan soal tentang materi yang diajarkan yaitu fungsi pancaindra dan alhamdulillah hampir semua murid memahami materi yang diberikan, kemudian dalam pelajaran bahasa Indonesia juga diberikan latihan dan namun masih ada beberapa murid yang kurang paham mengenai materi dalam menentukan ide pokok ini tindak lanjut guru yaitu menjelaskan materi itu kembali dan memberikan tugas tambahan di rumah.
Berikut dokumentasi kegiatan pembelajaran hari:
4 Comments:
Assalamualaikum Bu El.. Rafa sudah membaca Blognya.. 🙏
assalamualaikum bu elfida Alkalisya Mozar sudah membaca dan merangkum bloger bu el ...🙏🏻🙏🏻
Assalamualaikum Bu elfida naura sudah membaca bloger
Asalamualaikum bu El Mikhayla sudah Membaca bloger bu El
Posting Komentar