Minggu, 27 Juli 2025

MATEMATIKA, BAHASA INDONESIA

By elfida fida - Juli 27, 2025

 GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS IV.B UNTUK HARI SENIN TANGGAL 28 JULI 2025



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha IV.B apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.

MAPEL MATEMMATIKA

ELEMEN: BILANGAN

TUJUAN PEMBELAJARAN:

Peserta didik mampu membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan dengan tepat.

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN:

 Peserta didik dapat menentukan nilai tempat bilangan cacah sampai 10.000 dengan tepat

.

MATERI: NILAI TEMPAT DAN NILAI ANGKA

 PENGERTIAN

1. Nilai Tempat
Nilai tempat adalah posisi suatu angka dalam sebuah bilangan.

Contoh nilai tempat (dari kanan ke kiri):

  • Satuan

  • Puluhan

  • Ratusan

  • Ribuan

  • Puluh ribuan

  • Ratus ribuan

  • Jutaan


2. Nilai Angka
Nilai angka adalah nilai suatu angka sesuai dengan posisi atau tempatnya dalam bilangan.

Contoh:
Bilangan 4.732.615

AngkaNilai TempatNilai Angka
4Jutaan4.000.000
7Ratus ribuan700.000
3Puluh ribuan30.000
2Ribuan2.000
6Ratusan600
1Puluhan10
5Satuan5

 CARA MENENTUKAN NILAI TEMPAT DAN NILAI ANGKA

Langkah-langkah:

  1. Lihat posisi angka dari kanan ke kiri.

  2. Tentukan posisi angka itu (misalnya satuan, puluhan, ratusan, dst).

  3. Kalikan angka tersebut dengan nilai tempatnya.

Contoh soal:
Tentukan nilai tempat dan nilai angka dari angka 6 pada bilangan 634.871

Jawaban:

  • Nilai tempat: Ratusan ribuan

  • Nilai angka: 600.000

RANGKUMAN

  • Nilai tempat menunjukkan posisi angka.

  • Nilai angka menunjukkan nilai sebenarnya dari angka berdasarkan posisinya.

  • Posisi angka (dari kanan ke kiri): satuan, puluhan, ratusan, ribuan, puluh ribuan, ratus ribuan, jutaan.

MAPEL BAHASA INDONESIA

ELEMEN: MENYIMAK

TUJUAN PEMBELAJARAN:
Melalui kegiatan menyimak cerita yang dibacakan, peserta didik dapat menemukan, menyimpulkan informasi, serta menyampaikan kembali simpulannya dengan tepat.

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN:
Peserta didik dapat mengidentifikasi ide pokok (gagasan) lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar)

M  MATERI AJAR KALIMAT TRANSITIF DAN INTRANSITIF
  

A. PENGERTIAN

1. Kalimat Transitif

Kalimat transitif adalah kalimat yang memiliki objek.
Ciri-cirinya:

  • Menggunakan kata kerja (verba) transitif

  • Selalu diikuti oleh objek (yang terkena tindakan)

Contoh:

  • Ibu membeli sayur di pasar.
    → Kata kerja: membeli
    → Objek: sayur

  • Dita menulis surat untuk nenek.
    → Kata kerja: menulis
    → Objek: surat


2. Kalimat Intransitif

Kalimat intransitif adalah kalimat yang tidak memiliki objek.
Ciri-cirinya:

  • Menggunakan kata kerja (verba) intransitif

  • Tidak perlu objek untuk melengkapi kalimat

  • Biasanya diikuti keterangan tempat, waktu, atau cara (bukan objek)

Contoh:

  • Ayah berangkat ke kantor.
    → Kata kerja: berangkat
    → Tidak ada objek

  • Anak-anak bermain di halaman.
    → Kata kerja: bermain
    → Tidak ada objek


 B. PERBEDAAN TRANSITIF & INTRANSITIF

PerbedaanKalimat TransitifKalimat Intransitif
Memiliki objek?YaTidak
Kata kerja (verba)Membutuhkan objekTidak membutuhkan objek
ContohIbu membaca buku.Ibu tidur di kamar.

RANGKUMAN

  • Kalimat transitif memerlukan objek.

  • Kalimat intransitif tidak memerlukan objek.

  • Mengenal jenis kalimat membantu kita menyusun kalimat lengkap dan benar.

LATIHAN SOAL

Tentukan apakah kalimat berikut transitif atau intransitif!

  1. Nia menyapu halaman setiap pagi.

  2. Adik menangis di kamar.

  3. Kakek memelihara ayam dan bebek.

  4. Burung itu terbang tinggi.

  5. Danu membawa tas baru ke sekolah.

M  MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN:

- Buku MAPEL MATEMATIKA, BAHASA INDONESIA KELAS IV

- LCD

- GAMBAR

- VIDEO

- PPT

METODE PEMBELAJARAN:

- Ceramah, tanya jawab, pengamatan, diskusi, PBL

R REFLEKSI/KESIMPULAN:   

Alhamdulillah kegiatan pembelajaran hari ini mata pelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia berjalan dengan baik dan lancar dan murid-murid pun sangat antusias dalam belajar. Dalam pelajaran matematika materi nilai tempat dan nilai angka tadi diadakan game pembelajaran Alhamdulillah mereka sangat senang dengan  pelajaran tersebut dan mereka memahami materi yang diajarkan lewat permainan ini. Kemudian pembelajaran bahasa Indonesia materi tentang kalimat transitif dan intransitif juga ada permainan menyusun kata-kata yang dibuat di kertas karton kemudian anak-anak menyusun menjadi sebuah kalimat transitif dan  materi inipun murid memahaminya dengan baik.
Berikut dokumentasi kegiatan pembelajaran hari ini:















5 Comments:

M Rafa Setiawan Bs mengatakan...

Assalamualaikum Bu El.. Rafa sudah membaca ya Bu.. 🙏🙏

Nauranisa fauzi wibowo mengatakan...

Assalamualaikum
Naura hadir dan sdh membaca..

Halo buguru aku nana mengatakan...

Assalamualaikum Nana hadir dan sudah membaca bloger bu

Quinsha Sandrica Fellycia mengatakan...

Assalamualaikum bu el, Haura sdh membaca ya bu

Mikhayla Qaireen mengatakan...

Asalamualaikum bu El Mikhayla sudah Membaca Materi nya bu El

Posting Komentar

MATEMATIKA, BAHASA INDONESIA

  GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS IV.B UNTUK HARI SENIN TANGGAL 25 AGUSTUS 2025   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaikum...

 

Elfida Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea