GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd
MATERI AJAR KELAS IV. B UNTUK HARI RABU TANGGAL 23 JULI 2025
Selamat pagi,,,,Tabik pun
Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha IV.B apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN:
PPengertian Seni Rupa
SeSeni Rupa adalah cabang seni yang dapat dilihat dan diraba. Seni rupa menggunakan unsur-unsur seperti garis, bentuk, warna, dan tekstur untuk menciptakan suatu karya yang indah dan bermakna.
Unsur-Unsur Seni Rupa
1. Titik
Titik adalah unsur seni rupa yang paling dasar.
Dari titik, bisa berkembang menjadi garis, bentuk, dan bidang.
C Contoh: Titik-titik kecil dalam lukisan pointilis.
2. Garis
Garis adalah pertemuan antara dua titik atau goresan memanjang.
Jenis garis: lurus, lengkung, zig-zag, spiral.
F Fungsi: Membentuk gambar dan menunjukkan arah atau gerak.
3. Bentuk (Shape)
Bentuk adalah hasil dari penggabungan garis yang membentuk bidang.
Ada dua jenis bentuk:
Geometris (kotak, segitiga, lingkaran)
Organik (bebas, seperti bentuk daun, awan)
4. Bidang
Bidang adalah bentuk dua dimensi yang mempunyai panjang dan lebar.
Terbentuk dari pertemuan beberapa garis.
C Contoh: Bidang datar pada lukisan.
5. Ruang
Ruang adalah kesan tiga dimensi pada karya seni.
Dalam gambar, ruang bisa ditunjukkan dengan teknik bayangan atau perspektif.
Contoh: Ruangan pada gambar rumah, pohon yang tampak jauh dan dekat.
6. Warna
Warna memberikan keindahan dan emosi pada karya seni.
Jenis warna:
Primer: Merah, biru, kuning
Sekunder: Campuran warna primer
Tersier: Campuran primer dan sekunder
7. Tekstur
Tekstur adalah kesan permukaan benda, bisa halus atau kasar.
Ada dua macam:
Tekstur nyata: Bisa diraba (misalnya pahatan kayu)
Tekstur semu: Hanya tampak seperti nyata (misalnya lukisan pasir)
8. Gelap Terang
Unsur ini menunjukkan intensitas cahaya pada suatu karya.
Digunakan untuk memberi efek volume atau kedalaman.
C Contoh: Bayangan pada lukisan wajah.
ELEMEN: PEMAHAMAN IPAS
TUJUAN PEMBELAJARAN:
Mengamati dan menyebutkan lima pancaindra manusia.
Menjelaskan bentuk dan bagian-bagian dari masing-masing pancaindra.PaPancaindra
adalah lima alat tubuh yang digunakan manusia untuk merasakan, mengenali,
dan merespons rangsangan dari lingkungan.
M Macam-Macam Pancaindra dan Fungsinya
No |
Indra |
Nama
Lain |
Fungsi
Utama |
Bagian
yang Peka |
1 |
Mata |
Indra
penglihatan |
Melihat
cahaya, warna, bentuk, dan gerakan |
Retina
(mengandung sel batang dan sel kerucut) |
2 |
Telinga |
Indra
pendengaran |
Mendengar
suara |
Gendang
telinga, koklea |
3 |
Hidung |
Indra
penciuman |
Mencium
bau |
Sel
saraf pencium di rongga hidung |
4 |
Lidah |
Indra
perasa |
Merasakan
rasa (manis, asin, pahit, asam, umami) |
Bintil
lidah (papila) |
5 |
Kulit |
Indra
peraba |
Merasakan
sentuhan, panas, dingin, sakit, dan tekanan |
Ujung
saraf pada kulit |
F Fakta Menarik tentang Pancaindra:
·
Mata tidak bisa melihat jika tidak ada
cahaya.
·
Telinga juga membantu menjaga keseimbangan
tubuh.
·
Hidung dan lidah bekerja sama saat kita
makan untuk merasakan rasa makanan.
·
Kulit adalah organ tubuh terbesar dan tersebar
di seluruh tubuh.
🛡️ Menjaga Kesehatan Pancaindra:
1.
Membaca dengan jarak yang cukup dan
pencahayaan yang baik.
2.
Tidak memasukkan benda asing ke telinga
atau hidung.
3.
Makan makanan bergizi untuk kesehatan
mata dan kulit.
4.
Menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan.
5.
Tidak mendengarkan suara terlalu keras
agar tidak merusak pendengaran.
K Kesimpulan:
Pa Pancaindra
sangat penting untuk membantu manusia berinteraksi dengan lingkungan.
Setiap indra memiliki fungsi khusus dan harus dijaga kesehatannya agar
berfungsi dengan baik.
M MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN:
- Buku MAPEL IPAS, SENI RUPA KELAS IV
- LCD
- GAMBAR
- VIDEO
- Daun-daunan
*METODE PEMBELAJARAN:
- Ceramah, tanya jawab, pengamatan, diskusi, PBL
R REFLEKSI/KESIMPULAN:
Alhamdulillah kegiatan pembelajaran hari ini berjalan dengan baik materi yang diajarkan adalah mata pelajaran IPA dan Seni Rupa. ateri IPA yang dipelajari tentang panca indra dan fungsinya Alhamdulillah para murid memahami apa yang diajarkan dengan dilihat dari latihan yang diberikan oleh guru, sedangkan mata pelajaran Seni Rupa baru sedikit tersampaikan karena tadi ada sosialisasi robot,jadi buat materi Seni rupanya belum tersampaikan dengan sepenuhnya besok materi Seni rupanya akan disampaikan kembali.
Berikut dokumentasi pada kegiatan pembelajaran hari ini:
3 Comments:
Halo buguru aku nana sudah membaca bloger ibu
Assalamualaikum ibu guru Naura sudah membaca
Asalamualaikum bu El Mikhayla sudah membaca materi nya bu El
Posting Komentar