GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd
MATERI AJAR KELAS IV.B UNTUK HARI SENIN TANGGAL 28 JULI 2025
Selamat pagi,,,,Tabik pun
Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha IV.B apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.
MAPEL MATEMMATIKA
ELEMEN: BILANGAN
TUJUAN PEMBELAJARAN:
Peserta didik mampu membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan dengan tepat.
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN:
Peserta didik dapat menentukan nilai tempat bilangan cacah sampai 10.000 dengan tepat
.
MATERI: NILAI TEMPAT DAN NILAI ANGKA
PENGERTIAN
1. Nilai Tempat
Nilai tempat adalah posisi suatu angka dalam sebuah bilangan.
Contoh nilai tempat (dari kanan ke kiri):
-
Satuan
-
Puluhan
-
Ratusan
-
Ribuan
-
Puluh ribuan
-
Ratus ribuan
-
Jutaan
2. Nilai Angka
Nilai angka adalah nilai suatu angka sesuai dengan posisi atau tempatnya dalam bilangan.
Contoh:
Bilangan 4.732.615
Angka | Nilai Tempat | Nilai Angka |
---|---|---|
4 | Jutaan | 4.000.000 |
7 | Ratus ribuan | 700.000 |
3 | Puluh ribuan | 30.000 |
2 | Ribuan | 2.000 |
6 | Ratusan | 600 |
1 | Puluhan | 10 |
5 | Satuan | 5 |
CARA MENENTUKAN NILAI TEMPAT DAN NILAI ANGKA
Langkah-langkah:
-
Lihat posisi angka dari kanan ke kiri.
-
Tentukan posisi angka itu (misalnya satuan, puluhan, ratusan, dst).
-
Kalikan angka tersebut dengan nilai tempatnya.
Contoh soal:
Tentukan nilai tempat dan nilai angka dari angka 6 pada bilangan 634.871
Jawaban:
-
Nilai tempat: Ratusan ribuan
-
Nilai angka: 600.000
RANGKUMAN
-
Nilai tempat menunjukkan posisi angka.
-
Nilai angka menunjukkan nilai sebenarnya dari angka berdasarkan posisinya.
-
Posisi angka (dari kanan ke kiri): satuan, puluhan, ratusan, ribuan, puluh ribuan, ratus ribuan, jutaan.
A. PENGERTIAN
1. Kalimat Transitif
Kalimat transitif adalah kalimat yang memiliki objek.
Ciri-cirinya:
-
Menggunakan kata kerja (verba) transitif
-
Selalu diikuti oleh objek (yang terkena tindakan)
Contoh:
-
Ibu membeli sayur di pasar.
→ Kata kerja: membeli
→ Objek: sayur -
Dita menulis surat untuk nenek.
→ Kata kerja: menulis
→ Objek: surat
2. Kalimat Intransitif
Kalimat intransitif adalah kalimat yang tidak memiliki objek.
Ciri-cirinya:
-
Menggunakan kata kerja (verba) intransitif
-
Tidak perlu objek untuk melengkapi kalimat
-
Biasanya diikuti keterangan tempat, waktu, atau cara (bukan objek)
Contoh:
-
Ayah berangkat ke kantor.
→ Kata kerja: berangkat
→ Tidak ada objek -
Anak-anak bermain di halaman.
→ Kata kerja: bermain
→ Tidak ada objek
B. PERBEDAAN TRANSITIF & INTRANSITIF
Perbedaan | Kalimat Transitif | Kalimat Intransitif |
---|---|---|
Memiliki objek? | Ya | Tidak |
Kata kerja (verba) | Membutuhkan objek | Tidak membutuhkan objek |
Contoh | Ibu membaca buku. | Ibu tidur di kamar. |
RANGKUMAN
-
Kalimat transitif memerlukan objek.
-
Kalimat intransitif tidak memerlukan objek.
-
Mengenal jenis kalimat membantu kita menyusun kalimat lengkap dan benar.
LATIHAN SOAL
Tentukan apakah kalimat berikut transitif atau intransitif!
-
Nia menyapu halaman setiap pagi.
-
Adik menangis di kamar.
-
Kakek memelihara ayam dan bebek.
-
Burung itu terbang tinggi.
-
Danu membawa tas baru ke sekolah.
- Buku MAPEL MATEMATIKA, BAHASA INDONESIA KELAS IV
- LCD
- GAMBAR
- VIDEO
- PPT
METODE PEMBELAJARAN:
- Ceramah, tanya jawab, pengamatan, diskusi, PBL
R REFLEKSI/KESIMPULAN:
5 Comments:
Assalamualaikum Bu El.. Rafa sudah membaca ya Bu.. 🙏🙏
Assalamualaikum
Naura hadir dan sdh membaca..
Assalamualaikum Nana hadir dan sudah membaca bloger bu
Assalamualaikum bu el, Haura sdh membaca ya bu
Asalamualaikum bu El Mikhayla sudah Membaca Materi nya bu El
Posting Komentar